Saran Saya Jika Ingin Pindah dari Blogger ke WordPress

Saran Saya Jika Ingin Pindah dari Blogger ke WordPress

Bingung apakah ingin tetap di blogspot dan ingin pindah dari blogger ke wordpress. Lihat saran saya jika ingin migrasi ke wordpress.org.

Inspirasi Tulisan Saya
Inspirasi Tulisan Saya

Sebuah hal yang wajar jika kita ingin berpindah dari blogspot ke wordpress kita akan mengalami sedikit kegaulauan (kebingungan) mengenai apa-apa saja yang harus dilakukan atau yang dipertimbangkan saat kita akan melakukan migrasi dari blogspot ke wordpress. WordPress yang saya maksudkan di sini adalah wordpress.org bukan wordpress.com, lihat perbedaannya di sini.

Berikut ini beberapa saran saya sebagai orang yang pernah menggunakan blogspot selama hampir 3 tahun lebih dan pengguna wordpress.org yang belum genap 6 bulan.

Halaman paling beken di blogger atau blogspot :D
Halaman paling beken di blogger atau blogspot, html. :D

1. Pikirkan Matang-Matang Sebelum Memutuskan Pindah ke WordPress

Ini sangat penting sekali bagi saya. Begitu kita telah pindah ke wordpress maka rasanya akan sulit kembali lagi ke blogspot. Walaupun itu masih mungkin dilakukan namun menurut saya itu akan sangat disayangkan sekali, karena kita telah mengeluarkan uang, waktu, dan tenaga kita untuk migrasi dari blogspot ke wordpress. Saya pribadi memiliki rasa ingin pindah kembali ke blogspot. Namun begitu saya kembali membuka halaman admin blogspot dan melihat struktur kode-kode html (coding) saya urungkan niat saya, karena di wordpress saya jarang sekali menyentuh html. :D

SIapkan 'dompetmu'
Siapkan ‘dompetmu’

2. Siapkan Duit (Secara Rutin)

Jika kita telah memutuskan akan berpindah ke wordpress, maka hal yang utama dan itu penting untuk dipersiapkan adalah duit atau uang. Berapa besar uang yang perlu dipersiapkan? Totalnya adalah 150-250 ribu rupiah per tahunnya (sekitar 15-25 dolar Amerika) dengan rinciannya yaitu, untuk pembelian domain sekitar 100-150 ribu dan untuk menyewa hosting sekitar 50-100 ribu rupiah. Ingat yah, setidaknya biaya minimal ini perlu disiapkan setiap tahunnya. Namun jika kita hanya fokus di ngeblog atau hanya menulis saja, biaya sebesar itu sudah lebih dari cukup untuk setiap tahunnya.

3. Persiapkan Pengetahuan Soal Hosting dan Domain

Mau tidak mau, saat kita memutuskan pindah ke wordpress maka kita akan berurusan dengan namanya hosting (inang dalam Bahasa Indonesianya). Saya sendiri telah menulis tentang lima cara bijak memilih hosting dari pemula untuk pemula. Menurut saya perbedaan yang mendasar sekali antara blogspot dan wordpress adalah dalam hal hosting. Di blogspot kita tidak pusing memikirkan soal hosting, sedangkan di wordpress, terkadang kita bisa pusing sekali dibuatnya. Hosting dibaratkan sebuah bangunan rumah dan domain sendiri adalah alamat rumah. Semakin bagus rumah itu maka biasanya harga rumah itu akan semakin mahal pula.

Ilustrasi Paket Hosting VPS IIX Domosquare.com
Salah satu ilustrasi paket hosting domosquare

Istilah yang paling sering ada di dunia perhostingan yaitu bandwith yang unlimited, unmetered, atau yang terbatas dan disc space atau disc storage. Untuk bandwith atau lebar pita sendiri, jika masih memiliki pengunjung harian sekitar 500 pengunjung maka bandwith 5 GB itu rasanya sudah cukup. Untuk disc space atau ruang penyimpanan data sendiri, jika blog kita rata-rata hanya memiliki 1-3 gambar di setiap tulisannya, penyimpanan sebesar 500 MB itu sepertinya sudah cukup.

