Obat Menulis Dengan Menulis

Tidak terasa sudah satu-dua minggu saya sudah berjanji untuk menulis di sini. Tidak terasa pula ternyata belum ada juga tulisan ilmiah yang bisa dihasilkan. Memang tidak mudah untuk memulai sesuatu sementara ada hal lain yang masih dikerjakan. Karena itulah saya ingin mencoba terapi menulis dengan menggunakan obat menulis.

Obat menulis yang saya maksudkan di sini adalah menulis di blog ini. Sedangkan yang saya maksudkan dengan ‘dengan menulis’ adalah tulisan ilmiah yang harus saya selesaikan.

Desain blog saya saat ini mengalami pergantian navigasi yang cukup menarik. Saya katakan menarik karena hanya tulisan-tulisan tertentu saja yang bisa terlihat. Sedangkan halaman depan berubah menjadi 100% lapak jualan jasa terjemahan saya. Memang masih baru halaman ini saya tampilkan. Ada sekitar 7-19 hari yang lalu. Desain halaman saya yang melakukannya. Saya benar-benar menggunakan desain halaman tampilan sederhana sebagai halaman penjualan (sales letter).

Mungkin ada yang bertanya, mengapa tampilannya begitu sederhana?

Jawaban saya cukup sederhana.

Akses internet Indonesia secara umum belum begitu cepat. Anggaplah 50% sudah begitu cepat. Masalahnya akses internet Indonesia saat ini banyak diakses dengan perangkat telepon pintar atau tablet. Sedangkan kecepatan internet di komputer (desktop) dan di perangkat bergerak (ponsel, tablet, atau sejenisnya), umumnya masih lebih cepat diakses lewat komputer. Karena itu saya menggunakan desain tampilan sederhana. Fokus pada pengguna perangkat bergerak yang akses internetnya masih kalah jauh dibandingkan komputer.

Selain itu, sebelumnya saya sudah pernah menggunakan tampilan yang cukup bagus dengan elegantthemes. Namun sayang hasilnya antara tidak seperti perkiraan saya dan sesuai perkiraan saya. Awalnya saya tampilan bagus dapat menambah jumlah pengunjung, namun ternyata tampilan bagus hanya memperlambat akses masuk pada saat blog terjemahan ini dibuka. Hal yang sesuai perkiraan saya adalah, ternyata benar, kalau akses internet indonesia belum terlalu cepat.

Karena itu saya memilih untuk menggunakan desain sederhana sebagai halaman proposal penjualan jasa penerjemah ini. Bahkan kalau boleh saya katakan, desainnya sangat sederhana dan masih ingin saya sederhana kan lagi. Alasan lain, saya lebih suka hal yang sederhana. Sebuah alasan tambahan dan alasan lain, mengapa logo dan desain Google dalam bulan ini mengalami perubahan desain. Salah satunya adalah kesederhanaan.

Leave a Reply