Gara-Gara Komentar di Blog WordPress atau Blogpost

Komentar di blog wordpress memang ada manfaatnya. Namun perlu hati-hati menampilkan komentar di blogspot atau di wordpress. Apalagi komentar spam. Sekitar beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan beberapa komentar di blog wordpress tarjiem ini. Komentarnya cukup berhubungan dengan artikel yang ada. Namun anehnya, komentar tersebut masuk ke kotak spam.

Lantaran komentarnya ada hubungannya dengan tulisan, maka jadilah saya tetap meloloskan dan menampilkan komentar tersebut di blog ini. Pikiran saya waktu itu, mungkin komentarnya tidak sengaja dianggap “pembohong” oleh plugin akismet wordpress, sebagai alat penyaring komentar spam (komentar kaleng atau komentar massal) di wordpress.

Hati-Hati Menampilkan Komentar di Blog WordPress

Gara-gara saya menampilkan komentar di blog wordpress beberapa waktu yang lalu, beberapa indeks halaman saya mengalami penurunan berdasarkan google search console.

Indeks halaman di search console.

Seharusnya, warna merah dan biru sejajar.

Akhirnya setelah saya cari-cari penyebabnya, ternyata saat saya membalas beberapa komentar, ternyata ada komentar di blog saya yang memasang tautan balik (backlink) dengan menggunakan tautan p#r#0. Hal ini saya ketahui pada saat saya membuka balik halaman tautan yang ada dalam komentar untuk memverifikasi tautan yang dipasang pada kolom komentar wordpress saya. Memang nama domain yang digunakan bukan menggunakan domain blogpost atau wordpress. Namun menggunakan jenis domain gratisan yang lainnya.

Begitu saya menghapus komentar di wordpress yang saya anggap “kurang asyik” tadi malam, maka pagi ini indeks halaman blog ini mulai mengalami peningkatan kembali. Lumayan pagi ini baru naik 1 halaman yang terindeks.

Kolom Komentar di Blog WordPress, Backlink dan Komentar Spam

Pengguna wordpress memang sangat rentan dengan komentar spam. Lantaran saat membuat komentar, pembuat komentar juga bisa mendapatkan tautan balik (backlink). Cara membuat komentar di blog agar bisa lolos dari plugin anti-spam (akismet) yakni dengan cara manual. Cara manual ini yakni memberi komentar di blog satu per satu, tidak dengan alat yang otomatis memberikan komentar massal hanya dalam satu klik saja.

Ilustrasi komentar di blog

Ilustrasi komentar di blog (infodari.com).

Gara-Gara Komentar Spam di Blog WordPress atau Blogpost

Lantaran kasus komentar spam di blog wordpress ini, maka saat ini saya benar-benar selektif dalam meloloskan komentar yang berhak mendapatkan backlink dari blog ini. Walau kurang dari lima komentar spam yang saya hapus tautannya namun membiarkan komentarnya, efek negatifnya cukup terasa. Indeks gambar ikut-ikutan menurun. Untuk komentar spam di blogspot, biasanya komentarnya adalah akun blogspot yang palsu. Akun blogspot yang digunakan itu khusus digunakan untuk berkomentar. Karena itu, periksa balik siapa yang memberikan komentar di blog, baik itu di wordpress dan di blogspot.

12 Comments

  1. Rey Blog reynaghgaul blogspot com 18 Februari 2016 16:08
    • Ridha Harwan 20 Februari 2016 09:46
  2. Wahab Saputra 25 Agustus 2015 16:48
    • Ridha Harwan 30 Agustus 2015 10:15
  3. Ramadani Idaham 25 Agustus 2015 11:09
    • Ridha Harwan 30 Agustus 2015 10:14
  4. Sucipto Kuncoro 23 Agustus 2015 22:42
    • Ridha Harwan 24 Agustus 2015 11:00
  5. Nuhan Nahidl 22 Agustus 2015 13:47
    • Ridha Harwan 24 Agustus 2015 10:56
      • Nuhan Nahidl 25 Agustus 2015 23:26
        • Ridha Harwan 30 Agustus 2015 10:16

Leave a Reply