Pengikut Blog yang Tidak Jelas

Semenjak menggunakan stargazer, di samping blog dan lapak jasa penerjemah tarjiem ini ada widget berlangganan blog. Sebelum-sebelumnya komponen berlangganan blog ini (blog subscription) tidak dipasang.

Setelah dipasang formulir berlangganan blog bertambahlah alamat-alamat surat elektronik yang berlangganan blog ini. Artinya ada beberapa ‘orang’ yang mengikuti tulisan blog terbaru lapak terjemahan ini melalui surel. Setiap ada tulisan baru maka akan dikirimkan ke alamat-alamat surel yang terdaftar.

Baru satu malam formulir berlangganan ini dipasang ternyata bertambah 3-5 pengikut blog. Anehnya para pengikut blog ini kebanyakan menggunakan alamat surel yang berasal dari Rusia, @mail.ru. Padahal blog ini bertuliskan Bahasa Indonesia, bukan Bahasa Rusia.

Daftar Pengikut atau Pelanggan Blog yang Palsu dengan @mail.ru di WordPress tarjiem.

Daftar Pengikut atau Pelanggan Blog yang Palsu dengan @mail.ru di WordPress tarjiem.

Selama ini jarang sekali ada yang mendaftar berlangganan tulisan blog ini. Sudah hampir dua tahun hanya ada sekitar 15 pelanggan tulisan blog saja (subscriber). Karena memang, selama ini tidak menggunakan teknik seo newsletter building dengan metode RSS Feed.

Contoh Formulir Berlangganan Blog (Subscribe)

Contoh Formulir Berlangganan Blog (Subscribe)

Iseng saya hapus pelanggan baru itu yang menggunakan alamat email @mail.ru lewat panel wordpress.com. Tidak bisa dihapus kalau dari panel (dashboard). Eh besoknya muncul lagi pengikut dengan macam-macam email berekstensi @mail.ru.

Umumnya pelanggan asli, khususnya dari Indonesia, menggunakan surel berakhiran @yahoo atau google mail, @gmail.

Dari awalnya dengan pelanggan pengikut asli 15 orang, hingga saat tulisan ini dibuat ada 47 subscribers. Hampir seluruhnya menggunakan email @mail.ru dan alamat surel berekstensi yang aneh lainnya. Jadi terkesan kegiatan spam.

Rentang waktu penambahan 30 pengikut yang tidak jelas ini mungkin ada sekitar 14 hari. Artinya ada sekitar 2-3 orang pengikut yang gak jelas bermunculan setiap hari, kalau komentar palsu (spam comment) muncul 3 komentar setiap 1 jam sekali.

2 Comments

  1. Liberto Amin 12 Juli 2016 22:58
    • Ridha Harwan 14 Juli 2016 08:15

Leave a Reply