Plugin Wordpress Yoast SEO (Logo 2015)

Kembali ke Plugin Yoast Seo (vs All In One SEO Pack)

Perbandingan antara Plugin Yoast Seo vs All In One SEO Pack, mana yang lebih baik? Akhirnya setelah satu hari ini otak-atik plugin wordpress untuk mempercepat blog jasa terjemahan ini, saya pun kembali ke plugin “WordPress Seo by Yoast”. Sebelumnya saya menggunakan plugin “All in One SEO Pack (AIO) dalam waktu sekitar 1 bulan kemarin serta menggunakan pengaturan ini. Dalam 1 bulan ini, ternyata per 21 Juli 2015 nama plugin “WordPress Seo by Yoast” sudah berubah menjadi “Yoast SEO” saja. Gambarnya logo plugin-nya juga sudah berubah.

Plugin WordPress Yoast SEO (Logo 2015)
Plugin WordPress Yoast SEO (Logo 2015)

Selain itu, tulisan ini merupakan tulisan pembatal tulisan saya yang sebelumnya yang berjudul “Lega Mencopot Plugin SEO WordPress Yoast“. Alasan saya mencopot plugin yoast seo sebelumnya, dikarenakan saya anggap tema (themes) yang saya gunakan saat ini sudah bisa menggantikan fungsi Search Engine Optimization (SEO) itu sendiri. Alasan lain, saat itu saya anggap plugin WordPress Seo by Yoast ini cukup banyak menggunakan sumber daya shared hosting. Padahal sebenarnya tidak, jika kita mampu mengelola wordpress, plugin dan hosting yang kita gunakan. Lihat alasannya di “Di Saat Plugin SEO Yoast Tidak Diperlukan Lagi.

Alasan Kembali Lagi Menggunakan Plugin WordPress SEO

Fungsi lain yang harus ada dalam menunjang aspek seo itu yakni sitemap.xml. Sitemap.xml sendiri harus dihadirkan dengan bantuan plugin wordpress, sulit membuat sitemap tanpa bantuan plugin wordpress. Hal inilah yang menjadikan saya kembali menggunakan plugin wordpress seo. Alasan lain, sepertinya wordpress tidak bisa lepas dari plugin seo itu sendiri, khususnya sitemap. Kalau pun bisa, maka hal ini mungkin sedikit menyulitkan pengguna wordpress.org pemula seperti saya ini.

WordPress Plugin Yoast Seo vs All In One SEO Pack (AIO)

Gara-gara saya menggunakan plugin All In One SEO Pack (AIO), saya jadi tahu dan bisa melakukan perbandingan antara WordPress Yoast Seo vs All In One SEO Pack. Saya sebelumnya juga merupakan pengguna setia plugin Yoast SEO. Dua-duanya adalah versi gratis, bukan berbayar.

Sudah banyak ulasan atau review antara plugin All In One SEO Pack vs WordPress Seo by Yoast (atau Yoast SEO), khususnya tulisan ulasan terbaru pada tahun 2015 ini dalam Bahasa Inggris. Diantara artikel ulasan terbaru dalam kurun waktu 1 tahun terakhir ini yakni:

  1. All In One SEO Pack VS WordPress SEO by Yoast – Which Is Better? dari phpmatters.com (Mei 2015).
  2. All in One SEO vs WordPress SEO by Yoast dari warriorforum.com (Januari 2015).
  3. Best WordPress SEO plugins Yoast vs All in one SEO dari cloudspier.com (Maret 2015).
  4. WordPress SEO by Yoast vs All in One SEO Pack Comparison dari wpscoop.com (diperbarui Januari 2015)

Dari keempat judul artikel di atas dan yang tampil di halaman pertama hasil pencarian google.com “yoast seo vs all in one seo pack” , hampir kesemuanya memilih menggunakan plugin wordpress yoast seo (phpmatters.com, warriorforum.com dan cloudspier.com). Wpscoop.com sendiri memilih untuk netral.

Perbandingan Antara Plugin Yoast SEO Dengan All In One SEO Pack (AIO)

Mungkin gambar perbandingan antara plugin Yoast SEO dengan All In One SEO Pack (AIO) dari WPScoop.com di bawah ini cukup mewakilkan penjelasan perbedaan dan perbandingan dua plugin wordpress seo ini.

