Saat Kekuatan (SEO) WordPress Mengalahkan Blogspot Blogger

Sebenarnya lapak jasa terjemahan Inggris Indonesia ini lagi on fire, semangat-semangatnya beberapa bulan terakhir ini. Hanya dipancing 2-4 tulisan saja, jumlah pengunjung blog dengan wordpress.org ini stabil dan meningkat. Jika saja dipancing dengan tulisan lebih dari itu, wah makin mantap deh jumlah pengunjungnya. Apalagi kalau dipancing dengan tulisan on page seo + tautan balik.

Kombinasi WordPress, vps dan sertifikat ssl ini diperkirakan merupakan gabungan kekuatan yang mampu mengalahkan blogspot dengan tenangnya. Tentu dengan tambahan tema yang cepat. WordPress bersertifikat ssl tentu membuat pertarungan seo wordpress vs blogger blogspot menjadi imbang.

Kekuatan SEO WordPress vs Blogspot Blogger

Ada banyak alasan kenapa tiga kombinasi kekuatan wordpress di atas tidak sulit mengalahkan blogspot blogger. Bahkan bisa dikatakan cukup mudah mengalahkan seo blogspot yang notabene adalah anak emasnya google. Berikut ini alasan versi santai dari lapak jasa penerjemah Inggris Indonesia ini:

1. Kecepatan Mesin VPS yang Luar Bisa

Blogspot atau blogger jelas didukung hosting google gratis yang luar biasa. Bahkan infrastruktur hos (hosting) blogger ini sudah dioptimasi cepat diakses dari segala macam penjuru dunia.

Mekanik Balap Mobil di Pit Stop Nascar

Mekanik Balap Mobil di Pit Stop Nascar

Berbeda dengan WordPress yang harus mengoptimasi sendiri mesin Virtual Private Server (VPS) yang dipakai. Saat pengaturan VPS sudah tepat, saat itu pula mesin VPS WordPress siap bertarung dengan hos google pada Blogspot.

Salah satu rahasia mengapa WordPress yang telah menggunakan vps mudah mengalahkan blogger yakni soal alamat protokol internet (IP Address) yang bersih. Itu pula kenapa banyak yang menyarankan untuk menggunakan vps apabila hos berbagi (shared hosting) sudah tidak memadai.

2. WordPress Bersertifikat HTTPS SSL (Berbayar)

Tahun 2015 lalu google telah menerapkan penggunaan protokol HTTPS pada layanan blogspot. WordPress.com sendiri telah lama menerapkan sertifikat SSL. WordPress.org yang telah menggunakan sertifikat SSL membuat skor SEO WordPress vs Blogger menjadi imbang, 1:1.

Sertifikat SSL HTTPS Gratis Let's Encrypt

Sertifikat SSL HTTPS Gratis Let’s Encrypt

Memang sudah ada sertifikat gratis dari Let’s Encrypt untuk pengguna WordPress. Namun jika memungkinkan tidak ada salahnya menggunakan sertifkat ssl berbayar.

SEO WordPress yang Mudah Mengalahkan Blogspot

Dua poin di atas merupakan poin inti jika WordPress.org ingin mudah mengalahkan Blogspot atau Blogger. Sebenarnya masih ada poin lain. Poin lain ini boleh dikatakan sama-sama harus dioptimasi pada blogspot atau wordpress. Poin lain itu diantaranya:

Blogspot atau WordPress

Blogspot atau WordPress Gambar: techloy.com

a. Tema WordPress atau Template Blogger yang Mendukung

Baik itu wordpress atau blogger, penampilan tema atau template-nya harus mendukung. Baik itu dari sisi kecepatan, tampilan dan responsif di seluler.

b. Isi Blog (WordPress atau Blogspot)

Nah kalau ini sudah mutlak dimiliki kedua-duanya, baik itu yang menggunakan wordpress atau blogspot. Tanpa isi tulisan yang baik tentu hal ini harus dimiliki WordPress atau Blogger. Walau sebenarnya, memakai esensi penggunaan Blogger atau WordPress itu terletak pada isi blog, bukan pada faktor optimasi mesin pencarinya (SEO).

Ilustrasi seo flickr

Ilustrasi seo flickr

Saat WordPress Mudah Mengalahkan Faktor SEO Blogger

Dua faktor SEO WordPress di atas, VPS dan SSL, tentu membutuhkan pengeluaran biaya yang tidak sedikit. Jika WordPress ingin menggunakan VPS, setidaknya harus mengeluarkan $5 USD per bulan. Begitu juga jika ingin menggunakan sertifikat ssl berbayar. Hal ini berbeda dengan Blogger atau Blogspot yang semuanya serba gratis.

Namun demikian dua alat ngeblog ini tentu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi pilih Blogspot atau WordPress?

4 Comments

  1. Master SEO Indonesia agus .mywapblog dot kom 26 September 2016 09:58
    • Ridha Harwan 3 Oktober 2016 19:56
  2. Yel Yel Pramuka 1 September 2016 08:15
    • Ridha Harwan 13 September 2016 06:15

Leave a Reply