Penting Tak Penting Membuat Halaman Catatan Perubahan Blog

Catatan Perubahan adalah versi terjemahan Inggris Indonesia dari Changelog. Kata change adalah berubah/perubahan dan kata log bisa diterjemahkan sebagai catatan. Istilah changelog sendiri biasanya dipakai dalam sebuah situs atau proyek digital yang menjelaskan sejarah perjalanan perangkat lunak digital tersebut. Istilah umumnya adalah catatan harian atau jurnal perjalanan.

Jika ada perubahan penting yang terjadi dalam perangkat lunak digital tersebut maka perubahan itu akan dibuatkan catatan perubahannya. Catatan Perubahan biasanya berisikan tanggal dan penjelasan apa yang terjadi pada tanggal tersebut. Biasanya memang catatan perubahan ini bisa sifat terbuka, bisa dilihat siapa saja.

Beberapa Contoh Halaman Changelog bisa dilihat di halaman ini:

  1. Changelog Plugin Jetpack
  2. Log Tema TwentySixteen
  3. Changelog Tema Flatsimpebingit

Berhubung blog dan lapak jasa penerjemah Inggris Indonesia sudah cukup panjang perjalanannya, hampir 5 tahun lebih maka hari ini dibuatkanlah halaman Catatan Perubahan tarjiem. Sebelumnya sudah ada arsip sejarah perjalanan tarjiem yang dituliskan dalam kategori Arsip Blog.

Contoh Catatan Perubahan/Changelog Flatsimplebingit Kentooz.com

Contoh Catatan Perubahan/Changelog Flatsimplebingit Kentooz.com

Kategori tulisan Arsip Blog itu banyak bercerita tentang perjalanan lapak terjemahan ini. Hanya saja kategori tersebut ceritanya banyak yang diceritakan sedangkan halaman Catatan Perubahan hanya sedikit penjelasannya. Jadi kalau lagi enggan bercerita soal apa yang terjadi di blog dan lapak jasa penerjemah Inggris Indonesia ini, maka akan dituliskan di halaman Catatan Perubahan.

Manfaat Changelog

Secara keuntungan tidak ada manfaat dari halaman Catatan Perubahan ini. Toh halaman ini tidak terindeks di mesin pencarian. Lebih-lebih jika dilindungi kata sandi. Namun jika memiliki rencana jangka panjang akan sebuah perangkat lunak digital, tidak ada salahnya membuat halaman Catatan Perubahan. Apalagi perjalanan perjalanan lapak penerjemah bahasa ini sudah cukup panjang. Jadi kalau lagi rindu melihat perubahan apa saja yang terjadi di tarjiem ini, tinggal melihat halaman catatan ini.

Contoh Catatan Perubahan Changelog Plugin WordPress Jetpack

Contoh Catatan Perubahan Changelog Plugin WordPress Jetpack

Persis saat kita mengabadikan momen-momen penting dengan berfoto. Nah data penjelasan dalam Catatan Perubahan ini begitu juga.

Bagi mereka yang menjual barang-barang digital, halaman Catatan Perubahan ini perlu dibuat. Selain bermanfaat bagi penjual, calon pembeli juga bisa melihat sejarah perubahan-perubahan apa yang terjadi pada barang digital tersebut. Jadi calon pembeli bisa melihat apakah themes, software, plugin, program, dsb tersebut selalu terbarukan (update) atau tidak.

Kalau dipikir-pikir, halaman Catatan Perubahan itu hampir sama dengan membuat dan menulis di blog. Blog sendiri biasanya bercerita kegiatan sehari-hari atau pendapat opini seseorang. Begitu juga dengan changelog. Isi changelog ceritanya tentang catatan sejarah perjalanan sebuah perangkat digital.

One Response

  1. Katering Solo 22 November 2016 19:51

Leave a Reply