Kalau dilihat berdasarkan gtmetrix.com dan google pagespeed insight, statistik histats.com itu agak membuat lambat proses pembukaan sebuah halaman blog. Walaupun blog tidak terlalu lambat dibuka, namun setidaknya bisa mempercepat nol koma nol sekian detik blog waktu loading time.

Histats pada googlespeed insight

Histats pada googlespeed insight

Alasan sulitnya melepaskan statistik pengunjung blog histats yang gratis ini yakni sudah terbiasanya dan sudah lama menggunakan model statistik ini. Apalagi statistik histats ini bisa menampilkan statistik pengunjung dan berapa pengunjung yang aktif pada saat itu. Terlebih lagi statistik histats ini menampilkan (traffic sources) situs apa saja yang memberikan rujukan (referring site) dan dengan kata kunci apa pengunjung tiba di blog (search engine). Dua informasi itu yang sering saya perhatikan di histats.com ini. Selain itu, dari informasi ini terkadang itu merupakan cara saya mencari ide tulisan baru (seo) untuk blog ini.

Contoh tampilan histats.com situs tarjiem.com

Contoh tampilan histats.com situs tarjiem.com

Google Analytics vs Histats

Hampir rata-rata blog saat ini memasang google analytics pada blognya, baik itu di wordpress atau di blogspot. Nah kalau yang memasang kode html histats, mungkin cukup banyak juga. Saya pribadi memiliki alasan tersendiri mengapa saya memasang histats dan google analytics. Pada prinsipnya google analytics dan histats.com merupakan sama-sama alat statistik bagi pengunjung blog. Bagi saya pribadi kedua alat hitung ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Histats.com

Kelebihan Histats:

Tampilannya mudah dibaca dan dipahami.

Kekurangan Histats:

Walau hanya sepersekian detik saja, namun histats sedikit memberatkan blog pada saat halaman diakses oleh pengunjung.

Google Analytics:

Kelebihan Google Analytics:

Punya google dan tidak menambah banyak waktu saat halaman diakses pengunjung.

Kekurangan Google Analytics:

Sulit membaca data statistiknya, masih lebih mudah histats.

Nah dari perbedaan antara google analytics vs histats di atas versi saya, terlihat statistik mana yang akan dipilih. Pada saat saya menulis tulisan ini, blog terjemahan tarjiem.com masih menggunakan histats.com dan google analytics secara bersamaan.

Ilustrasi google analytics di tarjiem.com

Ilustrasi google analytics di tarjiem.com

Saya pribadi saat ini menggunakan share hosting pada blog terjemahan ini. Semenjak saya sedikit sering mengalami gangguan hosting. akhirnya saya berpikir untuk mengurangi beban blog terjemahan ini. Salah satunya yakni dengan mencopot histats.com. Lagi pula informasi dari histats.com setidaknya sudah terbantukan dengan informasi dari google analytics walaupun memang agak sedikit rumit membaca informasinya.

Faktor Psikologis Blogger dan Histats.com

Bagi seorang blogger, masuk ke situs histats.com  itu mungkin sudah hampir sama dengan situs facebook.com. Wajib masuk setiap waktu. Saya juga demikian. Apalagi kalau sudah di atas jam 9 pagi, maka estimasi jumlah pengunjung pada hari itu sudah terlihat.

Terkadang statistik histats bisa bikin hilang konsentrasi. Sama halnya dengan facebook yang setiap waktu harus di buka dan dilihat. Karena itulah saya sedang mempersiapkan diri untuk mencopot statistik histats.com agar lebih fokus pada kegiatan menulis atau membenahi blog. Lagi pula, informasi dari statistik dari google analytics dan google webmaster tools (google console) rasanya sudah cukup untuk menganalisis perkembangan situs. Belum lagi masih banyak alat statistik pengunjung lain dan gratis juga di pakai selain histats.com.