Blog Tidak Muncul Di Hasil Pencarian Google dan Cara Langsung Terindeks

Blog Tidak Muncul Di Hasil Pencarian Google dan Cara Langsung Terindeks

Kurang lebih itulah pertanyaan yang muncul kemarin di salah kolom komentar. Pertanyaan ini sudah sering ditemui.

Pertanyaan aslinya begini:

Ridha Harwan kok blog saya dipencarian google gk ada yah?? Gimana ya caranya biar lngsung terindex.. saya pengguna WP.

Pertanyaan ini diajukan oleh Sukandar pada tulisan “Pilih Blogspot atau WordPress? Perbandingan & Perbedaan”.

Kenapa Blog Tidak Muncul di Hasil Pencarian Google (SERP-Search Engine Result Page)?

Jawaban sederhananya, karena blog itu belum didatangi oleh laba-laba google. Istilah dalam dunia optimasi mesin pencariannya (seo) adalah belum dirayapi (crawl) oleh robot laba-laba google (google spider bot).

Ingat: Maksud tidak muncul di sini adalah tidak muncul di hasil pencarian google, bukan tidak muncul di halaman satu (page one).

Gambaran Proses Indeks Blog Oleh Laba-Laba (Crawling) - searchdecoder dot com
Gambaran Proses Indeks Blog Oleh Laba-Laba (Crawling) – searchdecoder dot com

Jika robot laba-laba mesin pencari telah datang ke blog yang dimaksud, maka tidak lama kemudian blog yang dimaksud akan dikenali oleh mesin pencarian. Mesin pencarian yang dimaksud di sini, tidak hanya Google. Masih banyak mesin pencarian selain Google, seperti Bing, Yandex (Rusia), Baidu (Tiongkok), DuckDuckGo, dsb.

Blog Sudah Lama Muncul Tapi Masih Belum Muncul Di Hasil Mesin Pencarian

Sulit menebak kapan laba-laba ini datang. Tergantung algoritma robot mesin pencari terhadap blog tersebut (Nah loch, apaan tuh. Semoga gak bingung).

Kalau lebih dari 3-10 hari blog atau tulisan masih belum muncul di hasil mesin pencarian, berarti ada yang kurang “beres” terhadap blog itu.

Semakin Cepat Blog atau Tulisan Muncul di Google, Semakin Sayang Pula Google Terhadap Blog Itu

Itulah salah satu prinsip dasar seo. Begitu juga sebaliknya. Kalau semakin lama blog tidak terindeks di hasil mesin pencarian, maka artinya itu semakin jarang robot laba-laba datang ke blog atau tulisan tersebut.

Contoh Statistik Perayapan Indeks Google di Google Search Console atau Google Webmaster
Contoh Statistik Perayapan Indeks Google di Google Search Console atau Google Webmaster

Penyebab Kenapa Tulisan Di Dalam Blog Lama Muncul di Google

Penyebab utama kenapa tulisan di dalam blog lamaaa….. bahkan sudah 10 hari lebih tidak muncul laba-laba google belum datang juga atau belum terindeks juga karena jarang muncul tulisan baru di blog tersebut (kurang update). Mungkin hanya ada 1 tulisan baru per 1 bulan.

Logikanya, semakin sering muncul tulisan baru, semakin sering pula laba-laba datang berkunjung. Contohnya pada situs berita terkenal. Biasanya dalam hitungan menit (bahkan detik), berita yang baru dipublikasi itu langsung muncul di hasil pencarian.

Banyak faktor lain sebenarnya kenapa tulisan lama muncul di hasil pencarian. Faktor lainnya, pada saat laba-laba berkunjung, blog sedang tidak bisa diakses. Bisa jadi pada saat itu hosting blog sedang gangguan (down). Hal ini biasanya terjadi dan sangat dihindari oleh pengguna wordpress.org. Sehingga harus menunggu lagi robot google datang.

