Dua Proyek Blogspot Berbahasa Inggris (Indtale dan Indiary)

Akhirnya kembali juga menggunakan Blogspot alias Blogger, si anak emas Google. Padahal waktu kemarin-kemarin, agak sebal juga dengan Blogspot. Lantaran sudah lama terbiasa dengan WordPress, jadilah Blogspot itu kadang menyebalkan.

Ada dua Blogspot yang dijadikan proyek mencari uang ini. Blogspot pertama sudah lama dibuat, Januari 2013. Hanya saja sekarang mulai dicoba dibenahin. Isi blogspot pertama ini sudah ada 27 tulisan. Lumayan banyak. Cuma kalau dipikir-pikir, calon pengunjung blog ini kurang begitu punya prospek yang bagus. Walau kalau dari analisa tingkat persaingan tidak begitu tinggi.

Blogspot ke dua dibuat tanggal 1 bulan 11 tahun 2015. Waktu membuat Blogspot ini hanya menampilkan tulisan Hello World! saja. Tanda kalau itu hari kelahiran Blogspot kedua ini. Blogspot kedua ini dibuat atas dasar tingkat popularitas. Jadi apa apa yang sedang populer di Indonesia, tinggal dituliskan dalam Bahasa Inggris. Daripada membicarakan ‘gosip’ di Facebook, mending dibuat saja uneg-uneg apa yang sedang tren saat itu.

Tantangan Pemilihan Template Blogspot

Blogspot jelas beda dengan WordPress. Hal yang dipikirkan awal mengembangkan dua Blogspot ini adalah pemilihan template. Blogspot pertama sih masih menggunakan template premium rasa ‘gratisan’. Blogspot kedua masih template bawaan aslinya. Mungkin nanti jika sudah ada efeknya baru diganti pakaian Blogspotnya.

Pemilihan template Blogspot premium memang agak membuat bingung. Bukan bingung memilih templatenya, tapi bingung memilih kira-kira template blogspot yang bisa dipakai jangka panjang. Rencana memang memilih pengembang template dari Indonesia. Hanya saja salah satu kekurangan pengembang template Indonesia itu kadang musim-musiman.

Awal mula menjual template mungkin bagus dukungan tanya-jawab yang diberikan. Tapi setelah 1-2 tahun, dukungan yang diberikan bisa jadi berbeda dengan pada saat awal mula jualan. Itulah yang kadang membuat sampah digital yang sudah dibeli dan itu sudah terbukti.

Proyek #Indtale dan #Indiary

Dua proyek ini akan diberi tanda pagar #indtale dan #indiary. Tagar itu bukan alamat Blogspotnya, hanya singkatan saja biar enak ingatnya. Jika tidak ada halangan, semoga dua proyek ini berjalan lancar. Jika lancar, mungkin ini adalah awal mula jurnal perjalanan dua proyek Blogspot ini. Semoga bisa mencari uang dari dua Blogspot ini, tentunya selain jualan lapak jasa penerjemah Inggris Indonesia tarjiem ini.

Leave a Reply