Menjadi Anggota Proz.com Berbayar atau Biasa?

Proz.com merupakan situs penerjemah bahasa profesional internasional di dunia maya. Cara menjadi anggota di proz.com cukup mudah. Kita hanya mendaftar secara gratis ke situs proz.com dengan menggunakan surat elektronik milik kita. Situs ini sendiri merupakan wadah di mana para penerjemah bahasa dan orang atau perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah bahasa berkumpul menjadi satu. Ibaratnya seperti pasar maya eksklusif dunia terjemahan internasional.

logo proz.com the translators place

Logo Proz.com

Bagi mereka yang baru mengenal situs ini, biasanya akan dihadapkan dengan sebuah pilihan. Menjadi anggota berbayar atau tetap menjadi anggota biasa atau gratisan di proz.com? Berikut ini hal-hal yang mungkin dapat menjadi pertimbangan, menjadi anggota berbayar atau menjadi anggota biasa di situs ini.

1. Menjadi Anggota Berbayar di Proz.com

Berapa biaya untuk menjadi anggota berbayar di proz.com?

Sejak saya mendaftar, biaya untuk menjadi anggota berbayar di proz.com itu berkisar antara 1 juta rupiah – 1,4 juta rupiah per tahun. Pada saat saya menulis tulisan ini, biaya untuk menjadi anggota proz.com adalah Rp1.350.000 untuk satu tahun. Biaya dalam mata uang dolar sendiri adalah $144.00 USD. Proses pembayaran untuk menjadi anggota berbayar ini tidak lah sulit. Kita cukup mengirimkan uang pendaftaran ke rek pembayaran lokal di Indonesia. Rekeningnya bank yang digunakan yakni rekening BCA. Begitu pembayaran diterima dalam waktu 1-2 hari, maka keanggotaan kita akan langsung ditingkatkan. Untuk lebih jelasnya lihat halaman ini.

Biaya Keanggotaan di Proz.com Dalam Rupiah.

Biaya Keanggotaan di Proz.com Dalam Rupiah.

Keuntungan menjadi anggota berbayar di proz.com.

Banyak sekali keuntungan yang bisa di dapatkan. Keuntungan yang paling utama bagi saya pribadi adalah kita akan mendapatkan pemberitahuan secara langsung pada saat ada lowongan pekerjaan penerjemah bahasa dibuka di proz.com. Beda halnya dengan anggota biasa. Anggota biasa akan menunggu beberapa saat (sekitar 2 jam lebih) untuk menerima surat pemberitahuan lowongan pekerjaan baru. Lebih lanjut lihat di sini.

Kapan waktu yang tepat untuk mendaftarkan diri menjadi anggota berbayar di proz.com?

Waktu pendaftaran yang tepat untuk menjadi anggota berbayar di proz.com biasanya adalah akhir tahun. Pada saat akhir tahun biasanya ada diskon keanggotaan. Selain momen akhir tahun, waktu lain yang tepat yakni di bulan penerjemah atau pada saat hari ulang tahun penerjemah. Hari penerjemah internasional sendiri ini jatuh pada tanggal 30 September setiap tahunnya. Biasanya biaya pendaftaran awalnya menjadi 900 ribuan rupiah pada saat tersebut. Waktu lain yang tepat untuk menjadi anggota berbayar itu kalau tidak salah pada saat nilai tukar dolar sedang turun.

2. Menjadi Anggota Biasa di Proz.com

Selain “tidak adanya” kredibilitas profil di proz.com milik kita, hal lain yang menjadi kekurangan menjadi anggota biasa adalah dalam hal pemberitahuan pekerjaan. Anggota biasa tidak akan banyak mendapatkan pemberitahuan akan adanya lowongan pekerjaan penerjemah bahasa yang ditampilkan di proz.com. Di situs ini sendiri ada pilihan pengaturan untuk tidak menampilkan lowongan pekerjaan kepada yang bukan anggota berbayar. Kalau pun di tampilkan kepada anggota gratis, maka lowongan pekerjaan ini akan muncul beberapa saat setelah lowongan pekerjaan ini disampaikan kepada anggota berbayar terlebih dahulu. Bahkan beberapa pengiklan lowongan kerja di proz.com hanya memperbolehkan anggota berbayar saja yang bisa melamar pekerjaannya.

