Mossack Fonseca Menggunakan WordPress (Kasus Panama Papers)

Beberapa hari ini lagi ramai soal Panama Papers. Panama Papers adalah salah satu peristiwa kebocoran data informasi keuangan orang-orang kaya di dunia yang terbesar sepanjang masa.

Ada indikasi upaya penggelapan pajak dan pencucian uang dalam dokumen yang dikenal dengan nama Panama Papers ini.

Jika diilustrasikan, kebocoran data informasi keuangan Panama Papers ilustrasinya adalah seperti memiliki 406 iPhone 5 dengan ukuran penyimpanan masing-masing 64GB.

Ilustrasi ukuran besarnya kebocoran data kasus Panama Papers sebesar 2,6 TB

Ilustrasi ukuran besarnya kebocoran data kasus Panama Papers sebesar 2,6 TB (zerohedge dot com)

Hal yang menarik dari bocornya informasi keuangan Panama Paper ini adanya keterlibatan orang-orang kaya di Indonesia. Konon katanya salah satunya adalah seorang yang lagi mencalonkan diri dalam Pilgub DKI Jakarta 2017 nanti.

Sebelum heboh kasus Panama Papers, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyinggung hal ini. Tiga hari setelah ‘peringatan’ Bapak Jokowi, tanggal 2 April 2016 hebohlah dunia dengan kasus Panama Papers ini [1].

“Kamu simpan uang di Singapura, di Swiss, berapa triliun, berapa miliar, kita semua akan tahu,”

Jokowi Dodo-Dialog Publik di Balai Kartini, Jakarta Selatan
30 Maret 2016 [2]

Walau tax amnesty (RUU Pengampunan Pajak) tidak ada hubungannya dengan kasus Panama Papers ini, namun apa yang  sedang dibicarakan Bapak Jokowi ini sama-sama mengarah yang hal yang sama.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengaku memiliki data 6.000 rekening orang Indonesia yang ada di luar negeri dengan jumlah yang fantastis (kompas.com, 30 Maret 2016) [2].

Bandingkan dengan 2.961 nama orang Indonesia yang ada dibocoran kasus Panama Papers saat ini [3].

Artinya, setidaknya setengah dari enam ribu nama-nama orang Indonesia ini memiliki rekening di Luar Negeri. Sedangkan kalau ‘ingin’ terlibat dengan kasus Panama Papers ini, maka minimal harus memiliki rekening di luar negeri.

Daftar orang yang terlibat kasus korupsi Panama Papers

Mereka yang disebut-sebut terlibat dalam kasus korupsi Panama Papers (panamapapers dot icij dot org)

Jadi kalau mau lebih kritis lagi, bisa jadi peringatan Presiden RI ke-7 dua hari sebelum bocornya dokumen Panama Papers yang cukup menghebohkan ini masih ada hubungannya dengan kasus Panama Papers ini. Dengan kata lain, mungkin saja Pemerintah Republik ini sudah tahu kasus Panama Papers sebelum kasus ini menjadi heboh bingits.

Mossack Fonseca dan Panama Papers

Nama lain yang cukup ramai disebut dalam kasus Panama Papers ini adalah Mossack Fonseca.

Mossack Fonseca adalah konsultan hukum yang menjadi sumber data hebohnya kasus Panama Papers.

Ada 34 cabang firma hukum Mossack Fonseca di seluruh dunia. Beberapa cabang di antaranya ada di Israel, Singapura dan Dubai-Arab Saudi [4].

Kantor pusat jasa konsultan hukum Mossack Fonseca ini letaknya di daerah yang bernama Marbella, Kota Panama-Republik Panama.

Karena itu, kasus Panama Papers ini disebut sebagai Panama Papers. Penyebabnya, lantaran sumber data penyebab hebohnya kasus ini berasal dari Kota Panama, Negara Panama. Negara ini dikenal dengan tempat transit dengan terusan Panamanya.

Arti Papers di sini, secara literal dapat diterjemahkan sebagai “artikel-artikel”. Jadi jika diterjemahkan secara literal, arti Panama Papers adalah Artikel-Artikel dari Kota Panama. Namun agar lebih enak maka dapat diterjemahkan menjadi Dokumen Panama.

