Dihapusnya Beberapa Cabang Domain Tarjiem.com

Sudah satu bulan lebih saya merasa kurang nyaman dengan hosting blog terjemahan tarjiem.com. Penyebabnya yakni seringnya hosting yang saya sewa saat ini gagal akses. Akhirnya setelah mencari-cari penyebabnya, barulah diketahui indikasi penyebab seringnya hosting blog terjemahan ini. Indikasi ini diketahui setelah siang ini saya berpikir untuk memindahkan hosting saya dari namecheap ke tempat yang lain. Walaupun ini masih indikasi dan belum pasti, setidaknya hal ini dapat mengurangi beban hosting berbagi yang digunakan saat ini.

Daftar subdomain tarjiem

Daftar subdomain tarjiem dari cpanel

Beberapa anak domain ini akan dihapus demi domain utama tarjiem.com. Kesimpulan mengenai penghapusan beberapa penghapusan subdomain ini didapatkan setelah saya menanyakan ke forum ini. Beberapa cabang domain (subdomain) yang akan dihapus adalah:

  1. tarjiem.com/i (forum tarjiem)
  2. toko.tarjiem.com (toko tarjiem)
  3. ridha.tarjiem.com (blog pribadi)

Cabang domain yang paling mudah dihapus pertama kali adalah forum tarjiem yang menggunakan plugin bbpress. Kemudian dilanjutkan toko tarjiem, lalu blog pribadi saya akan ikut-ikutan dihapus.

Proses menghapus subdomain itu sebenarnya tidak terlalu sulit. Hal yang membuat sulit yakni, proses perpindahan isi subdomain yang telah dihapus. Apakah dihapus begitu saja seluruh isi (tulisan/post) yang ada di dalamnya atau dipindahkan ke tempat yang lain.

Harapan saya, semoga dengan dihapusnya beberapa cabang domain dari tarjiem.com akan lebih membantu meringankan share hosting yang sedang dipakai saat ini. Sebenarnya tidak hanya ini saja yang saya lakukan, beberapa plugin yang saya gunakan sudah saya hapus satu persatu demi meringankan blog ini.

2 Comments

  1. Salman Faris 10 Juni 2015 13:18
    • Ridha Harwan 13 Juni 2015 08:39

Leave a Reply