Software Terjemahan Inggris Indonesia Gratis dan yang Terbaik

Sejauh ini, belum ada alat penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia yang gratis (free) selain Google Translate. Memang dulu sudah ada perangkat lunak atau software terjemahan bahasa. Nama alat terjemahannya adalah Transtool.

Hanya saja software Transtool ini adalah perangkat lunak berbayar dan tidak gratis digunakan. Dulu memang sempat mencoba menggunakan Transtool. Hanya saja hasil terjemahannya kurang begitu bagus. Transtool sendiri merupakan alat terjemahan yang cukup populer di masanya. Transtool bisa menerjemahkan dengan pasangan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya.

Transtool sebagai alat translator online, tidak sulit digunakan. Hampir sama dengan penggunaan Google Translate saat ini. Hanya saja kelebihan alat penerjemah Transtool ini bisa digunakan secara offline atau tanpa internet.

Alat Terjemahan Inggris Indonesia yang Gratis dan Terbaik Saat Ini Adalah Google Translate

Di tahun 2016 ini, Google Translate masih memegang predikat sebagai alat terjemahan Inggris Indonesia yang gratis. Selain gratis, Google Translate juga sebagai alat penerjemah Inggris Indonesia yang terbaik dibandingkan banyak software offline atau online lain yang beredar.

Ilustrasi Google Translate

Ilustrasi Google Translate

Ada perbedaan yang mencolok kenapa Google Translate bisa ‘mengalahkan’ sofware Transtool. Perbedaannya terletak pada proses pengembangannya. Boleh dibilang, pengembangan alat penerjemah bahasa Google Translate dilakukan secara keroyokan. Sehingga hal ini membuat lebih cepat pengembangannya.

Berbeda dengan alat terjemahan Transtool. Kelebihan software Transtool memang bisa digunakan secara offline. Namun di sini pula letak kelemahan perangkat lunak Transtool ini. Pengembangan kosa kata Transtool tidak secepat penambahan kosa kata di Google Translate.

Baca Juga: Manfaat Lain Google Translate

Cukup banyak yang secara sukarela mengembangkan dengan cara menambah kosa kata pada Google Translate. Proses ini membuat kosa kata Google Translate selalu terbarukan dan mutakhir (update). Hal inilah yang membuat Google Translate sebagai free translator software jauh meninggalkan Transtool.

Alternatif Alat Terjemahan Terjemahan Inggris Indonesia Adalah Dengan Kamus Bahasa yang Gratis dan Bisa Offline

Tidak ada salahnya tetap menggunakan Google Translate sebagai alat translator yang gratis. Walau memang harus terpaksa mencari sambungan internet (online) jika ingin menggunakannya. Alternatif lain perangkat lunak terjemahan Inggris Indonesia adalah sofware kamus bahasa.

Baca Juga: Aplikasi Kamus Inggris Indonesia untuk Android Gratis

Sekarang sudah banyak kamus bahasa Inggris Indonesia yang gratis diunduh (download). Terlebih lagi sekarang sudah berkembang sistem operasi android di dalam ponsel. Sehingga tidak perlu repot-repot membawa kamus bahasa yang berat kemana saja. Tinggal mengunduh berbagai pilihan kamus bahasa dalam bentuk aplikasi android .APK atau sesuai sistem operasi ponsel pintarnya (smartphone).

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Translate Bahasa Sunda ke Indonesia

Memang alat penerjemah kamus bahasa membuat lama pekerjaan terjemahan. Namun setidaknya sofware kamus bahasa bisa digunakan secara offline dan free. Dengan kemajuan teknologi hingga tahun 2016 ini, kamus bahasa menjadi pilihan terbaik sebagai alat terjemahan yang gratis selain Google Translate.

Baca Juga: Inilah Alat Terjemahan Bahasa Inggris ke Indonesia yang Akurat

Jika ingin menerjemahkan dengan bantuan kamus bahasa, proses terjemahannya dilakukan satu per satu atau kata per kata. Berbeda dengan alat penerjemah Google Translate yang secara otomatis dan cepat melakukan penerjemahan. Proses terjemahan kata per kata ini sendiri merupakan cara kerja dasar seorang translator atau penerjemah bahasa.

Jasa Penerjemah Bahasa

Pilihan alat terjemahan Inggris Inggris Indonesia lainnya adalah memakai jasa penerjemah bahasa Inggris Indonesia. Sayangnya, jika ingin memakai jasa penerjemah bahasa harus mengeluarkan biaya dan tidak gratis. Walau demikian, jasa penerjemah bahasa masih bisa dikatakan sebagai salah satu pilihan ‘alat’ penerjemah bahasa yang terbaik dan terbaru hingga waktu yang belum ditentukan.

Baca Juga: Antara Tukang Pos dan Penerjemah Bahasa

9 Comments

  1. Muhammad Asyrof 16 November 2016 07:41
  2. Walet 14 November 2016 16:48
    • Ridha Harwan 20 November 2016 17:25
  3. bagiinfo com 3 November 2016 20:14
    • Ridha Harwan 9 November 2016 10:24
      • pecinta musik bicaraweb com 15 November 2016 13:05
        • Azzam Aviero com 16 November 2016 12:48
        • Ridha Harwan 20 November 2016 17:27

Leave a Reply