Pertanyaan Dasar Upwork

Upwork adalah tempat berkumpulnya para pencari kerja dan para pemberi kerja seluruh secara daring atau online di internet. Istilah bekennya tempat para freelancer berkumpul lalu mencari pekerjaan yang terbuka dan memberikan penawarannya.

Tulisan ini adalah sebuah tulisan yang menjawab pertanyaan yang muncul di komentar tulisan sebelumnya. Judul tulisan itu adalah “Antara Freelancer, Elance, Odesk dan Upwork“. Tulisan satu tahun lalu itu membahas tempat-tempat mencari lowongan kerja di internet bagi para freelancer sedunia.

Pertanyaan Dasar Tentang Upwork.com

Upwork sendiri adalah metamorfosis dari odesk.com dan gabungan dari elance.com. Satu tahun ini belum kembali mencari kerja di Upwork. Namun dulu sempat aktif di Upwork. Lumayan membangun profil dalam menawarkan jasa terjemahan Inggris Indonesia di sana.

Odesk.com berubah nama menjadi upwork.com

Odesk.com berubah nama menjadi Upwork.com

Berikut pertanyaan lengkap yang muncul di kolom komentar dalam tulisan sebelumnya:

Halo Mas Ridha, Maaf ni mau nanya yg udah pengalaman di upwork. Disaat Mas Ridha sudah menyelesaikan job dari hire,
1. Bagaimana cara memberikan hasil pekerjaan yg sudah selesai kepada hire,
2. Apakah  terus memberi tahu pada upwork tentang job yg sudah selesai ?
3. Setelah memberi tahu upwork apakah honor jobnya langsung masuk ke akun kita atau harus ditagih dulu ?
4. Bagaimana cara menagih honor ke upwork ?

thank berat sebelumnya.

Ratno: 8 September 2016

Cara Memberikan Hasil Pekerjaan di Upwork.com

Semua komunikasi di Upwork itu hampir melalui media internet alias online. Jadi baik itu perintah kerja atau hasil pekerjaan, semuanya hampir dilakukan dengan media surat elektronik (email). Kalau hasil pekerjaan itu berupa berkas office (Micro. Word, Excell, Powerpoint, dsb) atau berkas digital lainnya, yah tinggal dilampirkan via email. Upwork sendiri memiliki sistem surat sendiri. Ada baiknya memanfaatkan sistem korespondensi di Upwork.

Cara Memberitahu Pekerjaan yang Sudah Selesai Di Upwork

Upwork sendiri memiliki sistem kerja sendiri. Jika kita penawaran kerja berhasil diterima, secara otomatis nanti ada pemberitahuan kalau kita diterima di pekerjaan yang pernah kita tawarkan (bid). Jika pekerjaan sudah selesai, nanti pemberi kerja (klien) yang akan memutuskan kontrak kerja dan secara otomatis tagihan pekerjaan dari kita akan ditagihkan ke klien.

Pembayaran Honor Pekerjaan di Upwork

Secara otomatis pembayaran pekerjaan di Upwork akan masuk ke saldo Upwork penerima kerja (freelancer) saat kontrak kerja diputus atau sudah selesai.

Cara Pencairan Uang di Upwork

Begitu uang sudah masuk ke saldo Upwork, maka kita tinggal mencairkan ke rekening bank lokal (Indonesia) yang kita miliki. Sambil mencari kerja/ memasukkan proposal (bid), ada baiknya urus proses verifikasi di Upwork. Baik itu verifikasi diri atau verifikasi pembayaran. Proses pencairan tergantung hari kerja dan tergantung Bank (BCA, Mandiri, dsb).  Biasanya 1-5 hari kerja.

Jangan Pernah Mengecewakan Pemberi Kerja (klien)

Poin paling penting di Upwork atau di dunia freelancer itu, jangan pernah memberikan hasil kerja yang buruk. Jika tidak, jangan pernah mengajukan tawaran proposal penawaran kerja sama sekali. Berikan hasil pekerjaan tepat waktu dengan hasil yang baik dan kita akan (pasti) menerima pembayaran. Proses pembayaran di Upwork sebenarnya tidak masalah, hanya yang sulit itu memberikan ‘kepuasan’ kepada klien.

Proses persaingan pengajuan harga (bid) banyak sekali dan ‘gila-gilaan’. Baik itu dari pekerja lepas dari Indonesia sendiri atau dari freelancer seluruh dunia di Upwork. Saat dalam kontrak kerja, usahakan selalu membalas email secepat-secepatnya. Hindari membalas surat lebih dari 24 jam. Mintalah testimoni positif bintang 5 jika memang hasil kerja baik dan pemberi kerja puas.

Baca Juga: Catatan Kecil Penerjemah Pemula Untuk Pemula (Tips)

Periksa Lagi Ketentuan Upwork dan Pelajari Lebih Lanjut Sistem Kerja Terbarunya

Tulisan ini hanya informasi umum yang bisa jadi keliru lantaran perubahan kebijakan dan sistem kerja dari Upwork. Cek ulang lagi di https://www.upwork.com/i/howitworks/freelancer/. Informasi jenis ini sudah tersedia lengkap di Upwork. Sebenarnya kita memberi sebagian uang kita ke Upwork, jadi jangan ragu menghubungi layanan pelanggan (support) Upwork.

Video Cara Kerja Upwork

Berikut video cara kerja Upwork dari youtube.com/watch?v=ZzfPV8d_wfk.

Semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply