GetKudos.me Ditutup Total Tanggal 14 Juli 2015

Baru saja membaca surat dari GetKudos.me. Sebuah situs yang memberikan fasilitas gratis untuk mengumpulkan dan menampilkan testimonial, mungkin sejenis startup. Sangat disayangkan sekali kalau situs yang fungsinya banyak dibutuhkan oleh mereka yang suka mengumpulkan pesan-kesan dari para pembelinya, harus ditutup. Padahal saat ini saya sedang asyik-asyiknya mengumpulkan testimonial jasa terjemahan saya.

GetKudos.me ini sendiri tampaknya masih satu grup dengan zopim live chat yang berkantor di Singapura. Zopim sendiri merupakan situs yang memberikan fasilitas perantara ngobrol langsung bagi calon pembeli dan penjual toko online dengan cara chatting. Hingga saat ini fasilitas gratisan zopim masih dipakai sebagai fasilitas obrolan langsung di situs terjemahan ini.

Pengumuman GetKudos.me ditutup.

Pengumuman GetKudos.me ditutup.

Jika melihat surat dan blog GetKudos.me “Farewell GetKudos” blog.getkudos.me/, alasan penutupan situs pengumpul testimoni ini tampaknya alasan kurangnya sumber daya yang dimiliki dalam mengembangkan fasilitas pengumpul testimonial ini. Tampaknya alasannya klasik, alasan sumber daya alias uang.

Memang kalau dilihat, GetKudos.me ini sendiri hampir memberikan seluruh fasilitas cuma-cuma alias gratis bagi para penggunanya. Hampir sama degan Zopim yang memiliki paket fasilitas live chat gratisannya yang sudah lebih dari cukup.

Dengan ditutupnya GetKudos.me itu artinya, para pengguna GetKudos.me diharuskan mengambil data arsip tipe feed.csv dari GetKudos.me. Sehingga beberapa testimonial yang pernah dikumpulkan sebelumnya dapat diselamatkan. Terlebih lagi kalau testimonial ini dinilai sangat penting.

Hal yang membuat GetKudos.me ini spesial bagi saya adalah adanya kemudahan bagi mereka yang ingin memberikan testimonialnya. Hanya cukup membuat tweet saja di melalui twitter.com atau membuat status di facebook.com melalui tautan khusus, maka dengan seketika itu juga testimonialnya sudah tercatat dan dapat ditampilkan langsung. Tidak hanya melalui dua media sosial itu saja, cara mengumpulkan testimonialnya juga bisa melalui surat. Cukup dengan memberikan tautan (link) agar pembeli bisa langsung memberikan pesan-kesannya.

Selain itu, GetKudos.me memiliki kemudahan dalam konfigurasi untuk menampilkan kumpulan-kumpulan testimonial di situs, baik itu wordpress, blogspot atau situs biasa. Cukup mengambil kode html GetKudos.me dan memasangnya di halaman yang diinginkan. Hampir sama dengan Zopim. Hampir mudah sekali.

Sebiji Testimonial Tarjiem di GetKudos.me

Sebiji Testimonial Tarjiem di GetKudos.me

Tidak hanya itu saja, yang lebih menarik lagi, halaman tempat berkumpulnya pesan-kesan juga tampil di hasil pencarian google. Cukup keren. Tarjiem sendiri memiliki alamat di . Walau masih muncul di hasil pencarian google, namun sayang saat ini sudah tidak bisa diakses lagi alamat tersebut. Tinggal menunggu waktu dihapus saja dalam hasil pencarian cache google.

Situs jasa terjemahan ini sendiri baru memiliki satu buah testimonium terjemahan di GetKudos.me. Itu pun sudah 1 tahun yang lalu. Cukup lama. Tulisan ini sendiri merupakan arsip dari GetKudos.me dan sekaligus catatan kalau ada testimonial tarjiem.com di GetKudos.me melalui facebook. GetKudos.me menyediakan fasilitas yang saya butuhkan untuk hal ini. Gratis, mudah digunakan, layak ditampilkan dan rapi dalam mendokumentasikan testimonial ini. Namun sayang fasilitas gratisan ini tidak bisa digunakan lagi. Selamat jalan GetKudos.me.

2 Comments

  1. Nuhan Nahidl 1 Juli 2015 06:04

Leave a Reply