Migrasi Blogspot ke WordPress.org Gambar:youngflavor.net
Migrasi Blogspot ke WordPress.org Gambar:youngflavor.net

4. Persiapan Migrasi dari Blogspot ke WordPress

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah proses migrasi dari blogspot ke wordpress. Ini perlu juga dipelajari, terlebih lagi jika blog Anda sudah memiliki pengunjung yang cukup banyak (>500 pengunjung dalam 1 hari). Menurut saya, proses perpindahan atau migrasi dari blogspot ke wordpress ini merupakan masa-masa kritis, karena kita akan (sedikit) mempertaruhkan seo yang telah kita bangun. Jika Anda kurang yakin ingin memindahkan sendiri, maka mungkin Anda bisa meminta bantuan dari teknisi tempat kita menyewa hosting. Tanyakan apakah ada biaya atau tidak atau mungkin Anda bisa mencari jasa pindah atau migrasi dari blogspot ke wordpress di internet. Lihat bagaimana cerita saya saat migrasi dari blogspot ke wordpress.

5. Blog Anda Untuk Apa?

Sedikit tambahan, untuk apa Anda ngeblog? Jika hanya untuk “bersenang-senang” saja, maka menggunakan blogspot mungkin ada baiknya. Namun jika blog itu untuk bisnis, maka tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk pindah dari blogger ke wordpress. Itu pula alasan saya pindah, karena blog ini saya gunakan pula untuk memasarkan jasa terjemahan saya.

Salah satu tweet saya yang di-retweet oleh wordpress.
Salah satu tweet saya yang di-retweet oleh wordpress.

Memang masing-masing platform ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jika diibaratkan sebuah rumah, maka apabila kita menggunakan blogspot maka status kita di rumah tersebut adalah menumpang secara gratis (hosting dengan google). Selain itu di blogspot sendiri kita tidak perlu pusing soal hosting karena blogspot mungkin tidak pernah mengalami gangguan server atau hosting. Kita hanya cukup mengingat sebuah sandi masuk, otak-atik html dan mengisi blog kita.

Namun demikian ada hal-hal lain yang tidak ada di blogspot dan itu dimiliki oleh wordpress. Salah satunya adalah plugin. Saya yang baru 1 hari mengenal wordpress.org dan mengetahui jumlah plugin-nya yang ribuan dan bermacam-macam, sampai geleng-geleng. Kita dituntut bijak dalam penggunaan plugin di wordpress. Silakan dipikirkan kembali apakah akan tetap menggunakan blogspot atau pindah ke lain hati, wordpress.org.

115 thoughts on “Saran Saya Jika Ingin Pindah dari Blogger ke WordPress

  1. yg pertama saya tertarik sama nama domain mas Ridha,…asli nyleneh banget, tp isinya yahuud,..

    bicara soal migrasi blogger ke WP, saya pengalaman unik…
    hampir 2 th sya menimbang-nimbang,..”pindah ga ya?”….lalu saya mencari-cari “apa sih perbedaan yg plng menonjol dr WP? ” akhirnya saya nemu sendiri jawabannya (mungkin ini bisa juga asumsi pribadi)..ya PLUGIN, menurut saya cuma itu bedanya,..kalo ada yg bilang WP lebih powerful, bisa meningkatkan trafik, dll..bagi saya itu masih sekedar mitos yg perlu pembuktian sendiri…
    tapi sya pikir2,..utk masalah SEO, artikel saya byk yg di pageone (maaf mas, rada narsis), meski saya pake blogger dan tanpa plugin, hanya mengandalkan teknik SEO otodidak yg saya ketahui,..
    tapi jujur, dlm hal tampilan web antara blogger dg WP memang beda, akhirnya saya ngakalinnya pake template yg modelnya mirip2 WP,..alhasil, banyak pengunjung yg nyangka blog saya adalah WordPress,..

    Sejak saat itu,..saya makin mantap memilih blogger, dan urung pindah ke WP,..tpi entah suatu saat mungkin bakal selingkuh juga kali yee..he he he..wat n see aja lah…

    ah jadi nyerocos ga karuan,…ya udh mas Ridho,..thanks atas waktunya..salam blogger untuk WP-ers..

