Select Page

7 Plugin WordPress di Blog Terjemahan Bahasa Ini

7 Plugin WordPress di Blog Terjemahan Bahasa Ini

Ketujuh plugin wordpress ini merupakan plugin wordpress terbaik pilihan saya yang digunakan dalam blog jasa terjemahan bahasa ini. Memang salah satu kelebihan blog yang berbasiskan wordpress.org adalah banyaknya plugin yang tersedia secara gratis. Saat ini wordpress.org sendiri memiliki 36.495 plugin yang bisa ditemukan di https://wordpress.org/plugins/.

Plugin adalah perangkat tambahan (sejenis software) yang digunakan di blog wordpress.org dengan berbagai tujuan penggunaan sesuai fungsi plugin tersebut.

Dikarenakan banyaknya plugin wordpress yang bagus dan keren, maka para pengguna wordpress.org harus bijak memilih plugin wordpress mana yang paling penting untuk digunakan di blog kesayangannya. Semakin sedikit plugin yang digunakan, semakin ringan pula kinerja blog di hosting yang ditempati, khususnya pengguna shared hosting yang ‘pas-pasan’ seperti saya ini.  Proses seleksi penggunaan tujuh plugin wordpress pilihan ini sangat mempertimbangkan aspek seo, kecepatan blog dan kenyamanan pengunjung yang datang ke blog ini.

7 Plugin WordPress Terbaik Pilihan Saya2

7 Plugin WordPress Yang Digunakan di Blog Terjemahan tarjiem.com ini.

Tujuh Daftar Plugin WordPress Pilihan Saya

Berikut ini daftar tujuh plugin wordpress yang digunakan di blog jasa terjemahan bahasa ini. Seluruh plugin pilihan ini sifatnya adalah gratis. Pengurutan plugin ini saya sesuaikan dengan gambar di atas atau sesuai abjad.

  1. Akismet – Plugin WordPress Spam Comment

    • Akismet merupakan plugin wordpress yang harus di install atau wajib dipasang di wordpress.org. WordPress sendiri sering menjadi sasaran ladang komentar massal (spam comment) khususnya blog yang mengaktifkan kolom komentar setelah artikelnya. Beberapa kali blog terjemahan bahasa ini kebobolan komentar massal walaupun sudah menggunakan plugin Akismet. Begitu Anda menggunakan wordpress, maka plugin wordpress wajib install yang pertama kali dipasang adalah Akismet ini. Salah satu kelebihan Akismet yang saya sukai adalah tidak akan menampilkan komentar yang di dalamnya berisikan tautan langsung (live link).
  2. CloudFlare – Plugin Optimasi Cache

    • Sengaja saya pasang plugin ini untuk membantu konfigurasi cloudflare di blog terjemahan saya ini. Selain itu saat saya lihat di plugin w3 total cache, ada juga pilihan plugin CloudFlare ini. Sehingga saya pasang plugin ini untuk membantu mempercepat membuka halaman blog ini. Blog jasa terjemahan bahasa tariem.com ini sendiri menggunakan layanan cloudflare gratis dikarenakan lokasi server (peladen) blog ini berada di USA. Selain itu hosting namecheap yang saat ini saya gunakan juga mendukung penggunaan layanan gratis dari cloudflare.com.
  3. Redirection – Plugin WordPress Pengalihan Halaman 301 (Redirect)

    • Tadinya saya tidak ingin memasang ini. Namun berhubung plugin ini cukup bermanfaat dalam menyembunyikan tautan afiliasi (cloaking affilate link), maka saya pasang tautan ini. Manfaat plugin ini yakni untuk mengalihkan tautan yang kita sebutkan ke halaman lain dengan kode 301. Mirip dengan adf.ly. Selain itu, saya menggunakan plugin ini untuk mengalihkan halaman atau tautan eror 404 ke halaman yang sebenarnya.
  4. Rocket Lazy Load – Plugin Optimasi Gambar

