Bagi yang sedang berburu hosting dan ingin membeli hosting, tentu hal yang wajar jika ingin mencari hosting yang murah namun kualitasnya bagus. Hosting merupakan tempat kita menempatkan arsip atau perangkat situs kita agar bisa berjalan lancar di dunia maya. Jika kata hosting diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, maka terjemahannya menjadi Inang.

Kapan waktu yang tepat untuk membeli hosting?

Jawaban yang sederhananya adalah akhir tahun, yakni pada bulan November atau Desember, menjelang pergantian tahun baru.

Mengapa akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk membeli hosting?

Karena pada saat itu, hampir semua perusahaan hosting yang ada di dunia ini memberikan potongan harga yang luar biasa murahnya dibandingkan waktu-waktu pada saat itu.

Ambil contoh kasus saya. Saya membeli atau menyewa hosting di namecheap, jika dirupiahkan hanya sekitar 125 ribu untuk tahun pertama. Padahal harga asli hosting tersebut adalah 38 Dollar Amerika. Malahan saya mendapatkan bonus 1 buah nama domain dengan berakhiran .website.

Ilustrasi sederhana perbandingan harga hosting

Ilustrasi sederhana perbandingan harga hosting.

Jika hosting yang saya beli itu saya bandingkan dengan hosting yang pertama kali saya beli pada saat saya mengenal dunia hosting, harganya itu jauh sekali. Ibaratnya saya mendapatkan ruang penyimpanan 20 GB seharga ruang penyimpanan 1 GB dengan perangkat server yang lebih tangguh. Walaupun masing-masing hosting ada kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Selain itu pada saat menjelang akhir tahun ada dua momen yang sangat dikenal baik di dunia maya atau oleh masyarakat, yakni momen black friday, 25 desember, dan pergantian tahun baru. Pada saat itulah perusahaan hosting ‘gila-gilaan’ memberikan diskon pada harga hosting, bahkan ada yang sampai 85%-95% potongan diskonnya.

Kapan momen black friday itu?

Jika diterjemahkan secara harfiah maka arti black friday itu adalah ‘Jumat Hitam’. Biasanya momen black friday itu setiap tahunnya jatuh pada hari jumat terakhir di bulan november biasanya dimulai dari pagi hari pada hari jumat waktu bagian wilayah Amerika. Jika di Indonesia, maka waktu black friday adalah siang hari pada hari Sabtu. Jadi kalau tahun 2015 ini maka waktu black friday adalah hari Jumat tanggal 27 November 2015 atau hari Sabtu tanggal 29 November 2015 siang hari waktu Indonesia. Kalau tahun 2014 yang lalu maka waktu black friday adalah Jumat 28 Desember 2014.

Black Friday adalah hari setelah Thanksgiving di Amerika, dimana orang dapat berbelanja dengan harga yang gila-gilaan. Istilah Black Friday sebenarnya pertama kali muncul sekitar tahun 1960an sebagai penanda awal mula musim belanja natal dimulai. Black Friday sendiri bukanlah hari libur nasional, namun sebagian besar pekerja memang libur pada Black Friday -kecuali para pekerja retail, yakni mereka para pegawai mall dan toko-toko.Dyah

Selain momen black friday tersebut, maka pada bulan desember hampir semua toko menawarkan potongan harga, termasuk pula di dunia maya. Bahkan di Indonesia sendiri, setiap tanggal 12 Desember, hari tersebut dikenal dengan Hari Belanja Nasional. Karena itulah waktu yang paling tepat untuk membeli hosting adalah pada akhir tahun, menjelang akhir pergantian tahun baru.

Tulisan pendukung: Lima Cara Bijak memilih Hosting dari Pemula untuk Pemula

Perlu Anda ketahui pula, kita tidak perlu menunggu tahun baru untuk mendapatkan harga hosting yang miring. Namun di luar waktu itu terkadang perusahaan hosting juga membuat diskon melalui kode promosi tertentu. Walaupun besaran diskon yang ditawarkan, tidak sebesar pada saat menjelang pergantian tahun baru.