Tiga Komentar Palsu Muncul Setiap 1 Jam Sekali

Sejak beralih menggunakan vps dari hos berbagi, saat itu pula lapak terjemahan bahasa ini mulai banyak diserang oleh komentar massal (spam). Sebelum menggunakan vps, serangan komentar palsu ini tidak terlalu banyak. Setidaknya satu minggu sekali ada 10-20 komentar palsu masuk ke kotak spam.

Sudah dua minggu lebih semenjak berpindah ke vps ditambah lagi sejak beralih menggunakan tema MyThemeShop Schema, komentar massal ini banyak bermunculan. Tidak tanggung-tanggung jumlah komentar yang menyerang blog ini. Dalam satu malam, setidaknya muncul 150 komentar lebih yang tertangkap dan terjaring. Hal ini telah terjadi selama dua minggu lebih ini. Sebelumnya belum separah ini.

Jadi setidaknya setiap kali akan mengosongkan kotak spam maka memastikan ulang apakah ada komentar asli yang tidak sengaja masuk ke kotak spam. Lucunya, terkadang pada saat kotak spam ini baru saja dikosongkan, tidak berapa lama muncul kembali komentar bodong yang terjaring.

Halaman “Kebijakan Komentar” yang Perlu Diketahui

Sebelum kejadian penyerangan komentar bodong ini terjadi, halaman Kebijakan Komentar sudah lama dibuat. Beberapa komentar yang muncul terkesan hanya ‘numpang lewat’ saja. Namun komentar-komentar tersebut tetap dihargai, dibalas dan diperiksa ulang. Walau terkadang tautan balik yang ditinggalkan terpaksa dinonaktifkan.

Jumlah spam yang terjaring oleh Akismet pada September 2015 - Januari 2016 pada blog tarjiem.com.

Jumlah spam yang terjaring oleh Akismet pada September 2015 – Januari 2016 pada blog tarjiem.com.

Halaman kebijakan komentar ini sangat membantu dalam mengatasi serangan komentar massal yang pada saat ini semakin aktif. Halaman komentar ini adalah semacam peringatan kepada mereka yang akan meninggalkan komentar ini agar jangan sampai komentar yang ditinggalkan terkena proses moderasi terlebih dahulu dan terjaring oleh plugin Akismet. Apabila komentar masuk ke kotak spam, tentu komentar asli ini harus dicari terlebih dahulu dari ratusan komentar palsu yang sama-sama terjaring filter spam.

Statistik Komentar Massal

Berdasarkan gambar di atas, jelas terlihat kalau ada 2.697 komentar massal pada bulan Desember 2015 yang lalu. Bulan Januari 2016 baru berjalan tiga hari, namun sudah ada 513 komentar yang terjaring dan dihapus. Jika dilihat bulan-bulan sebelumnya, setidaknya hanya ada 17 komentar, 428 komentar dan 82 komentar pada bulan November, Oktober, dan September 2015.

Komentar: Engkau Dinanti, Engkau Terjaring

Biasanya komentar spam ini adalah karena faktor kesengajaan. Memang ada alat khusus untuk mengirim komentar spam ini. Tujuan komentar yang dikirim secara massal ini yakni mendapatkan tautan balik dari situs-situs atau blog yang dianggap memiliki nilai lebih. Semakin baik situs tersebut, semakin besar serangan spam. Istilah kegiatannya adalah spamming.

Bagi seorang blogger, terkadang komentar atas sebuah tulisan kadang dinanti-nanti. Beberapa komentar bahkan bisa memperkaya sebuah tulisan. Terlebih lagi kadang membangun informasi sebuah tulisan. Namun sayangnya beberapa komentar asli yang dibuat oleh pengunjung tidak sengaja terjaring tertangkap penyaring komentar massal. Lebih parahnya lagi, terkadang beberapa komentar yang bagus, tidak sengaja terhapus oleh administrator blog pada saat membersihkan dan mengosongkan kotak spam. Jika sudah terhapus, maka tidak mungkin dikembalikan lagi.

10 Comments

  1. duniaq dot kom 9 April 2016 22:56
    • Ridha Harwan 13 April 2016 17:05
  2. Haryono 22 Januari 2016 11:54
    • Tanda Pagar 22 Januari 2016 14:06
      • Satu Jam dot com 22 Januari 2016 14:19
        • ruangtanya dot kom 29 September 2016 13:19
          • Ridha Harwan 3 Oktober 2016 20:00
    • Ridha Harwan 27 Januari 2016 08:04
  3. nak belog 5 Januari 2016 20:36
    • Ridha Harwan 7 Januari 2016 09:01

Leave a Reply