    • Tujuan penggunaan plugin optimasi gambar ini membantu blog saat gambar-gambar dimunculkan di halaman blog. Sebenarnya masih banyak alternatif lain plugin untuk mempercepat membuka gambar di blog. Bisa dicari dengan kata kunci “lazy load” di www.wordpress.org/plugins/. Namun, pilihan saya jatuh pada Rocket Lazy Load ini.
  5. W3 Total Cache – Plugin WordPress untuk Mempercepat Loading Blog

    • Tujuan penggunaan plugin w3 total cache ini yakni untuk mempercepat waktu membuka halaman blog terjemahan ini. Namun sebenarnya tujuan saya, agar konfigurasi w3 total cache bisa berkolaborasi dengan cloudflare.com dan plugin cloudflare di atas.
  6. Wordfence Security – Plugin Keamanan WordPress

    • Plugin keamanan wordpress yang bernama Wordfence security ini saya pasang sejak saya mengalami brute force login attack. Sejak saat itu saya sadar kalau blog wordpress saya ini terus ada yang mencoba masuk dan menebak-nebak kata kunci untuk masuk wp-admin blog terjemahan ini. Selain menebak kata sandi juga menebak nama pengguna admin blog. Pilihan lain plugin keamanan wordpress yakni plugin BulletProof Security. Saya sangat menyarankan untuk memasang plugin security jika Anda ingin melindungi blog wordpress Anda dari orang-orang jahil.
  7. WordPress SEO – Plugin WordPress Seo Oleh Yoast

    • Berbeda dengan blogspot atau wordpress.com, wordpress.org memiliki cara sendiri dalam melakukan optimasi mesin pencarian (search engine optimization atau seo). Salah satu plugin wordpress seo terbaik adalah plugin karya yoast.com. Pengguna plugin ini sudah ada lebih dari 1 juta pengguna. Alternatif lain untuk plugin wordpress untuk seo adalah All in One SEO Pack. Yoast sendiri memiliki penjelasan versi seo on page-nya sendiri. Lihat di tulisan saya di sini.

Saya pribadi kadang merasa tidak perlu mengunakan plugin w3 total cache. Namun dikarenakan saya ingin menggunakan layanan cloudflare dan hosting saya yang jauh dari target pengunjung di Indonesia, maka akhirnya saya menggunakan plugin w3 total cache + plugin cloudflare demi mempercepat loading blog. Padahal jika 2 plugin itu dihapus maka mungkin kerja hosting saya bisa jadi lebih ringan. Saya sendiri sudah mencobanya pada saat saya menggunakan shared hosting iix. Apalagi banyak sekali pengaturan w3 total cache yang tidak begitu saya pahami.

Selain ketujuh plugin di atas, masih ada satu plugin yang saya gunakan juga. Hanya saja plugin ini sering saya bongkar-pasang. Tergantung kebutuhan. Nama plugin tambahannya yakni Broken Link Checker.

Broken Link Checker – Plugin untuk mengecek tautan yang rusak

Biasanya saya menggunakan plugin ini satu minggu sekali. Setelah plugin ini selesai memeriksa seluruh link yang rusak yang ada di blog ini, maka saya pun menonaktifkan dan melepas plugin ini. Tujuannya untuk meringankan kerja shared hosting (hosting berbagi) yang saya gunakan.

Kategori Plugin WordPress Pilihan Saya:

  1. Plugin untuk SEO: Plugin Yoast / WordPress Seo
  2. Plugin untuk mempercepat loading blog: W3 Total Cache, Rocket Lazy Load dan Cloudflare
  3. Plugin keamanan: Akismet dan Worfence Security
  4. Plugin pembantu: Redirection dan Broken Link Checker

Penggunaan plugin di wordpress ini juga sangat tergantung dengan tema (themes) yang digunakan oleh blog wordpress. Selain itu pemilihan dan penggunaan plugin di wordpress ini juga menyesuaikan kebutuhan masing-masing pengguna. Bisa jadi seorang pengguna wordpress.org memiliki pilihan penggunaan plugin wordpress sendiri-sendiri. Tidak hanya itu, penggunaan plugin wordpress ini tentu dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebutuhan blog terjemahan bahasa ini.

