Sejak blog terjemahan ini menggunakan plugin wordpress Google AMP, muncul beberapa pesan eror di halaman Google Search Console. Ada beberapa macam pesan kesalahan terkait proyek Accelerated Mobile Pages atau Laman Seluler yang Dipercepat ini.

Daftar pesan eror google AMP ini bisa ditemukan di halaman Google Search Console > Search Appearance > Accelerated Mobile Pages. Versi terjemahan google search console Bahasa Indonesia bisa ditemukan di menu Google Search Console > Tampilan Penelusuran > Laman Seluler yang Dipercepat.

Baca Juga: Cara Optimasi Gambar di Blog

Daftar Pesan Eror Laman Seluler yang Dipercepat (Accelerated Mobile Pages) di Google Search Console

Pada awal mula menggunakan plugin wordpress AMP ada lima pesan eror yang muncul. Namun berhubung satu pesan kesalahan sudah diperbaiki jadi sisanya tinggal empat pesan eror.

Contoh gambar bergerak Accelerated Mobile Pages di HP Laman Seluler yang Dipercepat

Contoh gambar bergerak Accelerated Mobile Pages di HP (googleblog.blogspot.co.id)

Pesan Eror Pertama

Atribut Terlarang atau Prohibited Attribute

Pesan kesalahan atribut terlarang merupakan pesan yang paling banyak muncul di blog jasa terjemahan ini. Saat ini ada 58 pesan eror tentang prohibited attribute. Penyebab munculnya Prohibited Attribute atau Atribut Terlarang lantaran ada atribut di setiap halaman tulisan (post) yang tidak seusai dengan standar atribut html proyek amp.

Cara mengatasi pesan kesalahan atribut terlarang ini yakni dengan cara menghapus atribut terlarang dari setiap tag laman yang dilaporkan eror oleh google saerch console. Walau banyak halaman blog yang eror lantaran atribut tag yang tidak valid , tapi halaman ini tetap muncul di hasil Google Penelusuran. Namun tentu tidak tampil dengan fitur tampilan khusus AMP.

Pesan Eror Kedua

Kesalahan pada Article schema.org atau Error in schema.org Article

Umumnya, penyebab kesalahan pada artikel schema.org ini lantaran beberapa artikel di blog terjemahan ini tidak menggunakan Gambar Fitur atau Featured Image dengan ukuran 640 x 640 piksel. Eror ini muncul lantaran tidak mengikuti kaidah elemen data terstruktur Article oleh http://schema.org/BlogPosting dan http://schema.org/NewsArticle.

Cara saya mengatasi pesan kesalahan pada artikel schema.org yakni dengan menambahkan gambar andalan atau feature image di setiap postingan tulisan yang ada laporan Error in schema.org Article. Setidaknya ada 28 pesan Error in schema.org Article yang mesti dibenahi di lapak ini.

Pesan Eror Ketiga

Tag Terlarang atau Prohibited Tag

Penyebab munculnya pesan kesalahan Tag Terlarang ini lantaran ada beberapa tag terlarang yang muncul di halaman postingan tulisan blog.

Cara mengatasi pesan eror Prohibited Tag yakni menghapus dan memperbaiki satu per satu halaman-halaman yang tidak sesuai dengan kaidah daftar tag html accelerated mobile pages. Di lapak jasa terjemahan ini tidak banyak muncul eror tag terlarang ini, hanya ada dua halaman saja yang eror.

Pesan Eror Keempat

Nilai Atribut Tidak Valid atau Invalid Attribute Value

Pesan eror keempat Nilai Atribut Tidak Valid ini adalah pesan eror yang paling sedikit. Hanya ada satu pesan Invalid Attribute Value. Pesan ini muncul lantaran ada label html atau kode html yang tidak benar muncul di halaman tulisan.

Contoh Pesan Eror Nilai Atribut Tidak Valid atau Invalid Attribute Value (Google AMP)

Contoh Pesan Eror Nilai Atribut Tidak Valid atau Invalid Attribute Value (Google AMP)

Cara memperbaiki Nilai Atribut Tidak Valid ini menurut saya adalah yang paling mudah di antara ketiga pesan eror sebelumnya. Hal ini disebabkan kesalahan tag html-nya sudah diberitahu letak kesalahannya.

Sepertinya masih banyak pesan eror yang lain. Seperti pesan Required Attribute Missing atau pesan lainnya. Hal ini tergantung ‘nasib’ blog versi penilaian Google AMP oleh Google Search Concole. Belum lagi perbedaan pesan eror ini muncul lantaran penggunaan alat blog yang berbeda-beda, apakah itu blogspot atau wordpress.

Cara Memperbaiki Pesan Kesalahan Laman Seluler yang Dipercepat (Google AMP)

Cara memperbaiki pesan kesalahan Laman Seluler yang Dipercepat ini sudah diterangkan di dalam penjelasan setiap pesan eror dalam Google Search Console.

Secara umum cara memperbaiki pesan eror google amp ini yakni dengan cara memeriksa satu persatu eror yang muncul di setiap halaman dengan alat Structured Data Testing Tool dari Google. Masukkan setiap url versi amp di Structured Data Testing Tool lalu pilih Fetch URL dan Fetch and Validate. Setelah itu disesuaikan dan diperbaiki pesan eror yang muncul di alat validasi google amp.

Untuk wordpress, ciri-ciri halaman yang sudah diindeks sebagai kategori url Google AMP di bagian alamat blognya ada tambahan AMP. Contohnya seperti https://tarjiem.com/2016/02/plugin-themes-wordpress-nulled-crack.html/amp.

Saat ini lapak jasa terjemahan ini juga dalam proses indeks halaman versi google AMP. Belum sepenuhnya selesai semua halaman terindeks. Mungkin jika selesai diindeks semua, maka akan ditulis secara rinci cara memperbaiki struktur yang eror lantaran Google Amp (Accelerated Mobile Pages atau Laman Seluler yang Dipercepat).