Contoh tampilan histats.com situs tarjiem.com

Siap-Siap Mencopot Statistik Histats.com

Kalau dilihat berdasarkan gtmetrix.com dan google pagespeed insight, statistik histats.com itu agak membuat lambat proses pembukaan sebuah halaman blog. Walaupun blog tidak terlalu lambat dibuka, namun setidaknya bisa mempercepat nol koma nol sekian detik blog waktu loading time.

Histats pada googlespeed insight
Histats pada googlespeed insight

Alasan sulitnya melepaskan statistik pengunjung blog histats yang gratis ini yakni sudah terbiasanya dan sudah lama menggunakan model statistik ini. Apalagi statistik histats ini bisa menampilkan statistik pengunjung dan berapa pengunjung yang aktif pada saat itu. Terlebih lagi statistik histats ini menampilkan (traffic sources) situs apa saja yang memberikan rujukan (referring site) dan dengan kata kunci apa pengunjung tiba di blog (search engine). Dua informasi itu yang sering saya perhatikan di histats.com ini. Selain itu, dari informasi ini terkadang itu merupakan cara saya mencari ide tulisan baru (seo) untuk blog ini.

Contoh tampilan histats.com situs tarjiem.com
Contoh tampilan histats.com situs tarjiem.com

Google Analytics vs Histats

Hampir rata-rata blog saat ini memasang google analytics pada blognya, baik itu di wordpress atau di blogspot. Nah kalau yang memasang kode html histats, mungkin cukup banyak juga. Saya pribadi memiliki alasan tersendiri mengapa saya memasang histats dan google analytics. Pada prinsipnya google analytics dan histats.com merupakan sama-sama alat statistik bagi pengunjung blog. Bagi saya pribadi kedua alat hitung ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Histats.com

Kelebihan Histats:

Tampilannya mudah dibaca dan dipahami.

Kekurangan Histats:

Walau hanya sepersekian detik saja, namun histats sedikit memberatkan blog pada saat halaman diakses oleh pengunjung.

Google Analytics:

Kelebihan Google Analytics:

Punya google dan tidak menambah banyak waktu saat halaman diakses pengunjung.

Kekurangan Google Analytics:

Sulit membaca data statistiknya, masih lebih mudah histats.

Nah dari perbedaan antara google analytics vs histats di atas versi saya, terlihat statistik mana yang akan dipilih. Pada saat saya menulis tulisan ini, blog terjemahan tarjiem.com masih menggunakan histats.com dan google analytics secara bersamaan.

Ilustrasi google analytics di tarjiem.com
Ilustrasi google analytics di tarjiem.com

Saya pribadi saat ini menggunakan share hosting pada blog terjemahan ini. Semenjak saya sedikit sering mengalami gangguan hosting. akhirnya saya berpikir untuk mengurangi beban blog terjemahan ini. Salah satunya yakni dengan mencopot histats.com. Lagi pula informasi dari histats.com setidaknya sudah terbantukan dengan informasi dari google analytics walaupun memang agak sedikit rumit membaca informasinya.

Faktor Psikologis Blogger dan Histats.com

Bagi seorang blogger, masuk ke situs histats.com  itu mungkin sudah hampir sama dengan situs facebook.com. Wajib masuk setiap waktu. Saya juga demikian. Apalagi kalau sudah di atas jam 9 pagi, maka estimasi jumlah pengunjung pada hari itu sudah terlihat.

Terkadang statistik histats bisa bikin hilang konsentrasi. Sama halnya dengan facebook yang setiap waktu harus di buka dan dilihat. Karena itulah saya sedang mempersiapkan diri untuk mencopot statistik histats.com agar lebih fokus pada kegiatan menulis atau membenahi blog. Lagi pula, informasi dari statistik dari google analytics dan google webmaster tools (google console) rasanya sudah cukup untuk menganalisis perkembangan situs. Belum lagi masih banyak alat statistik pengunjung lain dan gratis juga di pakai selain histats.com.

70 thoughts on “Siap-Siap Mencopot Statistik Histats.com

  1. Saya punya kendala yang sama dengan GA, mengukur dan memantau trafik agak sulit dipahami. Saya pasang Hitstat, tapi setelah 2 hari belum muncul grafik visitor.

    Mohon pencerahan bagusan mana? Terus, apa sebabnya data di hitsats saya tidak muncul.

    • Wah sudah lama gak pakai Histats. Mungkin histats tidak memasukkan robot laba-laba mesin pencari sebagai pengunjung. Atau mungkin ada pengaturannya yang beda.

