Tampilan Baru Lapak Terjemahan Januari 2016 Sesederhana Mungkin

Setelah kemarin galau alias kebingungan dengan pilihan tampilan, sekarang tampilan lapak jasa penerjemah ini menggunakan desain sesederhana mungkin. Desain yang diubah hanya bagian depan saja. Bagian depak lapak terjemahan tarjiem ini hanya menambahkan satu buah gambar yang langsung mengarah ke halaman proposal sederhana jasa terjemahan. Tujuan penambahan gambar ini hanya untuk menarik perhatian bagi pengunjung yang memang sedang mencari jasa penerjemah bahasa.

Hanya saja, akibat penambahan satu buah gambar ini ada penambahan waktu dan beban saat blog ini diakses pertama kali. Ukuran blog bertambah menjadi sekitar 100 Kb sehingga totalnya menjadi 666 Kb. Waktu akses untuk membuka gambar yang berukuran sedang ini yakni 1,68 detik. Jadi total waktu untuk membuka halaman depan blog ini sekitar 3,6 detik versi gtmetrix.com.

Nilai GTmetrix Tarjiem Januari 2016

Nilai GTmetrix Tarjiem Januari 2016

Waktu akses masuk 3,6 detik dan 666 Kb itu sebenarnya ukurannya termasuk tidak terlalu besar. Apalagi itu sudah termasuk periklanan di halaman depan. Namun, semua ini tergantung perangkat dan jaringan internet yang mengakses blog ini. Rata-rata akses internet Indonesia juga belum terlalu cepat. Apalagi ditambah dengan penguna perangkat ponsel pintar yang kecepatannya mungkin masih lebih lambat dibanding menggunakan akses melalui komputer.

Tambahan Menu “Live Chat”

Selain itu ada juga tambahan menu layanan obrolan langsung atau live chat. Fungsinya jelas ditujukan untuk bertanya-tanya soal jasa terjemahan. Awalnya fasilitas layanan live chat dari zopim ini hanya tampil di halaman statis saja (jasa, tentang, psd dan kontak). Namun berhubung blog ini menampilkan program periklanan dari google di setiap halaman, khususnya pada bagian paling atas, jadinya layanan obrolan ini dijadikan menu keluar saja. Tujuannya agar memenuhi ketentuan program periklanan yang ada di blog dan lapak terjemahan tarjiem ini. Jika menu “Live Chat” dipilih, maka halaman baru akan terbuka untuk langsung berbicara atau ngobrol langsung dengan saya.

Tombol Menu "Live Chat" Tarjiem

Tombol Menu “Live Chat” Tarjiem

Selain tambahan menu obrolan langsung, desain depan lapak jasa terjemahan ini menggunakan menggulung secara otomatis (infinite scroll). Mirip dengan facebook yang jika halamannya digulung ke bawah maka otomatis status terbaru atau tulisan lain akan terbuka.

Jika menggunakan wordpress, maka tidak sulit jika ingin menggunakan tampilan blog atau situs yang bagus-bagus dan keren-keren. Namun sebenarnya, bertahan dengan sebuah kesederhanaan itu juga tidak mudah. Apalagi jika menggunakan tampilan ‘baju’ lapak yang keren, maka waktu akan tersita hanya untuk mengurus tampilan saja. Terlebih lagi blog ini semaunya diurus sendiri, termasuk bagian tulis-menulisnya dan bagian jualannya.

8 Comments

  1. Membuat Game Sederhana caramembuatmengatasiakun blogspot com 11 Juli 2016 13:10
    • Ridha Harwan 14 Juli 2016 08:13
  2. nak belog 31 Januari 2016 18:27
    • Ridha Harwan 31 Januari 2016 20:36
  3. taufik 27 Januari 2016 17:20
    • Ridha Harwan 30 Januari 2016 21:54
  4. wongcrewchild 27 Januari 2016 10:10
    • Ridha Harwan 30 Januari 2016 21:53

Leave a Reply