Ganti Tema FlatSimpleBingit Kentooz ke Schema MyThemeShop

Setelah kemarin sebelumnya mendapatkan tema gratisan Schema MyThemeShop, sekarang temanya sudah dipakai di lapak terjemahan ini. Tema yang FlatSimpleBingit dari Kentooz yang dipakai sebelumnya juga luar biasa. Hanya saja tema FlatSimpleBingit ini menggunakan desain satu kolom, sedangkan tema Schema dari MyThemesShop ini menggunakan desain dua kolom.

Awalnya memang sangat tertarik sekali dengan desain satu kolom FlatSimpleBingit. Hanya saja pada saat pemasangan tema ini, lapak jasa terjemahan ini belum memasang iklan. Pada saat beberapa iklan ditampilkan, agak mengalami kesulitan meletakkan posisi iklan. Penyebabnya memang karena desainnya yang menggunakan tema satu kolom yang membuat ruang pemasangan iklan menjadi terbatas.

Antara Desain Satu Kolom dan Dua Kolom

Dengan menggunakan desain dua kolom Schema MyThemeShop ini, maka banyak ruang iklan yang bisa ditempatkan. Tempat yang paling diincar itu adalah bagian bilah sisi sebagai kolom ke dua desain tema ini.

Rapinya Struktur Data FlatSimpleBingit Kentooz.com

Rapinya Struktur Data FlatSimpleBingit Kentooz.com

Sebenarnya tema FlatSimpleBingit dari Kentooz.com ini saya rekomendasikan bagi yang memang menyukai desain satu kolom. Alasannya, selain FlatSimpleBingit ini hasil karya dalam negeri, FlatSimpleBingit juga cepat pada saat diakses oleh pengunjung. Untuk faktor SEO, tidak usah ditanyakan lagi, saya betul-betul puas atas kinerja tema FlatSimpleBingit ini. Tema ini memiliki template redirect page (halaman pengalihan) dan squeeze page. Belum rapinya struktur data. Sehingga tidak ada pemberitahuan eror di Google Webmaster Tools / Google Search Console.

Kelebihan FlatSimpleBingit Dibandingkan Schema

Hal ini belum saya ketahui dari Schema. Namun kalau melihat iklan MyThemeShop, sepertinya struktur data Schema ini juga cukup rapi. Salah satu kelebihan yang tidak dimiliki Schema, FlatSimpleBingit mempunya Rich Snippets for Reviews and Ratings. Semacam tanda bintang pada saat ditampilkan di hasil pencarian.

Contoh Rich Snippets for Reviews and Ratings

Contoh Rich Snippets for Reviews and Ratings

Belum lagi dukungan tiket sang pembuat temanya yang banyak membantu. Beda halnya jika menggunakan tema Schema yang didapat secara gratisan ini. Dukungan dari pembuat sama sekali tidak didapatkan. Hal inilah yang sebabnya cukup sulit melepaskan “pakaian” tema FlatSimpleBingit. Namun demikian, tentu saja setiap tema (themes) memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

4 Comments

  1. khoirun naim 8 Desember 2015 00:30
    • Ridha Harwan 12 Desember 2015 22:08
  2. cumilebay 7 Desember 2015 11:47
    • Ridha Harwan 12 Desember 2015 22:07

Leave a Reply