Select Page

Pengguna Blogspot, Segeralah Ganti Alamat Blognya

Pengguna Blogspot, Segeralah Ganti Alamat Blognya

Baru-baru ini google telah menambah bonus bagi para blogger yang menggunakan blogspot. Sebelumnya pengguna blogspot Indonesia yang alamat blog berakhiran blogspot.com telah diubah paksa menjadi .blogspot.co.id. Kini blogspot menambahkan ‘kebaikannya’ dengan menambah protokol https di depan alamat blogspot (contoh https://terimaterjemahan.blogspot.co.id/).

Perubahan protokol https ini tidak sulit dilakukan. Bagi blogger yang menggunakan blogspot, cukup masuk ke akun blogger miliknya, lalu pilih blog yang ingin diubah url https-nya. Setelah itu masuk ke Pengaturan/Settings lalu ke Dasar/Basic dan cari Pengaturan Https/ Https Setting. Ubah Ketersediaan Https/Https Availability yang awalnya No, menjadi Yes. Lebih jelasnya petunjuk cara mengubah blogspot dari http menjadi https, lihat di bawah ini.

Cara mengubah blogspot http ke https

Cara mengubah blogspot http ke https.

Perubahan Protokol Blog dari Http menjadi Https

Walau tidak sulit mengubah protokol blgpspot dari http menjadi https, namun banyak blogger yang belum melakukan ini. Padahal kalau menggunakan wordpress.org, perubahan alamat blog dari http menjadi https tidak mudah dilakukan. Saya pribadi pernah melakukan perubahan http menjadi https. Ternyata, saya butuh 2 minggu lebih hanya untuk mengurus perubahan ssl https di wordpress ini. Beda dengan blogspot, mungkin hanya butuh 2 menit saja. Belum lagi pada saat mengubah https terdapat perubahan pada indeks blog. Bahkan saya sempat mengalami risiko saat melakukan pengalihan (redirect) url http ke https.

Cara kerja https dan ssl (gambar:powersolution dot com)

Cara kerja https dan ssl (gambar:powersolution dot com)

Mengapa Blogspot Anda Harus Diubah Menjadi HTTPS?

Mungkin banyak yang belum tahu apa pentingnya https sebagai url blog. Sederhananya, sertifikat https berfungsi mengamankan transfer lalu lintas komunikasi sebuah halaman situs dalam jaringan komputer. Https cocok digunakan di blog yang mengurus lalu lintas uang dalam meningkatkan keamanan dan kepercayaan, misalnya di situs-situs perbankan. Https sendiri adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS). Bagi pengguna wordpress.org, jika ingin menggunakan sertifikat ssl (https), maka setidaknya harus membeli dan berlangganan sertifikat https, minimal 100-150 ribu rupiah untuk setiap tahunnya. Hal ini berbeda dengan para pengguna blogspot dan wordpress.com yang belum mengubah sendiri domain blognya (custom domain). Jadi para pengguna blogspot atau blogger sudah disediakan sertifikat ssl gratis selamanya dari google, sebelum custom domain.

Https Sebagai Indikator SEO

Pada bulan Agustus tahun 2014, google sendiri telah menyatakan kalau https adalah salah satu dari puluhan bahkan ratusan indikator sinyal seo. Lihat beritanya di HTTPS as a ranking signal. Sejak saat itu jelas para ‘pecinta’ seo, berlomba-lomba memasang sertifikat ssl (secure sockets layer) pada blog kesayangan mereka, termasuk saya. Perlombaan pemasangan sertifikat ssl di wordpress.org ini juga diikuti banyak dukungan layanan yang hosting yang menawarkan sertifikat ssl dengan harga yang murah. Namun sayangnya pemasangan sertifikat ssl di wordpress.org tidak semudah dan semurah yang diduga. Berbeda dengan blogspot yang alamat domainya masih belum diubah menjadi domain pilihannya sendiri, seperti diubah menjadi .com.

Contoh Komentar Blogspot yang dikira Spam

Contoh Komentar Blogspot yang dikira Spam.

Blogspot Dapat Terdeteksi Sebagai Spam

Hal inilah yang mendasari saya membuat tulisan ini. Beberapa blogger pengguna blogspot yang memberikan komentarnya di lapak jasa terjemahan saya, komentarnya dianggap oleh plugin akismet sebagai komentar spam (komentar massal/komentar kaleng/komentar boongan). Hal ini sudah terjadi beberapa kali sejak dua minggu lebih yang lalu. Setelah saya perhatikan, mungkin hal ini disebabkan oleh tidak amannya url blogspot yang masih menggunakan http. Karena saya perhatikan, komentar-komentar yang masuk ke kotak spam berasal dari blogspot yang masih menggunakan http. Apalagi ada rekan blog saya yang bisa berkomentar dan lolos dari plugin akismet, komentarnya malah dianggap spam. Saya sendiri khawatir pada awalnya, apalagi sejak mengalami kejadian ini. Lalu akhirnya, saya menganggap mungkin inilah penyebabnya. URL (alamat blog) blogspot miliknya belum diubah menjadi https.

