Tidak Bisa Insert/Edit Link, Text, Add Media Di WordPress

Cara mengatasi wordpress yang tidak bisa diklik bagian Insert/Edit Link, Text (html) dan Add Media saat ingin menambahkan gambar khususnya di browser (penjelajah) mozilla firefox. Awalnya cara sederhananya saya pikir mudah. Yakni tinggal meng-uninstall (melepas) lalu memasang kembali (install) program mozilla firefox. Namun ternyata tidak berhasil.

Selain itu menurut saya cara ini juga bisa diterapkan di browser google chrome. Hal ini karena penyebabnya tidak bisanya memasukkan atau mengubah tautan, menambah gambar pada saat menulis tulisan di wordpress hampir sama di dua penjelajah ini. Penyebabnya karena penjelajahnya sedang tidak stabil karena ada AdWare.

Tidak Bisa Klik Insert/Edit Link, Add Media, Text (html) di blog WordPress

Tidak Bisa Klik Insert/Edit Link, Add Media, Text (html) di blog WordPress

Kejadian ini muncul pada saat saya menggunakan laptop sementara saat ingin menulis di blog jasa terjemahan bahasa ini. Yakni pada tulisan saya sebelumnya di 7 Plugin WordPress di Blog Terjemahan Bahasa Ini. Biasanya saya tidak ada masalah saat menggunakan PC saya. Padahal perangkat insert/edit link, add media (menambahkan gambar) dan tampilan HTML text di post wordpress sangatlah penting dalam membangun on page seo.

Penyebab Tidak Bisa Insert/Edit Link, Text, Atau Add Media

 Hal ini disebabkan karena adanya adware atau perangkat lunak beriklan. Sejenis perangkat (add-ons) yang dipasang secara paksa lalu sulit sekali dilepaskan (uninstall). Kebetulan nama adware yang ada di mozilla firefox saya adalah “rich media view 1.1” dan “media buzz”.

Cara Mengatasi WordPress Yang Tidak Bisa Insert/Edit Link, Text, Atau Add Media

Pada dasarnya cara untuk mengatasi persoalan ini yakni menghapus segala macam adware yang ada di penjelajah komputer lalu menghapusnya dari daftar program yang ada di control panel. Setelah itu jika diperlukan uninstall program mozilla firefox atau mungkin google chrome.

1. Hapus Seluruh Adware di Mozilla Firefox atau di Google Chrome

  • Nonaktifkan lalu hapus adware dari browser

Langkah pertama yakni “disable” terlebih dahulu “adds-on” atau “extension” yang tidak dikenali dari browser. Jika memungkinkan pilih “remove” untuk menghapus adware. Namun saya lihat adware “rich media view 1.1” dan “media buzz” yang ada di penjelajah saya tidak ada pilihan untuk ‘remove’.

  • Hapus Adware dengan AdwCleaner

Jika tidak bisa dengan cara manual, gunakan bantuan program AdwCleaner. Langsung unduh programnya di ADWCLEANER INI. Ukurannya hanya sekitar 2MB. Ikuti prosesnya. Jika bingung lihat potongan gambarnya di tautan http://malwaretips.com/blogs/rich-media-view-virus/. Dengan program AdwCleaner di atas, dua buah adware saya langsung hilang. Sehingga saya tidak perlu menghapus dan memasang kembali penjelajah mozilla firefox saya.

  • Uji Coba Insert/Edit Link, Add Media, Text, Screen Options

Setelah adware berhasil dihapus silakan coba buat sebuah baru tulisan di wordpress. Kemudian coba pilih insert/edit link untuk memasukkan tautan atau pilih add media untuk memasukkan gambar ke dalam tulisan kita.

Untuk memastikannya, coba simpan rancangan (save draft) tulisan tersebut, lalu buka lagi untuk diubah (edit) kembali. Jika masih tidak bisa memasukkan tautan baru coba, simpan rancangan terlebih dahulu tulisan kita. Lalu kemudian coba edit kembali. Saya berhasil dengan cara kedua ini.

2. Alternatif Cara Lain, Uninstall Browser Mozilla Firefox atau Google Chrome

Sebenarnya cara ini akan sia-sia jika kita masih gagal menghapus adware yang ada di penjelajah milik kita. Begitu juga sebaliknya jika kita berhasil menghilangkan adware dengan bantuan AdwCleaner di atas, maka kita tidak perlu menghapus penjelajah dan memasangkannya kembali. Karena saya sendiri sudah mencobanya di mozilla firefox dan hanya berhasil setelah menggunakan AdwCleaner.

Penutup Insert/Edit Link, Add Media, atau Text (html)

Sebetulnya cara ini berlaku bagi yang suka menulis tulisan di blog wordpress secara langsung. Baik itu di wordpress.org atau di wordpress.com. Saya mencobanya di wordpress.org. Ada cara lain yang lebih manual yakni menulis di Microsoft Word misalnya, lalu menyalinnya di halaman wordpress. Namun saya lebih suka menulis langsung di wordpress.

Sebelumnya saya juga telah mencari di google dalam mengatasi tidak bisa insert/edit link, add media, Text (html), screen options dsb dalam Bahasa Inggris. Untuk Bahasa Indonesia belum saya temukan. Namun penjelasan yang disampaikan hampir semuanya mengarah pada kesalahan tema (themes) wordpress yang digunakan atau eror plugin wordpress yang digunakan. Karena saya pikir itu terlalu jauh, maka saya pikir penyebabnya adalah Adware.

Walaupun sepele namun hal ini bisa merambah ketidaknyamanan kita saat menjelajah di internet dan berdampak pada kegiatan saat berhubungan dengan penjelajah. Untuk mencegah hal ini terulang lagi, saran saya kita harus cukup berhati-hati pada saat akan mengunduh dan menjalankan program yang tidak kita kenali di komputer. Semoga bermanfaat.

Rujukan Dalam Bahasa Inggris yang Disertai Gambar Cara Menghapus Salah Satu Jenis Adware: http://malwaretips.com/blogs/rich-media-view-virus/

16 Comments

  1. walidin 8 April 2016 14:47
    • Ridha Harwan 9 April 2016 15:14
  2. Sepatu Kets 20 Oktober 2015 08:42
    • Ridha Harwan 21 Oktober 2015 10:43
  3. alawi 21 Agustus 2015 08:47
    • Ridha Harwan 21 Agustus 2015 13:02
  4. Wahab Saputra 17 Maret 2015 14:54
  5. info-menarik.NET 13 Maret 2015 19:44
    • Ridha Harwan 17 Maret 2015 11:14
  6. Muhammad Nuhan Nahidl 10 Maret 2015 06:13
    • Ridha Harwan 10 Maret 2015 07:59
  7. Sucipto Kuncoro 9 Maret 2015 22:32
    • Ridha Harwan 10 Maret 2015 07:58
  8. Mitra Detik 9 Maret 2015 22:09
    • Ridha Harwan 10 Maret 2015 07:57

Leave a Reply