WordPress Dipakai di Situs Milliaran Dolar, Ciyuss?

Inilah yang menjadi fokus tulisan ini.

Konsultan hukum dengan 34 cabang di seluruh dunia menggunakan wordpress di situs resmi Mossack Fonseca www.mossfon.com.

Memang tidak mengherankan kalau banyak wordpress yang sifatnya gratisan ini digunakan oleh banyak perusahaan besar di seluruh dunia, termasuk lapak jasa terjemahan ini #ups.

Halaman muka situs utama firma hukum Mossack Fonseca www.mossfon.com sendiri juga memilih menggunakan wordpress.org.

Bukti Situs Mossfon.com yang Menggunakan WordPress (kasus Panama Papers). Cara mengeceknya klik kanan di Browser Lalu pilih "Inspect Element".

Bukti Situs Mossfon.com yang Menggunakan WordPress (kasus Panama Papers). Cara mengeceknya klik kanan di Browser Lalu pilih “Inspect Element”.

Biasanya, alasan utama para pengelola atau pemilik situs (webmaster) memilih menggunakan wordpress adalah lantaran sifatnya yang terbuka alias open source dan gratis.

Selain sumber terbuka (open source), keunggulan lainnya adalah banyaknya dukungan sumber daya jika menggunakan wordpress, khususnya dalam hal plugin.

Lihat: Perbedaan WordPress dan Blogspot atau Blogger

Tidak ada biaya yang dikenakan jika memilih untuk menggunakan roh wordpress.org dengan berbagai keunggulannya. WordPress adalah mesin membuat situs yang gratis dan menguasai 25% situs-situs yang digunakan di seluruh dunia [5].

Lihat: Ancaman Bahaya Jika Menggunakan WordPress

WordPress mossfon.com Mossack Fonseca Tidak DISENTUH Selama 2 Tahun?

Hal yang boleh dibilang menggelikan adalah situs utama Mossack Fonseca tidak memperbarui dalaman situsnya hampir 2 tahun yang lalu [6].

Para pengguna wordpress umumnya tahu kalau wordpress akan selalu memperbaiki mesinnya secara teratur. Biasanya 3-6 bulan sekali akan ada pembaruan inti wordpress (core update). Biasanya salah satu alasannya utamanya adalah faktor keamanan.

Untuk memperbarui inti wordpress juga tidak sulit. Cukup menekan satu tombol maka inti wordpress pun langsung diperbarui.

Tidak hanya menggunakan WordPress, Drupal juga digunakan bagian lain domain situs utama Mossack Fonseca. Drupal sendiri adalah salah satu jenis alat ngeblog selain jenis WordPress.

Sama halnya dengan WordPress yang tidak diperbarui sejak tahun 2014, mesin Drupal yang ada beralamat di https://portal.mossfon.com juga tidak diperbarui sejak 2013 yang lalu [7].

Versi Drupal portal.mossfon.com Mossack Fonseca (Panama Papers)

Versi Drupal portal.mossfon.com Mossack Fonseca (Panama Papers)

Cukup menggelikan memang, kalau konsultan hukum kelas dunia yang sudah menggunakan alat gratisan namun tidak memperbarui wordpress miliknya selama dua tahun belakangan sejak Desember 2014 [8].

Jelas-jelas hal ini membuka celah dan rentan dari sisi keamanan situs Mossack Fonseca mossfon.com.

Pakaian Situs Mossack Fonseca www.mossfon.com (WordPress Themes dan Plugin)

Sedikit membahas soal tema dan plugin

Pemilihan tema (themes) juga berperan penting saat menggunakan wordpress. Hal yang menarik lagi adalah, situs Mossack Fonseca mossfon.com menggunakan tema yang sudah dimodifikasi yang bernama Twenty Eleven [9].

Mossfon.com yang Menggunakan Tema WordPress Twenty Eleven (Mossack Fonseca)

Mossfon.com yang Menggunakan Tema WordPress Twenty Eleven (Mossack Fonseca)

Biasanya, merek pakaian ini adalah bawaan asli pakaian wordpress yang dipasang pada tahun 2011. Tema Twenty Eleven yang digunakan oleh situs mossfon.com Mossack Fonseca ini sifatnya adalah gratisan.