Perbandingan Antara Plugin Plugin Yoast Seo vs All In One SEO Pack (AIO)
Plugin Yoast Seo vs All In One SEO Pack (AIO) dari wpscoop.com.

 

Plugin WordPress SEO Manakah yang Lebih Baik? Pilih Plugin SEO Yoast atau AIO?

Dari beberapa artikel Berbahasa Inggris yang saya baca dan saya temukan di google, beberapa di antaranya memilih untuk memberikan pilihannya kepada para pembacanya. Saya pun demikian. Apalagi tidak hanya dua plugin seo ini yang ada di wordpress, masih banyak yang lain. Hanya saja dua plugin ini yang lebih cukup banyak penggunanya. Masing-masing di atas 1 juta lebih pengguna.

Pemilihan plugin wordpress seo yang lebih baik itu tentu terserah pilihan kita sebagai pengguna wordpress. Namun di sini saya memilih untuk menggunakan plugin wordpress Yoast SEO. Alasannya:

  1. Tampilannya Yoast Seo lebih sederhana dan enak dipandang dan diatur dibandingkan pengaturan All In One SEO Pack.
  2. Plugin Yoast memasukkan indeks gambar dalam sitemap.xml. Saya tidak memeriksanya di AIO.
  3. Yoast memiliki Google Knowledge Graph (lihat di SEO > General > Your Info).
  4. Ada fasilitas baru Google Search Console (nama sebelumnya Google Webmaster Tools). Lihat di SEO > Search Console.
Kinerja penggunaan plugin seo yoast oleh P3
Kinerja penggunaan plugin seo yoast oleh P3

Meskipun demikian, saya berpendapat plugin All In One SEO Pack juga memiliki kelebihan dibandingkan plugin Yoast SEO. Diantaranya:

  1. Tidak berat saat digunakan dibandingkan Yoast.
  2. Pengaturan “Featured Manager” membuat kita leluasa memilih fasilitas AIO yang akan digunakan, mana yang tidak digunakan (activate/deactivate). Mungkin hal inilah yang membuat plugin AIO lebih ringan dibandingkan Yoast SEO.
  3. Pengaturan sitemap.xml membantu kita memilih prioritas laba-laba dalam merayapi blog yang kita miliki. Yoast SEO tidak ada pilihan ini.
  4. Harga plugin AIO premium (sekitar $39) lebih murah dibandingkan Yoast SEO (sekitar $247).

Mungkin itu saja terkait tulisan perbandingan antara plugin wordpress Yoast Seo dengan plugin AIO atau All In One SEO Pack. Selain itu, lantaran saya kembali lagi menggunakan plugin Yoast Seo, saya diharuskan menerbitkan tulisan terbaru agar alamat peta situs (sitemap) saya yang baru dapat kembali muncul oleh pengaturan Yoast Seo, dan mau tidak mau saya harus menerbitkan tulisan baru ini malam ini juga. Terima kasih.

60 thoughts on “Kembali ke Plugin Yoast Seo (vs All In One SEO Pack)

  1. Klo saya seo saya bikin simpel intinya harus dipertimbangkan on page dan off pagenya bagi saya cukup konten dan backlink berkualitas itu yg paling penting

  2. Thanks, refrensinya bro. sebenernya tadi ane bingung mo milih AIOSP ato Yoast. tapi artikel ini plus refrensi aslina cukup mencerahkan.

  3. Kalo di browse al in one seo pack vs yoast, yang muncul review hampir semua pake yoast, dari situ aja sebenrnya keliatan sih. :

    Cuma mo pake plugins manapun kalo content isinya cuma dikit ya susah naik juga deh.

    • Iya banyak yang review pakai yoast. Tapi ada juga yang kontra sama yoast.
      Emang plugin yoast sudah bener-bener memenuhi kebutuhan wordpress.
      Benar, tanpa tulisan yang bagus, mau pakai plugin wordpress sehebat apa juga tetap saja percuma.

    • Benar Pak, saya cek di google, blog wordpress bapak gak muncul di google.

      Coba cek Login WordPress (sebagai administrator) > Setting > Reading > jangan dicentang “Discourage search engines from indexing this site”

      Petunjuk gambarnya di sini.

      Dicoba saja Pak Ganti AIO, tapi gak ada jaminan bisa keindeks. Ada pengaturan dasar yang salah itu Pak.
      Kalau bapak menggunakan wordpress self host/ hosting, coba dicek lagi hosting atau themesnya.

