Select Page

Setelah Ganti Tabung, Kompor Gas Tidak Mau Hidup /Nyala

Setelah Ganti Tabung, Kompor Gas Tidak Mau Hidup /Nyala

Sebenarnya kasus kompor gas tidak mau hidup ini sudah dua kali saya alami. Kali ini adalah yang kedua kalinya, saat saya telah membeli tabung gas yang 3 Kg seharga Rp16.500 di Indomaret, kompor gas tidak nyala begitu saya mengganti tabung gas dengan yang baru saja saya beli. Saya jadi penasaran kenapa kompor gas saya tidak mau menyala. Padahal baru saja mengganti tabung gas. Sebelumnya juga kompor gas saya dalam keadaan normal dan bisa hidup.

Akhirnya saya mencoba menghidupkan dan mematikan kompor gas beberapa kali (sampai bosan). Namun tetap saja kompor gas tidak mau nyala. Padahal saya lihat pemantik kompor gas berfungsi, ada percik apa yang keluar saat saya memutar kenop kompor gas ini. Saya lihat juga karet tabung gas juga dalam kondisi bagus, masih baru.

Agak sedikit kesal juga kenapa kompor gas tidak bisa menyala, karena ini adalah yang kedua kalinya. Yang pertama kali waktu itu saya membantu tetangga mengganti tabung kompor gas dan memasangnya. Namun waktu itu saya menyerah, walaupun akhirnya tetangga saya bisa menghidupkan kompor gasnya. Namun saya lupa menanyakan, bagaimana cara menghidupkan kompor gas yang tidak bisa hidup itu.

Ilustrasi cara mengatasi kompor gas tidak mau hidup. Regulator gas.

Ilustrasi cara mengatasi kompor gas tidak mau hidup. Regulator gas.

Jadinya saya berpikir, masak iya sih saya harus mencari penyebab kompor gas tidak bisa menyala di google sih. Akhirnya saya mencari di google, penyebab kompor gas tidak keluar api setelah ganti tabung. Akhirnya langsung ketemu di google, tulisan yang berjudul Kompor Tidak nyala setelah ganti tabung dari ranvlife.blogspot.com/2013/11/kompor-tidak-nyala-setelah-ganti-tabung.html.

Ada dua cara mengatasi kompor gas tidak mau hidup setelah ganti tabung gas versi tulisan rujukan di atas, yaitu:

  1. Regulator gas diketuk perlahan-lahan
  2. Mutar-mutar kunci regulator gas secara perlahan-lahan

Cara Mengatasi Kompor gas tidak menyala setelah mengganti tabung gas yang baru

Nah kalau versi saya yaitu mengkombinasikan dua cara di atas, yaitu dengan mengetuk perlahan-lahan kepala bagian atas regulator kompor gas sambil memutar-mutar kunci regulator gas dan mengoyang-goyangkannya ke atas-bawah secara perlahan-lahan, baik kenop regulator dalam kondisi hidup atau terkunci dan dalam kondisi mati atau terbuka. Mungkin saya tidak sampai 10 kali membuka dan menutup kenop regulator kompor gas sambil mengetuk-ngetuknya secara perlahan-lahan. Lalu saya mencoba memasangkannya kembali dan akhirnya kompor gas mau menyala, keluar api. Ingat yah, copot dulu regulator tabung gas dari tabung gas.

Informasi tambahan Informasi dari beberapa pengunjung yang memberikan komentarnya (terima kasih). Diperbarui 12 Agustus 2015:

richo on 30 March 2015 at 16:11
itu karena regulator lpgnya ketutup. kalo habis dipasang jangn langsung dinyalakan soalnya regulator mendeteksi ada kebocoran sehingga menutup. solusinya ketuk ketuk perlahan bgian regulator…

Indra Kusuma Sejati on 28 December 2014 at 00:05
Bila setiap ganti tabung dan yang kita dapatkan dari seal karetnya yang tidak bagus, apalagi kalau tabung gasnya sudah jelek. Biar aman saya memakai kepala regulator yang otomatis mas, jadi kalau ada kebocoran tidak jalan gasnya.

Arie on 26 December 2014 at 21:16
benar sekali Mas, saya juga sering mengalami hal yang demikian, tips diatas sering saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, cuma bedanya kalau saya tidka di ketuk perlahan lahan, melainkan di tekan sambil membuka dan menutup knop gas nya.

Mas Dory on 26 December 2014 at 16:13
Selama ini saya menggunakan blue gas mas dan belum pernah menggunakan elpiji. Selain lebih aman (menurut saya) karena regulator menggunakan ulir atau drat saat dipasang ke tabungnya, faktor kebocoran gas dan tingkat keberhasilan kompor gas menyala lebih tinggi.
Dalam kasus mas Ridha Harwan, mungkin itu terjadi karena nozle (pipa kecil saluran gas dari tabung ke selang) yang terdapat dalam regulator tidak turun dengan sempurna saat dipasang. :D

Mas Dory on 27 December 2014 at 12:39
Iya mas, pipa besi kecil itu, asalkan pipa yang di regulator terpasang pas di tabung, kemungkinan akan berhasil. Kalau bisa jangan diketuk-ketuk mas jika tidak nyala, karena jika tindakan ini terus dilakukan, lama-kelamaan bisa sedikit merusak lubang pipa besi kuning kecil ini, dan gas bisa bocor keluar (walaupun kecil) dan ini akan berbahaya jika posisi tabung ada di ruang tertutup.

Donny Dunggio 2015/05/17 at 17:21

Alhamdulillah…berkat blog Pak Ridha Harwan ini,bisa membantu saya untuk mengatasi kompor gas saya yg tidak menyala/hidup setelah ganti tabung gas baru.

