Select Page

Dua Tempat Saya Mencari Ide Untuk Menulis (SEO)

Dua Tempat Saya Mencari Ide Untuk Menulis (SEO)

Sebenarnya saya bingung mau menulis apa malam ini. Berusaha mencari ide menulis tulisan yang ringan-ringan saja. Akhirnya saya mendapatkan ide untuk menulis ini saja. Kalau judul tulisan tidak menggunakan embel-embel seo, biasanya jarang blogger yang melirik. Coba saja lihat tulisan situs proz.com saya sebelumnya. Wah bisa pada bingung bacanya.

Buntu dan bingung mau menulis tulisan “seo” apa? Ini adalah dua tempat di mana saya mencari rujukan untuk mencari judul tulisan yang akan saya tulis di blog saya. Sebenarnya setiap orang akan beda-beda. Tapi saya menggunakan dua tempat sederhana ini jika saya ingin menulis artikel yang seo.

1. Histats.com

Situs jasa penerjemah Inggris Indonesia ini menggunakan histats.com sebagai pencatat lalu lintas pengunjung harian yang masuk. Entah kenapa situs ini begitu terkenal di Indonesia. Padahal mungkin masih banyak situs yang keren. Hanya saja saya belum mau melirik yang lain saja.

Variabel untuk menganalisis calon judul tulisan seo di histats.com

Variabel untuk menganalisis calon judul tulisan seo di histats.com

Kalau yang sudah biasa menggunakan histats.com tahu dong mengapa di sini bisa menemukan ide untuk menulis artikel (seo). Betul, karena layanan statistik pengunjung gratis dari histats.com ini menyediakan daftar-daftar kata atau frasa kunci masuk ke blog milik kita. Dari sinilah kita bisa mulai. Kadang kita tidak tega kalau apa yang dicari pengunjung ternyata tidak ada di dalam blog kita. Padahal mesin pencari menyampaikan kalau ada kata kunci yang dimaksud di blog kita.

Selain kata kunci yang masuk, histats.com juga menyediakan data bounce rate dan posisi kata kunci tersebut. Nah dari sinilah kita bisa menganalisis dan mengembangkan artikel apa yang sebaiknya ditulis untuk selanjutnya. Kalau saya pribadi jarang sekali mau menulis seo kata kunci yang masuk ke blog saya. Alasannya sederhana. Kalau kita menulis seo, waktu yang dibutuhkan cukup lama. Lebih baik menulis seo ala matt cutts saja.

2. Google Webmaster Tools (GWT)

Nah ini nih. Kalau kita sudah bisa menganalisis bagian “Search Traffic” > “Search Queries”, maka bagian ini cocok sekali untuk menulis artikel seo. Sama halnya dengan histats.com. Di GWT ada data untuk berapa sering kata kunci yang masuk ke blog kita dicari di internet, khususnya dari google. Selain itu juga ada informasi posisi blog kita untuk kata kunci pencarian yang masuk ke blog kita.

Menulis artikel seo dari analisis gwt.

Menulis artikel seo dari analisis gwt.

Dari data yang ada di halaman search queries ini kita bisa mengembangkan tulisan yang akan kita publikasikan di blog kesayangan kita. Kalau saya ke GWT, analisisnya lebih berat ketimbang di histats.com. Lihat saja data yang ditampilkan. Cukup banyak.

Perpaduan Antara Histats.com dan GWT

Sebenarnya banyak cara untuk menulis artikel yang seo itu. Namun biarlah di sini saya menjelaskan dua tempat untuk menulis artikel yang seo sederhana saja. Dari data histats.com kita bisa menentukan judul artikel seo yang akan kita tulis. Selanjutnya jika ingin melakukan analisis tambahan kita bisa menggunakan data di gwt bagian “search queries”. Dari data gwt ini lah setidaknya kita bisa mengetahui seberapa pantas kita menulis artikel yang seo untuk blog kesayangan kita. Karena di sini kita bisa melihat jumlah orang yang mencari untuk kata kunci yang dimaksud. Selain itu juga bisa melihat posisi blog kita untuk sebuah kata kunci. Bagi yang kebingungan bagaimana “teori” cara menulis artikel yang seo, mungkin tulisan saya yang mengenai cara menulis artikel seo ala yoast bisa membantu.