  2. masih make 2 2 nya mas, pengennya sih pake analys doang, tp saya bingung gimana biar orang lain bisa liat statistik website kita kalo kita cuma pake google analys

  3. tepat sekali, histats memang memperberat loading situs,.
    tapi sayangnya saya jadi bingung membaca analytics
    punya tutorial cara analisa, ya kawan?

    • Saya sampai sekarang saja bingung cara baca google analytics. Paling sering cuma lihat dua bagian saja, real-time > overview dan audience > overview. Ngeliat siapa yang aktif sekarang dan jumlah pengunjung yang kemarin. Sisanya saya enggan bukanya. Susah bacanya. Pengen balik ke histats atau yang semacamnya. hahahaha

  4. kalau blog saya meski tidak menggunakan kedua statistik tersebut sudah agak berat mas karena kesalahan awal ngeblog, terlalu banyak kode didalamnya apalagi blogger sekelas blogspot..
    yang saya tahu, penggunaan script dari hitstat atau analytics tidak akan mempengaruhi loading blog sama sekali jika kita benar-benar tahu cara mengotimasinya bahkan saat di cek di gtmetrix atau page speed, kedua script tersebut tidak terbaca

  5. saya sekarang masih pake histats gan, memang kadang menambah loadingnya berat, apalagi blog saya mah adamusik dan gambarnya bejibun hehehee… :) tapi saya mah suka pake histat dri pada statistik yg lainnya

    • Iya histats memang mudah dibaca. Kalau diblogspot mungkin gak keliatan blognya keberatan. Kalau di wordpress, kadang kerasa banget. Apalagi pakai pasang lagu segala dan pakai share hosting.

  6. Salam perkenalan ridha… saya kurang arif tentang web ni… baru berjinak2 nak berblog.. harap dapat tunjuk dari teman2….yokk singgah blog saya… sudila follow saya :)

  7. Saya dulunya juga pakai hitstas, tapi gak tau kenapa, hitstat mengandung link iklan yang tersembunyi, bounce rate nya jadi jelek. Bagus lah mas, kalau sudah dicopot, jadi lebih sedikit meringankan blog. semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing

  8. demi loadingnya kurang dari satu detik, rasanya telah didapatkan oleh blog ini, tapi juga kayanya tergantung koneksi si pengunjung, seperti koneksi lemot saya, loading blog ini tetap saja di atas 2 menit. gimana, coba?

  9. saya malah ngga pasang histats dan analitic di blog tetapi tak pasang dibrowser, jadi tidak menggangu loading blog, tapi orang lain tak dapat membacanya, hanya saya doang yang bisa, tapi dengan cara ini saya bisa melihat histats orang lain dengan hanya menempelkankursor di histats yang terpasang di pojok kanan browser saya…gituh kang

  10. pertama sekali membuat blog ini selalu memantau kemajuannya lewat tanyangan histas traffik, yang ada jadi fokus kearah sana dan lupa blog juga butuh diisi dengan artikel.
    cuma 2 bulan, histas pun dikarantina, sekarang melihat sumber lalulintas blog dari statistik dalam dahsboard.

    namun ini sebuah pilihan, karena adanya histas kita jadi lebih mudah mamantau sudah seberapa jauh blog berkembang, namun jangan dimonitori terus.jadi lupa buat artikel, hehe..!!

  11. Ternyata memasang histats ada efek ke loading blog juga yah, wah baru tahu malahan. Tapi kalo tidak di pasang bingung juga memantau pengunjungnya yah, dan histats pula yang selalu jadi pedoman saya untuk membuat target pengunjung, hehe.. hari ini berapa berarti besok dan besok besoknya lagi harus lebih baik :)

  12. histats masih saya andalkan untuk mengelola banyak web. sulit mau pindah. ada solusikah, yg dashboardnya mirip histats? jadi bisa menajemen banyak web dalam 1 akun. selain Google Analytics juga ya :)

    • Kalau untuk statistik itu banyak sekali layanan yang gratisnya.
      Saya kurang hafal, malah ada yang berbayar segala. Tapi menurut saya google analytics dan console sudah cukup.
      Coba di google lagi. hehehehe

  13. kalau saya histatsnya telah diringankan, jd ga terasa, tapi tetap aja namanya juga bawa beban ya mas.. tapi jika histats itu mengganggu konsentrasi, saya setuju, setiap menit nonton grafik, tanpa satu katapun buat artikel hehe..

  14. Saya kayaknya gak bisa melepas histats saya..
    Mengapa? karena dengan adanya histats saya dapat mengetahui berapa jumlah pengunjung perhari blog saya dan berapa jumlah pengunjung yang sedang online di blog saya.!!
    ndak papa dah lelet yang penting hasrat saya terpuaskan :)

Leave a Comment