Ridwan Kamil dan Ahok Ternyata Bisa Galau Juga

Dua petinggi kepala daerah yang lagi tenar ini melakukan jajak pendapat melalui media sosial. Siapa lagi kalau bukan Ridwan Kamil dan Basuki Tjahaja Purnama.

Ridwan Kamil atau Kang Emil adalah wali kota Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Sedangkan Basuki Tjahaja Purnama atau Koh Ahok sebelumnya adalah wakil Gubernur DKI Jakarta. Lalu setelah Bapak Jokowi Dodo terpilih menjadi presiden pada Pilpres 2014 yang lalu, beliau diangkat menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Ahok lebih dulu melakukan jajak pendapat melalui media facebook. Lalu Ridwan Kamil juga melakukan dengar pendapat melalui Facebook. Namun sayangnya, dua survei yang dilakukan Ahok dan Ridwan Kamil ini tampaknya sampai saat ini belum terlihat jawabannya.

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Ahok sendiri lebih dulu melakukan survei pada 27 Januari 2015. Beliau bertanya tentang “Bagaimana pendapat kalian? Jalur Partai atau Jalur Independen.” Status beliau di halaman penggemarnya ini mendapatkan 1.705 komentar, 4.297 jempol dan 166 kali dibagikan dengan 206.652 penggemar (per 5 Februari 2016).

Dari status facebook ini, terlihat jelas kalau beliau akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta 2017 (Pilgub DKI 2017) nanti. Hanya belum tahu saja cara mana yang akan dipakai, dengan dukungan partai atau jalur independen

Ahok atau Basuki-Tjahaja Purnama (facebook) pilkada fanspage

Ahok atau Basuki-Tjahaja Purnama (facebook)

Ridwan Kamil

Berbeda dengan Ahok yang sudah ‘pasti’ menjadi bakal calon Gubernur DKI Jakarta 2017, Ridwan Kamil sendiri sepertinya juga sedang galau (bingung). Ridwan Kamil galau dengan pilihan untuk tetap menjadi wali kota Bandung atau maju dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.

Melalui media yang sama dari halaman penggemar (fanspage) facebook, Kang Emil (facebook.com/RKbdg/posts/617637035054788) bertanya, “Iseng ingin survey, warga FP ini dari kota mana saja. Mohon posting nama dan kotanya. Status gak usah, kecuali emergency. Hatur nuhun.” Status beliau pada tanggal 2 februari 2016 itu akhirnya mendapatkan respon 29.752 komentar, 40.717 jempol dan 197 kali dibagikan. Jumlah penggemar fanspage facebook Ridwan Kamil yakni 1.564.974 penggemar (wow).

Ridwan Kamil atau Kang Emil (Facebook) fanspage pilkada pilgub bandung

Ridwan Kamil atau Kang Emil (Facebook)

Kang Emil dan Koh Ahok Bisa Galau? Ciyuss…

Kota Jakarta sendiri adalah kota nomor dua terbesar dalam hal jumlah penduduknya dengan 26,063,000 jiwa. Nomor satu sendiri diduduki oleh Kota tokyo, Jepang dengan 37,126,000 jiwa (versi worldatlas.com).

Selain sebagai salah satu kota terbesar, Kota Metropolitan Jakarta adalah pusatnya Negeri Indonesia sebagai satu dari negeri terbesar di muka bumi ini juga. Tidak hanya itu, dari banyak rekam jejak sejarah, bagi yang telah berhasil ‘menguasai’ Jakarta, maka langkah selanjutnya yakni ‘menguasai’ Indonesia. Maju menjadi Bakal Calon Presiden.

Kalau Ridwan Kamil dan Ahok Maju, Siapa Pemenangnya?

Jika ini terjadi, maka hal ini akan menjadi pertarungan yang seru, sebagaimananya Pilpres 2014 yang lalu. Banyak yang berpendapat kalau lawan Ahok yang sepadan itu adalah Ridwan Kamil.

Hal ini agak wajar juga jika melihat kinerja dua kepala daerah ini. Kinerja Ahok sendiri sudah terlihat hasilnya, baik saat sebagai wakil gubernur atau saat diangkat sebagai Gubernur pengganti Bapak Jokowi. Setidaknya urusan Pasar Tanah Abang, kecamatan-keluarahan, rumah susun dan urusan banjir sudah terlihat hasilnya.

Begitu juga dengan kinerja Ridwan Kamil yang mengurusi kota Parahyangan ini. Walau ‘hanya’ menjabat sebagai wali kota selama 3 tahun, namun hasil kerja beliau setidaknya bisa dirasakan oleh warganya. Seperti urusan alun-alun Kota Bandung, urusan taman kota, sungai juga dan termasuk urusan pusat media ala star trek.

Foto kenang-kenangan saat Final Sepak Bola Piala Presiden antara Persib Bandung dan Sriwijaya FC di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta 19 Oktober 2015, Ridwan Kamil, Jokowi Dodo dan Ahok (via twitter ridwan kamil).

Akankah Ridwan Kamil Maju Menantang Ahok?

Inilah pertanyaan yang paling ditunggu saat ini. Termasuk saya. Jika melihat rekam jejak Bapak Jokowi Dodo sebagai Presiden ke-7 RI, maka cukup wajar jika Ridwan Kamil maju menantang Ahok. Setidaknya Ridwan Kamil bisa menggunakan ‘alasan’ rekam jejak karir politik Bapak Jokowi. Berawal dari wali kota daerah, lalu menjadi Gubernur.

Jika Ridwan Kamil tidak maju, lalu siapa lagi penantang yang sepadan dengan Ahok?

Coba perhatikan status Ridwan Kamil lagi. Ada kata-kata “… ,warga FP ini dari kota mana saja.” Kota Jakarta sendiri tidak jauh dari Kota Bandung atau Provinsi Jawa Barat, termasuk Kota Bekasi yang masih bagian Jawa Barat. Jadi tidak heran kalau beliau ingin mendengar pendapat. Proses survei ini sekaligus juga bisa diartikan sebagai mendengar dukungan dan juga memetakan potensi dukungan warga untuk beliau.

Memang terkesan kedua tokoh ini sedang galau. Namun dalam konteks dunia politik, dua status facebook ini bisa diartikan sama-sama sedang mencari dukungan. Kira-kira dukungan siapakah yang paling banyak? Mungkin tabel statistik ‘kegalauaan’ di bawah ini bisa menjawabnya.

Ridwan Kamil vs Ahok facebook fanspage pilkada

Ridwan Kamil vs Ahok (tarjiem.com)

Pilih mana?

29 Februari 2016

Akhirnya Kang Ridwan Kamil tidak maju dalam pemilihan kepala daerah Gubernur DKI Jakarta 2017.

Semoga warga Jakarta mendapatkan pemimpin yang tepat pada saat Pilkada Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 nanti.

8 Comments

  1. academic Indonesia 11 Maret 2016 08:24
    • Ridha Harwan 11 Maret 2016 08:52
  2. gery 17 Februari 2016 01:20
    • Ridha Harwan 20 Februari 2016 09:41
  3. Yoekaa 11 Februari 2016 14:20
    • Ridha Harwan 11 Februari 2016 18:41
  4. wongcrewchild 10 Februari 2016 05:57
    • Ridha Harwan 11 Februari 2016 18:38

Leave a Reply