Select Page

Penerjemah: Korsel Kagum dengan TNI Saat Musibah AirAsia QZ8501

Penerjemah: Korsel Kagum dengan TNI Saat Musibah AirAsia QZ8501

Seorang penerjemah saat musibah pesawat AirAsia QZ8501 yang menjadi yang menjadi perwira penghubung bagi tentara angkatan udara Korea Selatan mengatakan bahwa, para kru pesawat P-3C Orion Korea Selatan merasa salut dan kagum melihat TNI Angkatan Laut berjibaku menerjang ombak setinggi 4 meter pada saat akan mengevakuasi para korban di tengah lautan dengan kondisi bergelora.

Seperti yang diketahui, musibah hilangnya maskapai penerbangan pesawat AirBus 320 AirAsia QZ8501 terjadi pada tanggal 28 Desember 2014. Setelah selama tiga hari pencarian dilakukan, akhirnya korban pesawat mulai dapat ditemukan. Pencarian para korban pesawat AirAsia QZ8501 ini juga melibatkan beberapa negara-negara tetangga, diantaranya, Malaysia, Australia, Singapura, dan juga kerja sama pencarian bantuan dari pesawat dari negara sahabat seperti Korea Selatan.

Mayor Pnb Trinanda Hasan, salah satu perwira penghubung yang juga bertugas sebagai seorang penerjemah bagi tentara Angkatan Udara Korea Selatan mengatakan bahwa, pada saat kapal TNI AL mengirimkan sekoci untuk mengevakuasi para korban yang ditemukan di tengah lautan dengan kondisi ombak setinggi empat meter, para kru P-3C Orion Korea salut dengan kecepatan dan keterampilan para awak dari kapal KRI 357 Bung Tomo yang berusaha secepat mungkin mengevakuasi korban yang ada di tengah lautan dengan kondisi bergelora tinggi.

Foto Bersama Antara Personel TNI AU dengan AU Korsel di depan pesawat Orion. ©2015 Dispenau

Foto Bersama Antara Personel AU Korea Selatan dengan TNI AU di depan pesawat Orion. ©2015 Dispenau

Pesawat P-3 C Orion KN-01 merupakan pesawat milik Korea Selatan yang berhasil menemukan korban sebanyak 6 orang pada saat pesawat ini menyisir area pencarian di atas permukaan laut dengan ketinggian 100 meter (300 kaki). Begitu ditemukannya 3 korban yang duduk dalam satu baris dan tidak lama kemudian 3 korban selanjutnya ditemukan di daerah yang tidak begitu jauh. Kru Orion langsung memberikan informasi dan suar penanda posisi setiap korban kepada kapal-kapal TNI AL dan juga beberapa kapal dari negara-negara sahabat.

Dari jendela pesawat ini terlihat bagaimana manuver Kapal Perang Republik Indonesia, KRI 357 Bung Tomo bermanuver dengan cepat menuju ke lokasi yang telah diberi tanda suar tersebut. Mayor Pnb Trinanda Hasan sendiri merupakan personel perwira penerbang CN-295 TNI AU yang bertugas sebagai observer sekaligus seorang juru bahasa atau penerjemah bahasa. Bergabungnya personel perwira dari Skadron Udara 2 Halim yang fasih berbahasa Korea ini agar mempermudah komunikasi dengan Tim Korea Selatan dalam melakukan koordinasi proses pencarian pesawat AirAsia QZ8501.

Sumber: http://www.merdeka.com/peristiwa/tentara-korsel-kagum-lihat-tni-al-berjibaku-terjang-ombak-4-m.html

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

59 Comments

  1. bayu pawesti

    baca-baca komen udah keduluan semua :( yaudah deh terpaksa cuma bilang TNI ajiiiiib :D semoga lebih baik , dan makin baik

    Reply
  2. Beby

    Kasih jempol buat TNI :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Jempol kaki atau jempol tangan Mbak.

      Reply
  3. buret

    semua komentar udah di borong mas….mau bilang salut buat TNI udah banyak yang koment….
    salut buat sang penerjemah nya, klo ga ada dia, TNI mungkin ga tau tentang kekaguman KORSEL terhadap TNI.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Berati ngebacain satu-satu koemntar dong.

      Reply
  4. fidah shah

    Mengikuti perkembangan QZ8501 juga di sini…Semoga segala usaha dipermudahkan…aamiin.

    Reply
  5. Info Menarik

    terimakasih pahlawan negara yg sudah membantu pencarian korban pesawat airasia …

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya. Semoga mereka mendapatkan penghargaan yang layak.

      Reply
  6. bengkel blogger

    kalau masalah semangat jangan ditanya gan mereka yang tergabung di basarnas dan TNI…mudah-mudahan perhatian pemerintah tambah baik kepada mereka juga ya gan. dan semoga lekas selesai pekerjaan mereka yang berjiawa besar mengevkuasi AirAsia QZ8501.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya betul banget Mbah Dinan, semoga pemerintah lebih memperhatikan mereka. Apalagi mereka banyak juga yang berjuang jauh dari keluarga. Semoga bonus juga mereka dapatkan.

      Reply
  7. DESA CILEMBU

    sangat sepakat dengan kinerja jajaran TNI dan semua yang terkait yang terlah berupaya dengan maksimal dan transparan atas bantuan evakuasi pada seluruh korban Air Asia

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya Pak betul. Semoga mereka mendapatkan bonus atau penghargaan atas keberanian mereka.

