Selamat Tinggal Histats

Akhirnya pagi ini saya mencabut statistik pengunjung histats saya di blog terjemahan ini. Sengaja saya mencabut statistik pengunjung histats demi lebih meringankan beban waktu halaman ini dimuat. Saya memiliki beberapa alasan kuat sebagai pertimbangan mengapa saya tidak memasang lagi kode html statistik histats.com.

Alasan Mengapa Saya Melepas Histats.com

1. Demi Mempercepat Loading Blog

Saat ini kecenderungan orang lebih suka berinternet melalui perangkat seluler dan tablet. Saya sendiri melihat hampir 40-60 persen pengunjung blog terjemahan ini adalah mereka yang mengakses melalui ponsel pintar atau tablet. Sisanya mengakses melalui komputer atau laptop.

Tidak semua ponsel atau tablet memiliki akses internet yang cepat, apalagi Indonesia. Karena itu, demi meringankan beban kerja share hosting saya dan pengunjung yang mengakses blog terjemahan bahasa ini, saya melepas histats.

Histats pada googlespeed insight

Histats pada googlespeed insight

2. Sudah Ada Google Analytics dan Google Webmaster (Google Console)

Saya rasa, google analytics dan google console (google webmaster) sudah cukup membantu informasi jumlah statistik pengunjung blog terjemahan ini. Dua alat informasi ini sudah lebih dari cukup. Hanya saja sampai saat ini saya belum menemukan informasi di mana reffering site di google webmaster atau di google analytics. Tidak seperti histats yang mudah memberikan informasi secara langsung pada hari yang sama.

3. Agar Lebih Konsentrasi Mengurus Blog

Sebagaimana yang saya sebutkan dalam siap-siap mencopot statistik histats.com, statistik pengunjung gratis histats ini sering membuat hilang konsentrasi nge-blog. Histats hampir sering dibuka, hampir sama dengan facebook. Apalagi kalau sudah di atas jam 9 pagi, maka akan terlihat perkiraan pengunjung pada hari itu. Hal ini sering membuat terlena.

Beda dengan google analytics atau google webmaster. Kedua alat tersebut agak sulit membaca informasi statistik pada hari itu. Jadi bisa jadi lebih jarang dibuka dibandingkan membuka statisik histats. Namun begitu dibuka, akan banyak infromasi yang kita dapatkan dari kedua statistik milik google itu.

4. Meringankan Kerja Share hosting

Sebenarnya ini hanya alasan tambahan saja. Walaupun sebenarnya histats dan share hosting tidak mempunyai hubungan yang kuat. Tapi sejak saya mengalami ketidaknyamanan di hosting ‘nama murah’, membuat saya berpikir bagaimana caranya agar hosting saya tidak sering mengalami ‘down‘. Mungkin salah satu caranya meringankan beban kerja hosting.

Dua alasan pertama yang ada di atas rasanya sudah lebih dari cukup untuk mencopot statistik histats dari blog ini. Sebagai penutup, selamat tinggal histats.

4 Comments

  1. ibrahim 4 Juni 2015 12:16
  2. Sucipto Kuncoro 1 Juni 2015 14:41
    • Ridha Harwan 3 Juni 2015 16:58

Leave a Reply