Blogspot Anak Google Ditambah Https, Hasilnya?

Blogspot sendiri adalah pilihan wahana (platform cms) bagi para blogger selain wordpress. WordPress sendiri telah lama menerapkan protokol https ke dalam wordpress.com. WordPress (.org dan .com) sendiri mengaku kalau mesin untuk ngeblog (content management system/cms) miliknya banyak dipilih oleh para blogger di seluruh dunia dibandingkan yang lain, blogspot milik google dan tumblr milik yahoo. WordPress sendiri adalah milik perusahaan Automattic, sebuah kreasi bahasa pemograman oleh Matt Mullen.

Blogspot atau WordPress

Blogspot atau WordPress Gambar: techloy.com

Namun sayangnya memang, Automatic tidak memiliki mesin pencari, sebagaimananya google. Hanya lebih dulu menggunakan protokol https. Jadi dengan adanya protokol https gratis dari google bagi para pengguna blogspot, jelas setidaknya secara teknis skor sinyal seo menjadi satu sama (1:1). Terlepas dari siapa pemilik lalu lintas dunia maya di mesin pencarian, setidaknya blogspot dan wordpress memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saya pribadi awalnya adalah pengguna blogspot, namun kini beralih dan langsung jatuh cinta ke wordpress.org. Terlepas dari kekurangan dan kelebihan mesin publikasi tulisan gratis ini, hal yang paling pantas diperhatikan lebih dari pada itu adalah tulisan apa yang ada di dalam blogspot dan wordpress ini. Walau terkadang memang, baik blogspot dan wordpress ini sering disalahgunakan untuk menyebarkan isi blog atau konten bermuatan khusus dewasa. Apalagi kalau ditambah protokol https.

Jadi, apakah url atau alamat blogspot kamu sudah diubah menjadi https?

Masih bingung pilih blogspot atau wordpress? Lihat tulisan saya yang lain Pilih Blogspot atau WordPress? Lihat Perbandingan dan Perbedaannya.

Lihat juga 5 kelebihan Blogspot dibandingkan WordPress.

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

8 Comments

  1. Yogie Pamungkas ceritaindonesia net

    okee trims infonya gan, sangat bermanfaat sekali, penjelasannya jelas dan terperinci

    Reply
    • Ridha Harwan

      sama2

      Reply
  2. sophie

    untuk blogspot yang sudah berpindah domain, cara ini juga bisa di terapkan ya mas Ridha :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Wah kayaknya gak bisa deh. Gau tau ding. hehehehe

      Reply
  3. Achmad Fazri

    Kala menurut saya blog yang pakai https akan lebih lama responnya mas, ternyata blogger memberikan gratis untuk para penggunanya yang menginginkan Https… saya baru tau ada menu tersebut

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau pemasangan https di blogspot, sepertinya gak perlu khawatir soal respon yang lebih lama. Karena hosting blogger kan gratis dan cepat.

      Reply
  4. Mas Dory

    Memang mengubah protokol di blogspot sekarang di bolehkan dan tidak sulit dilakukan demi meningkatkan Mas Ridha. Namun perlu di ingat juga oleh sahabat blogger lainnya, bahwa dengan mengubah url http ke https maka kita juga perlu mengubah semua konten blog (blogger) untuk memastikan url (terlebih url postingan blog) tersebut bisa bekerja sempurna bila menggunakan https. Sudah umum jika rata-rata kita memuat gambar, video, dan script eksternal yang belum tentu bekerja dengan baik di blog ber protokol https.

    Mungkin ini yang disebut sebagai konten campuran di blog Mas.

    Untuk keterangan lebih lanjut tentang cara memperbaiki konten campuran di blog, bisa dilihat lebih detil di https://support.google.com/blogger/answer/6286127?p=mixed_content&rd=1

    Reply
    • Ridha Harwan

      Keren komentarnya Mas Dory.
      Berarti dugaan saya hampir benar.
      Memang pemasangan protokol https, harus diikuti dengan script eksternal lainnya (javascrip/css). Termasuk juga sumber dengan link video atau gambar.
      Untuk video atau gambar sepertinya tidak masalah, karena kan sudah mengambil dari penyimpanan google drive/google plus untuk gambar dan youtube/facebook untuk video.
      Mangkanya emang, paling enak sih buat blog yang sederhana saja. jadi kita tidak sulit kalau mau melakukan perubahan yang besar pada blog. Seperti mau ganti protokol https (sertifikat ssl) ini.
      Saya juga bersyukur waktu pasang sertifikat ssl di sini. Postingan saya gak banyak masalah, hanya fokus di halaman (page) statis saja.

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.