      Reply
  8. cinta

    Jadi bangga juga jadi orang Indonesia ya, walaupun saya juga lagi bingung kemana hilangnya elpiji 20 Kg. Padahal tabungnya cuman punya yang ukuran segitu….:(

    Reply
    • bengkel blogger

      habis kali gan buat dipake nyelam evakuasi AirAsia

      Reply
      • Ridha Harwan

        Yah, emang dibawa nyelem apa gas elpijinya. hahaha

        Reply
    • Ridha Harwan

      Jiaah Mbak. Emang kenapa dengan tabung elpiji Mbak. Kok gak pakai yang 3 kg. Berat loh yang 20 kg itu.

      Reply
    • eyuana

      tabungnya yang hilang atau gasnya habis jeng?? Kalo habis wajar khan biasa dipake buat praktek masak bang rhoma :D

      Reply
      • Ridha Harwan

        Tau ajah, saya mesti belajar masak. :D

        Reply
  9. ayudiah respatih

    subhanalloh kereeen…
    salut sama TNI..:)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya Mbak, nanti sesekali mungkin bisa bikinin resep makanan ala TNI. hehehe

      Reply
  10. eyuana

    Waktu kecil saya benernya pengen banget menjadi TNI……

    Reply
    • Ridha Harwan

      Gak apa-apa kok Mas, mau jadi apa saja, yang penting kita bermanfaat untuk orang lain. BUkan seperti koruptor. wkwkwkw

      Reply
  11. Mang Yono

    Saya juga salut mas sama TNI Indonesia … Karena TNI Indonesia tak diragukan lagi

    Reply
    • bengkel blogger

      apanya tuh kang yang tidak diragunakn lagi…?

      Reply
  12. muzi

    Coba penerjemahnya dari sipil, pasti mas ridha niat ngelamar tuh. Terkenal deh nanti. hehe

    Reply
    • Ridha Harwan

      Enggak lah, saya mah penerjemah yang masih belajar. Lagian itu juga penerjemah Bahasa Korea.

      Reply
  13. Albarnation

    saya rasa tni indonesia tak perlu di ragukan lagi, yang diragukan itu bisanya polisi, hahahhaha

    Reply
  14. Dede

    kita patut bangga yah mas atas kesigapan TNI kita,semoga saja TNI semakin jaya,solid demi negeri ini

    Reply
    • Ridha Harwan

      Aamiin, kita jangan mau kena diadu domba.

      Reply
  15. yanto cungkup

    memang semangat TNI sangat menggelora untuk mencari korban yamas
    saya bangga

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya Om Yanto. Walaupun ombak setinggi 4 meter diterjang terus.

      Reply
  16. Arie

    dan sudah sepantasnya pula Kita sangat bangga ya Mas dengan hasil kerja keras para anggota TNI negara kita, kalau para awak kapal korea aja bangga pada pasukan TNI kita, apalagi kita yang warga negara Indonesia

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya Pak Arie, termasuk bangga juga berbahasa Indonesia kali yah Pak. hehehe

      Reply
  17. Penelusuran Artikel

    TNI hmm ,cita2 saya wktu kecil :) … jempol dan salut buat TNI . .

    Reply
    • Ridha Harwan

      Paling gak jiwa disiplin TNI bisa kita tiru. :D

      Reply
  18. santika fadilah

    kecepatan dan kecekatan terlihat saat evakuasi korban, kamera yang walau hanya sebentar tapi menunjukan titik medan yang sangat sulit.. salut!!

    Reply
    • Ridha Harwan

      Mungkin latihannya emang begitu kali. Tapi emang salut deh, sekoci kecil vs ombak 4 meter.

      Reply
    • Ridha Harwan

      Iya. Semoga Mereka yang membantu proses pencarian dan evakuasi ini mendapatkan bonus dari Pak Presiden.

      Reply
  19. Lombok 7og4nk

    Semoga musibah seperti ini kedepannya bisa berkurang, dan untuk korban semoga diberikan tempat yang layak di alam sana, bagi keluarga yang di tinggalkan semoga diberikan ketabahan amin. Indonesia Bisa

    Reply
  20. Ibrahim Lubis

    Memang tingkat perhatian TNI harus diberi jap jempol 20 jari ya mas, salut dengan mereka :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Jempol 20 jari berati sama jari-jari di kaki dong. hehehe

      Reply
    • bengkel blogger

      buset banyak amat cap jempol dua puluh jari…? heee

      Reply
      • Ridha Harwan

        Yah saking salutnya dengan TNI Mbah. :D

        Reply
  21. Indra Kusuma Sejati

    Secara pribadi melihat kinerja TNI dalam mencari dan pengevakuasian korban dari pesaat air Asia QZ8501 saya senang. Dengan hasil optimal dan berdedikasi patriot dengan intergritas yang tinggi. Semoga semuanya dapat berjalan lancar ya mas…. :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya Pak Indra. Salut juga, dalam kurang dari 14 hari, pesawat sudah ditemukan. Pagi ini katanya black box nya mungkin bakalan ditemukan juga nih dalam waktu dekat.

      Reply
      • Indra Kusuma Sejati

        Semoga saja ya Mas, kita sama-sama mendokan agar masalah ini cepat teratasi.

        Reply
  22. Achmad Muharya

    salut deh sama TNI, saya juga udah baca di kaskus, habis baca saya juga merasakan lelahnya mereka pas evakuasi korban gitu, mana cuacanya nggak bersahabat lagi :(

    Reply
    • Ridha Harwan

      Itulah TNI, saya emang salut deh sama TNI. Kalau ketemu naik motor di jalan mendingan kasih jalan ajah. hehehe

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.