Select Page

Foto dan Gambar Aksi Damai Demo 2 Desember 212 Jakarta (Video)

Ini adalah video kedua seri iseng terkait demo 2 Desember 2016. Video pertama iseng itu, video tentang film Transformers. Video dengan dua lagu keren ini cukup diunggah di Facebook saja. Kalau diunggah ke Youtube, bisa-bisa kena strike lagi lantaran lagunya. Soalnya, video iseng lain soal Pengamen Pujiono dengan Lagu Manisnya Negeriku kena copyright. Mungkin akan diunggah ke Youtube, kalau teman-teman di Facebook menilai video ini cukup bagus.

Aksi bela islam jilid III ini dilakukan pada hari Jumat. Mulai dari pagi hari hingga salat Jumat, lokasi kegiatan berpusat di Monumen Nasional (Monas) Jakarta. Bapak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Wakil Presiden Jusuf Kalla dan beberapa Menteri hadir dalam aksi super damai ini. Walau hari hujan, Beliau ikut salat jumat di Lapangan Monas. Ada yang bilang, jumlah massa yang hadir dalam acara ini berjumlah hingga 7 juta orang. Jutaan umat Islam tumpah ruah sekitar Monas, Jalan MH Thamrin-Sudirman. Hujan gerimis mewarnai aksi damai demo 2 Desember 2016 (212).

Cerita Video, Gambar, dan Foto-Foto Aksi Super Damai Bela Islam Demo 2 Desember 2016 Monas Jakarta

Awalnya tidak ingin bersuara atau membuat status soal ini. Terlebih lagi di blog dan lapak jasa penerjemah ini sedang mau masa vakum menulis. Namun, begitu melihat kompilasi foto dan cerita yang bertebaran di linimasa Facebook, akhirnya tergugah juga hati ini.

Beberapa hari menjelang #aksi212 ini juga, hati ini rasanya ingin ikut menjadi bagian aksi super damai ini. Berpartisipasi dalam kegiatan ini, rasanya sangat mungkin sekali. Walau akhirnya lebih memilih menonton aksi ini melalui media sosial. Apalagi, beberapa hari sebelumnya di depan tempat tinggal, ada aksi ‘pemanasan’ di lapangan Gasibu sebelum aksi super damai 212 ini. Waktu itu melihat Aa Gym naik kuda coklat setelah sarapan pagi bubur ayam.

Iringan Lagu Dalam Video Aksi Damai Demo 2 Desember 2016 212 di Jakarta

Merinding melihat foto, gambar, dan video aksi super damai 212 ini. Rasanya hati bergetar melihat lautan manusia berkumpul menjadi satu ke titik yang sama. Satu Indonesia Raya ini datang ke Ibu Kota dan ikut berpartisipasi dalam aksi bela Islam 2 Desember 2016. Dari Aceh hingga Papua hadir di sini.

Gatal rasanya tangan ini ingin membuat status terkait demo 212 Jakarta. Bahkan saat ingin mengirim jempol ke tayangan yang muncul di linimasa Facebook pribadi harus minta status izin terlebih dahulu. Maklum jalinan pertemanan di Facebook itu benar-benar beragam. Persis Indonesia.

Kumpulan Foto dan Gambar Aksi 212 Monumen Nasional Jakarta

Kumpulan Foto dan Gambar Aksi 212 Monumen Nasional Jakarta

Hal yang tidak tahan itu, ingin menulis soal Aksi Super Damai 212 ini. Terlebih, ada perubahan dalam diri setelah hati ini terketuk melihat aksi damai 212 ini.

Bertemu Lagu Nasyid

Hingga tadi pagi pada saat ingin mendengar radio streaming, kuping ini ‘gatal’ sendiri mendengar lagu Berbahasa Inggris. Padahal sebelumnya santai saja saat mendengar suara biola bertempo cepat. Akhirnya mencoba memutar lagu jenis nasyid. Iseng mencari di Soundcloud sambil melihat foto-foto aksi damai demo 2 Desember 2016 di Facebook.

