Video Tentang Asal Usul Manusia Berdasarkan Keturunan Nenek Moyang

Sebelumnya sudah mencoba membuat video iseng dari Film Transformers seri pertama 2007. Sekarang mencoba menerjemahkan video pendek yang penuh inspirasi ini. Video ini sangat menarik, mangkanya terpilih untuk jadi bahan uji coba terjemahan Inggris ke Indonesia bagian subjudulnya.

Setiap orang itu terdiri berasal dari percampuran genetika orang tua masing-masing, ayah-ibu. Termasuk pula sifat dan penampilan fisik yang diwarisi orang tua kepada anak. Begitu juga orang tua mendapatkan warisan DNA (DeoxyriboNucleic Acid) dari orang tua mereka. Begitu Seterusnya hingga ke nenek moyang.

Warisan keturunan dari kakek-nenek leluhut inilah yang membuat kita terlihat berbeda-beda satu sama lain.

Jangan Suka Mengecek Orang Lain Apa Lagi Membahas Isu Ras

Ceritanya, beberapa anak muda diwawancarai oleh dua orang. Awalnya mereka dimintai memperkenalkan diri mereka. Mereka ditanya dari negara mana mereka berasal. Setelah itu baru pertanyaan penting diajukan terkait pandangan pribadi mereka terhadap negara atau bangsa lain.

Pertanyannya pentingnya kurang lebih,

“Coba pikir negara lain atau bangsa lain di dunia ini. Apakah ada yang membuat kamu tidak nyaman atau mungkin ada yang tidak disukai dari mereka?”

Akhirnya masing-masing anak muda ini menyebutkan nama negara atau bangsa lain yang tidak mereka sukai. Setelah mereka menyebutkan orang atau bangsa yang mereka tidak sukai, mereka pun dimintai genetika DNA melalui air ludah mereka masing-masing. Air ludah ini dipakai untuk mengetahui siapa nenek moyang mereka masing-masing.

Setelah dua minggu berlalu, hasil laboratorium DNA pun keluar. Masing-masing mereka yang awalnya membenci bangsa lain, akhirnya sadar. Hal yang menarik adalah, ternyata di dalam kelas itu ada saudara sepupuan dari jauh. Seru dan mengharukan juga melihatnya.

Ada kata-kata menarik yang muncul dari video ini. Versi terjemahan Indonesia kata mutiaranya adalah,

Tidak akan ada kekerasan di bumi ini jika semua orang tahu siapa leluhur mereka.

Sebenarnya siapa yang bodoh, apakah mereka yang berpikir kalau dari kerurunan ras asli?

Sebenarnya, secara umum kita semua sepupuan.

Beberapa nama-nama negara atau daerah ayng muncul di video pendek ini adalah Islandia, Bangladesh, Inggris, Jerman, India, Pakistan, Perancis, Kuba, Irak, Kuba, Turki, Eropa Timur, Spanyol, Britania Raya, Portugal, Italia, Yunani dan Irlandia. Lebih menarik lagi, ternyata ada peserta yang campuran nenek moyangnya adalah Muslim dan Yahudi.

Video aslinya berjudul momondo – The DNA Journey dari saluran LetsOpenOurWorld. Sesuai video aslinya, video ini juga berdurasi berdurasi 5 menit 29 detik. Ada 67 orang dari berbagai asal yang mengikuti tes DNA ini. Semoga setelah menonton video inspiratif ini, tidak ada lagi yang suka menyinggung soal isu ras apalagi SARA (suku, agama, dan warna kulit).

Leave a Reply