Cara Mencari Tautan Balik Dari Komentar ‘Tuyul’ WordPress

Sebenarnya tulisan ini adalah tulisan menumpahkan rasa kesal bin sebal. Dalam dunia opmtisi mesin pencari (seo) tautan balik itu merupakan salah satu faktor pendukung. Tautan balik atau lebih dikenal dalam Bahasa Inggris dengan istilah backlink ini ada jenis-jenisnya. Bahkan dalam sebuah tulisan, ada 20 variasi nama dalam memberikan teks pengait (anchor text).

Ide tulisan ini dapatnya waktu menghapus komentar massal yang ada di dalam wp-admin wordpress blog dan lapak jasa penerjemah Inggris Indonesia tarjiem.com ini. Sudah hampir 2 bulan belakangan ini komentar massal (spam) yang masuk ke lapak terjemahan ini ada yang menggunakan Bahasa Indonesia.

Padahal dulu biasanya hampir semuanya menggunakan Bahasa Inggris. Lantaran komentar spam ini menggunakan Bahasa Indonesia, jadinya mata harus lebih jeli sedikit meyaring komentar yang asli dan sedang sial masuk kotak spam. Kalau menggunakan Bahasa Inggris kan lebih enak dan lebih cepat menyaringnya.

Saking kesalnya saya dengan komentar spam ini ada beberapa tulisan terkait komentar spam (tuyul), di antaranya:

  1. Contoh Komentar Palsu Spam bin Tuyul
  2. Satu Bulan Ada 35 Komentar Asli dan September 2016 kemarin ada 37 komentar
  3. Serangan 5.874 Komentar Tuyul di Awal Bulan Mei 2016
  4. 20 menit Sekali Muncul si Tuyul

Cukup empat tulisan saja yang menggambarkan betapa komentar spam itu rada-rada menyebalkan, walau kadang dinanti. Lantaran setiap mau tidur harus menghapus komentar dulu agar paginya tidak banyak mengecek komentar tuyul yang masuk di malam harinya. Pagi dan siang pun begitu. Mangkanya komentarnya jangan sampai mampir ke kotak spam.

Cara Mudah Mencari Backlink Dari Si Tuyul atau Komentar Spam

Mohon gunakan trik ini dengan bijak. Salah menggunakan cara ini, malah bisa berdampak negatif pada situs atau blog yang ingin dioptimasi. Cara ini menggunakan wordpress.org dan petunjuk gambarnya menggunakan gambar panel Berbahasa Indonesia.

Pertama: Masuk ke panel wordpress wp-admin > komentar > spam

Kedua: Pilih salah satu komentar tuyul dan salin sebagian kata-katanya.

Masuk ke Admin WordPress, Komentar, dan salin 1 Komentar Spam

Masuk ke Admin WordPress, Komentar, dan Salin 1 Komentar Spam

Ketiga: Buka penjelajah (Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera atau yang lainnya). Rekatkan (paste) kata-kata yang sudah disalin tadi dan tambahkan tanda petik ganda (“”). Lalu cari dengan mesin pencari (Google, Bing, dsb).

Keempat: Jika beruntung, akan muncul banyak komentar tuyul yang sudah terindeks.

Seleksi Salah Satu Hasil Lacak Balik Pencarian Komentar Spam dan Tanam Juga di Sana

Seleksi Salah Satu Hasil Lacak Balik Pencarian Komentar Spam dan Tanam Juga di Sana

Kelima: Tanam backlink comment di sana. Temukan dan seleksi tempat menanam backlink yang mudah dan berkualitas berdasarkan hasil mesin pencari.

Risiko Menggunakan Trik Komentar Tuyul Ini

Trik ini hanya melacak balik komentar-komentar spam yang sudah terkena kartu merah oleh Akismet. Dikira awalnya, setiap komentar yang menyerang WordPress dan terjaring di Akismet itu adalah komentar baru semua yang di-scrape entah dari mana. Ternyata itu adalah komentar berulang-ulang (wajar saja kena jaring Akismet).

Ada risiko menggunakan trik ini. Dikahawatirkan tempat menanam komentar di tempat yang sama itu terkena kartu spam backlink“. Lebih-lebih September 2016 ini Google sudah mengeluarkan algoritma pinguin versi 4.0 barunya. Agar terhindar dari kartu merah Google (deindex, banned dsb) gunakan blog 2.0. Trik lain, cari ekstensi ladang tautan balik yang berakhiran edu atau gov dan tuyul-tuyulnya tidak banyak berkumpul ngerumpi di sana. Gunanya meminimalisir kartu merah spam backlink yang mengarah pada money site.

Gunakan trik ini dengan bijak jika tidak mau terkena efek balik yang buruk dari si tuyul ini. Jika ditanya apakah penulis sudah menggunakan trik ini, jawabannya belum. Idenya saja baru timbul sore ini lantaran kesal ketemu komentar Berbahasa Indonesia pada targetnya Bahasa Inggris. Kreatiflah. Hati-hati pula ketemu dengan Genderuwo.

10 Comments

  1. Paket Internet Murah 8 November 2016 20:59
    • Ridha Harwan 9 November 2016 10:34
  2. cemoroalit 20 Oktober 2016 18:35
    • Ridha Harwan 9 November 2016 10:07
  3. letz matikiri wapka mobi 19 Oktober 2016 03:07
    • Ridha Harwan 9 November 2016 10:03
  4. Ryan 17 Oktober 2016 16:17
    • Ridha Harwan 9 November 2016 09:59
  5. Mang Lembu 4 Oktober 2016 22:21
    • Ridha Harwan 9 November 2016 09:39

Leave a Reply