Bagaimana Sistem Pembayaran Hosting WordPress di Luar Negeri?

Pertanyaan soal hosting ini merupakan salah satu pertanyaan yang cukup sering ditanyakan di dunia blogger. Khususnya bagi para blogger pengguna wordpress yang sedang mencari hosting atau para pengguna blogspot yang akan beralih menggunakan wordpress.org. Pertanyaan ini muncul di kolom komentar “Hosting WordPress Terbaik Dunia 2016“.

Pertanyaannya yakni:

ternyata ada yang lebih bagus dari digital ocean
kata salah satu sumber ini salah satu yang terbaik di dunia
mas Ridha, kalau mau memakai hosting luar negeri sistem pembayarannya bagaimana ya?
ada info kira-kira?

Cukup sering memang pertanyaan di atas diajukan terkait. Beberapa kali juga penjelasan yang sama disampaikan.

Sistem Pembayaran Hosting di Luar Negeri

Hal yang menjadi salah satu kesulitan jika ingin menggunakan layanan hosting dari luar negeri yakni soal sistem pembayarannya. Umumnya sistem pembayaran hosting di luar negeri menggunakan dua cara. Cara pertama yakni dengan menggunakan sistem pembayaran melalui kartu kredit. Cara kedua yaitu dengan menggunakan paypal.

Sistem Pembayaran Hosting Luar Negeri Dengan Kartu Kredit

Bagi yang sudah memiliki kartu kredit, tentu hal ini sudah tidak menjadi masalah. Kartu kredit sudah menjadi hal yang umum di dunia transaksi pembayaran, baik untuk dalam negeri atau luar negeri. Kalau yang sudah terbiasa menggunakan kartu kredit, belanja hosting yang ada di luar negeri itu seperti belanja barang melalui online saja. Seperti biasa, cukup mudah.

Kartu kredit yang umum digunakan untuk pembelian hosting yakni kartu kredit yang sudah mendukung layanan Visa dan Master Card. Hampir semua kartu kredit sudah mendukung layanan Visa dan Master Card ini. Jika kesulitan pada saat proses pembelian hosting di luar negeri, gunakan layanan obrolan langsung (live chat) saat proses pembelian dan pembayaran hosting.

Sistem Pembayaran Hosting di Luar Negeri Dengan Paypal

Cara kedua yakni dengan paypal. Cara pembeliannya hampir sama dengan cara kartu kredit. Namun, harus ada uang terlebih dahulu yang disiapkan di akun paypal. Tidak bisa hutang terlebih dahulu.

Masalahnya, jika ingin menggunakan paypal, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi yakni harus menggunakan Kartu Kredit. Jadi sama saja ‘sumber masalah’ pembayaran hosting di luar negeri ini. Belum lagi akan ada masalah jika ingin mengisi saldo (balance) paypal jika ingin melakukan pembelian hosting di luar negeri.

Wajar saja banyak yang menawarkan alternatif verifikasi akun paypal dengan layanan vcc atau virtual credit card. Saya pribadi awalnya satu kali menggunakan layanan vcc untuk satu tahun. Lalu di tahun berikutnya saya menemukan tutorial cara verifikasi akun paypal dengan menggunakan neteller.

Image:allolive.fr

Image:allolive.fr

Walaupun timbul sedikit kekhawatiran juga, akhirnya akun paypal saya berhasil terverifikasi untuk 2 tahun dengan cara menggunakan vcc dari neteller. Cara verifikasi paypal dengan neteller tersebut telah ditulis di “Cara Verifikasi Paypal atau Perpanjangan VCC per Sept 2014.

Alternatif Pembayaran Hosting Luar Negeri, VCN, Paypal dan Bank Lokal Indonesia

Cara yang ketiga ini merupakan cara yang mungkin baru hadir satu atau dua tahun belakangan ini. Cara ini mungkin bisa digunakan oleh semua orang sesuai alur sistem pembayaran yang berlaku.

Saat ini beberapa bank lokal Indonesia secara tidak langsung sudah mendukung verifikasi paypal sesuai ketentuan paypal. Caranya kita harus mendapatkan nomor vcn dari bank lokal Indonesia.

Bank BNI46 sudah bisa mengeluarkan nomor vcn (virtual card number) agar bisa digunakan untuk melakukan verifikasi akun paypal. Mungkin Bank Mandiri atau BCA sudah bisa juga. Silakan ditanyakan langsung ke bank yang bersangkutan mengenai apa saja syarat-syarat agar bisa menggunakan vcn untuk keperluan akun paypal. Tanyakan juga bagaimana cara pengisian saldo paypalnya dari bank lokal tersebut. Kelak, mungkin cara ini akan saya pakai.

Rumitnya Pembelian Hosting Di Luar Negeri

Cukup rumit memang jika ingin membeli hosting (wordpress) di luar negeri, apalagi jika tidak memiliki kartu kredit. Kalau pun akun paypal berhasil terverifikasi dengan menggunakan vcc maka masalah lain akan timbul. Masalahnya yakni cara pengisian saldo atau uang ke dalam akun paypal.

Belum lagi kalau verifikasi menggunakan vcc dengan pihak ketiga bukan bank lokal. Setahu saya hal ini tidak diperkenankan oleh paypal, walau ada juga yang berhasil banding dan mengakui ‘kesalahannya.’

Rumit memang. Wajar saja muncul banyak layanan verifikasi dan jual-beli saldo paypal yang bertebaran oleh pihak ketiga di dunia maya. Apalagi bagi yang anti kartu kredit.

Faktor pemilihan hosting dailyhostnews com blogger hoster

Faktor pemilihan hosting dailyhostnews com blogger hoster

Saran Jika Ingin Membeli Hosting di Luar Negeri

Ini mungkin saran saya yang kedua kalinya setelah di tulisan sebelumnya “Jangan Pakai WordPress Jika Tidak Ingin Begini“. Jika tidak ingin mengalami kesulitan membeli layanan hosting luar negeri, ada baiknya menggunakan layanan hosting di dalam negeri. Toh, layanan hosting Indonesia juga banyak yang bagus-bagus. Tinggal kita teliti dan pandai memilah satu dari ribuan layanan hosting Indonesia yang ada.

Memang layanan hosting luar negeri boleh dibilang memiliki kualitas yang bagus. Terlebih lagi layanan hosting yang khusus menyediakan paket hosting wordpress. Saya pribadi memiliki alasan dan pertimbangan untuk pindah dari share hosting ke layanan hosting vps luar negeri, digitalocean.com.

Jika ingin menggunakan layanan hosting luar negeri maka minimal harus siap dengan komunikasi menggunakan Bahasa Inggris, harus mencari-cari saldo paypal sebelum membeli hosting, atau memiliki kartu kredit. Belum lagi harus mengikuti kurs dolar yang ada pada saat pembelian hosting saat itu. Silakan pilih, hosting dalam negeri atau hosting luar negeri.

4 Comments

  1. cumilebay 2 Februari 2016 23:01
    • Ridha Harwan 11 Februari 2016 18:19
  2. Nuhan Nahidl 28 Januari 2016 11:28
    • Ridha Harwan 30 Januari 2016 22:01

Leave a Reply