    • Dari 47 komentar yang saya balas hari ini, komentar Mas Teguh yang paling panjang meninggalkan komentarnya. Sudah hampir 100 kata lebih.
      Jadi gak enak kalau balas komentarnya pendek saja.
      Betul sekali memang, kelebihan WordPress itu ada di Plugin dan Tema/tampilannya.
      Sedangkan kelemahannya ada di urusan hosting yang kadang suka bikin sulit tidur nyenyak.
      Apalagi kalau pakai host berbagi (share hosting).
      Sedangkan kekuatan Blogspot itu ada di anak emasnya dukun Google.
      Beberapa bulan kemarin, Blogspot baru mengeluarkan template/themes resmi yang lumayan menarik.
      Setidaknya itu kabar bahagia bagi para pengguna blogger.
      Saya sendiri, pengen juga balik ke blogspot lagi, cuma terlanjur nyaman di WordPress. Apalagi kalau sudah untuk urusan merapikan atau memanejemen tulisan yang sudah hampir 500 di lapak terjemahan ini.
      Terima kasih komentar yang panjangnya Pak Teguh.

    • Harus pakai template khusus WP.
      Kalau mau pakai template dari blogger sebelumnya, malah susah. Harus dikonversi dulu. Biayanya juga gak sedikit, mahal.

  2. Mas saya ingin pindah dari blogspot ke wordpress juga, blog saya kira2 memiliki 500 page view per day, kalau saya beli hosting dengan disk space 150 mb dan bandwith 3 gb kira-kira cukup gak ya ?

    • Pakai domain sendiri dulu (custom domain), baru pindah ke wordpress.
      Jangan sampai salah pilih pengaturan permalink.
      Jangan salah pilih paket hosting juga.

    • 1. Secara gak langsung, blogspot itu boleh dibilang blog kesayangannya google.
      Jelas blogspot itu bisa didahulukan ditampilkan di hasil pencarian google (SERP).

      2. Blogspot lebih enak diberi suntikan backlink ketimbang wordpress.
      Jika backlink blogspot itu bagus, maka optimasi seo nya lebih mudah ketimbang wordpress.
      SERP/Posisi di google cenderung lebih stabil.

      3. Secara angka Domain Authority dan Page Authority (DA/PA) versi MOZ, blogspot lebih bagus. Sebelum custom domain.
      Walau ini gak bisa dijadikan rujukan, setidaknya DA/PA blogspot lebih tinggi ketimbang wordpress.

      4. Dari segi SEO hosting, blogspot jelas lebih cepat diakses dari belahan dunia mana saja.
      Beda dengan SEO hosting wordpress yang harus pakai CDN/Content Delivery Network dan lokasi server untuk bisa menyaingi blogspot. Kecuali pakai VPS.

      Belum lagi hosting Blogpsot gratisan itu lebih cepat. Secara SEO itu sangat berpengaruh sekali dengan akses halaman blog.
      WordPress harus pintar mengolahnya kalau mau mendapatkan kecepatan akses blog (loading time) untuk bisa menandingi blogspot atau blogger atau googleblog.

      Banyak yah, bisa jadi artikel nih.

      Kurang lebih itu, sembari menggunakan blogspot, pelajari dulu optimasi seo wordpress + hosting + themes + plugin.
      Usahakan jangan buru-buru pindah ke wordpress. Kecuali mau benar-benar serius ngeblog+nyari duit.

      Saya senang. Pertanyaannya pendek dan kritis. Itu tandanya tulisan saya dibaca.

      Terima kasih banyak.

  3. saya masih enak di blogger milik Google karena nyaman sekali dan gratis. membaca artikel ini saya jadi tahu kalau untuk pindah butuh pengetahuan yg lebih lagi. berarti mesti belajar ilmu wordpress terbaru lagi nih. ;-)

  4. Saya baru saja migrasi dari blogspot ke wordpress, mudah-mudahan kedepannya tidak drop visitor, tapi semoga sebaliknya.