Ceritanya begini…
Memang benar sodara2 skalian, hari ini saya hampir putus asa mengatasi masalah ini. Pada akhirnya saya baca blog ini dan saya praktikkan instruksi dari Pak Ridha secara berulang2 sampai saya putus asa dan berencana mau beli regulator baru(saat ini yg saya pakai merk Quantum). Sebelum saya mau beli regulator baru, tidak tau kenapa tersirat dipikiran saya “kenapa tidak coba tlp ke Pak Ridha saja dulu? Siapa tau dari pengalaman beliau bisa bantu dan menjelaskan secara gamblang meskipun beliau bukan tukang service” hehehe…
Dan benar saja, saya coba hub no hp Pak Ridha yg tertera di blog ini dan bisa langsung terhubung.Dan setelah ngobrol panjang lebar dengan beliau, saya coba lagi sesuai instruksi beliau. Dan hasilnya bim salabim abrakadabraaa…kompor saya bs nyala lg dan saya bs melanjutkan eksperimen saya yg putus ditengah jalan akibat gas melon yg sudah abis isinya(kebetulan hari ini saya coba masak empek2 ikan tenggiri).
Dari pengalaman hari ini saya dpt simpulkan bahwa cara pertama saya salah karena saya beda persepsi dengan apa yg sudah dijelaskan di blog ini. Maksud dari Pak Ridha dengan mengetuk2 perlahan bagian atas regulator adalah tidak dengan menggunakan bagian belakang jari tangan seperti pd saat kita mengetuk pintu atau mengetuk dengan menggunakan jari pada ujung kuku, melainkan mengetuk bagian atas regulator dengan telapak tangan bagian bawah yg dekat dengan pergelangan tangan kita. Hal ini dilakukan saat regulator dilepas dr tabung gas dan dlm kondisi pengunci terbuka. Dan tambahan dr saya adalah seal karet tidak perlu ganti/ pakai saja dengan seal yg sudah ada di tabung gas yg baru kita beli. Hal ini meminimalisir kebocoran karena seal karet masih baru/ blom aus(rusak). Dan satu lagi,posisi selang dari regulator usahakan sama seperti biasanya kita memasak. Misalkan biasanya posisi selang dr regulator kita pasang agak ke kiri maka kita pasang agak k kiri seperti biasanya. Karena kemungkinan hal ini adalah posisi ideal selang dan regulator(ini opini saya). Memang benar pada saat posisi selang dr regulator saya putar atau geser agak ke kanan atau pas tengah2 maka kompor tidak mau nyala dan setelah saya kembalikan ke posisi ideal(agak ke kiri) maka kompor baru mau nyala.Kemungkinan posisi ideal ini adalah posisi dimana tidak ada gas yg bocor, makanya regulator tdk menutup dan dpt menyalurkan gas keluar dr tabung ke kompor. Jika posisi selang salah dan mengakibatkan kebocoran gas sedikit saja, maka regulator akan secara otomatis akan menutup dan kompor tidak akan menyala. Biasanya ini terjadi pada regulator yg ada otomatis nya(kebetulan saat ini saya pakai merk Quantum).Posisi ideal disini tidak harus ke kiri sama seperti punya saya,tapi posisi seperti biasanya pada saat kompor menyala. Bisa saja pada saat pemasangan pertama(baru) posisi selang dr regulator ada ditengah atau agak ke kanan atau yg lainnya tergantung dari kita masing2 pada saat memasang pertama kali.
Demikian sharing dr saya mudah2 dapat bermanfaat bagi teman2 yg lainnya.

Wassalamu’alaikum wr wb…

Donny Dunggio 3 months ago

Jika masih bingung dengan penjelasan saya yg panjang kayak kereta…hehehe…silahkan hub saya di 081210281350. Insya’alloh saya siap membantu.

Oh ya..saya sampe lupa.Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Pak Ridha Harwan atas bantuannya. Semoga Alloh swt membalas kebaikan Pak Ridha dan semoga sukses…
Amin…

8 Desember 2015

Tambahan lagi dari komentar pengunjung yang sudah berhasil menghidupkan kompor gas yang regulatornya mampet.

Dari detarenji:

Wah alhamdulillah akhirnya nyala juga lpg sy hehe, sblmnya terimakasih sudah sharing :D, tp klo bisa tulisan di “ketuk” itu ganti pak, soalnya sy ketuk2 pake ujung kuku gak bisa2, tp setelah baca lg penjelasan yg lain ternyata lebih tepat di “pukul” pake telapak tangan, klo sy sy hantam dia ke lutut, tp gak keras2 bngt, cukup sampe agak terguncang aja , trus pas muter knop di kompor coba pelan2, jngn terlalu cepat supaya gas yg kluar gak terlaluu kenceng, klo terlalu kenceng gasnya bisa ketutup lg, itu klo kompor sy hehe.. Oyaa merk regulator sy winn gass, usakan yg SNI, Dan klo ada suara2 aneh jngn kompromi, langsung ganti aja yg Baru…

Dari Rumah69:

Cara menghidupkan kompor gas regulator macet gak nyala

Cara menghidupkan kompor gas regulator macet tidak nyala (rumah69.com)

Kalau diketuk ga berhasil, ini juga bisa jadi referensi:

cek di lubang keluar regulator kok kayak gak plong, alias ada benda berkilau yang menahan saluran keluar, dan itulah gotri (kelerenbesi) yg berfungsi sebagai penyumbat otomatis jika via regulator terdeteksi kebocoran ataupun tekanan tinggi diatas yang ditentukan, maka gotri itu akan mengarah dan menyumbat saluran tersebut. Namun dalam case ini bukan berarti memang ada kebocoran di saluran gas kompor mimin, ini biasa terjadi karena ketika kompor digunakan gas keburu habis dan ketika tabung gas baru dipasang, terdapat tekanan tinggi yg mendorong gotri ke saluran keluatan dan menghambat keluarnya gas.

Mimin ketuk perlahan ujung saluran keluar dari regulator itu sampai gotri terlepas dan masuk kembali. Jika tidak terlepas, coba ambil sebatang lidi lalu dorong perlahan hingga masuk.

Hmm ternyata si gotri ini toh yang membuat dapur mimin enggak ngebul hehehe…

Setelah itu terdengar kalau regulator digoyang, maka ada bunyi gotri, mirip bunyi cat semprot kaleng jika digoyangkan. Nah berarti gotri aman ga nyumbat nempel di saluran manapun didalam regulator.

Lalu mimin pasangkan kembali regulator ke selang dan pengencangnya dipastikan kuat mengikat sambungan.

