Barusan tadi padi tiba-tiba tayangan video di linimasa (timeline) facebook.com saya memainkan video langsung (autoplay). Biasanya sih enggak. Namun saya teringat dengan teman saya di facebook kalau satu hari yang lalu ia membuat status kalau tiba-tiba video di facebook-nya bergerak sendiri/ autoplay. Nah tiba-tiba, malam ini teman saya yang lain juga membuat status juga kalau tiba-tiba video facebook tiba-tiba autoplay.

Cara Mematikan Autoplay Video Facebook

Sebenarnya caranya mudah. Apalagi jika dibuka di komputer, akan ada pemberitahuan kalau fungsi ini baru muncul di facebook dan langsung ada tautan (link) untuk mematikan fungsi video yang memutar sendiri.

  1. Masuk (log in) Akun Facebook
  2. Buka tautan ini https://www.facebook.com/settings?tab=videos
  3. Pada bagian Video > Pengaturan Video > Pemutaran Otomatis Video, ubah Default menjadi Mati.

Selesai.

Gambar Cara Mematikan Autoplay Video Facebook

Supaya mudah, saya bantu pakai gambar. Namun sayangnya, bisa jadi gambar di bawah ini bisa jadi berbeda tampilannya dengan yang ada di ponsel pintar alias hp atau tablet. Tapi pada prinsipnya sama saja. Tinggal disesuaikan saja alurnya.

Gambar 1 Masuk Ke Menu Pengaturan Facebook

Masuk ke Pengaturan Mematikan Autoplay Facebook

Masuk ke Pengaturan Mematikan Autoplay Facebook

Gambar 2: Cara Mematikan Autoplay Facebook Video

Cara Mematikan Autoplay Facebook Video

Cara Mematikan Autoplay Facebook Video

Memang sih kalau internetnya menggunakan kuota, autoplay video facebook ini cepat menghabiskan kuota internet. Khususnya yang menggunakan ponsel pintar (smartphone atau tablet). Karena itu, ada baiknya fungsi/fitur (feature) video autoplay facebook ini dimatikan saja. Semoga bermanfaat.