7 Plugin WordPress di Blog Terjemahan Bahasa Ini

Ketujuh plugin wordpress ini merupakan plugin wordpress terbaik pilihan saya yang digunakan dalam blog jasa terjemahan bahasa ini. Memang salah satu kelebihan blog yang berbasiskan wordpress.org adalah banyaknya plugin yang tersedia secara gratis. Saat ini wordpress.org sendiri memiliki 36.495 plugin yang bisa ditemukan di https://wordpress.org/plugins/.

Plugin adalah perangkat tambahan (sejenis software) yang digunakan di blog wordpress.org dengan berbagai tujuan penggunaan sesuai fungsi plugin tersebut.

Dikarenakan banyaknya plugin wordpress yang bagus dan keren, maka para pengguna wordpress.org harus bijak memilih plugin wordpress mana yang paling penting untuk digunakan di blog kesayangannya. Semakin sedikit plugin yang digunakan, semakin ringan pula kinerja blog di hosting yang ditempati, khususnya pengguna shared hosting yang ‘pas-pasan’ seperti saya ini.  Proses seleksi penggunaan tujuh plugin wordpress pilihan ini sangat mempertimbangkan aspek seo, kecepatan blog dan kenyamanan pengunjung yang datang ke blog ini.

7 Plugin WordPress Terbaik Pilihan Saya2

7 Plugin WordPress Yang Digunakan di Blog Terjemahan tarjiem.com ini.

Tujuh Daftar Plugin WordPress Pilihan Saya

Berikut ini daftar tujuh plugin wordpress yang digunakan di blog jasa terjemahan bahasa ini. Seluruh plugin pilihan ini sifatnya adalah gratis. Pengurutan plugin ini saya sesuaikan dengan gambar di atas atau sesuai abjad.

  1. Akismet – Plugin WordPress Spam Comment

    • Akismet merupakan plugin wordpress yang harus di install atau wajib dipasang di wordpress.org. WordPress sendiri sering menjadi sasaran ladang komentar massal (spam comment) khususnya blog yang mengaktifkan kolom komentar setelah artikelnya. Beberapa kali blog terjemahan bahasa ini kebobolan komentar massal walaupun sudah menggunakan plugin Akismet. Begitu Anda menggunakan wordpress, maka plugin wordpress wajib install yang pertama kali dipasang adalah Akismet ini. Salah satu kelebihan Akismet yang saya sukai adalah tidak akan menampilkan komentar yang di dalamnya berisikan tautan langsung (live link).
  2. CloudFlare – Plugin Optimasi Cache

    • Sengaja saya pasang plugin ini untuk membantu konfigurasi cloudflare di blog terjemahan saya ini. Selain itu saat saya lihat di plugin w3 total cache, ada juga pilihan plugin CloudFlare ini. Sehingga saya pasang plugin ini untuk membantu mempercepat membuka halaman blog ini. Blog jasa terjemahan bahasa tariem.com ini sendiri menggunakan layanan cloudflare gratis dikarenakan lokasi server (peladen) blog ini berada di USA. Selain itu hosting namecheap yang saat ini saya gunakan juga mendukung penggunaan layanan gratis dari cloudflare.com.
  3. Redirection – Plugin WordPress Pengalihan Halaman 301 (Redirect)

    • Tadinya saya tidak ingin memasang ini. Namun berhubung plugin ini cukup bermanfaat dalam menyembunyikan tautan afiliasi (cloaking affilate link), maka saya pasang tautan ini. Manfaat plugin ini yakni untuk mengalihkan tautan yang kita sebutkan ke halaman lain dengan kode 301. Mirip dengan adf.ly. Selain itu, saya menggunakan plugin ini untuk mengalihkan halaman atau tautan eror 404 ke halaman yang sebenarnya.
  4. Rocket Lazy Load – Plugin Optimasi Gambar

    • Tujuan penggunaan plugin optimasi gambar ini membantu blog saat gambar-gambar dimunculkan di halaman blog. Sebenarnya masih banyak alternatif lain plugin untuk mempercepat membuka gambar di blog. Bisa dicari dengan kata kunci “lazy load” di www.wordpress.org/plugins/. Namun, pilihan saya jatuh pada Rocket Lazy Load ini.
  5. W3 Total Cache – Plugin WordPress untuk Mempercepat Loading Blog

    • Tujuan penggunaan plugin w3 total cache ini yakni untuk mempercepat waktu membuka halaman blog terjemahan ini. Namun sebenarnya tujuan saya, agar konfigurasi w3 total cache bisa berkolaborasi dengan cloudflare.com dan plugin cloudflare di atas.
  6. Wordfence Security – Plugin Keamanan WordPress