Setelah itu dipasangkan regulator ke tabung gas, terasa ketika mengunci ada semacam tekanan di regulator, lalu mimin coba nyalakan kompor…eh kok belum nyala? Hmmm… Mimin curiga si gotri lari lagi cuma entah ke atas atau ke samping saluran keluar. Lalu regulator dilepas kembali dari tabung, kemudian mimin ketuk perlahan bagian tengah atas regulator dan ketuk perlahan bagian leher keluaran gas yg menyambung ke selang, sambil posisi dimiringkan (posisi saluran keluaran/selang keatas).

Kemudian mimin pasang kembali regulator ke tabung gas dan mengunci secara perlahan. Pastikan pemasangan aman dan tidak ada gas yang keluar.

Lalu kompor dicoba dinyalakan dan…Alhamdulillah akhirnya nyala juga…

Kurang lebih itu cara saya mengatasi penyebab kompor gas tidak mau hidup setelah mengganti tabung gas. Selamat memasak.

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

288 Comments

  1. pecinta lpg

    Wah benar sekali setelah dipukul-pukul sampai terdengar kicik-kicik terus dipasang dan coba dinyalakan, terimakasih tips nya trust me its work.

    Reply
  2. mahib

    Alhamdulillah, akhirnya istri bisa masak utk buat bukaan. Setelah hampir 2 jam bongkar pasang selang n regulator uda ada rencana mau beli kompor baru, untung kepikiran buka gugel.. n nemu dah tips mas ridha ini. N manjur.. Makasih mas smg berkah..amin

    Reply
  3. RatUtips

    Hlo mas.. thanks ya informasinya bermanfaat.. sampai gas pun ada masalahnya ya mas.. kita harus pintar2 untuk memperbaiki gas yang sedang bermasalah

    Reply
  4. ratUtips.com

    Halo mas.. thanks y mas.. informasinya. Ini berguna banget bagi yang sudah bekeluarha.. apalagi buat makan dan masak ternyata terhambat oleh gas yang ga nyala2 dan macet… sangat bermanfaat thanks mas informasinya

    Reply
  5. Anita

    Mlm ini saia baru mengalami hal ini. Baru ganti tabung gas dicoba terus menerus sampe bete dan bosen akhirnya saia memutuskan utk kembali ke warung tempat beli tabung gasnya dan minta tuker tabung.. dgn senang hati si pedagang bilang silahkan saja neng klo ga bisa jgn didiemin.. lalu saia coba lagi.. coba lagi dan lagi lagi lagi dst sampe putus aja dan berfikir apa ganti regulator saja (regulator saia merk winn gas). Tp tb2 kepikiran buat nanya mbah google saja dan menemukan blog ini. Setelah saia baca semua tulisan dan komen.. saia coba pahami dan lgsg praktek.. alhamdulillah 8 pukulan dgn telapak tangan.. 3 kali buka tutup knop saia pasang kembali regulatornya daaaaann tadaaaaa.. menyala.. bsk bisa masak sahur dech..
    Tengkiu so much pak Ridha dan semuanya yg udah berbagi pengalaman di kolom komen.. selamat menunaikan ibadah puasa buat yg menjalankan..

    Reply
    • Dwi AST

      Ini baru kali pertamanya sy pasang tabung gas..biasa suami yg bantuin, krn saat ini suami lg keluar kota..alhasil harus pasang sendiri..sdh coba pasang, spertinya gampang..tinggal tekan, putar dan pastikan tdk mendesis dan bau, sdh dicoba kompor ga bs nyala2, sdh ditekan2, diulang2 ga bs jg..akhirny ke warung tempat beli dan ditukar yg baru..dicoba lagi, ga bs juga, mana penjualnya ga mau bantuin alasany toko ga bs ditinggal..akhirny google dan alkamdulillah menemukan blog ini..dan sangat2 membantu saya..sy ikuti arahanya hanya 2x..lgsg bisa nyala….wah senang sekali, skali lagi Terimakasih Mas Ridha.sehat selalu

      Reply
  6. Heru

    Alhamdulillah…menyala hbs ganti tabung, sy ganti td sore, g nyala, sy tinggal pergi, plg mau rebus air g bs, bc blog Mas Ridha cb ketuk2 regulator, Alhamdulillah bs. Terima kasih Mas Ridha

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama Pak Heru. Semoga bermanfaat juga informasi setelah ganti tabung gas malah gas tidak hidup. Apalagi sekarang tabung gas melon sudah pada berubah jadi tabung gas 5 kg yang berwarna merah muda atau pink.

      Reply
  7. panglima kumbang

    Haahah…. luar biasa ..Alhamdulillah
    berhasill… dalam hitungan detik..
    dan sekaligus akhir nya ana bisa buka usaha jasa mengatasi kemacetan kompor gas.. hehe(Becanda)
    Semoga ilmu yang dibagikan menjadi amal pahala bagi om admin..

    Reply
    • Ridha Harwan

      Aamiin. Moga bulan ramadhan besok dapat banyak pahala lantaran hanya untuk urusan tips memasang gas agar cepat naik ke selang. Semoga pas buka puasa besok misteri penyebab kompor gas tidak menyala ini berhasil dipecahkan di dapur kesayangannya.

      Reply
    • Ridha Harwan

      Luar biasa memang urusan gas lpg tidak bisa naik ke kompor buat lebaran nanti. Eh masih sebulan lagi ya.

      Reply
  8. rIshart

    Luar biasa..sy baru aja selesai uatak atik kompor sejak jam 21:30 wit dan skrg 01:40 dan akhirnya berhasil..luar biasa..nyaris ganti kompor gas…makasi untuk artikelnya..

    Reply
    • Ridha Harwan

      Wah Bu, perut sudah keburu laper tuh. Apalagi bentar lagi bulan ramadhan. Bakalan keburu sahur nih buat urusan kenapa kompor gas tidak mau menyala. Biasanya malam-malam ada jual sate jam segitu lewat depan tempat tinggal.

      Reply
  9. vika

    Hai mas.. sudah lama nih saya gak bw ksni yaaa..