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

25 Comments

  1. khoirun naim

    mas make plugin nya banyak banget -_- , apa kalo bagi kalangan mastah masih kurang ya , sya belum pernah berkecimpung didunia wordpress si hehe

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sebenarnya kalau ini tidak terlalu begitu banyak. Yang penting websitenya gak lambat pada saat diakses.

      Reply
  2. ilmudes

    saya juga mencoba memakai wordpress.org mas, tapi pakai versi hosting dan domain gratisan, jadi kadang lemot. Sejauh apa yang saya rasakan waktu saya mencoba wordpress self hosting, benar2 menggoda ya mas.hehe

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya betul wordpress memang menggoda. Namun blogspot juga tidak kalah kalau kita padnai mengelolanya.
      Soalnya kalau mau pakai WordPress.org mesti keluar duit. :D

      Reply
  3. Wahab Saputra

    Makasih infonya kang…klo udah punya web WP pasti sy coba…

    Reply
  4. Beby

    Pluginnya ada banyak ya, Bang.. Semua keliatan oke. :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya dong Beby. Kalau yang punya blognya gimana, kelihatan oke juga gak? hehehehe

      Reply
  5. Aditya Nugroho

    Aku masih pake custom domain di blogger mas. Sementara masih nyimak dulu, belum ada dana buat pake WP self hosting.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya, pakai blogspot saja sudah cukup powerfull kok. Kalau sudah di custom domain malah agak sedikit tenang kitanya.

      Reply
  6. bengkel blogger

    maaf oot gan. alamat blog kamu dha udah kumasukkan dalam daftar sahabat blogwalking. maaf ya kelupaan. heeee. terima kasih dan salam sahabat blogger.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Hahaha, iya Mbah terima kasih banyak. Walaupun blognya Mbah gak ada di blog saya kan gak apa-apa kan Mbah.
      Terima kasih banyak Mbah Dinan. :D

      Reply
  7. fatahillah

    ke nya ribet juga yah mas kalo disuruh milih jujur saya mau pake htm aja :3

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau pecinta html dan paham html, memang blogspot lebih cocok. Kalau saya lantaran gak mau otak-atik html mangkanya pakai wordpress.org.

      Reply
      • fatahillah

        hahaha kerenn nihh gak mau ambil pusing :v

        Reply
  8. ilmudes

    ijin belajar dulu mas, belum familiar nih, tapi saya tertarik dengan wordpress yang pakai hosting sendiri. masalahnya, yang pakai punyanya wp saja belum bisa, mau coba hosting sendiri. dagelan nih saya.hehe

    Reply
  9. Salman Faris

    kalau yang ada di blogspot apa aja nih Mas, boleh tahukah?

    Reply
    • Ridha Harwan

      Ini hanya berlaku untuk di wordpress.org.
      Di blogspot.com atau blogger.com gak ada.

      Reply
  10. bengkel blogger

    inilah salah satu keuntungan pengguna wordpress yang banyak disediakan plugging, sehingga optimasi pada mesin pencari lebih mudah dan lebih bagus. ok terima kasih mas infonya. salam sahabat blogger.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Benar banget Mbah. Walaupun bukan blog kesayangan si google, tapi wordpress punya cara sendiri untuk mengoptimalkan situsnya.

      Reply
  11. Muhammad Nuhan Nahidl

    Wih ternyata plugin di tarjiem.com tidak sebarangan ya mas. Kalau dipikir susah juga ya ngurusin plugin….kaya gitu…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sebenarnya sih enggak Mas Nuhan. Soalnya saya lebih suka mengatur plugin dibandingkan harus berhadapan dengan html. :D

      Reply
  12. Sucipto Kuncoro

    gak usah banyak-banyak ya gan, cukup tujuh saja…
    beberapa waktu lalu kenapa ya, IP saya keblok masuk ke blog ini, tapi cuma sebentar aja…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Waktu IP ke blok itu, apa ada muncul tulisan “CloudFlare”? Kalau iya itu berati hosting saya lagi eror mungkin. Atau ke blok waktu masuk ke forums saya?

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.