Akhirnya ada kesempatan menulis lagi menjelang akhir pergantian tahun baru hijrah 1439H. Targetnya memang satu bulan diusahakan ada satu tulisan. Entah itu soal terjemahan, bahasa, atau blog. Kali ini akan membahas soal terjemahan, tempat kerja penerjemah bahasa atau translator.

Tempat kerja seorang penerjemah dalam konteks kekinian itu ada di depan komputer atau laptop. Penerjemah yang dimaksud di sini adalah penerjemah teks atau tulisan atau translator. Sedangkan penerjemah bahasa lisan dikenal sebagai interpreter. Bisa juga menggunakan ponsel pintar semacam Android atau aplikasi pendukungnya sebagai ganti alat ketik, tapi rasanya kurang nyaman jika menggunakan handphone. Kalau kurang dari 10 lembar materi yang sedang diterjemahkan mungkin masih memadai. Jika lebih dari 10 halaman mungkin akan kerepotan.

Kutipan Kata-Kata Terkait Dengan Cara Menjadi Penerjemah Bahasa (Translator) tarjiem.com

Kutipan Kata-Kata Terkait Dengan Cara Menjadi Penerjemah Bahasa (Translator) tarjiem.com

Tugas Translator

Tugas translator adalah memindahkan bahasa yang tidak dikenal menjadi bahasa yang dikenal para khalayaknya, dalam hal ini adalah para pembacanya. Penerjemah bahasa bertugas menjadikan para pembaca paham saat membaca hasil terjemahannya. Jika pembacanya tidak paham, maka hasil tugasnya penerjemah tersebut gagal dan tidak berhasil. Sehingga tanggung jawab penerjemah bahasa bukan hanya sekadar translate saja, tapi harus pandai memahami materi yang sedang diterjemahkan dan cara menyampaikannya dalam bahasa sasaran. Jadi tugas dan tanggung jawab penerjemah bukan hanya sekadar menerjemah saja. Bahkan peran penerjemah bukan hanya menerjemah. Peran penerjemah juga mampu menghubungkan dua kebudayaan yang berbeda melalui karya terjemahannya.

Ilustrasi dunia Freelance (gambar:speckyboy.com)

Ilustrasi dunia Freelance (gambar:speckyboy.com)

Kerja Di Rumah atau Di Kantor?

Kalau ada yang bertanya soal dimana tempat kerja penerjemah yang paling enak, jelas lebih enak memilih di rumah. Tempat kerja penerjemah yang paling enak memang di rumah, tidak ada macet saat pergi ke kantor, tidak perlu berpakaian yang rapi, atau jika lelah bisa langsung rebahan di tempat tidur. Kalau sudah begini, sebutannya adalah penerjemah freelance. Saya menyebutnya sebagai penerjemah koloran. Kenapa tempat kerja penerjemah ada 2, karena kalau di kantor sifatnya terikat, sedangkan freelance bebas bisa bekerja dimana saja asalkan bisa pakai komputer dan akses internet.

Foto Gratis Bagus Orang Mengetik di Laptop iPhone Meja Hp Komputer

Foto Gratis Bagus Orang Mengetik di Laptop iPhone Gambar Bagus Dari Unsplash

Kantor Tempat Kerja Translator

Berbeda dengan jenis pekerjaan lainnya, tidak semua kantor membutuhkan seseorang yang memiliki deskripsi pekerjaan (job description) khusus hanya menerjemah saja. Jika ada, biasanya kantor tempat-tempat kerja translator tersebut adalah kantor atau perusahaan yang besar. Selain kantor pemerintah kedutaan luar negeri ada juga perusahaan swasta yang biasanya banyak berurusan dengan dokumen-dokumen bahasa asing.

Baca Juga: Menjadi Penerjemah Bahasa Inggris Indonesia Freelance (Mandiri) Tak Seindah yang Dibayangkan

Contoh perusahaan yang memiliki posisi lowongan kerja khusus untuk translator adalah Huawei, Hip Link Enterprise, Fuji, Neo Bazar, Usupso, dsb. Rata-rata kantor-kantor tempat kerja penerjemah ini bertempat di kota besar, Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Tanggerang, Bekasi, dsb. Jangan berkecil hati jika tidak ada perusahaan besar di tempat tinggalnya. Setidaknya ada kantor-kantor yang merangkap tugas selain sebagai penerjemah bahasa, seperti interpreter. Penulis sendiri, sempat bekerja di kantor sebagai penerjemah. Padahal kantor itu kecil, isinya hanya 3 karyawan, tapi memang lokasi kantornya di Jakarta.

Menjadi Penerjemah Bahasa Inggris Indonesia Freelance (Mandiri) Tak Seindah yang Dibayangkan

Menjadi Penerjemah Bahasa Inggris Indonesia Freelance (Mandiri) Tak Seindah yang Dibayangkan

Rumah adalah Tempat Kerja Penerjemah yang Paling Enak?