Cara Agar Blog Cepat Diindeks Oleh Google

Banyak cara agar tulisan blog cepat dikenali oleh mesin pencari google, diantaranya:

1. Rajin Mempublikasi Tulisan Baru

Ini adalah cara paling alami. Sebisa mungkin ada 1-2 tulisan baru (tanpa copy-paste) dimunculkan setiap minggu. Semakin banyak tulisan muncul, semakin rajin pula laba-lama datang. Inilah yang dimaksud dengan algoritma laba-laba google terhadap blog.

2. Kirim ke Media Sosial

Semakin banyak respon (like, share, comment) terhadap tautan tulisan yang dikirim ke media sosial, maka besar kemungkinan tulisan dalam blog akan cepat terindeks. Dalam istilah seo ini disebut sinyal media sosial (media social signal).

3. Gunakan Blogspot

Blogspot atau WordPress
Blogspot atau WordPress Gambar: techloy.com

Inilah cara yang paling mudah. Ini pula salah satu kekuatan blogspot dibandingkan wordpress.com atau wordpress.org. Namun bukan berarti wordpress lebih lemah dari blogspot/blogger/googleblog. Malah terkadang sebaliknya.

Dalam beberapa kasus, blogspot dapat terindeks dalam hitungan menit oleh google. Hal ini wajar kalau blogspot adalah milik google.

4. Lapor Manual ke Google Search Console (Submit URL)

Sebenarnya cara ini kurang saya rekomendasikan (kecuali mau “balapan”). Ini adalah satu cara agar blog bisa langsung terindeks oleh google. Ibaratnya kita minta agar laba-laba google mengunjungi url pada saat itu.

Cara Agar Bisa Langsung Terindeks oleh Google

  1. Buka https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url
  2. Masukkan alamat kiriman baru atau blog di kolom URL.
  3. Centang “I’m Not robot”
  4. Pilih “Submit Request”
  5. Tunggu blog muncul di Google (terserah google).
Cara Agar Cepat Terindeks Langsung oleh Google (Submit URL) di Google Search Console
Cara Agar Cepat Terindeks Langsung oleh Google (Submit URL) di Google Search Console

Untuk cara terakhir ini, sebisa mungkin jangan dilakukan terlalu sering kalau blog memang sudah sering diperbarui.

Blog dan lapak jasa penerjemah bahasa ini sendiri, biasanya butuh waktu 3 hari agar tulisan baru muncul di google. Kalau semakin sering ada tulisan baru, tentu akan semakin cepat munculnya.

Gambar Sampul: sooperfella dot com.

25 thoughts on “Blog Tidak Muncul Di Hasil Pencarian Google dan Cara Langsung Terindeks

    • Selain cara nomor 4, gak tahu. Cara nomor 4 itu sudah cara yang paling keren. Kalau gagal, berati google search console lagi #baper dengan blognya.

  1. kalo pake submit url cepat keindex… mas kenapa situs saya index ga nambah nambah.. kalopun nambah tidak nyata. misalnya nambah 10 index, pas di cek alat penelusuran 24jam/1minggu/1bln hasilnya 0, padahal 3 hari sebelumnya ga nambah 10 index.

    • Kenapa yah. Mesti sabar kali yah. Itu kan haknya mesin pencari. Banyak faktor yang memengaruhinya. Termasuk struktur CMS yang dipakai.

  2. Tambahan. Terkadang permasalahan terjadi pada pihak Google (meskipun jarang). Google pun perlu melakukan maintenance yang menyebabkan pengindeksan jadi lambat atau bermasalah. Meskipun sudah melakukan submit addurl bahkan fetch google, terkadang belum masuk SERP.

  3. Mancing laba-laba harus pakai umpan kayaknya…
    hehehehe.
    Artikel menarik saya jadi mengerti ternyata Google itu ….
    Yaaaa… mirip laba-laba :D

  4. Paling cepat memang menggunakan submit url pada masing-masing situs mesin pencari. Bisa saja beberapa menit bisa terindeks, namun terkadang bisa lama jika situs tsb sedang “maintenance”

    Indeks cepat bukan berarti untuk posisi SERP, gunakan kueri khusus seperti pencarian satu jam, keyword judul dengan tanda kutip atau url artikel.

Leave a Comment