Select Page

Lima Kelebihan Blogspot Dibanding WordPress

Lima Kelebihan Blogspot Dibanding WordPress

Ini adalah tulisan saya sebagai penyimbang pembahasan antara wordpress dan blogspot atau blogger. Beberapa tulisan sebelumnya, saya telah membahas mengenai Perbedaan Blogspot Dengan WordPress dan Dua Saran Bagi Para Pengguna Blogspot Atau Blogger. Kali ini saya akan membahas kekuatan dan kelebihan blogspot dibanding wordpress, khususnya wordpress.org bukan wordpress.com. Perlu diketahui, kedua jenis mesin blog ini (Web CMS atau Web Content Management System) jelas memiliki kelebihan dan kekurangannya. WordPress juga memiliki kelebihan dibandingkan blogger atau blogspot.

Blogspot atau WordPress

Blogspot atau WordPress Gambar: techloy.com

Kekuatan dan Kelebihan Blogspot Dibanding WordPress.org

1. Blogspot Gratis

Para pengguna blogspot atau blogger, selamanya sama sekali tidak akan mengeluarkan biaya untuk menggunakan blogspot milik perusahaan google ini. Hal ini berbeda dengan pengguna wordpress.org yang minimal harus mengeluarkan uang sebanyak 150-200 ribu selama setahun. Minimal biaya untuk domain dan hosting. Cara membuat blogger atau blogspot tidaklah sulit. Daftar blooger cukup dengan akun gmail secara gratis, sebagai syarat utama untuk menggunakan blog blogspot.

2.Blogspot atau Blogger Diprioritaskan Google

Blogspot adalah salah satu ‘anak perusahaan’ google sebagai mesin pencari terbesar saat ini. Diakui atau tidak, maka hal ini jelas secara tidak langsung situs atau blog yang menggunakan blogspot akan mendapatkan prioritas lebih ditampilkannya dalam hasil mesin pencarian google dibandingkan ‘pesaingnya’, wordpress. Efeknya, buat pemilik blogspot yang memiliki tulisan yang berkualitas (orisinal) maka jelas akan ‘disayangi’ oleh mesin pencari google. Bisa jadi akan kebanjiran pengunjung.

3. Blogspot Memiliki PA dan DA yang lebih Tinggi Dibandingkan WordPress

Walaupun angka PA (Page Authority) dan DA (Domain Authority) bisa ‘diakali’, bisa dikatakan kalau PA dan DA adalah salah satu faktor seo sebuah blog. Semakin tinggi PA dan DA sebuah blog maka akan semakin baik penilaian salah satu unsur seo blog tersebut. Cara mengecek PA dan DA sebuah blog, coba gunakan alat ini situs ini smallseotools.com. Coba bandingkan nilai PA dan DA blog terjemahan tarjiem ini dengan blogspot Anda. Rata-rata domain blogspot yang masih menggunakan .blogspot.com di belakangnya, maka akan memiliki nilai DA 80 dan PA 30.

Nilai PA dan DA tarjiem.com

Nilai PA dan DA tarjiem.com

4. Blogspot Memiliki Jaminan Keamanan Login dari Google

Masalah lain para pengguna wordpress adalah masalah keamanan. Mungkin hampir setiap pemilik blog wordpress mengalami masalah serangan percobaan masuk paksa (brute force login attack). Hal ini beda dengan pengguna blogspot. Selama kata sandi yang digunakan sulit ditebak dan mengaktifkan fasilitas keamanan tambahan dengan nomor ponsel, maka hal ini sudah cukup menyulitkan penyusup yang ingin membajak blog blogpsot.

5. Blogspot Memiliki Hosting Gratis dan Tangguh

Salah satu ‘masalah’ para pemilik wordpress adalah masalah hosting. Semakin banyak jumlah pengunjung blog maka hosting yang digunakan harus semakin baik. Sebagai contoh, saat ini blog terjemahan ini memiliki ratusan pengunjung dalam satu hari. Biaya hostingnya yakni 150 ribu rupiah per tahun. Jika pengunjung  sudah berada di angka 1.000-2.000 pengunjung per hari, maka biaya hosting yang dikeluarkan minimal 20-35 ribu per bulan. Beda sekali dengan blogpost. Sama sekali tidak ada biaya hosting, selamanya.

