Select Page

Komentar Palsu di Divi Elegantthemes dan Tanpa Plugin Yoast SEO

Komentar Palsu di Divi Elegantthemes dan Tanpa Plugin Yoast SEO

Rasanya sudah mau masuk dua minggu lapak penerjemah Inggris Indonesia ini menggunakan tema WordPress Divi Elegantthemes. Ada hal yang unik dan menarik setelah lapak terjemahan ini mengganti wajah dan tampilannya. Komentar massal/bodong/bohong/palsu/kaleng bin menyebalkan alias komentar spam, hilang sama sekali.

Sudah ada beberapa tulisan yang membahas banyaknya serangan komentar palsu ke lapak jasa terjemahan ini. Tidak banyak memang, tapi yang dikhawatirkan itu adalah ada komentar asli yang menyelip dan tidak sengaja terhapus saat menghapus komentar palsu.

Semenjak menggunakan tema WordPress Divi Elegantthemes, saat itu juga komentar massal tidak muncul lagi. Awalnya bingung, kemana komentar yang datang setiap menit ini dan dihapus setiap pagi ini. Biasanya setiap pagi, jadwal yang dilakukan adalah menghapus komentar spam.

Contoh Komentar Palsu di WordPress dalam Bahasa Inggris

Contoh Komentar Palsu di WordPress dalam Bahasa Inggris

Sebelum menghilangkan komentar ini, biasanya diperiksa dulu satu per satu. Rata-rata kalau dari malam sampai pagi, ada 300-400 komentar yang harus diperiksa dulu dan dihapus. Malah kalau didiamkan selama 24 jam tidak dihapus, maka dalam satu hari itu ada sekitar 600 komentar yang harus diperiksa.

Pernah Suatu saat, 5 hari lebih tidak membuka wp-admin lapak terjemahan ini. Hingga pada saat membuka, ada 2.700 komentar spam. Rasanya ingin langsung menekan tombol kosongkan spam “Empty Spam” tanpa harus membaca cepat satu persatu lagi 2.700 lebih komentar itu. Akhirnya mau tidak mau harus diperiksa satu per satu, apa ada komentar asli yang menyelip. Rasanya hampir 1 jam memeriksa 2.700 komentar itu. Memang ada, satu-dua komentar yang tersaring oleh Akismet dan berhasil diselamatkan.

Antara Tema WordPress Premium dan Tidak Menggunakan Plugin Yoast SEO

Lapak jasa terjemahan ini sudah beberapa kali menggunakan tema WordPress premium, seperti Kentooz Flatsimplebingit, Schema dan Moneyflow dari Mythemeshop, dan Nichelite. Dari ke semua tema premium dan tema gratis yang pernah digunakan, intensitas serangan komentar tidak berubah. Selalu ada komentar robot yang muncul. Status saat itu, plugin Yoast Seo tetap terpasang.

Lalu, berdasarkan pertimbangan ini dan juga ini, akhirnya blog penerjemah Inggris Indonesia tidak menggunakan plugin Yoast SEO per Januari 2017. Entah ada hubungannya atau tidak, yang jelas sebuah blog yang menggunakan tema premium dari Mythemeshop dan menghapus plugin Yoast SEO beberapa waktu lalu juga tidak kedatangan komentar kaleng lagi. Sudah tiga hari blog ini tidak kedatangan komentar spam.

Contoh Kolom yang Mengaktifkan dan Memasang Modul Komentar Plugin Jetpack

Contoh Kolom yang Mengaktifkan dan Memasang Modul Komentar Plugin Jetpack

Modul Komentar Plugin Jetpack

Selain dua kesamaan di atas, ada kesamaan lain di dua blog WordPress yang sudah tidak kedatangan serangan komentar mabuk ini. Kesamaan itu adalah menggunakan modul komentar plugin Jetpack.  Sebagai tamabahan, memang dalam halaman penjualan Tema Divi Elgantthemes, mereka sendiri mengklaim kalau kerangka kerja (framework) tema yang mereka bangun itu aman dan telah diuji.

Entah ada hubungannya atau tidak, yang pasti semenjak menggunakan tiga kombinasi itu, komentar-komentar palsu yang kadang menyebalkan ini sudah tidak lagi muncul. Setidaknya hal ini mengurangi satu pekerjaan rutin dalam dunia bloger.

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.