HPI Komda Jabar, Silaturahmi dan Pemilihan Ketua 2016-2019

Acara hari ini benar-benar acara melepas kangen. Sudah lama tidak bertemu dengan rekan-rekan seprofesi, penerjemah bahasa atau juru bahasa. Terakhir bertemu dengan rekan-rekan penerjemah wilayah Komisariat Daerah Jawa Barat (Komda Jabar) itu waktu makan-makan bubur ayam di Gatot Subroto. Itu satu tahun yang lalu.

Sekitar satu minggu lebih yang lalu, ada undangan acara Rapat Anggota Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) Komda Jabar. Setelah mendaftar, tidak sabar menunggu hari H. Apalagi tempat acaranya begitu tidak jauh dari tempat tinggal.

Minggu, 28 Agustus 2016 di Galeri Ciumbuleuit Hotel & Apartemen Bandung

Pagi hari di hari Minggu saat berangkat, hujan agak rintik-rintik. Tadinya diperkirakan akan tiba tepat waktu, pukul 9 pagi. Ternyata baru tiba pukul 09:20. Awalnya dikira hanya ada satu apartemen saja di daerah Ciumbuleit. Ternyata ada dua apartemen. Tempat acaranya berada di apartemen Ciumbuleuit pertama, yang ada hotelnya.

Galeri Ciumbuleuit Hotel dan Apartemen Kota Bandung Peta Google Maps

Galeri Ciumbuleuit Hotel dan Apartemen Kota Bandung Peta Google

Begitu tiba di lokasi beberapa rekan sudah hadir terlebih dahulu. Tidak disangka hadir pula Ketua Umum HPI Pusat, Bapak Hananto. Wah sudah lama tidak bertemu beliau. Biasanya kalau bertemu beliau, kalau pas ada acara kumpul-kumpul penerjemah di Jakarta. Ibu Sofia Mansoor sebagai anggota Dewan Kehormatan HPI juga turut hadir dalam acara ini.

Informasi Acara Hpi Dari Facebook

Informasi Acaranya

Sekitar pukul 10:30 acara dimulai. Terakhir mengikuti acara ‘sakral’ ini waktu di Unit Kegiatan Mahasiswa. Acara jenis ini biasanya cukup memakan waktu dan pikiran. Itu pun bisa berlangsung maraton beberapa hari. Namun berbeda dengan acara ini.

Senangnya Mengikuti Acara Pemilihan Ketua HPI Komda Jabar 2016-2019

Acara ini benar-benar berlangsung santai tapi serius. Boleh dibilang kalau dari awal acara hingga selesai, acara ini berlangsung penuh dengan rasa kekeluargaan. Sehingga membuat acara ini sayang sekali untuk dilewati.

Pada saat dimulai, anggota yang hadir ada 14 orang. Lalu pada saat acara diskors 5 menit kali 2, hadir satu orang. Begitu acara sudah berjalan, bertambah pula satu anggota yang hadir. Akhirnya ada 16 orang yang hadir dalam acara ini.

Sesuai tata tertib sidang, ada 14 orang yang bisa mengajukan calon ketua dan hanya ada 11 orang yang bisa memilih ketua HPI Komda Jabar. Anggota Penuh HPI dapat memilih ketua, sedangkan Anggota Muda HPI hanya bisa mengajukan calon ketua.

Selamat Atas Terpilihnya Bapak Ricky Sebagai Ketua HPI Komda Jabar Periode 2016-2019

Begitu memasuki proses pemilihan calon ketua, setidaknya ada 6 nama yang diajukan untuk dicalonkan. Setelah dihitung, akhirnya ada 3 nama yang dicalonkan untuk menjadi ketua Komda HPI Jabar.

Setelah diskors untuk yang kedua kalinya, akhirnya masing-masing calon ketua mengajukan visi dan misinya. Istilah kerennya kampanye.

Tibalah saatnya pemilihan ketua. Di sini saya agak sedikit menyesal juga kenapa tidak menjadi Anggota Penuh HPI. Karena saat itu tidak bisa ikut memilih siapa calon ketua. Akhirnya Bapak Ricky Zulkfli memperoleh suara terbanyak dan sah menjadi ketua HPI Komda Jabar 2016-2019.

Foto Bersama, Makan Bersama dan Ramah-Tamah

Setelah selesai acara serah terima jabatan dan penutup, akhirnya kami berfoto bersama dan berdoa bersama. Acara selesai satu jam lebih awal dari yang direncanakan, yakni sekitar pukul 13:00. Acara dilanjutkan dengan makan siang bersama masih di lokasi acara.

Rapat HPI Komda Jabar 28 Agustus 2016 Ciumbuleuit-Bandung

Rapat HPI Komda Jabar 28 Agustus 2016 Ciumbuleuit-Bandung

Silaturrahmi Teman-Teman Penerjemah Bahasa

Walau tidak bisa memilih siapa calon ketua, tapi setidaknya rasa kangen dengan teman-teman penerjemah bahasa (translator) dan juru bahasa (interpreter) bisa terobati. Secara pribadi, acara ini adalah acara temu kangen.

Beberapa rekan-rekan penerjemah sudah dikenal hampir 4-5 tahun lalu. Walau sudah berteman di dunia maya, tapi untuk bertemu di dunia nyata, butuh acara seperti ini untuk bertemu. Selain menjalin silaturrahmi, tentu banyak hal yang bisa dilakukan dalam acara temu kangen rekan sesama profesi bidang terjemahan.

Leave a Reply