    Artikel yang sangat bermanfaat. saya sering mengalami kejadian tersebut, Namun biasanya saya suka menggunakan karet merah yang ada didalam gas nya dan ditukar dengan karet yang pas. Dan akhirnya berhasil. Jadi dari karet juga ngaruh juga loh mas.. mangga dicoba :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih banyak Ibu Vika atas tips kompor gasnya. Benar, kadang karet merah kompor gas itu juga berpengaruh. Semoga ini bisa dipakai untuk cara mengatasi gas elpiji beku.

      Reply
  10. Risma Eko

    Siang ini saya masak. Pas ditengah2 proses masak, tiba2 gas habis. Jadilah saya beli gas baru di warung sebelah. Setelah saya pasang gas baru, ternyata kompor tidak bisa menyala. Saya coba nyalahin lagi berkali2 ttap tidak bisa. Sempet putus asa juga. Saya berpikir apakah harus beli regulator baru, atau kompor baru. Tapi sayang banget karna kompor dan regulator yg mash terlihat bagus. Akhirnya saya buka si google buat cari cara. Siapa tahu dapat. Dan jeng.. Jeng.. Jeng… Saya nemu tulisan ini.. Tanpa pikir panjang langsung saya praktekan. Percobaan pertama ga berhasil. Kedua ga berhasil juga. Dan yang ketiga… BERHASILL !! Alhamdulillah akhirnya saya gajadi beli kompor dan temannya itu.
    Terimakasih ya pak atas tipsnya ini. Bernanfaat sekali lho ini..

    Reply
    • Ridha Harwan

      HOREEE BERHASIL…..
      Selamat bapak berhasil mengatasi kompor tidak bisa nyala gas masih ada.
      Jangan lupa kompor gas nya diikat Pak, siapa tau setelah hidup muncul dua kaki, terus kompor gasnya bisa lari dan kabur. hehehehe

      Reply
  11. noem3d anekaherbalkita

    Alhamdulillah..kejadian pagi ini yg nyaris membuat putus asa dan mau mengganti selang yg sy perkirakan macet. Setelah baca blog ini, problem solved..! Terima kasih banyak

    Reply
    • Ridha Harwan

      Alasan penyebab kompor gas susah dinyalakan ternyata bisa bikin putus asa juga yah.

      Reply
  12. fajar infoana

    Awalnya saya kira gas tabung saya ga mau keluar karena kedinginan soale ganti tabung pas subuh. Saya kocok2, trus saya nyalain ga nyala juga. Dari pada kesel hati akhirnya saya cari-cari di internet, . Langsung ketemu dengan blognya kang ridwan, terimakasih mas ridwan.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Subuh-subuh sudah menghidupkan kompor gas, pasti mau masak kopi ya….

      Reply
  13. Budi Kusuma

    Saya punya pengalaman sewaktu ganti tabung gas, regulator sdh di-ketuk2, saya lepas selang gas dari regulator dan gotri di regulator di tekan ke dalam, tetapi kompor masih belum mau menyala. Tdk terdengar suara desis sewaktu kenop kompor ditekan.
    Saya lihat ujung selang karet yg dipasang di regulator sdh mengeras. Sy menduga mungkin gas ada yg bocor lewat karet yg mengeras.
    Akhirnya saya potong karet yg mengeras tsb sekiktar 3 cm.
    Saya pasang kembali selang ke regulator, dan regulator sy pasang ke tabung gas yg masih penuh. Langsung terdengar suara desis sewaktu kenop kompor ditekan, artinya gas sdh mengalir. Dan benar saja.. kompir langsung menyala.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Ahay, selamat pak, akhirnya tidak jadi puasa memasak selama beberapa hari. hehehe

      Reply
  14. abughaizan

    Terima kasih postingannya mas, tadi saya sempat pusing ngutak ngatik kompor gas gak mau menyala setelah ganti tabung, sekarang setelah mempraktekkan tulisan mas dan komentar rekan-rekan, alhamdulillah kompor kami menyala kembali..

    Reply
    • Ridha Harwan

      Alhamdulillah…

      Reply
  15. MaxNyoos

    Mantap mas .. artikelnya sangat bermanfaat

    Reply
    • Ridha Harwan

      Mantap…

      Reply
  16. Nico Wibesana Suheri

    Makasi om atas informasinya. Sangat membantu saya sbg mahasiswa yg sangat awam berurusan dgn kompor dan dapur. Jazikallah

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih kembali.

      Reply
  17. Ayu wahyuni Nst

    Terimakasi banyak sudah hampir 3 hari ga bisa masak, malah tanggal tua terpaksa keluar uang beli makan diluar. Makasih banyak tipsnya membantu sekali untuk saya yg anak kos

    Reply
    • Ridha Harwan

      Jadi ceritanya 3 hari tidak masak lantaran ketika tabung gas sudah terpasang tetap tidak mau menyala walau selang sudah di ketuk ketuk.

      Reply
  18. Eka

    Terima kasih banyak mas Ridha, artikelnya jitu mengatasi masalah tabung gas saya dan alhasil saya bisa bikin kopi. :) Kebetulan baru pertama kali ngalamin masalah seperti ini (seal karet kondisi baik, indikator gas penuh di regulator, tidak ada desis/bau pertanda bocor, pemantik kompor hidup). Untung ada artikel mas Ridha. Salam dari sesama kuli kata.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama @eka.
      Wah kalau musim hujan terus ngopi enak nih.

      Reply
  19. wisata

    oalah,,, itu toh penyebab kompor gas gak mau nyala,,, thanks atas tipsnya gan

    Reply
    • Ridha Harwan

      Banyak juga yah masalah kompor gas tidak menyala.
      Semoga solusi kompor gas tidak bisa menyala setelah ganti tabung gas hijau 3 kg dan 5 kg ini banyak membantu.

      Reply
  20. Dian

    Wah bener bisa nyala lg komporku,terima kasih infonya ya

    Reply
    • Ridha Harwan

      syukurlah.
      Semoga kompor gas yang merek miyako, terus yang tabung gas ijo melon, apalagi yang gas beku bisa naik ke kompor.