Selain itu ada 7 plugin yang terlihat dipakai oleh situs Mossack Fonseca www.mossfon.com.

Daftar 7 plugin yang digunakan di situs Mossack Fonseca mossfon.com kasus panama papers

Daftar 7 plugin yang digunakan di situs Mossack Fonseca mossfon.com.

Penutup Kasus Panama Papaer, Mossack Fonseca  dan WordPress di Situs Mossfon.com

Boleh dibilang kasus Panama Papers ini adalah kasus yang cukup menarik. Mangkanya bela-belain nulis selama 4 jam lebih malam ini.

Penyebabnya lantaran kasus Panama Papers ini sedikit disinggung oleh Bapak Joko Widodo sebelum heboh kasus ini. Walau disinggung secara tidak langsung namun apa yang dibahas masih mengarah kepada hal yang sama.

Sama-sama membahas soal uang. Pertama uang masuk (tax amnesty) dan yang ke dua yakni uang keluar (menghindari pajak) dalam kasus Panama Papers. Terlebih lagi momennya pas dengan batas akhir (dan perpanjangan laporan pajak pribadi) 31 Maret yang lalu.

Dalam kaitannya wordpress dan celah keamanan di dunia maya, anehnya situs perusahaan besar Mossack Fonseca terkesan tidak disentuh selama dua tahun lebih oleh sang admin.

Minimal administrator situs mossfon.com memperbarui inti wordpress miliknya yang biasanya prosesnya kurang dari 5 menit.

Atau mungkin pengelola situs Panama Papers ini lupa nama pengguna atau sandi untuk masuk ke wp-admin? [10].

Halaman masuk administrator mossfon.com/wp-admin, Mossack Fonseca

Halaman masuk administrator mossfon.com/wp-admin, Mossack Fonseca.

Lihat: Kelebihan Blogspot Dibandingkan WordPress

Tautan Dukungan:

  1. kompasiana.com/infokespro/warning-presiden-jokowi-tentang-nyimpan-uang-di-luar-negeri-terkuak-sudah_5704a93a2e9773cb0690ff29
  2. nasional.kompas.com/read/2016/03/30/12012881/Jokowi.Kamu.Simpan.Uang.di.Singapura.Swiss.Kita.Semua.Akan.Tahu
  3. internasional.kompas.com/read/2016/04/04/19113441/Ada.2.961.Nama.dari.Indonesia.di.Bocoran.Panama.Papers.
  4. mossfon.com/contact-our-offices/
  5. ma.tt/2015/11/seventy-five-to-go
  6. wptavern.com/outdated-and-vulnerable-wordpress-and-drupal-versions-may-have-contributed-to-the-panama-papers-breach
  7. portal.mossfon.com/CHANGELOG.txt
  8. mossfon.com/wp-includes/js/autosave.js
  9. mossfon.com/wp-content/themes/twentyten/css/style.css
  10. www.mossfon/wp-admin/
  • kompasiana.com/titen/panama-papers-ada-kuala-lumpur-di-indonesia_57060c2a85afbd2706b07dff
  • kompasiana.com/leogultom/wikileaks-george-soros-dalang-panama-papers_5705b1322b7a6109048b4569
  • kompasiana.com/pebrianov/karena-ulah-panama-paper-pm-islandia-mengundurkan-diri-bagaimana-nasib-sandiaga-uno_570558712c7a61182ad601c5

10 Comments

  1. Mang Lembu 13 April 2016 22:22
    • Ridha Harwan 14 April 2016 21:14
  2. Mang Lembu 12 April 2016 02:08
    • Ridha Harwan 14 April 2016 21:13
  3. nak belog 11 April 2016 13:28
    • Ridha Harwan 13 April 2016 17:22
  4. Hostingan ID 9 April 2016 17:44
    • Ridha Harwan 13 April 2016 17:04
  5. fatih aqieb dot com 8 April 2016 15:06
    • Ridha Harwan 9 April 2016 15:14

Leave a Reply