Penyebab Modul Divi Elegantthemes yang Eror (Blurb, Counter)

Ini adalah catatan saya dalam mengatasi beberapa modul divi elegant themes yang tidak berjalan atau eror pada saat saya mengganti tampilan blog terjemahan ini. Awalnya saya kira penyebab masalah tidak aktifnya beberapa animasi modul-modul divi disebabkan karena saya telah menggunakan tema divi sebelumnya. Saya telah mencoba menggunakan tema divi di wordpress yang baru saya pasang (install), hasilnya modul divi bisa berjalan aktif dan lancar. Akhirnya saya pun memberanikan untuk melakukan pemasangan ulang (instalasi ulang/reinstall) mesin wordpress.org blog saya.

Beberapa modul divi elegant themes

Beberapa daftar modul divi elegant themes

Memang setelah proses reinstall hampir berjalan normal dan lancar. Walaupun ada beberapa tulisan atau post muncul dua kali. Namun begitu setelah saya memasang kembali beberapa daftar plugin wordpress yang saya gunakan dalam blog terjemahan ini, maka masalah modul divi tidak berjalan dan animasinya tidak bergerak muncul lagi. Beberapa modul divi elegantthemes yang eror dan tidak berjalan di halaman statis atau page adalah:

  1. Modul Blurb
  2. Modul Bar Counter
  3. Modul Circle Counter
  4. Modul Number Counter

Modul-modul tersebut adalah modul divi yang saya coba pasang dan jalankan. Mungkin beberapa modul lain juga tidak berjalan, seperti module countdown timer, accordion, atau mungkin juga modul slider, karena saya tidak mencoba seluruh modul-modul divi yang ada.

Penyebab Modul Divi Elegantthemes Eror dan Tidak Berjalan

Akhirnya saya menemukan dua penyebab mengapa modul divi eror dan tidak berjalan saat digunakan di blog ini. Selain itu ada juga satu cara tambahannya.

1. Salah Menempatkan Script Histats di Epanel Divi Theme Options

Indikasi penyebab pertama tidak berjalannya beberapa modul divi adalah, saya salah menempatkan script (kode pemograman) statistik pengunjung blog histats.com.

Posisi penempatan script histats.com

Posisi penempatan script histats.com di epanel divi themes

Pada saat saya memasukkan kode statistik histats.com, seperti biasanya saya memasukkan di bagian Appearance > Divi Theme Options (masuk epanel) > Integration > di bagian <body> atau “add code the <body> … “. Awalnya saya kira memang di sini seharusnya ditempatkan karena  di sana sudah tertulis “(good for tracking codes such as google analytics)”. Lalu kemudian saya coba pindahkan ke bagian atasnya atau bagian <head> bersamaan kode google site verification, namun masih tidak berjalan juga. Akhirnya saya coba pindahkan ke bawahnya ke “add code to the top of your post”. Setelah disimpan, akhirnya berjalanlah modul-modul divi blurb dan counter yang saya gunakan di halaman statis.

2. Gara-Gara Mengubah Pengaturan Plugin Divi Booster

Setelah saya selesai mengganti penempatan script histats pada bagian epanel divi theme options, ternyata masalah modul divi tidak berjalan muncul kembali. Saya kembali merunut apa-apa saja yang telah saya lakukan. Ternyata permasalahannya ada di plugin divi booster dari wpthemefaqs.com yang baru saja saya ubah pengaturannya. Plugin divi booster ini sendiri merupakan plugin tambahan khusus untuk para pengguna divi eleganthemes. Sengaja saya pakai, karena dengan plugin divi booster buatan wpthemefaqs.com halaman tarif terjemahan saya yang menggunakan modul pricing page lebih terlihat bagus dan menarik dibandingkan jika menggunakan tampilan asli tanpa menggunakan divi booster.

Mengatasi Plugin Divi Booster vs Eror Modul Divi Eleganthemes

Akan sangat disayangkan jika plugin divi booster tidak digunakan. Sehingga pertama kalinya saya coba “Deactivate” dulu plugin Divi Booster yang ada di halaman Plugins > Installed Plugins. Karena saya menggunakan plugin w3 total cache, begitu saya telah menonaktifkan plugin divi boster, maka saya diminta untuk “empty the page cache” begitu selesai menonaktifkan plugin divi boster.

Pesan Empty the Page Cache dari Plugin W3 Total Cache

Pesan “Empty the Page Cache” dari Plugin W3 Total Cache

Kemudian, setelah memilih “empty the page cache” barulah saya langsung kembali mengaktifkan plugin divi booter kembal dengan memilih “activate”. Setelah diaktifkan, maka muncul kembali permintaan “empty the page cache” oleh plugin w3 total cache. Saya pun memilih “empty the page cache”kembali. Lalu kemudian memuat kembali (reload) halaman yang di dalanya terdapat modul-modul divi yang tidak berjalan. Akhirnya, taaaraaaaa……….,

Contoh Modul Divi Counter yang Bekerja

Contoh Modul Divi Counter yang Bekerja

Modul divi kembali berjalan dengan lancar dan normal. Apalagi animasi divi yang perlu sekali untuk membuat daya tarik penampilan halaman yang kita buat.

3. Terus Deactivate lalu Activate Lagi Plugin Divi Booster

Walaupun saya sudah berhasil mengatasi eror themes divi di halaman statisnya, namun ternyata modul-modul divi ini masih eror dan terkadang muncul tiba-tiba eror yang sama. Akhirnya saya coba kembali menonaktifkan dan mengaktifkan kembali plugin divi booster. Syukurnya berhasil. Jangan lupa pilih “empty the page cache” juga pada saat deactivae dan active plugin divi boster.

Penutup Modul Divi Themes yang Eror

Sebenarnya erornya beberapa modul divi mungkin tidak perlu terjadi jika sebelumnya kita belum pernah menggunakan divi sebagai themes atau tema yang digunakan pada blog yang sama. Selain itu penyebab tidak berjalan dan erornya modul divi ini bisa jadi disebabkan adanya bentrok kode-kode pemograman (script) plugin divi booster dengan tema divi elegantthtemts itu sendiri.

Saya sendiri sudah mencari-cari referensi di internet mengenai hal ini. Baik itu menggunakan Bahasa Indonesia atau meng-google dengan Bahasa Inggris. Sedikit sekali referensi yang saya dapatkan soal ini. Ada yang menyebutkan kalau modul divi eror ini disebabkan bentroknya dengan plugin yang kita digunakan. Namun saya mencari-cari di situs elegantthemes.com sendiri saya tidak menemukan penjelasan ini.

Semoga bermanfaat khususnya bagi yang telah memilih menggunakan tema divi elegant themes pada blog kesayangnnya. Jika penasaran dengan kronologis erornya modul divi (blurb, counter) di blog terjemahan saya ini, silakan lihat tulisan saya yang berjudul Proses Pergantian Kentooz ke Divi Elegantthemes. Tulisan itu dibuat pada saat saya akan melakukan instalasi ulang seluruh wordpress saya baik itu isinya (content) maupun mySql (database di phpmyadmin). Namun begitu saya menemukan penyebab erornya modul divi, saya memilih membatalkan instalasi ulang dengan memilh “recovery” pada control panel shared hosting saya.

Leave a Reply