    Hal ini karena terpaksa, mengingat peraturan blogger semakin hari semakin ketat dan bahkan ada rencana untuk mematikan fitur otentifikasi – artinya nanti nggak bisa lagi eksport blogspot ke WP/lain-lain :D . Pernah didelete sih, jadi sekarang trauma :D

    • Kalau dari segi SEO antara wordpress.com, wordpress,org, atau blogspot itu sama saja. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.
      1. Blogspot= gratis, milik google
      2. WordPress.com = gratis juga
      3. wordpress.org= bebas gak punya keterikatan tapi harus membayar.
      Coba lihat tulisan saya yang lain berjudul perbedaan wordpress dan blogspot.
      Saran saya yakinkan diri sudah memiliki pengetahuan soal hosting dan domain. Karena untuk hosting saja ilmunya cukup banyak sekali.
      Berpindah ke wordpress tidak ada jaminan blog kita akan lebih baik. Tidak ada jaminan blog kita akan tambah ramai pengunjungnya.
      Mungkin cocoknya pindah ke WP pada saat pengunjung unik harian kita sudah di atas 2-5 ribu per hari. Tapi nanti itu sewa hostingnya juga mahal loh (300-400 ribu setahun). :)

  5. Bener sekali Mas, dan menurut saya poin 2 dan 3 itu memang sangat fatal dan harus diperhatikan benar benar sebelum mengambil keputusan untuk migran ke wp, soalnya stelah berpindah ke wp otomatis keselamatan dan keamanan situs 90% menjadi tenggung jawab kita sendiri.

    Ma’af baru bisa berkunjung Mas, soalnya terjadi gangguan jaring beberapa hari kemarin

  6. wah saya malah puyeng, saya baru mengenal blogspot mulai sept 2014 lalu, itu juga karena teman yang bantu. cukup bisa berkomentar disini pun saya sudah merasa ahli ( he…he…he..). baru belajar punya situs. nah wordpress itu (bisa nulis karena nyalin) belum kenal sama sekali. tapi sepertinya cukup menarik juga ya…., makanya jadi banyak komentar. Makasih infonya Mas Ridha

  7. ketika membicarakan keunggulan dari keduanya, blogspot dan wordpress maka keduanya mempunyai keunggulan dan kekurangan tersendiri. namun terus terang saya lebih menyukai blogspot, karena selain kepunyaan google, optimasinya juga lebih gampang. tapi mungkin karena saya aja kali ya gan kurang memahami karakter dan penggunaan optimal dari wordpress itu sendiri. ok terima kasih gan

    • Betul Mbah Dinan, saya juga awalnya sengaja pilih blogspot, karena itu tidak terlalu sulit optimalisasinya. Lalu setelah saya siap barulah saya migrasi dengan custom domain dan pindah ke lain hati. :D

  8. jika demikian jlimetnya menurut saya loch ya, rasanya sementara waktu akan tetapbertahan di blogspot saja saya mah kang, di samping nol ilmu wordpresshingga tentu akan membutuhkan lagi waktu yang cukup panjang bagi saya untuk mempelajari wp, maklum blogspot sendiri saya belajarnya otodidak dan pyur sendiri karena ngga ada yang bisa di tanya dan di ajak berdiskusi, hingga sekali lagi saya akan tetap bertahan di blogspot saja.
    terimakasih pencerahan mengenai blogspot atau WP nya.

  9. Kl diperturutkan, emang pengen sekali make wordpress.. Ini terasa ketika saya jd pengganti web kantor.. Tapi buat blog pribadi, argumen diatas bisa dijadiin pertimbangan. Setelah dipikir lagi, blog saya pake blogspot tetap saya pertahankan, namun kl buat usaha sampingan, mau ga mau harus pake wordpress lah minimal, biar lebih fleksibel dan profesional :D

  10. Semakin banyak yang Mas Ridha jelaskan, semakin banyak juga hal yang ingin saya tanyakan. Hehehe… Gpp yah Mas?
    Menyambung artikel Mas yang berjudul Pilih Blogspot atau WordPress? Perbandingan & Perbedaan, mungkin memang benar yah seperti yang Mas Ridja paparkan. Bahwa untuk pemula, memang disarankan memakai jasa layanan sewa hosting lokal. Seperti saya sekarang, banyak sekali hal yang ingin saya tanyakan, karena bagi saya ini merupakan hal baru. Kan akan lumayan memusingkan, dengan keterbatasan kemampuan Bahasa Inggris saya, saya harus banyak bertanya ke cs penyedia layanan hosting luar. Hehehe…

    Ok mungkin kalo soal hosting untuk blog, saya kira penjelasan Mas Ridha sudah lebih dari cukup membantu saya.