Eits, jangan senang dulu kalau penerjemah bahasa itu bisa bekerja dari mana saja. Jika tempat kerja penerjemah bahasa yang paling enak itu di rumah, maka artinya itu adalah freelance translator. Kalau di kantor sudah jelas mendapatkan gaji bulanan, sedangkan di rumah jarang ada istilah gaji bulanan yang tetap. Pendapatan penerjemah freelance sulit diukur jika dibandingkan dengan penerjemah bahasa yang tempat kerjanya di kantoran. Dimana saja tempat kerja seorang penerjemah yang penting tempat itu kondusif untuk bisa berkonsentrasi khususnya saat menghadapi materi terjemahan yang super sulit. Contohnya materi legal, teknis, atau menerjemahkan puisi juga termasuk super sulit.

Siapkan ‘dompetmu’

Gaji Penerjemah Bahasa Inggris 1,5-2,5 Juta

Nah kalau bahas berapa gaji bulanan penerjemah bahasa, mungkin angka di atas yang bisa menggambarkan. Kurang lebih memang gaji penerjemah bahasa Inggris-Indonesia sekitar upah minimum regional. Penulis sendiri dulu 5 tahun yang lalu mendapatkan gaji sekitar 1,5 juta rupiah di Jakarta. Itu juga lowongannya kerjanya memang penerjemah bahasa tapi tugasnya tidak hanya menerjemah saja. Tugasnya termasuk sebagai marketing dan bagian analisis juga.

Ilustrasi Uang Koin 5,10,50 Sen Duit Recehan Warna Kuning

Ilustrasi Uang Koin 5,10,50 Sen Duit Recehan Warna Kuning

Beberapa lowongan kerja penerjemah, ada yang menawarkan gaji sekitar 2,5 juga per bulan atau lebih dari. Hanya kemampuan bahasanya bukan hanya mampu menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya, namun ditambah kemampuan bahasa lain. Contohnya bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Mandarin, atau mungkin juga bahasa Arab. Jadi wajar saja kalau gaji penerjemah per bulan cukup untuk ukuran penerjemah pemula.

Gaji Penerjemah Bahasa Per Bulan

Gaji Penerjemah Bahasa Per Bulan (gajimu.com)

Kalau data gaji penerjemah bahasa di atas berdasarkan dari jobstreet. Lalu ada juga perbandingan situs lain soal gaji translator yang angkanya di atas 4-5 juta rupiah per bulan. Gambar informasi gaji di atas diambil dari gajimu dot /main/gaji/kisaran-gaji/penerjemah/para-penerjemah-rata-rata-puas-dengan-gajinya.

Peralatan Translator di Tempat Kerja

Mau di rumah atau di kantor, tetap saja alat yang digunakan translator adalah peralatan sakti yang disebut kamus bahasa sesuai pasangan bahasanya. Selain kamus, alat utama yang digunakan translator lainnya adalah komputer. Seperti penjelasan di awal. Translator sendiri lebih cenderung berhubungan dengan teks, wajar kalau komputer adalah alat kerja utama penerjemah.

Kamus Bahasa Inggris (English Dictionary)

Kamus Bahasa Inggris (English Dictionary)

Kesaktian Alat yang Digunakan Translator yang Bernama Cat Tools

Jika kamus bahasa adalah peralatan translator yang sakti karena memilki ribuan lema atau kosa kota, ada lagi alat yang lebih sakti. Bisa dibilang alat yang digunakan translator ini lebih sakti dari kamus bahasa. Alat penerjemah ini bernama Cat Tools, Computer Aided Translation Tools atau Computer Assisted Translation Tools. Beberapa contoh alat penerjemah bahasa ini adalah SDL Trados Studio, MemoQ, Wordfast, Omega T (T +), Deja Vu, dsb. Penulis sendiri masih menggunakan SDL Trados Studio versi 2009.

SDL Trados Studio 2009

SDL Trados Studio 2009

Alat ini sakti karena memang didesain khusus peralatan penerjemah bahasa profesional. Mirip seorang desainer gafis visual yang menggunakan Adobe Photoshop atau seorang programer yang menggunakan Microsoft Visual Studio sebagai alat bantu kerjanya sehari-hari.

Baca Juga: Cara Memulai Karier Untuk Menjadi Penerjemah Bahasa

Tempat Kerja Seorang Translator Bisa Dimana Saja Asalkan …

Tempat kerja seorang translator atau penerjemah bahasa bisa dimana saja asalkan tempatnya kondusif. Jika seorang penerjemah itu adalah penerjemah bebas atau lepas (freelance) yang penting komputernya dalam kondisi bagus, listrik stabil tidak suka hidup-mati atau mati lampu, kamus bahasa yang dimiliki cukup dan memadai, dan yang penting ada akses internet untuk riset kata-kata yang sedang diterjemahkan. Lebih kerennya lagi jika peralatan translator yang dipakai menggunakan cat tools.

Kalau membahas tempat kerja penerjemah di kantor, artinya harus diam di kantor. Istilah lainnya penerjemah in house atau in house translator. Kota besar sendiri adalah lokasi dimana tempat kerja translator cukup banyak peluang bekerja di kantornya. Kalau ingin menjadi penerjemah di sebuah kantor, maka harus mencari lowongan kerja penerjemah. Silakan baca tulisan lain Tempat-Tempat Lowongan Kerja Penerjemah Bahasa. Semoga ada manfaatnya.