Ganti Baju Biar Enak Dilihat

Proses mengganti baru tema wordpress lapak terjemahan ini memakan waktu 3 hari. Sebelum kembali menggunakan schema, lapak jasa penerjemah ini sempat menggunakan pakaian polos. Merek baju polosnya UnderScores.me.

Lucu sekali waktu menggunakan pakaian polos ini. Kesannya blog ini seperti blog abal-abal alias blog gak jelas. Akhirnya keputusan untuk menggunakan wordpress themes polosan itu hanya bertahan kurang dari 8 jam.

Dari Twenty Sixteen ke UnderScores.me Lalu Kembali ke Baju Schema

Tadinya setelah dari baju polos UnderScores.me mau kembali ke FlatSimpleBingit. Selama menggunakan baju polos itu, terus berpikir dan mempertimbangkan antara menggunakan FlatSimpleBingit produksi dalam negeri atau menggunakan barang impor Schema MyThemeShop.

Akhirnya pilihan kembali jatuh ke Schema.

Alasan Menggunakan Baju Merek Schema

Waktu menggunakan Twenty Sixteen, setidaknya ada 10-15 plugin yang aktif di lapak terjemahan ini. Plugin yang dominan aktif yakni plugin Jetpack.

Nilai Kecepatan Beranda Tarjiem 11 April 2016 dengan Tema Schema

Nilai Kecepatan Beranda Tarjiem 11 April 2016 dengan Baju Schema

Plugin Jetpack benar-benar mengakomodir tema wordpress standar. Terlihat sekali kalau tema standar Twenty Sixteen yang begitu sederhana itu sangat terbantu dengan plugin Jetpack ini.

Nah setelah menggunakan baju Schema ini, maka plugin lapak jasa penerjemah ini bisa dikurangi. Sekarang plugin yang terpasang di blog hanya ada 7 plugin yang aktif. Beberapa plugin penting hanya dipasang pada saat diperlukan, khususnya plugin Updraft Plus yang hanya dipakai kalau ingin membuat cadangan blog.

Daftar 7 Plugin WordPress Tarjiem April 2016 waktu menggunakan Schema

Daftar 7 Plugin WordPress Tarjiem April 2016

Plugin AMP Dicopot Dulu

Beberapa waktu lalu sempat membuat tulisan tentang Accelerated Mobile Pages atau Laman Seluler yang Dipercepat. Waktu itu ditampilkan statistik plugin AMP dengan Twenty Sixteen. Nah 2 minggu ini akan diuji dulu, apakah Schema bisa tampil di AMP tanpa menggunakan Plugin AMP wordpress. Setidaknya hal ini perlu dicek dulu.

Indeks Google AMP (Accelerated Mobile Pages atau Laman Seluler yang Dipercepat) Tarjiem Saat dari Baju Twenty Sixteen ke Schema MyThemeShop April 2016

Indeks Google AMP (Accelerated Mobile Pages atau Laman Seluler yang Dipercepat) Tarjiem Saat dari Baju Twenty Sixteen ke Schema MyThemeShop April 2016

Pakaian Diperlukan Untuk Menarik Perhatian

Itulah alasan lapak ini menggunakan baju yang sedikit enak dipandang. Beberapa gambar (thumbnail) dipilih untuk tampil agak besar. Alasannya demi mengurangi bounce rate.

Tantangan terbesar jika blog memilih menampilkan banyak gambar adalah kecepatan blog. Ukuran dan banyaknya gambar sangat memengaruhi kecepatan akses masuk ke dalam blog. Mirip tema dengan desain majalah (magazine).

Belum lagi lapak jasa penerjemah ini ditambah enam iklan, 3 iklan bergambar dan 3 iklan teks.

Tanpa menggunakan desain banyak gambar saja, keenam iklan ini sudah memberatkan kecepatan blog. Apalagi ditambah dengan banyak gambar ini.

Hasil Akhir Pakaian yang Menarik

Ada benarnya juga ternyata kalau Schema MyThemeShop diklaim sebagai tema tercepat buatan MyThemeShop.

Walau banyak gambar yang tampil di sebuah halaman tulisan (post) namun setidaknya nilainya tidak terlalu jelek-jelek sekali.

Nilai Kecepatan Pingdom Tarjiem Halaman Pos 11 April 2016

Nilai Kecepatan Pingdom Tarjiem Halaman Pos 11 April 2016

Resiko Baju Bagus

Resiko terbesar adalah banyaknya pengunjung yang bakalan kesulitan mengakses lapak ini. Jika pengunjung blog ini tidak memiliki akses internet yang memadai, maka bisa jadi saat pertama kali mengunjungi blog ini akan lama.

Waktu masuknya bisa sampai lebih dari 6 detik. Namun itu bukan masalah, hal ini akan diuji coba 1-2 minggu mendatang.

8 Comments

  1. Candra 29 Mei 2016 16:25
    • Ridha Harwan 4 Juni 2016 18:51
  2. Muhammad Syafiq 21 April 2016 13:41
    • Ridha Harwan 5 Mei 2016 19:29
  3. Daniel 12 April 2016 16:06
    • Ridha Harwan 13 April 2016 17:35
  4. Jual Rumah Pontianak dot kom 12 April 2016 16:04
    • Ridha Harwan 13 April 2016 17:33

Leave a Reply