    Ada hal lain lagi Mas yang mau saya tanyakan. Kalo soal email gimana yah? Sekarang email saya (….[at]adiewcen[dot]com) kan dilayani oleh custom domains di Outlook.com, yang mana sekarang layanan gratisnya sudah tidak berlaku lagi. Tapi email saya masih bisa dipakai sih, hanya dalam segi management email seperti add account dll sudah tidak bisa lagi. Saya kepikiran untuk menggunakan email saya di hosting yang nanti saya pakai. Kan biasanya sudah sepaket dengan layanan emailnya kan yah kalo kita menyewa sebuah hosting.

    Bagaimana menurut Mas Ridha? Ada masukan Mas?

    • Yah gak apa-apa selama masih bisa di jawab, kalau gak bisa di jawab baru lihat di internet.
      Iya mending lewat hosting lokal saja, kalau sudah mahir di cpanel/hosting baru ke bule. Itu pun tidak harus loh.
      Untuk email sendiri mah gak sulit. Kalau kita sudah punya domain dan hosting sendiri mau buat nama@email.com apa saja terserah kita. Yang penting fitur (share) hosting yang kita sewa ada penjelasan “Email account= unlimited”, nanti tanyakan ke hostingnya.
      Untuk yang di outlook, saya kurang paham. Cuma apa ini yang mau dipakai nama emailnya saja? Kalau iya, berarti nanti tinggal dibuatkan saja di hostingnya. Malah nanti bisa buat nama macam-macam lagi di hosting, asal unlimited di fitur hostingnya.
      Iya sepaket dengan layanan hostingnya, usahakan pilih fitur email account= unlimited (bukan terbatas). untuk memastikannya, bisa ditanyakan dulu ke calon hosting yang akan kita sewa.

      • Tapi klo email di hosting kita sendiri, sering gangguan gak Mas? Saya sering denger kalo email dgn hosting kita sendiri tuh sering terjadi keterlambatan. Apakah benar?
        Trus satu lagi, dng blog Saya yang berbahasa Indonesia, pilihan yang tepat itu server lokal, Singapura atau US ya Mas?

        • kalau menurut saya, jika file yang mau disimpan di email itu penting, gunakan aja email dari hsoting yang sudah disewa, namun jika sekedar menerima dan membalas atau menyimpan data-data yang jika hilang ada cadangan, maka saran saya gunakan saja email yang msih berlabel gratissss

        • Kalau menurut saya Gak juga mas, pengiriman email menggunakan layanan email host tetap stabil dan cepat juga kalau menurut saya, tapi tergantung dari server tempat kita mnyewa hosting juha tentunya Mas Adiew

        • Nah itu dia Mas Adiew, kalau hosting yang kita sewa bagus, maka email hosting yang kita punya lancar jaya.
          Saya pribadi pernah merasakan kalau email dengan hosting mengalami keterlambatan. Akhirnya saya putuskan untuk tetap kembali ke gmail. Namun saya masih tetap menggunakan email hosting dengan alasan untuk menunjung usaha saya, biar keliatan keren gitu loh. Tapi saya siasatinya, dengan mem-forward setiap email yang masuk ke email hosting saya ke email gmail. Soal keterlambatan email hosting itu mungkin saya kurang bisa menjawab secara spesifik. Itu bagian ahli hosting. :D
          Untuk pemilihan server lokal/Singapura/US, menurut saya sama saja. Asal hosting yang kita sewa tidak sering erorr/down, karena itu pula yang menjadi kendala jika hosting kita sering erorr, maka itu akan berpengaruh ke blog dan kunjungan kita. Saya sendiri memilih menggunakan server Indonesia (iix), dengan alasan target pengunjung saya Indonesia. Selain itu agar akses pengunjung di Indonesia tidak terlalu jauh ke server luar negeri (US misalnya). Kalau kurang jelas, coba tanyakan kembali ke calon jasa hostingnya. :)

  11. saran yang bagus mas,,, lengkap deh!!
    saya juga baru terjun di dunia wordpress mas,, jangan bosan2 blogwalking deng blog wordpress ku ya??

    salam kompak selalu dari mazinu (y)

  12. kalau untuk pindah sih kayaknya repot gan. mending langsung beli domain dan hosting aja. lalu diredirek dengan menggunakan redirek 301, dari situ rank dan tetek bengek data trafik akan tetap seperti semula. menurut agan gimana?

