Saat ini banyak sekali layanan yang menawarkan pembelian barang melalui internet atau istilah yang populer saat ini yakni toko online. Entah sudah berapa banyak bermunculan toko online saat ini. Hal ini jelas sekali karena pesatnya perkembangan teknologi, khususnya di bidang internet dan akses internet. Apalagi sekarang ditambah dengan semakin banyaknya para pengguna ponsel pintar (smartphone).

Saya pribadi sudah sering melakukan transaksi pembelian melalui internet (online). Awal mula saya mulai melakukan pembelian secara online yakni dengan melakukan pembelian barang seharga 50-100 ribu rupiah. Syukur alhamdulillah selama ini saya tidak mengalami masalah selama melakukan pembelian online. Apalagi saya juga menawarkan jasa terjemahan Inggris Indonesia melalui online juga.

Jual beli melalui online memang mudah, namun kita harus hati-hati karena banyak juga yang tertipu dengan model transaksi jual beli secara online ini.

Situs Jual Beli Online Blanja.com

Saya masih ingat kalau saya sebelumnya juga sempat membaca salah satu ulasan situs jual beli secara online. Namanya blanja.com. Hal yang menarik disebutkan dalam review tersebut yakni situs blanja.com ini merupakan sebuah kerjasama antara Telkom Indonesia dengan ebay.com.

Halaman Depan Situs Blanja.com

Halaman Depan Situs Blanja.com

Situs ebay.com sendiri merupakan salah satu situs jual beli online yang terbesar di dunia. Bagi masyarakat Indonesia, perusahaan Telkom sendiri merupakan sebuah perusahaan ‘plat merah’ milik pemerintah Indonesia. Dengan adanya kerja sama dua perusahaan yang memiliki kredibilitas di masing-masing bidangnya tentu hal ini membuat situs blanja.com menjadi sebuah situs belanja yang dapat dipercaya, ‘bukan toko online sembarangan’.

Kualifikasi dan Prosedur Membuka Toko di Blanja.com

Sebagai seorang penerjemah Inggris Indonesia, tentu saya sudah sering melihat banyak toko online yang bertebaran. Alasannya saya juga berusaha mempromosikan jasa terjemahan bahasa saya melalui online di situs-situs jual beli online ini. Ada hal yang menarik bagi saya di situs blanja.com terkait dengan jasa terjemahan bahasa saya ini. Hal tersebut yakni prosedur pendaftaran jika kita ingin menjajakan barang dagangan milik kita di blanja.com.

Ternyata jika kita ingin membuka toko di blanja.com ada prosedur dan kualifikasi yang harus kita lalui di situs ini. Salah satu syarat jika ingin membuka toko online sebagai individu atau pribadi yakni identitas diri atau kartu tanda pengenal. Orang yang ingin membuka toko online di blanja.com wajib memberikan tanda pengenal, baik itu KTP, SIM, atau Passport. Selain itu juga ada prosedur verifikasi nomor ponsel di blanja.com.

Dari dua hal ini saja sudah menggambarkan kalau blanja.com benar-benar dikelola secara professional. Dua hal ini juga mungkin hanya masih dimiliki beberapa situs jual beli online yang ada pada saat ini.

Pembeli dan Penjual di Blanja.com

Bagi saya pribadi sebagai penjual – seperti saya ingin membuka lapak jasa terjemahan bahasa milik saya di sana- tentu hal ini menjelaskan kalau saya sebagai penjual harus serius membuka lapak di situs blanja.com ini. Dari sisi pembeli hal ini jelas memberikan kenyamanan belanja secara online. Semua penjual harus menggungah ktp dan harus melalui beberapa prosedur dan verifikasi. Langkah ini memang sebuah antisipasi akibat banyaknya tindakan penipuan secara online.

Dengan dukungan ebay.com, Telkom Indonesia, prosedur dan kualifikasi di atas, bisa dikatakan membuat blanja.com menjadi sebuah situs yang layak dijadikan pilihan untuk berbelanja secara online. Saya pribadi sebagai penerjemah Inggris Indonesia tentu juga hal ini menjadi pertimbangan bagi saya. Jika memungkinkan, saya juga ingin membuka tempat lapak jasa terjemahan bahasa Inggris Indonesia saya di situs blanja.com.