Apakah Setiap Komentar di Blog Perlu Dibalas? (Survei)

Setiap komentar itu perlu dibalas atau tidak?

Beberapa kali saya menemukan tulisan mengenai “Apakah komentar di blog itu perlu dibalas” secara deskriptif. Kali ini saya ingin mensurvei secara langsung, mengenai apakah perlu komentar yang ada di tulisan kita dibalas, khususnya kepada teman-teman blogwalking saya saat ini.

Saya mencoba menggunakan cara paling mudah, agar bisa menjaring banyak responden. Khususnya bagi para pengguna ponsel pintar atau tablet. Semakin banyak responden yang menjawab survei kecil-kecilan ini maka akan semakin baik.

Pertanyaanya:

Apakah Setiap Komentar di Blog Perlu Dibalas?

Cara menjawab survei ini sederhana, tinggal pilih jawaban “Perlu” atau “Tidak Perlu” di atas, lalu klik “Pilih”. Pastikan untuk tidak salah menjawab, karena hanya ada 1 kali kesempatan untuk memilih jawabannya. Jika hanya ingin melihat hasilnya saja, silakan klik “Lihat hasilnya”. Survei ini akan ditutup begitu jumlah suara pemilih dirasa sudah mencukupi. Alat survei yang digunakan adalah polldaddy, karena geratis.

Bila telah memilih salah satu jawaban di atas, jika ingin berkomentar silakan berikan komentarnya di bagian bawah tulisan ini. Selamat memilih. : )

36 thoughts on “Apakah Setiap Komentar di Blog Perlu Dibalas? (Survei)

  1. Sebuah alternatif yg unik dengan memberikan polling survey terhadap pertanyaan tentang komentar perlu di balas atau tidak. Saya baru menemui blog semacam ini yg ada survey nya dan saya kira tidak ada blog lain yg melakukan survey semacam ini.
    Terima kasih

    • Surveinya sudah gak aktif lagi. Kode Polldaddy Surveinya sudah eror kayaknya.
      Ini juga tulisan lantaran waktu itu banyak komentar masuk ke blog ini.
      Capek juga balasin satu per satu.

  2. Untuk menjaga etika sih seharusnya komentar di blog memang perlu di balas mas, apalagi kalau keomentarnya tidak asal-asalan. Tapi terkadang bila waktu yang tersedia sangat limit, biasanya saya cicil pelan-pelan mas, walau masih ada satu dua yang terlewati. :D

  3. Kalau bagi saya pribadi membalas setiap komentar itu sangat penting dan diharuskan mas, ibarat orang bertamu kerumah, masak iya gak diajak bicara :)
    Tapi semua tergantung dari privasi para Author masing masing juga Mas

  4. Biarpun isi komentar yang cuma “nice info gan”, “terima kasih” atau komentar yang isi nya bagus ya sama-sama harus dibalas menurut saya lho. Sebagai orang timur yang mempunyai sifat saling menghargai yang tinggi, ya sudah seyogyanya kita membalas sapaan orang lain ke kita.

    Dengan begitu orang akan merasa dihargai oleh kita. Masa kita maunya di hargai, tapi kita sendiri ndak menghargai orang lain, kan kebangetan tuch namanya.

    Nice survey Mas Ridha Harwan (dibalas ndak ya komentar saya ini). :D

    • Iya juga sih. Tapi kalau yang ngomennya banyak pegel juga balesinnya. Mirip kayak fanspage Pak SBY, itu kan kalau dia apdet status di facebook, bisa ribuan tuh yang kasih komentar, pegel juga balasin atu-atu. hahahaha

  5. hasil yang bisa langsung terlihat klo kita membalas komentar di blog sendiri yaitu pageview nambah loh mas, haha…
    saya sering dapat teguran karena jarang membalas komentar di blog sendiri, makanya sekarang lagi nyicil membalas komentar di blog sendiri..

    • Kalau di blogspot sih iya kali yah. Tapi kalau saya lebih enakan tanpa harus merujuk ke halamannya langsung. Lebih enak balas dari halaman panelnya. Kadang gitu sih, sering komentar ditempat orang lain tapi tempat kita dibiarin aja. :D

Leave a Comment