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

28 Comments

  1. seputarpesantren

    wah.. saya belum memakai ilmu yang ini. kayaknya menulis aja apa yg terlintas di benak. pastinya akan banyak ide (dan biasanya agak kedodoran bahan) tuh kalo bisa di praktekkan dengan tekun

    Reply
    • Ridha Harwan

      Coba deh diterapin. Saya kadang kalau ide lagi habis, suka buka-buka statistik kata kunci yang masuk buat ide tulisan baru.

      Reply
  2. yuli aenuropiq

    bolehh nihh mass..jurusnyaaa biar blog saya meluncurr…hhehe..thanks yaa

    Reply
  3. ibra razkaholiday com

    mangtap gan

    Reply
    • Ridha Harwan

      makacih

      Reply
  4. Arie

    Benar Mas, kedua tool tersebut memang memberikan banyak ide dalam mencari id id untuk menulis.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya Pak Arie. Lumayan lah siapa tahu lagi gak ada ide.

      Reply
  5. ilmudes

    yang saya tahu ceo itu cief executive officer (ups salah ya).hehe

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya salah. Yang benar itu “Chief Executive Officer”, kurang pakai “h”.

      Reply
  6. muzi

    mantap nih si akang ridha , idenya bisa dari histats dan google webmaster, salut saya kang. hehe

    Reply
    • Ridha Harwan

      Itu kan kalau mau nyari Ide. Sebenarnya banyak, cuman kalau mau iseng saja menulis yah bisa cari dari dua tempat di atas.

      Reply
  7. fidah shah

    Boleh di coba tips ini…
    Tq Mr Ridha :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama Kakak.

      Reply
  8. LESTARI

    Saya lebih memilih GWT saja mas.. Bisa memonitor perkembangan blog dan yang pasti lebih simple.. :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya, GWT saja sudah menyajikan data yang cukup.

      Reply
  9. Mas Marnes

    Dari kedua tempat aja bisa mendatangkan banyak ide ya mas, selama nie saya gak menerapkan seperti yang dijelaskan di atas mas, meskipun dah lama ngeblog tapi saya masih kurang engeh sama yang namanya seo, mungkin karena males untuk mempelajarinya kali…makasi ya mas atas share yang bermanfaat ini :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama Mas Marnes.

      Reply
  10. Mas Dory

    Karena blog saya masih bayi, jadinya data search queries di gwt masih sedikit. Itupun data search queries nya rata-rata single keyword, jadi masih sangat sulit untuk dikembangkan. Satu-satunya cara adalah dengan lebih memperbanyak lagi konten di blog sesuai dengan topik yang saya pahami. :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Dari single keyword itu bisa dikembangin lagi kok Mas. Malah yang canggih itu satu kata kunci dibandingkan banyak kata kunci. Coba saja ketikkan satu kata kunci itu ke pencarian google, nanti ada frasa yang disaranin dari kata kunci itu.

      Reply
  11. Mbak Erna

    menarik tipsnya… harus dicoba praktekan
    terima kasih ya mas

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama.

      Reply
  12. Sucipto Kuncoro

    histat saya belum pernah coba :)
    kayak saya donk cari ide dari facebook hehehe

    Reply
    • Ridha Harwan

      hahah, kalau saya sudah jarang buka facebook. Tapi benar juga, memang betul, bisa nyari ide tulisan dari facebook.

      Reply
  13. yanto cungkup

    memang artikel kayak proz yg ditulis kemarin membuat banyak orang termasuk saya bingung mau komentar apa mas,soalnya bukan niche saya sih.
    kalau ginian kan masih nyambung.hehehe

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya betul. wkwkwkw

      Reply
  14. yanto cungkup

    boleh juga nih tips nya mas,saya biasanya juga mencari artikel saya yg paling rame di google webmaster.kalau dihitstats sih belum pernah

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya emang kalau analisiss dari gwt enak. Cuman mikirnya harus sedikit banyak sih dibandingkan di histats. Di histats cuman nayri judul saja.

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.