Buka Bersama 2015 Alumni SMAN 5 Jambi Angkatan 2004

Tidak terasa ini adalah tahun ketiga saya mengikuti acara buka bersama dengan teman-teman saya di masa SMU dulu. Sebelumnya pada tahun 2013 dan 2014 yang lalu, saya juga sudah mengikuti acara buka bersama di bulan Ramadan ini.

Pada acara buka bersama tahun 2013 saya sedikit telat datang dalam acara buka bersama ini. Mungkin pada saat itu saya masih sedikit grogi bertemu teman-teman sekolah saya dulu. Lalu pada tahun 2014 yang lalu, saya mungkin sedikit ‘lebay’. Mungkin saya pada saat itu agak sedikit senang, karena bisa bertema banyak teman-teman saya lagi. Hampir 48 orang lebih yang hadir pada saat itu. Lihat cerita acara buka bersama tahun 2014 di sini.

Kalau boleh saya simpulkan, acara buka bersama tahun 2015 ini merupakan acara buka bersama yang cukup menyenangkan bagi saya. Semuanya berjalan dengan baik, acaranya pun baik dan suasananya juga menyenangkan. Jelas, karena acara kali ini bertempat di salah satu ruang pertemuan di sebuah hotel.

Nama hotel tempat kami menyelenggarakan acara buka bersama ini adalah Hotel Nusa Wijaya. Hotel ini lokasinya cukup strategis, di simpul pertemuan jalan Simpang Kawat, Sipin, dan ke arah Terminal Baru atau Mayang. Tidak jauh dari tugu perang, Tugu Juang.

Kalau dipikir-pikir, lokasi acara buka bersama ini berdekatan dengan acara tahun 2013 yang lalu dan masih satu jalan dengan acara tahun 2014 yang lalu. Terlebih lokasi acara ini ada di jalur angkutan kota warna kuning, jadi tidak sulit ke sini. Beda pada saat saya datang dalam acara buka bersama sispala cantigi satu hari sebelumnya, mesti dua kali naik angkot.

Undangan Buka Bersama 2015 Alumni SMAN 5 Jambi

Undangan Buka Bersama 2015 Alumni SMAN 5 Jambi

Seperti biasa, undangan ‘makan-makan’ ini saya ketahui dari grup facebook alumni smunel 5 Jambi Angkatan 2004 yang akan diselenggarakan tanggal 4 Juli 2015, hari Sabtu. Jujur saja, acara kali ini saya tidak sabar untuk menghadirinya. Hanya datang sekadar melepas kangen dan bertemu teman-teman lama lagi. Maklumlah, kalau sudah di perantauan, acara-acara seperti ini merupakan acara yang sedikit dirindukan.

Saya datang sekitar 17:30 WIB, waktu yang cukup untuk ngobrol sambil menunggu waktu berbuka. Teman-teman yang lain sudah datang lebih dulu, berkumpul di luar ruang acara. Para ‘Ibu-Ibu’ sudah masuk ke dalam ruang acara yang cukup sejuk ini. Beberapa teman ada yang menyempatkan ‘melapor’ hadir waktu berbuka, datang dan pamit kembali.

Azan sebagai tanda buka puasa (saum) rasanya tidak saya dengar dalam ruangan ini. Jadi hanya bermodalkan jam saja. Hidangan makan acara kali ini tidak berbeda dengan acara tahun lalu. Masih ada menu ikannya. Menu nasinya pun tampaknya mengikuti tren dunia kuliner saat ini, nasi bakar.

Jika saya hitung, ada sekitar 8 meja bundar dengan masing-masing meja berisi 6 kursi. Seluruh meja ini telah dilengkapi satu set makanan dan minuman lengkap dengan lauk-pauknya. Namun sayangnya hanya ada 6 meja saja yang terisi, sedangkan dua meja bundar di posisi belakang tidak terisi. Artinya, dari 50 porsi hidangan yang dipesan, hanya ada sekitar kurang dari 30 orang yang hadir dalam acara buka bersama tahun ini.

Selesai makan, langsung turun salat magrib ke bawah. Kebetulan acara ini berlangsung di lantai dua, dan sedikit ruang di lantai satu disediakan ruang untuk salat magrib. Lumayan, tempat salatnya ada ac-nya juga, karpetnya juga empuk hammer.

Selesai salat tibalah acara spesial tahun ini bagi alumni angkatan 2004. Kalau yang suka menonton ILC di televisi, Indonesia Lawyers Club atau Indonesia Lawak Club, kurang lebih begitulah acara setelah buka bersama kali ini. Suasana cukup mendukung, perut sudah tersisi, makanan juga banyak berlebih, jadilah acara selanjutnya cukup menyenangkan.

Sebelumnya acara bincang santai ini dimulai, acara ini dibuka dengan tayangan video momen-momen acara buka bersama tahun-tahun sebelumnya. Cukup konyol jika saya melihat foto saya pada waktu acara tahun-tahun sebelumnya. Setelah itu, barulah lanjut dengan bincang seputar kegiatan ikatan alumni ini dan yang lebih terpenting lagi adalah kelanjutan acara buka bersama ini, Bakti Sosial ke Lapas Anak IIB di Muara Bulian-Jambi tanggal 9 Juli 2015. Acara bakti sosial ini sendiri akan diselenggarakan lima hari setelah acara buka bersama ini.

Acara bincang santai berjalan ringan dan santai (soalnya sudah pada kenyang). Saya pribadi memilih duduk di meja bundar belakang sambil mencomot tusuk-tusuk sate yang cukup banyak belum dimakan. Sambil ngobrol bareng Ibu Dona yang kebetulan juga lagi ada di Jambi dan Kocu soal madu hutan dan gajah. Acara bonsai (obrolan santai) ini berlangsung kurang lebih selama 15-20 menit.

Buka Bersama Smunel 2015 (Foto oleh Novi Selviarosa)

Buka Bersama Smunel tahun 2015 (Foto oleh Novi Selviarosa)

Seperti biasa, selesai acara kami menyempatkan foto bersama, khususnya bagi yang mengikuti acara ini hingga selesai. Terima kasih buat teman-teman yang sudah meluangkan waktunya (tenaga dan materi) untuk menyelenggarakan acara buka bersama ini.

2 Comments

  1. cumilebay.com 11 Juli 2015 00:34
    • Ridha Harwan 16 Juli 2015 10:17

Leave a Reply