      Reply
  21. Irma

    Maksih banyak pa donny dunggio saran nya maaf loh pa pagi2 saya telpon hampir mau saya lempar tuh tabung gas mau masak susah alhmdulillah saran yang di usul kan pa donny berhaasil …….akhirnya saya bisa goreng menggoreng lagi hihihi peace save dapur ngebul

    Reply
    • Ridha Harwan

      Hore…. Hidup dapur ngebul….
      Kalau tabung gasnya mau dilempar, lempar ke sini saja. Di sini siap nerima kok. hehehe

      Reply
  22. agus

    Alhamdulilah terima kasih Banyak atas pencerahnnya

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama Pak Agus. Semoga kompor gas yang sudah mau hidup sudah bisa dibawa jalan-jalan kembali #eh…

      Reply
  23. Dede Sutarno

    Alhamdulillah berkat baca postingan ini kompor gas baru ganti tabung berhasil menyala

    Masalahnya cuma pukul regulatornya pake telapak tangan kaya kita menekan regulatir ke bawah

    Pukul 3x juga sudah cukup dan jreng menyala yeee

    Reply
    • Ridha Harwan

      Hore… bisa masak lagi…

      Reply
  24. sunandardenny

    Terima kasih banyak mas buat postingannya, sungguh sangat bermanfaat

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama Pak. Semoga kompor gas merk quantum, modena dan rinnai bisa dipakai buat masak lagi.

      Reply
  25. gunawan

    Saya ga bisa2 mas udah saya ketok2 ..dipasang lagi..bisa nyala bentar trs mati lagi ,,karna saya dimarahin trs sama emak trpaksa beli lagi yang ga otomatis yang murah bgt … dan akirnya nyala jreng jreng tp saya masih penasaran mas mau nyoba lagi triknya masa regulator baru 10 hr udah ngeheng …tekor saya mas hehehe
    Kira2 harus saya apain nih mas regulator yg otomatisnya ..???mohon pencerahan lagi mas hehe

    Reply
    • Ridha Harwan

      Dikirm saja ke sini pak, nanti dijual lagi di sini. hehehe #Becanda.

      Coba saja taruh regulator otomatisnya di kompor gas tetangga atau pinjam tabung gas tetangga. Siapa tahu bisa hidup terus lari ke rumput tetangga yang lebih hijau. Atau regulator otomatis perlu belaian spesial. hehehe #peace

      Reply
  26. afryan krug

    Terimakasih kasih mas dengan adanya blog ini sangat membantu.yg hampir putus asa benerin LPG

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih kembali Pak sudah meninggalkan jejak.

      Mungkin pembaca lain juga penasaran kenapa saat ganti tabung gas gasnya tidak mau naik dan nyala.
      Semoga penunjuk cara mengatasi gas 3 kg yang beku ini berhasil membuat kompor gasnya bisa hidup dan berlari. #eh

      Reply
  27. Nanda Luth

    Alhamdulillah ilmu baru dan bermanfaat

    Reply
    • Ridha Harwan

      Ilmu kompor Gas si Indro ya…

      Reply
  28. Hilman

    Luar biasa,,saya hanya butuh kurang dari 30 detik ,buka regulator pukul perlahan bagian atas ,pasang kembali kemudian nyalakan kompor gas,,,jrengjrengggg,,,,,terimakasih infonya bermanfaat sekali…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Azeeek, selamat pak Hilman. Semoga kompor gasnya gak mogok lagi.

      Reply
  29. ADE PRATIWI JOANI

    Alhamdulillah terima kasih dg adanya blog artikel ini akhir nya nyalaa juga kompor gas sy, sempet putuss asa pengen nangis mau balikin tabung nya ke penjual jarak dari kos nya jauh mana ga ada kendaraan pula. Tapi untung lah stelah sy praktekkan caranya dg menepuk2 regulator menggunakan ulekan kayu akhir nya berhasil nyala yeayyy. Senang sekali dan puasss sekali. Terima kasih sekali lagi ??

    Reply
    • Ridha Harwan

      Wah regulatornya ditepuk pakai hati ya. Jadi regulatornya gak ngambek lagi…
      Jangan nangis atuh, nanti regulatornya ikutan ngambek…

      Reply
  30. Ade Suryanto

    Alhamdulillah nyala masya Allah artikel benar2 bermanfaat jazakumullahu khairan semoga Allah membalas kebaikan anda semua terutama pak Ridha dan pak Donny

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih Pak atas doanya. Terima kasih kepada pengunjung blog ini yang cantik-cantik.
      Terima kasih kepada ibu-ibu yang sudah memasak gulai ayam opor pakai kompor gas lalu dikirm ke sini. :D

      Reply
  31. ramdani

    malam mas, cm mau share trick sy, nambahin solusi buat mengatasi kompor gas drmah…
    1. regulator dilepas dr tabung gas.
    2. posisi regulator dibalik (ditengadahkan)/ posisi jarum regulator menghadap ke atas.
    3. dalam posisi ini, regulator diketuk-ketuk menggunakan telapak tangan, dgn harapan klep otomatis dpt terbuka kembali.
    4. lalu perlahan pasang kembali regulator ke tabung gas, putar kunci regulator, harusnya pd tahap ini terdengar suara aliran gas.
    5. nyalakan kompor gas…taraaaaaaa..
    6. alhamdulillah…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Mantap Pak Ramdani.

      Cara menghidupkan kompor gas ini kayaknya bisa jadi alternatif. Lengkap dan ringkas.
      Kalau gitu saya izin taruh di atas Pak.
      terima kasih atas komentarnya.

      Reply
  32. Jodi JMN

    Thanks gan,berkat blog ini kompor gas gue hidup lagi gua kasih bintang 10 deh buat blog ini **********

    Reply
    • Ridha Harwan

      Aseekk….
      Kalau kompornya sudah hidup, jangan lupa diiket Pak. Ntar kabur ke tetangga lagi kompor gasnya sambil bawa tabung gasnya.

      Reply
  33. Sandra

    Wahh semua pada berhasil yah. Saya dan suami sampai sekarang blm berhasil. Udah semalaman ngerjainnya tapi tetep g bisa. Udah pakai cara diatasi jg ga bisa. Tabung baru dan regulator baru juga. Ada yg bs bantu ga ya?

