Cari Informasi Properti Dengan Bantuan Rumah.com

Kebutuhan tempat tinggal sudah menjadi kebutuhan hidup setiap orang. Tanpa tempat tinggal yang layak, tentu rasanya ada yang kurang dalam hidup ini. Setiap orang pasti ingin memiliki tempat tinggal yang ideal. Rumah yang ideal menjadi impian dan dambaan setiap orang.

Suatu hari penulis ingin berpindah tempat tinggal atau tempat kos. Tentu saja di zaman yang serba canggih ini, internet sudah menjadi alternatif dalam mencari informasi tempat tinggal yang baru. Maka dicobalah mencari informasi tempat tinggal yang baru melalui dunia maya.

Pertama kali mencari informasi tempat tinggal di internet itu adalah berdasarkan lokasi. Hanya saja waktu itu proses pencarian masih belum memuaskan. Lantaran situs-situs rujukan di dunia maya yang digunakan belum memberikan informasi yang dibutuhkan.

Rumah.com - Situs Properti Terdepan di Indonesia

Rumah.com – Situs Properti Terdepan di Indonesia

Padahal alamat internet yang dituju adalah situs yang sudah terkenal. Walau memang, situs tersebut tidak mengkhususkan diri dalam menyediakan informasi mengenai properti atau informasi penyewaan kos-kosan. Akhirnya cara konvensional juga yang digunakan. Yakni mencari satu per satu dan bertanya langsung ke lokasi calon tempat tinggal. Capek juga mencari informasi tempat tinggal dengan cara yang lama ini.

Mencari Informasi Tempat Tinggal Baru di Rumah.com

Akhirnya ketemu situs yang mau mengkhususkan diri dalam memberikan informasi seputar tempat tinggal. Nama situsnya rumah.com. Selama ini kalau ditanya soal situs informasi jual-beli, tahunya cuman yang tayang di iklan televisi saja.

Beranda Rumah.com

Beranda Rumah.com

Iseng akhirnya mencari informasi kos-kosan di situs rumah.com. Tentu lokasi yang dipilih adalah di kota Bandung, tempat domisili saat ini. Ternyata muncul 9 hasil pencarian tentang informasi kos-kosan di Bandung, Jawa Barat.

Contoh Hasil Pencarian Kos di Bandung 500-700 ribu per Bulan

Contoh Hasil Pencarian Kos di Bandung 500-700 ribu per Bulan

Menariknya sistem pencarian direktori rumah.com ini bisa dibilang cukup lengkap. Selain mencari berdasarkan lokasi, bisa juga ditambah dengan berdasarkan harga. Pencarian rumah berdasarkan harga dan lokasi ini penting sekali. Tujuannya  agar hasil yang dikeluarkan bisa lebih spesifik dan lebih cepat.

Fasilitas Pencarian Proerti dengan Spesifik Rumah.com

Fasilitas Pencarian Proerti dengan Spesifik Rumah.com

Tidak hanya itu, masih ada fasilitas pencarian lain yang menarik. Tersedia fasilitas berdasarkan jumlah kamar tidur, luas bangunan, interior atau perabotan yang tersedia, dan jumlah lantai tempat tinggal. Direktori rumah.com ini menyediakan dua kategori properti, tempat tinggal dan komersial.

Untuk tempat tinggal ada pilihan rumah, apartemen, kondomonium, tanah, dan vila. Jika ingin mencari seputar indekos, tentu kategori rumah yang dipilih. Untuk kategori komersial tersedia informasi tentang, ruko, perkantoran, pabrik, gudang dan raung usaha. Cukup lengkap juga direktori dan informasi properti yang disediakan.

Informasi Seputar Kos di Rumah.com

Akhirnya dicoba pilih salah satu informasi kosan yang tersedia. Tampilannya menggunakan dua kolom. Kolom di sebelah kiri adalah gambar atau foto-foto kos yang ditawarkan. Untuk kolom sebelah kanan yakni informasi kontak si pemasang iklan. Kolom sebelah kanan ini menarik. Jika tertarik dengan iklan properti yang ditawarkan, kita bisa langsung menghubungi pemasang iklan yang bersangkutan.

Contoh Halaman Infromasi Kos di Rumah.com

Contoh Halaman Infromasi Kos di Rumah.com

Poin-poin informasi yang disediakan juga banyak membantu. Untuk informasi seputar kos atau kamar sewaan, poin informasi yang disajikan  ada ukuran (kamar), luas tanah/luas kosan, interior atau fasilitas kosan, jumlah lantai kos, listrik, dan ketersediaan kamar mandi. Khusus informasi listrik, ini termasuk penting dan tidak banyak yang menyediakan informasi ini. Informasi kapasitas listrik ini penting demi kenyamanan barang elektronik yang akan dibawa.

Informasi Fasilitas Kos di Rumah.com

Informasi Fasilitas Kos di Rumah.com

Sekilas Tentang Rumah.com

Akhirnya penasaran juga dengan profil rumah.com. Ternyata situs ini sudah lama ada, sejak 2007. Berarti umur situs properti ini sekarang sudah 9 tahun. Termasuk sudah tua juga umurnya. Menariknya ada 600 ribu pengunjung ke rumah.com. Artinya situs ini mendapatkan 20 ribu kunjungan setiap hari atau sekitar >100-300 pengunjung per detik. Luar biasa.

Rumah.com Bagian Grup Jaringan PropertyGuru.

PropertyGuru sendiri berawal dari grup properti di Singapura dan didirikan tahun 2007. Memang sih, di Negara Singapura itu, kalau sudah urusan properti, boleh dibilang cukup kompleks. Lantaran Negara ini harus pandai mengatur tata ruang negaranya yang ukurannya tidak begitu besar.

Profil Rumah.com

Profil Rumah.com

Tidak hanya rumah.com saja yang menjadi bagian PropertyGuru. Masih ada banyak jaringan situs properti lainnya khusus urusan real estate di Asia. Negara yang ada di dalam jaringan PropertyGuru yakni Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, Australia, Hongkong, India, dan Macau. Ada delapan Negara.

Sistem Keanggotaan di Rumah.com

Sistem Keanggotaan di Rumah.com

Untuk rumah.com sendiri, diambil alih atau diakusisi oleh PropertyGuru pada 2011. Situs lain yang masuk dalam grup PropertyGuru yakni propertyguru.com.sg dan commercialguru.com.sg (Singapura), propertyguru.com.my (Malaysia), dan ddproperty.com (Thailand).

Menariknya lagi, rumah.com sudah menyediakan aplikasi Android dan iOS untuk para pengguna ponsel pintar. Jadi jika sedang mencari informasi properti atau tempat tinggal -entah itu kos, apartemen, tanah, villa, rumah dijual, ruang buat usaha, rumah toko, pabrik dsb.- situs rumah.com pantas dijadikan bahan rujukan yang menarik.

2 Comments

  1. Achmad Fazri 24 Oktober 2016 18:02
    • Ridha Harwan 9 November 2016 10:10

Leave a Reply