    • Plugin keamanan wordpress yang bernama Wordfence security ini saya pasang sejak saya mengalami brute force login attack. Sejak saat itu saya sadar kalau blog wordpress saya ini terus ada yang mencoba masuk dan menebak-nebak kata kunci untuk masuk wp-admin blog terjemahan ini. Selain menebak kata sandi juga menebak nama pengguna admin blog. Pilihan lain plugin keamanan wordpress yakni plugin BulletProof Security. Saya sangat menyarankan untuk memasang plugin security jika Anda ingin melindungi blog wordpress Anda dari orang-orang jahil.
  7. WordPress SEO – Plugin WordPress Seo Oleh Yoast

    • Berbeda dengan blogspot atau wordpress.com, wordpress.org memiliki cara sendiri dalam melakukan optimasi mesin pencarian (search engine optimization atau seo). Salah satu plugin wordpress seo terbaik adalah plugin karya yoast.com. Pengguna plugin ini sudah ada lebih dari 1 juta pengguna. Alternatif lain untuk plugin wordpress untuk seo adalah All in One SEO Pack. Yoast sendiri memiliki penjelasan versi seo on page-nya sendiri. Lihat di tulisan saya di sini.

Saya pribadi kadang merasa tidak perlu mengunakan plugin w3 total cache. Namun dikarenakan saya ingin menggunakan layanan cloudflare dan hosting saya yang jauh dari target pengunjung di Indonesia, maka akhirnya saya menggunakan plugin w3 total cache + plugin cloudflare demi mempercepat loading blog. Padahal jika 2 plugin itu dihapus maka mungkin kerja hosting saya bisa jadi lebih ringan. Saya sendiri sudah mencobanya pada saat saya menggunakan shared hosting iix. Apalagi banyak sekali pengaturan w3 total cache yang tidak begitu saya pahami.

Selain ketujuh plugin di atas, masih ada satu plugin yang saya gunakan juga. Hanya saja plugin ini sering saya bongkar-pasang. Tergantung kebutuhan. Nama plugin tambahannya yakni Broken Link Checker.

Broken Link Checker – Plugin untuk mengecek tautan yang rusak

Biasanya saya menggunakan plugin ini satu minggu sekali. Setelah plugin ini selesai memeriksa seluruh link yang rusak yang ada di blog ini, maka saya pun menonaktifkan dan melepas plugin ini. Tujuannya untuk meringankan kerja shared hosting (hosting berbagi) yang saya gunakan.

Kategori Plugin WordPress Pilihan Saya:

  1. Plugin untuk SEO: Plugin Yoast / WordPress Seo
  2. Plugin untuk mempercepat loading blog: W3 Total Cache, Rocket Lazy Load dan Cloudflare
  3. Plugin keamanan: Akismet dan Worfence Security
  4. Plugin pembantu: Redirection dan Broken Link Checker

Penggunaan plugin di wordpress ini juga sangat tergantung dengan tema (themes) yang digunakan oleh blog wordpress. Selain itu pemilihan dan penggunaan plugin di wordpress ini juga menyesuaikan kebutuhan masing-masing pengguna. Bisa jadi seorang pengguna wordpress.org memiliki pilihan penggunaan plugin wordpress sendiri-sendiri. Tidak hanya itu, penggunaan plugin wordpress ini tentu dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebutuhan blog terjemahan bahasa ini.

25 Comments

  1. khoirun naim 30 Maret 2015 23:33
    • Ridha Harwan 31 Maret 2015 03:16
  2. ilmudes 19 Maret 2015 16:42
    • Ridha Harwan 20 Maret 2015 13:56
  3. Wahab Saputra 17 Maret 2015 14:46
  4. Beby 15 Maret 2015 17:03
    • Ridha Harwan 17 Maret 2015 11:18
  5. Aditya Nugroho 14 Maret 2015 22:07
    • Ridha Harwan 17 Maret 2015 11:17
  6. bengkel blogger 14 Maret 2015 18:44
    • Ridha Harwan 17 Maret 2015 11:16
  7. fatahillah 14 Maret 2015 16:33
    • Ridha Harwan 17 Maret 2015 11:15
      • fatahillah 17 Maret 2015 16:48
  8. ilmudes 12 Maret 2015 23:54
  9. Salman Faris 11 Maret 2015 09:47
    • Ridha Harwan 17 Maret 2015 11:00
  10. bengkel blogger 10 Maret 2015 15:11
    • Ridha Harwan 17 Maret 2015 10:55
  11. Muhammad Nuhan Nahidl 8 Maret 2015 18:46
    • Ridha Harwan 10 Maret 2015 07:52
  12. Sucipto Kuncoro 8 Maret 2015 12:03
    • Ridha Harwan 10 Maret 2015 07:51

Leave a Reply