    Reply
    • Ridha Harwan

      Coba pukul atas regulator gas pakai obeng. Tapi jangan keras-keras.
      Regulator gas dicopot dulu dari kompor gas.

      Reply
  34. Nita Indriyani

    Alhamdulillah akhirnya bisa nyala juga, setelah saya dan suami selama 45 menit otak atik regulator dan switch kompor, sempat “mengggu” Mas Ridha tanya bagaimana kok ga nyala-nyala, akhirnya setelah mengikuti instruksi Mas Ridha dan ditambah mengendorkan kunci selang yang dari regulator sekaligus diketok-ketok pelan pakai pegangan obeng si kompor bisa nyala juga. Terima kasih banyak buat informasi yang Mas Ridha berikan, malam ini bisa lanjut goreng ikan dan tempenya :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama kembali Ibu Nia.
      Nah iya benar, obeng buat pukul regulatornya. Daripada dengkul yang sakit.
      Selamat memasang kambing, eh goreng ikan.

      Reply
  35. giaqun

    terima kasih banyak artikel nya sangat membantu saya

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih kembali.

      Reply
  36. STP Trisakti

    Artikel bagus yang sangat bermanfaat, terima kasih

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kembali kasih.

      Reply
  37. Malik Mt

    Terima kasih artikelnya, sempat nyerah mau panggil org utk bantuan, setelah baca artikel ini dan mencobanya sekitar 2 menit langsung bisa.
    Saya lakukan cabut regulator, knop dalam kondisi on, regulator di ketok pakai telapak tangan. Pasang lagi, sukses

    Reply
    • Ridha Harwan

      Selamat Pak….

      Reply
  38. Ashrul Faizin

    Terimakasih mas Ridha, abis mudik dari kampung mau masang selang gas, eh… abis dipasang malah gak mau hidup kompornya, udah saya buka buka juga kompres eh… Kompor nya, tetap gak hidup, putus asa… Iseng saya googling ketemu blog ini, saya ketuk pelan, gak idup, ketuk kuat, gak idup, akhirnya berhasil dengan putar putar knop regulator sambil tetap ditekan/tersambung ke tabung gas, Alhamdulillaah, sekali lagi makasih mas Ridha…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Wah jangan putus asa Pak. Nanti gak jadi bagi-bagi THR dong di kampung. Jangan-jangan mudik lebarannya habis kena Brexit yah.
      terima kasih kembali Pak Ashrul.

      Reply
  39. David

    Terima kasih, saya mengalami masalah yg sama, setelah googling ketemu web ini.. Saya jg tidak tau pasti karena diketuk2 atau putar2 knob item, tp yg penting kompor udah nyala lg :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Selamat Pak. Akhirnya lebarannya gak jadi minum air putih saja. Bisa makan opor ayam sama gulai kambing.

      Reply
  40. hernawan

    berhasil hahaha…
    saking frustasinya lubang keluar gas dari regulator saya getok pake pegangan obeng + yang bahan karet. saya getok 2 kali… agak lumayan kenceng sie… tapi akhirnya berhasil… nyala tu api… heheh terimakasih pak ridha

    Reply
    • Ridha Harwan

      Nah ini nih, cerdas Pak. Jadi tangannnya gak sakit. Terima kasih kembali Pak.

      Reply
  41. Kuncoro Sigit

    Yes berhasil…
    Haha.

    Thank you thank you..

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kayaknya Bapak sambil nulis komentar ini sambil masak lontong trus nari poco-poco Pak yah. :D

      Reply
  42. dan

    saya maunya ga komen. tp habis baca artikel ini trs berhasil saya hrs blg makasih banget mas. ( nyobain dr sbelum buka sampe selese pertandingan bola).

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kok bisa samaan yah sama yang di atas. Kayaknya pada nonton liga champoinship waktu itu. Zidane bukan yak pemenangnya.

      Reply
  43. Siti fatimah

    Pengalaman saya banget ini. Terima kasi banyak mas ridho.
    Artikelnya membantu sekali. Malem2, laper, mau masak mi, gas abis, beli baru, mampet gak nyala2, sampe keringatan. Ampe ditinggal nonton bola dl, barng suami. gak nyala juga. Dan akhirnya, buka blog, alhamdulillah, nyala….

    Reply
    • Ridha Harwan

      Weh habis nonton bola trus kompor gasnya mau hidup….

      Di Pertandingan bola itu siapa pemenangnya, valentino rossi atau Rio Haryanto. #eh…

      Reply
  44. Alvin Sadikin

    Saya gak akan baca-baca blog ini kalau ga ada masalah sama gas LPG… heheh…
    Iya baru juga ganti tabung yang baru, ga mau nyala. Regulator di buka, diketok2… coba diputer2… ga berhasil juga.
    Akhirnya dalam kondisi terpasang, diketok pelan-pelan akhirnya mau juga nyala.
    Makasih TS.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Selamat berbuka puasa dengan kolak pisang pak…

      Reply
  45. dyan yulianti

    saya uda coba tapi tetap gak bisa. tangan saya sampai sakit puter” gas dan putar knop. gara” gas gak bisa, buka puasa dirumah pun gagal. dan gak tau gimana saurnya nanti. help me please !!!
    *nasib anak kost*

    Reply
    • Ridha Harwan

      Wah kok gak bisa sih…
      Coba ditiup trus regulatornya dibawa salat teraweh, siapa tau regulator gasnya bisa jalan lagi.
      hehehehe

      Reply
  46. Yudha

    Berhasil mas…terimakasih banyak tipsnya!!!;))

    Reply
    • Ridha Harwan

      Alhamdulillah.

      Reply
  47. Maulana achmad

    Bagus sekali tips nya bu. Saya coba . dan berhasil, terimakasih kawan kawan

    Reply
    • Ridha Harwan

      Mantap. Selamat memasak hidangan berbuka puasa Pak.

      Reply
  48. Warni

    Wah… terimakasih buat postingannya mas…
    Hari ni aku ngalami yg hal serupa dgn yg teman2 alami. Pas aku coba sesuai intruksinya,,,,,,, aku kaget karna api kompor gas ku dah idup lagi.
    Postingannya sangat bermamfaat????

