Bingung Tampilan MyThemeShop Atau Twenty Sixteen

Sepertinya lapak ini jasa terjemahan ini akan kembali menggunakan tema tampilan standar wordpress 2016, Twenty Sixteen. Sebelumnya sudah menggunakan Schema MyThemeShop yang didapatkan secara gratisan. Mungkin baru 1 bulan menggunakan tampilan Schema MyThemeShop ini, tapi entah kenapa rasanya biasa saja menggunakan tema MyThemeShop ini.

Kalau dibandingkan, rasanya masih lebih baik tema buatan dalam negeri Kentooz FlatSimpleBingit. Tema FlatSimpleBingit ini cukup lama digunakan di lapak jasa penerjemah ini. Apalagi bisa tanya-tanya kepada pembuatnya jika menggunakan tema kentooz ini, walau terkadang agak lama juga balasan tiketnya.

Ada baiknya memang dibuat tulisan perbandingan tersendiri antara Schema MyThemeShop, Kentooz FlatSimpleBingit dan Twenty Sixteen. Hal yang pasti adalah, masing-masing tema ada kelebihan dan kekurangannya. Namun jika ketiga tema ini dibandingkan, tampaknya saya masih memilih untuk menggunakan Twenty Sixteen. Alasan utamanya adalah karena faktor sederhana yang secara tidak langsung membuat efek elegan.

Efek Seo Ketiga Tema Ini?

Jika yang dimaksud efek seo itu adalah kenaikan jumlah pengunjung harian, jawabannya sama saja. Malah menurut saya biasa saja. Toh kalau tidak ada artikel baru, efek seo-nya malah biasa-biasa saja. Namun yang jelas, ada satu kelebihan yang dimiliki tema buatan kentooz yang tidak dimiliki oleh Twenty Sixteen dan Schema MyThemeShop. Kelebihan itu adalah faktor rich snippets.

Contoh Rich Snippets for Reviews and Ratings

Contoh Rich Snippets for Reviews and Ratings

Jika ingin menggunakan rich snippets di Schema MyThemeShop maka syaratnya harus pasang plugin tambahan. Sedangkan tema kentooz sudah ada langsung tanpa memasang plugin tambahan. Nah kalau Twenty Sixteen saya lihat tidak ada. Salah satu modul plugin jetpack ada tambahan bintang “likes”. Sebelumnya sudah pernah mencoba namun tampaknya tidak berpengaruh.

Antara Bertahan Di Schema MyThemeShop Atau Mengganti ke Twenty Sixteen atau Kentooz FlatSimpleBingit

Kabarnya akan ada algoritma baru dari google pada saat tulisan ini dibuat. Pada saat saya menulis tulisan ini lalu mencari informasi “”rich snippets in twenty sixteen themes” tiba-tiba lapak tarjiem saya ini muncul di hasil pencarian google. Lengkap dengan struktur navigasi breadcrumb-nya lagi. Malah jadi bingung deh. Sepertinya tema arsitektur Schema MyThemeShop ini cukup bagus.

Jangan-jangan lantaran efek algoritma baru google lagi? Ah sudahlah, yang penting menerbitkan satu tulisan baru dulu hari ini. Coba ditunggu satu minggu ke depan. Siapa tahu pertimbangan mengganti baju dari Schema MyThemeShop menjadi Twenty Sixteen yang menggoda atau kembali lagi ke FlatSimpleBingit milik kentooz menjadi berubah.

2 Comments

  1. Nuhan Nahidl 24 Januari 2016 05:04
    • Ridha Harwan 27 Januari 2016 08:11

Leave a Reply