Hosting blogspot yang gratis dan tangguh ini merupakan salah satu kekuatan utama blogspot di hadapan pengguna wordpress.org. Mungkin hampir semua pengguna wordpress.org selalu menghadapi masalah pemilihan hosting yang baik untuk blog kesayangannya dan harus bijak memilih hosting. Jika salah memilih hosting, maka struktur seo yang telah dibangun bisa menjadi percuma. Hal ini beda dengan pengguna blogspot. Sama sekali tidak akan pernah mengalami hosting yang down (tidak bisa diakses). Alasannya jelas karena hostingnya adalah hosting milik google.

Perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org

Perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org Sumber:wpkreativ.com

Antara WordPress vs Google Blogspot

Pada intinya, blogspot adalah ‘anak kesayangannya’ perusahaan google. Dari segi seo saja, hal ini sudah cukup membantu para blogger untuk mengoptimalkan blognya. Selain itu, kekuatan dan kelebihan utama blogspot dibandingkan wordpress.org adalah hostingnya yang gratis dan tangguh. Selama para pengguna blogspot mematuhi apa peraturan google sebagai ‘pemilik rumah’, maka bisa jadi tidak ada alasan bagi google untuk menghapus blog yang melanggar aturan.

Lebih Bagus WordPress atau Blogspot? Bagusan wordpress atau blogspot? Pilih wordpress apa blogspot? Tentu masing-masing CMS ini memiliki kelebihan dan kekurangan, wordpress vs google blogspot. Tinggal bagaimana para blogger memaksimalkan kelebihan dan mengatasi kelemahan yang dimiliki oleh blogspot atau wordpress.

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

15 Comments

  1. Customer service Mandiri trending-topic info

    iya bang.. terkadang emang blogspot bisa lebih power full..
    tapi kalo soal penempatan iklan saya lebih seneng blog yang wordpress.. banyak pilihan plugin-pluginnya..

    Reply
  2. nurri

    Aku menggunakan wordpress dan blogspot. Tapi lebih cinta ke blog yg blogspot. Karenaaa, blogspot lebih gimana gitu :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Saya juga masih punya stok blogspot ok. hehehehe

      Reply
  3. khoirun naim

    kalo menut saya mas ridha blospot itu untuk pemula karena amat mudah dimengerti . sedangkan wordpress untuk yang lebih profesional sebab wordpress fiturnya lebih mendalam jika dipelajari :D . betul tidak mas ridha ?

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sebenarnya gak juga sih. Masing-masing punya kekuatan dan kelebihan sendiri. Cuma pengguna wordpress.org minimal mengeluarkan uang untuk sewa hosting tahunan.

      Reply
  4. Salman Faris

    Pertimbangan saya bikin blog dari blogspot karena multi akun, jadi dengan bikin satu aku bisa buka semua jaringan google, kalau seonya memang bonus :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya benar. Saya kadang pengen juga ngambil bonus seonya dari blgogspot.

      Reply
  5. Sucipto Kuncoro

    Naikin DA / PA gimana tuh mas caranya? punya saya masih rendah

    Reply
    • Ridha Harwan

      Coba deh di google Mas Sucipto. Kayaknya ada deh. Pakai trik backlink profile. Kalau domainnya pada masih blogspot kayaknya pada tinggi-tinggi deh pa/da nya.

      Reply
  6. Achmad Fazri

    Kalau dilihat dari segi praktis dan hemat blogspot memang no 1. Tapi kalau dari segi ke profesionalan WP lebih mandiri, Tapi dari banyaknya kelebihan yang dimiliki blospot, kenapa banyak yang migrasi ke WP yah…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Nah itu dia salah satu rahasia kecil wordpress. hehehehe
      Tapi tenang saja, kalau kita murni unutk ngeblog dan menjaring pengunjung, memang blogspot lebih disarankan dipilih.

      Reply
  7. Nuhan Nahidl

    Memang blogspot bandel sekali gan… selain jadi unggulan blogspot juga kesayangan google. Tetapi sekarang blogspot susah diolah via hp

    Reply
    • Ridha Harwan

      Pakai komputer saja. Saya juga pakai komputer bsar ngolah blognya, alias pakai PC.

      Reply
      • Nuhan Nahidl

        Hehe PC nya yang tidak ada… mas…

        Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.