    • Kalau kita sudah memiliki nama domain sendiri di blogspot, maka untuk pindah ke wordpress.org gak sulit kok Mbah Dinan. Link/permalink masih bisa tetap memakai yang sebelumnya, tidak ada perubahan link dan tidak perlu redirect 301. Tuturial pindah blogger ke wordpress sendiri banyak di Internet.

    • Widiiih Mas Topik Nugroho datang ke sini. Mas Makasih banget Mas tutorial pindah hosting cpanel topik.my.id/belajar/webdeveloper/cara-pindah-hosting-atau-pindah-website-cms-wordpress/
      Asli Mas saya berhasil pindah berkat petunjuk tulisan itu, tadi malam 19 Desember 2014.
      Namun saya ada sedikit mau menambahkan, petunjuk Mas Topik itu terlalu singkat, walaupun itu sudah cukup jelas.
      Saya ada rencana menambahkan tulisan Mas Topik, karena saya nilai tulisan itu bermanfaat sekali. Walaupun saya masih pemula dalam bidang ini.
      Makasih banget atas tuturial pindah hostingnya, Mastah. :D

  13. Sampai sekarang masih nyaman di
    di blogspot. Mungkin karena kurang tau (dan ga mau tau, hehe) tentang wordpress.

    Jadi kalo cuma buat senang2 aja di blogspot udah cukup, ya? Kayaknya belum perlu pindah ke wordpress.

    Salam kenal :)

    • Nah itu dia, bagi blogger, pindah blogger ke wordpress ini merupakan titik yang krusial, bagi saya. Saat saya pindah, saya bersyukur tidak ada pengaruhnya terhadap jumlah kunjungan harian saya. Karena itu kita harus memperhatikan betul proses migrasi ini.

  14. sebenarnya tertarik sama wordpres dan ingin mencurahkan waktu secara profesional gak nanggung, tapi harus dipelajari dulu supaya ngerti, kalau ujug ujug migrasi ke WP tanpa mengerti, bisa tersesat aku hehe.. kopi satu mas.!

  15. kalau menurut saya itu memang pribadi masing masing mas, sebenarnya perpindahan orang ke wordpress itu bertitik tumpu pada kebebasan dan tidak ada aturan. Mas bisa bebas melakukan apa saja di wordpress tanpa harus takut dibanned dan lain sebagainya, sedangkan di blogspot, selain harus mengikuti peraturan tertentu, seperti tidak bisa upload MP3 sendiri (harus menggunakan pihak ketiga), posting terbatas dll, kita juga dihantui rasa takut dibanned atau dihapus pemiliknya, apalagi kabar algoritma google terus update, dan setiap update, ada sja blog yang dihapus.

    Jadi, seandainya saja peraturan google sedikit ringan, munkin wordpress org masih menjadi pilihan yang terakhir. ini menurut saya ya mas :D

  16. Aku sebenarnya tertarik untuk menggunakan wordpress dan sempat mencoba menggunakannya tapi sama sekali tidak paham, padahal sangat tertarik apalagi dari segi tampilan dan seonya, mantap..

    • Betul Mbak Dian. Saya lihat Mbak Dian jago di html. Coba deh sesekali kalau ada kesempatan coba wordpress.org. Oh yah, gak harus beli domain atau punya hosting loh. Beberapa penyedia hosting ada yang mengizinkan untuk kita belajar wordpress atau mencoba hosting mereka selama 1 bulan, gratis. Coba tanyakan saja, ke masing-masing ratusan penyedia jasa hosting.

  17. haruc ckup modal jga ya kang jika kita mau pindah dari blogspot ke wodpress ini , kalau saya paling cuma bayar domainnya saja tiap tahun pake blogcepot :D .. ijin bookmark dlu ya kang, sapa tau nantinya pngn coba beralih ke wordpress ini :)

Leave a Comment