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih kembali @Warni.
      Selamat memasak hidangan untuk berbuka puasa….

      Reply
  49. edy.P

    Eh kejadian juga, dicoba RESEP nya naaaaaaa, nyala deh, makasih postingnya, infonya sangat bermanfaat, wassalam

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama Pak Edy.

      Reply
  50. Afrid Fransisco

    punya saya indikator gasnya ngga pengen nyala atau berputar. tu gimana solusinya ya padahal habis beli tabung gas yg baru

    Reply
    • Ridha Harwan

      Berati regulator gasnya yang rada eror.

      Reply
  51. Viky

    kejadian yg menyebalkan sama dengan kejadian yang aku alami,,,saya coba biarkan setengah jam,dengan regultor terkunci alhamdulillah hidup..terkadang slang saya buka,reulator tetap terkunci pada tabung lalu sya tutup separuh lubang regulator yang menuju slang dan slang didekatkan agar gasnya masuk dalam selang,,setelah itu saya gabungkan kembali antara selang dan regulator,,

    Reply
    • Ridha Harwan

      Caranya unik juga yah.
      Bukannya gas mengalir kalau selang gasnya dibuka. Ngeri dong.

      Reply
  52. software gratis dot net

    Sukses gan.. Makasih tipsnya

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih.

      Reply
  53. Novita

    Makasih bnyk pak Ridha. Sblm nya sy ini ga berani (dan ga mau) ganti tabung gas sendiri. Buat sy ini mutlak tugas suami hehehe. Smp akhirnya hr rabu kmrn tiba2 gas habis dan suami sy lg diluar kota baru pulang jumat. Terpaksalah minta tolong tetangga buat pasangin gasnya. Eh…lha kok ga mau nyala jg, tetangga jg udah nyerah ya sdh lah pasrah. Udah kepikiran dapur ga bakal ngebul smp hr jumat. Sambil mikir mau beli apa buat makan siang iseng2 nanya mbah google dan ketemu tulisan ini, teorinya sih simple tp mau praktekinnya ngeri. Tiba2 kenekatan datang ketika nyuapin anak sy usia 8bln. Masa 3hr mau dikasi makanan instan ya. Sy copot deh tuh regulator, diketuk2 trus diputer2 kenopnya, trus dipasang, ga mau nyala jg. Smp 3x nyerah deh males mau nyopot lg. Iseng sy puter sedikit regulatornya ke kanan/kiri lupa. Daaan….nyalaaa deh. Masyaallah bangganya sy bisa mengatasi sdr masalah kompor ini. Ngebul lg deh dapur sy. Sekali lg makasi pak Ridha. :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Wah Ibu Novita ini salah satu contoh ibu teladan yang sayang banget sama anak.

      Demi anak, apa saja dilakukan Ibu. Sampai-sampai rela berjuang dan nekad mengatasi solusi kompor gas susah menyala lantaran kompor gas macet gak mau hidup.

      Terima kasih kembali…

      Reply
      • Deni Wijaya

        Keren, saya bisa pasang gas, tapi ga pernah nemuin masalah seperti ini, kemarin akhirnya ngalamin juga (mertua saya). Saya bingung,beliau juga bingung, sudah diketok kabel,kompor dibolak balik, regulator dicopot…ga mau hidup, setelah saya baca blog ini akhirnya kompor saya tetap ga mau hidup juga….padahal dah diketok-ketok..akhirnya saya baca ulang dengan teliti….o ternyata diketok agak keras pakai telapak tangan bawah…akhirnya…bisa!!! Horay…(tambahan:waktu saya ketok agak keras langsung tercium bau gas dari regulator, apakah itu tandanya cinta ya? Eh salah..tandanya gasnya terbuka ya…makasih banyak lho mas ridha..salam sejahtera buat semua pengunjung blok keren ini…

        Reply
        • Ridha Harwan

          gas 3 kilo tak mau hidup
          Syukurlah tabung gas 3 kilo nya beserta gasnya mencintai Pak Deni.

          Reply
  54. gusni rahayu

    ternyata benar seperti yang ada diblog ini. saya baru ganti tabung gas, setelah dipasang regulatornya kompor tidak menyala. setelah searching gugel akhirnya ketemu blog ini dan langsung saya praktekkan. sekali coba kompor saya langsung menyala.
    terima kasih ilmunya pak :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama. Saya juga pakai ilmu google kok.

      Reply
  55. arez

    terima kasih… sebelumnya hampir putus asa setelah 1 jam berusaha untuk menghidupkan kompor gas keluarga saya. saya ikuti cara yg ada di blog ini yaitu dengan mengetuk regulator dengan telapak tangan saya. awalnya tidak berhasil juga. tapi saya coba lagi dan setelah terpasang saya ketuk lagi dengan perlahan, tunggu sekitar 1 menitan lalu saya coba hidupkan dan berhasil.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih kembali.

      Reply
  56. Anang Yudhi

    Hehe tips nya kang Ridha bener pisan, ini sy baca blognya setelah lieur atau pushing ngadepin si Melon ga mau konek sama kompor gas. Waktunya dah malam sekitar jam 10 malam tgl 7/3 2016. Hampir satu jam ngurus itu si melon, utak atik sampai bosen, pepatah sunda mengatakan” ibarat Monyet ngagugulung kalapa” hehe.
    Akhirnya sy baca blognya Kang Ridha dan dipraktekan langsung hehe Cek gur, nyala euyyyy hurung euyyy …
    Terima kasih Kang
    Nuhun…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kok saya baca komentar Kang Anang ini seperti orang yang menari-nari dan melompat-lompat yah.

      Senang sekali kompor gasnya bisa hidup kembali.

      Komentarnya seperti bahagiaaaa sekali… :D

      Reply
  57. Yusuf Arif Setiawan

    Terima kasih pak Ridwan, semoga tulisan bagus ini jadi amal jariyah sampeyan. Awalnya saya kira gas tabung saya ga mau keluar karena kedinginan soale ganti tabung pas subuh. Saya kocok2, trus saya nyalain ga nyala juga. Dari pada kesel hati akhirnya Googling, dan ketemu blog ini. Langsung ketuk ketuk, langsung deh nyala. Sekali lg terima kasih banyak.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih kembali Pak Yusuf.

