Berdebar Menunggu Gajian Pertama Sejak 10 Tahun yang Lalu

Hari ini tanggal 2 Desember 2015. Seperti biasa, akumulasi pendapatan iklan bulanan dari google adsense sudah ditampilkan.

Google adsense, salah satu unit bisnis perikanan yang dimiliki mesin pencari dan salah satu perusahaan besar di dunia Google Inc. Unit bisnis iklan google ini merupakan unit bisnis yang menyokong mesin pencari google di awal-awal kepopulerannya. Setahu saya memang, pada saat google menjadi mesin pencari di internet yang gratis, biaya operasional mesin pencari google didapatkan dari iklan-iklan yang dipasang di hasil pencarian di posisi teratas atau di posisi di samping.

Itu mungkin cerita 10 tahun yang lalu. Kini perusahaan google telah menjelma menjadi perusahaan gurita raksasa yang hampir memasuki berbagai infrastruktur bertemakan teknologi. Salah satu proyek google yang terbaru yakni balon raksasa google yang akan memancarkan sinyal internet (Wi-fi) untuk menjangkau daerah yang tidak mendapatkan akses internet. Di Indonesia sendiri proyek ini sudah mulai berjalan.

Gajian Google Adsense yang Pertama Kali

Mungkin banyak yang tidak percaya. Sekitar tahun 2004 atau 2005 saya telah mengenal blog, khususnya blogspot. Pada saat itu saya iseng-iseng mendaftarkan diri sebagai periklan google dengan bermodalkan blogspot berbahasa Indonesia.

Saat itu mungkin prosesnya tidak sesulit sekarang. Wajar saja 1 dekade yang lalu perusahaan google tidak seperti sekarang ini.

Cara kerja Google Adsense Google Adwords (lisette-mag dot com)

Cara kerja Google Adsense dan Google Adwords (lisette-mag dot com)

Sejak saat itu akun google adsense (GA) miliki saya, saya biarkan saja. Hingga 2 tahun terakhir ini saya mulai aktifkan kembali. Itu artinya setelah 8 tahun, akun google adsense saya sama sekali tidak menghasilkan apa pun. Proses aktivasi akun google adsense saya ini sejalan dengan mulai aktifnya kegiatan ngeblog saya dengan jualan lapak jasa terjemahan Inggris Indonesia tarjiem.com ini.

Berdebar Menunggu Proses Gajian Pertama Kali

Namanya pertama kali wajar saja hati deg-degan menunggu gajian yang pertama kali. Jumlah nominal gajian yang pertama kali dari google tidaklah terlalu besar. Asalkan cukup untuk memenuhi persyaratan pencarian uang dolar amerika dari google. Asalkan sudah melampaui $100 us, maka baru bisa angka di panel kontrol akun google bisa dicairkan.

Metode yang saya gunakan menggunakan metode pembayaran Western Union. Metode ini baru tadi pagi saya tentukan setelah mendapatkan pemberitahuan:

Your payments are currently on hold. Action is required to release the payment. Action

Begitu saya mengikuti tahapannya, saya dibawa ke halaman pembayaran. Lalu saya diminta untuk memasukkan metode pembayaran yang akan digunakan untuk tanggal 21 bulan Desember ini. Semoga proses gajian google adsense yang pertama kali setelah menunggu 10 tahun lebih, berjalan lancar. Aamiin.

7 Comments

  1. nak belog 8 Desember 2015 16:59
    • Ridha Harwan 12 Desember 2015 22:09
  2. dennyaditia 3 Desember 2015 12:35
    • Ridha Harwan 12 Desember 2015 22:02
  3. santika 2 Desember 2015 10:56
    • Ridha Harwan 12 Desember 2015 22:01

Leave a Reply