Tiba-tiba terdengar lagu bagus Arus Baru oleh Sohwah dan Gelombang Keadilan oleh Shoutul Haraqah. Saat mendengar lagu Arus Baru, rasanya relevan sekali dengan gambar-gambar kegiatan acara aksi 212 ini. Apalagi ditambah lagu ajebajeb dari Shoutul Haraqah. Muncul ide untuk menyatukan semua gambar aksi damai demo 2 desember yang luar biasa itu dalam satu kumpulan video. Setidaknya ini bisa menjadi dokumentasi pribadi dan bukti bahwa betapa agung dan damainya agama Islam itu.

Lirik Lagu Arus Baru oleh Sohwah

Verse 1:
Kita sama serumpun
Kita sama agama
Kita sama menjunjung
Kedaulatan negara

Ayuh umat semua
Fikirkan masa depan
Lindung jatidiri kita
Dari semua ancaman

Chorus:
Bersama-sama
Bangkitkan anak bangsa
Bersatu hati agar kita menegakkan panjiNya
Singkirkan sengketa dahulu
Yang mengusut jiwa
Inilah dia arus baru kita 2x

Verse 2:
Pemimpin berwibawa
Aqidah sejahtera
Soleh budi baktinya
Amanah dipercaya

Kita angkat bersama
Kita sokong setia
Perpaduan diutama
Islam, rakyat terbela

**ulang Chorus

Bridge:
Dalam kita berselisih pandangan kita
Akhlak terjaga, ukhuwah terpelihara
Jangan smp sakiti sesama saudara
Agar rahmat Tuhan memayungi semua

**ulang Chorus

Arus baru kita cipta
Kita punya agenda
Media massa, media baru
Propaganda celaru

Liberalisme pluralisme
Angkatan humanisme
Kita cantas mahu tangkas
Bagai ombak berderas

Biar kalah, jangan rebah
Biar terbuang, asal juang
Tegakkan kalimah nan satu
Bersatu kita maju

Kasi goyang kasi gentar
Biar tak berani cabar
Rapat saf, kita bersatu
Alternatif baru

Penyanyi nasyid Sohwah tampaknya dari Malaysia dan Shoutul Haraqah dari Indonesia.

Lirik Lagu Gelombang Keadilan oleh Shoutul Haraqah

Lirik Lagu Nasyid Derap Keadilan
Shoutul Harokah

Hahaha…hahaha…hahahaha

Kan melangkah kaki dengan pasti
Menerobos sgala onak duri

Generasi baru yang tlah dinanti
Tak takut dicaci tek gentar mati

Bagai gelombang terus menerjang
Tuk tumbangkan sgala kedzaliman

Dengan tulus ikhlas untuk keadilan
Hingga pertiwi gapai sejahtera

Reff:

Takkan surut walau selangkah
Takkan henti walau sejenak

Cita kami hidup mulia
Atau syahid mendapat syurga

Awalnya ingin dibuat satu lagu, satu lagu tenang yang pertama (Arus Baru) dan satu lagu cepat (Gelombang Keadilan) sebagai lagu yang kedua. Setelah dipikir-dipikir, akan lama sekali membuat dua video lagu. Apalagi foto-foto yang dikumpulkan itu sudah mencapai 167 foto lebih dan masih banyak lagi foto-foto bagus yang tersebar tentang aksi 212. Setelah disaring akhirnya terpilih 145 foto dengan durasi 4 detik per foto. Membuat tulisan ini saja satu hari, termasuk membuat kompilasi video Demo 2 Desember 2016 yang super damai ini.

Filterisasi Informasi Demo 2 Desember 2016

Memang benar, di zaman serba viral ini informasi bisa sangat tumpang-tindih. Hampir semua kumpulan foto dan gambar dalam video ini diambil dari Facebook. Sebagian kecil dari Instagram dan hanya satu dari situs Katadata. Sebagian besar foto-foto aksis damai demo 2 Desember 2016 ini bukan berasal dari pemiliknya langsung atau orang pertama yang mengunggah. Lantaran sebagian besar melakukan reupload ulang. Waktu akan bertambah lama jika mengecek ulang asal-muasal foto ini. Belum lagi banyaknya sumber foto yang tidak disebutkan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wapres Jusuf Kalla berpayung saat aksi damai Demo 2 Desember 2016 Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wapres Jusuf Kalla berpayung saat aksi damai Demo 2 Desember 2016 Jakarta via Twitter Giring Ganesha

Yang jelas, setidaknya seluruh foto ini sudah dicek ulang, walau tidak dicek secara mendalam. Lumayan juga kalau memverifikasi ulang 145 foto. Semoga tidak ada gambar yang keliru yang tidak sengaja terselip dalam video aksi damai demo 2 Desember ini.

