Select Page

Kata WordPress, Blogspot Itu Kadang Menyebalkan

Kata WordPress, Blogspot Itu Kadang Menyebalkan

Beberapa hari ini sedang asyik kembali masuk ke panel (dashboard) Blogspot, Blogger. Sudah hampir 2 tahun tidak pernah mengotak-atik Blogspot lagi. Sejak kepindahan lapak jasa penerjemah bahasa ini dari Blogspot ke WordPress.

Proses perpindahan dari Blogspot ke WordPress berjalan lancar. Begitu di hari pertama saat menggunakan WordPress, langsung ‘jatuh cinta’ pada WordPress. Ternyata WordPress memiliki banyak hal yang tidak dimiliki oleh Blogspot. Walau Blogpsot juga memiliki kelebihan dibandingkan WordPress.

Hal yang Menyebalkan Dalam Diri Blogger Bagi WordPress.org

Tulisan ini tidak bermaksud menyudutkan Blogspot atau Blogger. Sebagai pengguna WordPress dan Blogspot, akan terlihat kelebihan dan kekurangan 2 Sistem Pengelola Tulisan (Content Management System atau CMS) ini. Ide tulisan ini lahir saat beberapa hari ini kembali iseng membuka blog lama di Blogspot. Ternyata oh ternyata…

Dua Tahun Ditinggalkan Tampilan Panel Masih Sama

Sebenarnya tidak ada masalah dengan ini. Tapi dari sini semuanya berawal. Jelas sekali tidak ada banyak perubahan dalam sisi panel pengguna Blogger. WordPress juga tidak banyak berubah. Namun WordPress terus berkembang walau perlahan-lahan. Ibaratnya, pakaian dalaman Blogspot masih itu-itu saja.

Baca Juga: Dua Saran Bagi Pengguna Blogspot

Migrasi Blogspot ke WordPress.org Gambar:youngflavor.net

Migrasi Blogspot ke WordPress.org Gambar:youngflavor.net

Tidak Ada Jumlah Kata Di Pos Tulisan Blogspot

Salah satu kebiasaan saya, menulis langsung di blog. Jadi lebih terasa atmosfer suasana tulisannya. Nah di Blogspot, tidak ada jumlah kata yang tertulis pada saat tulisan diketik di dalam Blogger. Sepele memang, tapi bagi pengguna blog manual, ini penting dalam hal mengkalkulasi jumlah kata tulisan yang akan disampaikan. Posisi penghitung kata di WordPress terletak di bagian bawah. Langsung terlihat jumlah kata yang sudah diketik.

Baca Juga: Perbedaan Blogspot dan WordPress Dalam Hal SEO Google

Tidak Ada Kategori, Hanya Ada Label di Blogspot

Saat melihat tulisan lama di Blogspot, ternyata ada kesalahan metode penulisan. Blogspot tidak mempunyai Kategori dalam mengelompokkan tema-tema tulisan. Sebagai gantinya label (tag) yang dipakai. Padahal fungsi dan maksud label itu berbeda dengan fasilitas kategori. Banyak label bisa digunakan dalam satu tulisan namun dalam satu tulisan hanya memiliki satu, dua kategori, atau subkategori. Pengelompokan tulisan ini penting pada saat tulisan sudah banyak. Namanya juga sistem pengelola tulisan.

Baca Juga: Saat Kekuatan SEO WordPress Mengalahkan Blogspot

Mengganti ‘Pakaian’ Saja Ribet (Template Blogspot)

Nah kalau ini memang sudah bawaan lahir Blogspot atau Blogger. Bahkan ada rumor kalau jangan terlalu sering-sering mengganti template Blogpspot. Agar struktur SEO blogspot tidak kacau. Lalu masalahnya kalau ingin langsung mengganti ‘pakaian’ Blogspot secara langsung bagaimana? Ibarat kalau mau beli baju kan harus dicoba-coba dulu langsung ke badan di kamar pas (fitting room). Mesti bongkar pasang template dulu. Jadinya terpaksa harus membuat Blogspot tidak terpakai dan tidak terindeks mesin pencari dulu untuk mencoba pakaian baru. Istilahnya Blogspot dummy.

Mungkin itu saja dulu. 3 hal itu saja cukup walau sebenarnya masih banyak. Tidak enak juga mencari-cari kekurangan Blogspot. Lantaran sebenarnya WordPress.org itu juga ada kekurangannya. Namanya juga alat blog gratisan, harus menerima kelebihan dan kekurangan Blogspot dibanding WordPress.

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

8 Comments

  1. Garett garett. neocities dot org

    Berbeda dengan WordPress, Blogger dibuat lebih sesederhana mungkin sehingga author bisa fokus ke menulis daripada pasang/install plug-in, otak-atik template, atau pikir biaya hosting. Bila kita lihat lagi, Blogspot itu transisi dari WordPress.com, tapi lebih sederhana.

    Baca juga: bersosial. com/threads/keuntungan-blogging-di-layaan-penyedia-blog-gratis.34777/

    Reply
    • Ridha Harwan

      Ho oh.

      Reply
  2. Qoeple

    Ane sependapat Gan sama ente, terutama pada Dashboard editor Templatenya yang cuma selembar doank dengan kodingan yang berjibun. bikin mata pwegel Gan :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Azeekk, ternyata ada juga yang sependapat.
      Mangkanya paling malas kalau sudah otak-atik template blogspot.
      Ngeliat xml nya rada males.

      Reply
  3. Body Slim

    Tapi masih banyak pemain wordpress dibandingkan blogspot kan? yah blogspot emang gak lengkap dalam segala hal, anehnya bisa loh nomor satu di mata google aneh nya!

    Reply
    • Ridha Harwan

      Namanya anak perusahaan dan anak emasnya google di mesin pencarinya sendiri.

      Reply
  4. enas nasrudin

    menarik juga gan ulasan nya, tapi btw akan saya sampaikan keluhan nya pada temen saya, kebetulan dia bekerja di google jkt

    Reply
    • Ridha Harwan

      Wah hebat punya teman yang kerjanya di Google.
      Hebat juga kalau keluhan rakyat kecil ini bisa didengar sama Google.

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.