Kata WordPress, Blogspot Itu Kadang Menyebalkan

Beberapa hari ini sedang asyik kembali masuk ke panel (dashboard) Blogspot, Blogger. Sudah hampir 2 tahun tidak pernah mengotak-atik Blogspot lagi. Sejak kepindahan lapak jasa penerjemah bahasa ini dari Blogspot ke WordPress.

Proses perpindahan dari Blogspot ke WordPress berjalan lancar. Begitu di hari pertama saat menggunakan WordPress, langsung ‘jatuh cinta’ pada WordPress. Ternyata WordPress memiliki banyak hal yang tidak dimiliki oleh Blogspot. Walau Blogpsot juga memiliki kelebihan dibandingkan WordPress.

Hal yang Menyebalkan Dalam Diri Blogger Bagi WordPress.org

Tulisan ini tidak bermaksud menyudutkan Blogspot atau Blogger. Sebagai pengguna WordPress dan Blogspot, akan terlihat kelebihan dan kekurangan 2 Sistem Pengelola Tulisan (Content Management System atau CMS) ini. Ide tulisan ini lahir saat beberapa hari ini kembali iseng membuka blog lama di Blogspot. Ternyata oh ternyata…

Dua Tahun Ditinggalkan Tampilan Panel Masih Sama

Sebenarnya tidak ada masalah dengan ini. Tapi dari sini semuanya berawal. Jelas sekali tidak ada banyak perubahan dalam sisi panel pengguna Blogger. WordPress juga tidak banyak berubah. Namun WordPress terus berkembang walau perlahan-lahan. Ibaratnya, pakaian dalaman Blogspot masih itu-itu saja.

Baca Juga: Dua Saran Bagi Pengguna Blogspot

Migrasi Blogspot ke WordPress.org Gambar:youngflavor.net

Migrasi Blogspot ke WordPress.org Gambar:youngflavor.net

Tidak Ada Jumlah Kata Di Pos Tulisan Blogspot

Salah satu kebiasaan saya, menulis langsung di blog. Jadi lebih terasa atmosfer suasana tulisannya. Nah di Blogspot, tidak ada jumlah kata yang tertulis pada saat tulisan diketik di dalam Blogger. Sepele memang, tapi bagi pengguna blog manual, ini penting dalam hal mengkalkulasi jumlah kata tulisan yang akan disampaikan. Posisi penghitung kata di WordPress terletak di bagian bawah. Langsung terlihat jumlah kata yang sudah diketik.

Baca Juga: Perbedaan Blogspot dan WordPress Dalam Hal SEO Google

Tidak Ada Kategori, Hanya Ada Label di Blogspot

Saat melihat tulisan lama di Blogspot, ternyata ada kesalahan metode penulisan. Blogspot tidak mempunyai Kategori dalam mengelompokkan tema-tema tulisan. Sebagai gantinya label (tag) yang dipakai. Padahal fungsi dan maksud label itu berbeda dengan fasilitas kategori. Banyak label bisa digunakan dalam satu tulisan namun dalam satu tulisan hanya memiliki satu, dua kategori, atau subkategori. Pengelompokan tulisan ini penting pada saat tulisan sudah banyak. Namanya juga sistem pengelola tulisan.

Baca Juga: Saat Kekuatan SEO WordPress Mengalahkan Blogspot

Mengganti ‘Pakaian’ Saja Ribet (Template Blogspot)

Nah kalau ini memang sudah bawaan lahir Blogspot atau Blogger. Bahkan ada rumor kalau jangan terlalu sering-sering mengganti template Blogpspot. Agar struktur SEO blogspot tidak kacau. Lalu masalahnya kalau ingin langsung mengganti ‘pakaian’ Blogspot secara langsung bagaimana? Ibarat kalau mau beli baju kan harus dicoba-coba dulu langsung ke badan di kamar pas (fitting room). Mesti bongkar pasang template dulu. Jadinya terpaksa harus membuat Blogspot tidak terpakai dan tidak terindeks mesin pencari dulu untuk mencoba pakaian baru. Istilahnya Blogspot dummy.

Mungkin itu saja dulu. 3 hal itu saja cukup walau sebenarnya masih banyak. Tidak enak juga mencari-cari kekurangan Blogspot. Lantaran sebenarnya WordPress.org itu juga ada kekurangannya. Namanya juga alat blog gratisan, harus menerima kelebihan dan kekurangan Blogspot dibanding WordPress.

8 Comments

  1. Garett garett. neocities dot org 25 September 2016 13:08
    • Ridha Harwan 3 Oktober 2016 19:55
  2. Qoeple 25 September 2016 12:14
    • Ridha Harwan 3 Oktober 2016 19:55
  3. Body Slim 14 September 2016 08:01
    • Ridha Harwan 3 Oktober 2016 19:38
  4. enas nasrudin 13 September 2016 11:13
    • Ridha Harwan 3 Oktober 2016 19:36

Leave a Reply