Perbandingan Keanggotaan proz.com bayar dan gratis

Perbandingan Keanggotaan Proz.com Berbayar (Profesional) dan Biasa (Gratis)

Antara Menjadi Anggota Berbayar atau Gratis

Proz.com sendiri merupakan situs yang cukup besar. Banyak sekali hal-hal baru yang mesti diketahui oleh anggotanya. Beberapa rekan penerjemah saya mengakui kalau memang tidak rugi untuk menjadi anggota penerjemah berbayar di sini. Mereka sendiri telah membuktikannya. Beberapa ada yang mengatakan kalau uang hasil pembayaran untuk menjadi anggota berbayar akan “kembali” dalam waktu 1-3 bulan sejak menjadi anggota berbayar. Jadi, Bagi yang ingin benar-benar serius menjadi penerjemah internasional tidak ada salahnya untuk menjadi anggota berbayar di proz.com.

Begitu Anda telah menjadi anggota berbayar maka saya sarankan untuk berkenalan dan memfasihkan diri dengan cat tools atau alat bantu penerjemah. Tidak hanya pekerjaan sebagai penerjemah bahasa tertulis saja yang akan Anda dapatkan di sini, namun berbagai sub pekerjaan penerjemah bahasa itu sendiri ada di sini. Seperti penyunting akhir, juru bahasa, alih suara, editor, dsb.

Penutup Pilihan Keanggotaan di Proz.com

Tulisan ini sendiri terinspirasi dari diskusi di grup facebook Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) tadi malam. Sebenarnya pilihan untuk menjadi anggota berbayar atau “gratisan” di proz.com ini hanya soal rezeki saja. Kita tidak tahu dari mana rezeki kita datang. Apakah itu datangnya dengan menjadi anggota berbayar atau tetap menjadi anggota biasa di proz.com.

Cara Memulai Karier Untuk Menjadi Penerjemah Bahasa versi saya.

Saya sendiri sudah lama menjadi anggota di proz.com. Begitu saya mengenal proz.com, saat itu pula saya mendaftarkan diri dan memajang profil diri saya di proz.com. Mungkin ada sekitar 3-4 tahun lebih saya sudah menjadi anggota di proz.com. Selama itu pula saya tetap menjadi anggota penerjemah bahasa biasa. Bisa jadi karena itu pula saya tidak mendapatkan ‘pembeli’ dari situs sini atau saya sendiri yang tidak mau mengajukan diri ke lowongan pekerjaan yang ada pada saat itu. Alternatif lain selain situs besar ini adalah TransaltorCafe.com. Semoga bermanfaat.

16 Comments

  1. Pakdhe Eddie 1 April 2015 14:52
    • Ridha Harwan 4 April 2015 23:49
  2. Renggo Starr 23 Januari 2015 09:43
    • Ridha Harwan 24 Januari 2015 08:52
  3. Arie 22 Januari 2015 08:24
    • Ridha Harwan 23 Januari 2015 06:26
  4. muzi 22 Januari 2015 00:28
    • Ridha Harwan 22 Januari 2015 06:13
  5. mitra detik 21 Januari 2015 20:01
    • Ridha Harwan 22 Januari 2015 06:12
  6. buret 21 Januari 2015 17:31
    • Ridha Harwan 22 Januari 2015 06:12
  7. Sucipto Kuncoro 21 Januari 2015 13:27
    • Ridha Harwan 22 Januari 2015 06:10
  8. yanto cungkup 21 Januari 2015 12:41
    • Ridha Harwan 22 Januari 2015 06:09

Leave a Reply