      Bisa juga dicoba kirim/ submit manual ke google.com/webmasters/tools/submit-url
      Semoga berhasil.

  4. mas tarji
    kalo misal beli plugin yang PRO , dengan harga sesuai kantong pilih yang seo all in atau yoast ?
    suwun

    • Gak ada jaminan seo blog bakalan bagus kalau pakai plugin seo yang Pro/premium/berbayar.
      Sekarang blog ini malah gak pakai plugin seo dua-duanya.

      Jawabannya: Gak tahu

  5. Bedanya yoast premium dgn yang standar apa aja mas, klo tdk bisa mengoptimalkan fungsinya mungkin sama aja 305933471 bakal banyak pengaruh di searc engine ya

  6. Slamat siang mas, saya mau tanya nih..
    Apakah Yoast dan AIO bisa dipasang sekaligus ??

    Kan di Yoast fokus keyword nya hanya 1 , dan itu masih cukup sedikit untuk mendapatkan peringkat di Search engine. Beda dengan yang ada di AIO yang bisa menggunakan Keyword yang banyak..

    Mohon bantuannya mas. Apa bisa digunakan sekaligus, walaupun AIO nya digunakan untuk menargetkan Keyword aja gitu, nanti untuk urusan Judul, meta tag, keyword gambar dll menggunakan fitur dari Yoast.

  7. Saya menggunakan yoast seo gan, lebih enak saat optimasi namun kedua plugin sangat bagus untuk digunakan dalam artikel untuk meningkatkan seo. thanks sharenya gan sangat bermanfaat..

  8. Mas saya kan udah pake AIO seo tapi pngn coba yoast juga pas saya instal dia jadi ada 2 sitemapnya . bisa ga non aktifin sitemap buatan dari yoast ? apa mungkin gabisa pasang 2 pluggin ini secara bersamaan ? Trimakasih sebelumnya

    • Kenapa gak sekalian aja pasang 10 Plugin SEO. hahahahaha

      bisa ga non aktifin sitemap buatan dari yoast ?

      Ya bisa. Caranya:
      Masuk ke SEO > XML Sitemaps > Jangan Dicentang/matikan “Check this box to enable XML sitemap functionality.”
      Cek juga Google Webmaster Tools/ Google Search Console untuk menghapus sitemap dari yoast.

      Hati-hati loh jangan sampai terjadi konten ganda/ duplicate content. Bisa-bisa deindeks.
      Cukup satu saja pasang plugin seo.

  9. artikel yang menarik..
    mas mau tanya, mas kan pakai plugin Yoast Seo. menurut mas, settingan yang bagaimana bagus mas…
    bocoran donk mas…

    • Kayak orang hamil aja positif atau negatif. hehehehe
      Pakai satu saja, jangan diborong semuanya.
      Saya gak berani nyoba mengaktifkan dua plugin seo ini secara bersamaan. Takut eror wordpress nya. Apalagi fungsinya bisa tumpang tindih kalau mengaktifkan dua plugin seo ini.
      Istilahnya, “jangan kemaruk“. hihihihi

  10. Informasinya sangat bagus sekali. Saya kebetulan pakai AIO Seo, cuma kok mulai tertarik dengan Yoats. Hehehe. Mas mohon kunjungan balik ke website saya ya. Saya butuh banyak saran dan ide untuk membangun website saya. Terima kasih

  11. Wahhh harus banyak belajar sama Mas Ridha.. soal plugin wordpress.. saya punya blog wordpress. Tapi penggunaan nya masih belum paham Mas. artikel ini bisabuat Referensi saya. makasih Mas :)

  12. Saya membacanya masih kurang paham juga. aku juga punya wordpres tapi jarang dibuka dan tidak pernah memperhatikan dengan detail. Masih awam tentang plugin wordpress Yoast Seo dengan plugin AIO.

      • mas saud pengalaman saya pake aio saya bisa di halaman 1 gogle dengan umur web 2 bulan ,saya di halaman 1 gogle kurang lebih dapet 5 bulan,setalah itu enta kenapa melakukan kesalahn apa saya juga engga tau tiba2 web saya turun drastis sampai ke halaman 30 ,setelah itu saya hapus aio .saya sekarang pake yoast ,tapi untuk menembus ke halaman 1 goole pake yoast kenapa sulit ya mas, bisa nya 2,3,4
        makasih mass

Leave a Comment