Seharian ini bingung mau menulis apa. Ada rencana mau menulis yang panjang-panjang seperti dua tulisan sebelumnya, ini dan ini. Sayangnya teringat kalau dua tulisan ini dibuat selama dua hari. Akhirnya tadi siang iseng lagi baca-baca beberapa blog yang dijadikan langganan bacaan.

Eh entah kenapa iseng lagi ingin blogwalking. Setelah melihat beberapa blog, entah kenapa ingin lagi menulis tulisan singkat soal kegiatan saling komentar ini. Padahal dan rasanya, sudah lumayan banyak tulisan dengan label #blogwalking di lapak penerjemah Inggris Indonesia ini. Tadinya juga mau memperbanyak tulisan kategori dunia bahasa. Cuma belum dapat ide judul tulisannya.

Iseng Baca-Baca Tulisan dan Coba Komentaran Lagi

Blogwalking is On tarjiem.com

Blogwalking is On tarjiem.com

Sebagai tukang nulis di blog sendiri (bloger) kadang komentar itu dinanti-nanti. Nah dengan kegiatan saling komentar ini, tulisan yang awalnya tidak ada komentar, nantinya bisa ramai ada komentar. Proses saling komentar ini tidak instan. Soalnya memang harus ada proses bertahap. Setiap orang juga ada kegiatan lain di dunia nyata.

Tadinya sih cuma iseng baca tulisan teman-teman bloger. Lalu entah kenapa muncul judul tulisan ini. Judul tulisan ini muncul waktu meninggalkan komentar di beberapa blog. Ternyata hal ini membuat keinginan menulis hari ini. Walau judul tulisannya rada ngawur.

Komentar Santai Memang Menyenangkan

Pantai Kuta Bali Pasir Putih Tenda dan kursi Merah Menghadap Laut Biru Kapal Siang Hari Horizon

Pantai Kuta Bali Pasir Putih Tenda dan kursi Merah Menghadap Laut Biru Kapal Siang Hari Horizon

Paling enak meninggalkan komentar yang sesantai mungkin. Kalau bisa memang sesuai topik. Nah kalau ada yang meninggalkan komentar jauh dari bahasa tulisan, itu artinya ada ikutan bloger yang kuat dan sudah lama terjalin. Ikatan ini yang agak susah dibangun di awal-awal. Seperti saat memulai rencana ini.

Lantaran banyak macam blog dan tulisa yang dikunjungi, kadang komentar yang ditinggalkan harus kreatif juga. Paling suka kalau blognya banyak gambar. Biasanya komentarnya fokus ke gambar, jarang ke tulisan.

Sepertinya sudah dulu tulisan kali ini. Walau sedikit, setidaknya ini bisa membuat ramai blog ini di hari ini. Padahal sih niatnya mau memperbanyak kategori tulisan Bahasa. Cuma entah kenapa, kategori dunia bloger ini lebih enak tulisannya. Lantaran agak lebih santai bahasannya.