Select Page

Saling Komentar (Blogwalking) Bisa Menimbulkan Semangat Menulis

Saling Komentar (Blogwalking) Bisa Menimbulkan Semangat Menulis

Seharian ini bingung mau menulis apa. Ada rencana mau menulis yang panjang-panjang seperti dua tulisan sebelumnya, ini dan ini. Sayangnya teringat kalau dua tulisan ini dibuat selama dua hari. Akhirnya tadi siang iseng lagi baca-baca beberapa blog yang dijadikan langganan bacaan.

Eh entah kenapa iseng lagi ingin blogwalking. Setelah melihat beberapa blog, entah kenapa ingin lagi menulis tulisan singkat soal kegiatan saling komentar ini. Padahal dan rasanya, sudah lumayan banyak tulisan dengan label #blogwalking di lapak penerjemah Inggris Indonesia ini. Tadinya juga mau memperbanyak tulisan kategori dunia bahasa. Cuma belum dapat ide judul tulisannya.

Iseng Baca-Baca Tulisan dan Coba Komentaran Lagi

Blogwalking is On tarjiem.com

Blogwalking is On tarjiem.com

Sebagai tukang nulis di blog sendiri (bloger) kadang komentar itu dinanti-nanti. Nah dengan kegiatan saling komentar ini, tulisan yang awalnya tidak ada komentar, nantinya bisa ramai ada komentar. Proses saling komentar ini tidak instan. Soalnya memang harus ada proses bertahap. Setiap orang juga ada kegiatan lain di dunia nyata.

Tadinya sih cuma iseng baca tulisan teman-teman bloger. Lalu entah kenapa muncul judul tulisan ini. Judul tulisan ini muncul waktu meninggalkan komentar di beberapa blog. Ternyata hal ini membuat keinginan menulis hari ini. Walau judul tulisannya rada ngawur.

Komentar Santai Memang Menyenangkan

Pantai Kuta Bali Pasir Putih Tenda dan kursi Merah Menghadap Laut Biru Kapal Siang Hari Horizon

Pantai Kuta Bali Pasir Putih Tenda dan kursi Merah Menghadap Laut Biru Kapal Siang Hari Horizon

Paling enak meninggalkan komentar yang sesantai mungkin. Kalau bisa memang sesuai topik. Nah kalau ada yang meninggalkan komentar jauh dari bahasa tulisan, itu artinya ada ikutan bloger yang kuat dan sudah lama terjalin. Ikatan ini yang agak susah dibangun di awal-awal. Seperti saat memulai rencana ini.

Lantaran banyak macam blog dan tulisa yang dikunjungi, kadang komentar yang ditinggalkan harus kreatif juga. Paling suka kalau blognya banyak gambar. Biasanya komentarnya fokus ke gambar, jarang ke tulisan.

Sepertinya sudah dulu tulisan kali ini. Walau sedikit, setidaknya ini bisa membuat ramai blog ini di hari ini. Padahal sih niatnya mau memperbanyak kategori tulisan Bahasa. Cuma entah kenapa, kategori dunia bloger ini lebih enak tulisannya. Lantaran agak lebih santai bahasannya.

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

14 Comments

  1. Zen

    setuju sekali,,,, tapi gak ada yang koment juga kalau ternyata artikel kita rame,,, tetep semangat juga hahahaha

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya, paling gak artikel jadi keliatan ramai lantaran banyak komentar, walau gak tenar tuh artikelnya.

      Reply
  2. bang nasti

    ninggalin jejak juga deng ..

    siapa tahu om tarijem mau jalan-jalan ke tempat saya juga..

    hihihi..

    kalau ngeblog sendirian itu rasanya sepi..
    ya jadi sering-seringlah bw buat nambahin teman …

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sip..
      Setelah balas ini langsung jalan-jalan ke bangnasti dot id.
      Benar, jadi ramai dikit lah ngeblognya.

      Reply
  3. Feri Nigam

    bener banget nih, setuju, kalau liat2 blog laen jadi nambah semangat dan terkadang malah dapat ide baru

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya, betul.

      Reply
  4. dewi Nielsen

    Aku udah pernah kayaknya kesini ya? lupa :D ha ha ha
    Tapi emang bener BW itu buat semangat nulis

    Reply
    • Ridha Harwan

      Belum kayaknya Ibu Dewi. Apa perlu juga bikin halaman buku tamu ya.
      Terima kasih sudah mampir kembali.

      Reply
  5. Mas Wahono

    Kadang memang, semangat pasti turun kalau udah ngeblog lama tapi engga ada komentar. Ya, manusia memang butuh apresiasi. Salam kenal.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kadang komentar itu dinanti, kadang enggak.
      salam kenal kembali Mas Wahono.

      Reply
  6. Vika

    Wah keren blognya.. Saya kadang harus blogwalking d pc.. Kalau d hp agak sulit mengekspresikan diri.. Makasi mas sudah mampir d blog saya. Semangat menulis ?

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama. Ayuk komentaran

      Reply
  7. Monda

    nah ini meninggalkan komen pertama di blog ini
    trims ya sudah kasih komen di blogku

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama, Ibu Monda. Terima kasih juga sudah berkunjung balik dan berkomentar.

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.