Tepat di depan Kedubes AS, dada saya meledak menangis haru saat seorang kakek renta menawarkan saya buah Salak, gratis. Saya tanya, “Ini salak dari mana Kek?” “Saya beli sendiri dari tabungan”, jawabnya. Saya terdiam…. Di sebelahnya, ada juga seorang Ibu tua juga menawarkan makanan gratis yang dibungkus. Sepertinya mie atau nasi uduk. Bayangkan, Ibu itu pasti bangun lebih pagi untuk memasak makanan itu. Saya tanya, “Ini makanan Ibu masak sendiri?” “Iya”, jawabnya. “Saya biasa jualan sarapan di Matraman, hari ini libur. Masakan saya gratis untuk peserta aksi”. Masya Allah… Saya langsung lemes, mes, messss… Saya senakin lemes sebab obrolan kami disertai suara sayup orang berorasi dan gema suara takbir.

Koleksi Cerita Para Peserta Aksi Super Damai 212  Monas-Jakarta

Tidak hanya foto dan video saja yang bertebaran di linimasa Facebook. Banyak juga cerita inspiratif yang mungkin mampu menggetarkan jiwa. Kumpulan cerita-cerita menarik para peserta aksi 212 ini banyak membantu dalam mengecek ulang kebenaran beberapa foto-foto yang banyak tersebar. Ada cerita yang mengharukan, ada cerita orang yang mendapatkan hidayah, ada pula cerita ada apa dengan surat Al-Maa’idah.

Cerita Si Emak Tentang 212 oleh Ratih Emaknya HilmiHilya

Dalam Dekapan Hujan oleh Fuad Ahmad

Tak Terbayang doa-doa yg disampaikan Jutaan ummat … oleh Dadang Misbahudin


Dia yang Mendapatkan Hidayah dari Herry Zudianto

Catatan Seorang Teman Pengalaman 212 dari Iqbal Farizi

Tentu masih banyak lagi cerita menarik seputar aksi belas islam jilid III dari jutaan orang yang ikut dalam aksi 212 ini. Termasuk pula ratusan ribu foto-foto menarik yang masih tersebar dan juga foto tampilan drone.

Jika dibaca seluruh cerita langsung dari narasumber di atas, maka akan terlihat ada apa dengan surat Al-Maa’idah. Arti surat Al-Maa’idah surat kelima itu sendiri adalah “Hidangan” atau “The Table Spread.” Selain berjalan dengan super damai, khusyuk, dan khidmat, pada aksi super damai 212 ini banyak sekali orang-orang yang membagikan makanan dan minuman kepada para peserta aksi 212 secara gratis. Tidak hanya makanan dan minuman, beberapa jasa pijat gratis, obat gratis, pemeriksaan kesehatan/klinik gratis dan isi ulang ponsel juga hadir melengkapi acara akbar 212.

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

8 Comments

  1. sumbercenel com

    Alhamdulillah umat islam seluruh indonesia bisa bersatu dengan berbagai macam ormas.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya, Terlebih pilkada DKI Jakarta kemarin berjalan lancar dan pemenangnya sesuai dengan banyak harapan warga Jakarta. Allahu akbar.

      Reply
  2. tiram

    harus tetap semangat membela agama kita agam islam. muslim ya kalaw bersatu pasti kuat..dukung 212.

    Reply
  3. Madu Penggemuk Badan

    semoga Allah subhanahu wata’ala menyatukan kaum muslimin. Aamiin

    Reply
  4. Jual Tas Rajut

    semoga indonesia tetap damai sejahtera, itu yang kita inginkan semua. saling toleran antar suku dan agama.

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.