      Reply
  58. Sari

    Terima kasih bnyak pd penulis artikel ini,sangat2 membantu…
    Saya selama ini hnya merengek ke tetangga sbelah tiap x kjadian sperti ini,tp pertama x nya dlm hidup akhirnya saya bs mengatasi itu semua sndiri tentu dgn bntuan pnulis dn komentator artikel ini.
    Terima kasih :-)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama Ibu Sari, terima kasih kembali.

      Reply
  59. Mit

    Alhamdulillah terimakasih banyak penjelasannya om, sangat membantu hehe

    Reply
    • Ridha Harwan

      Syukur deh, gak jadi ganti kompor gas baru yak. ^_^

      Reply
      • Ratih c'tephu

        Gr2 srg payah di hidupkan kompor gas & water heater stlh gas di ganti , jd nya sy punya stok 3 regolator. Klw gk bs nyala , ya sy tukar regulatornya dgn stok yg ada. Untg sj sy gk keburu membuang regulatornya setiap x ganti krn sy pkr rusak.
        Sy br tw trnyata ada tehnik ketuk mengetuk.
        Trimakasih pak sharingnya.
        Smga bpk & klrga sehat slalu & murah rezeqi.

        Reply
        • Ridha Harwan

          Aamiin terima kasih.
          Sampai punya 3 regulator gitu yah.
          Sayangnya belum ada tukang servis regulator online nih. hehehehehe
          Saya juga bukan tukang servis regulator loch.

          Reply
  60. budi

    Terima kasih articlenya ..mataps tipsnya Om,,,hampir saja magu ganti selang….

    Reply
    • Ridha Harwan

      Regulator gasnya digetok pakai palu atau dibanting, hehehehe

      Reply
  61. Welly Satria Utama

    Terima kasih om, tipnya sangat bermanfaat dan berhasil.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama.

      Reply
  62. lena

    Aduuu setiap ganti tabung gas jarang sekali langsung menyala …. Ini sdh dua hari Gasku ngk mau hidup sdh diputar2 sdh diketuk2 tapi ngk mau hidup????? plisss tman2 Gmna caranya hikhikhiks

    Reply
    • Ridha Harwan

      Aduh, kenapa diketuk gak bisa hidup….
      Gak masak dong 3 hari ini. :D

      Reply
  63. mimi

    Syukurlah akhirnya bisa hidup kompor gas rumah berkat artikel ini , sempat putus asa sudah 2 hari tidak masak karena kompor gas yang baru ganti tabung tidak mau menyala , internet memang sangat mendukung kehidupan.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kompor gasnya kok bisa hidup yah. Emang kompor gas bisa berjalan gitu. Padahal kompor gas kan benda mati. hahahaha

      Reply
  64. fachry alfiandra

    Alhamdulillah makasih ilmunya kang, dari tadi otak atik sampe putus asa sblm nemuin artikel ini. Skrg kompornya dah nyala lagi, mudah banget trnyata. Hehe mksh bykn kang.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau kompornya sudah nyala, jangan lupa kompornya diikat. Nanti malah lari lagi kompornya. hehehehe

      Reply
  65. Buds

    Wah, setelah seharian utak atik copot pasang.. Akhirnya iseng coba cari solusinya di Google.. Ketemu artikel ini, dicoba dan anehnya berhasil… Terima kasih om.. Ijin share ya..

    Reply
    • Ridha Harwan

      Apanya yang dicopot dan dipasang kembali. Bukan jantungnya kan yang dicopot. :D

      Silakan dibagikan kembali.

      Reply
  66. Koko Nata

    Alhamdulillah, setelah diketuk-ketuk regulatornya, kompor gas bisa menyala

    Reply
    • Ridha Harwan

      Setelah diketuk-ketuk, ada yang keluar gak yah.

      Reply
  67. Theodorus Erastus S

    Terimakasih wejangannya kawan”. ? sangat mujarab

    Reply
    • Ridha Harwan

      Emang ada wejengan di sini. hihihihi

      Reply
  68. rasmo soenarto

    klo gotri yg menyumbat ditahan lidi kira “bahaya nggak mas

    Reply
    • Ridha Harwan

      Waduh saya gak tahu. Kayaknya bahaya. Bukannya gotri itu berfungsi menahan tekanan yang tiba-tiba? Lebih baik coba ditanyakan ke tukang servis kompor gas.

      Reply
  69. Tisna Sutisna

    Akhirnya berhasil setelah semalaman bingung mencari cara mengatasi kompor gas yang tidak bisa nyala setelah ganti tabung. Terima kasih kepada mas Ridha atas info nya di blog. Ternyata di dunia maya lewat mbah Google sdah ada yang sharing masalah2 seperti ini. Sangat membantu…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Beginilah dunia Maya. Dunia era cucu dan anak-anak sekarang. Apa saja orang menulis dan mencari di google.
      Semoga masakannya enak pak/bu yah.
      terima kasih kembali.

      Reply
  70. Irwansyah C Nugraha

    Terima kasih atas sarannya. Saya baru pertama kali ganti tabung gas. Alhamdulillah setelah baca referensi ini kompor gas saya nyala lagi dan aman. Sekali lagi terima kasih.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih kembali juga Pak Irwan.
      Saya juga banyak berterima kasih dari para komentator. Banyak informasi tambahan yang disampaikan oleh yang meninggalkan komentar di sini.

      Reply
  71. Erlin

    Terima Kasih. Masalah yang sama saya alami, saya menggantikan tabung gas tetapi ketika dipasang regulatornya kompor tidak mau menyala, dicoba berulang-ulang tidak juga menyala. Jalan terakhir saya penyebab hal ini terjadi dan bagaimana jalan keluarnya dengan mencari informasi di Google. Ternyata saya dapat jawaban, ketika dicoba dengan mengetuk dan menggoyangn kepala regulator, dipasang regulatornya kompor langsung menyala.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih kembali. Berarti benar yah masalahnya ada di regulator dan sistem regulatornya yang menutup secara tiba-tiba jika ada tekanan gas muncul tiba-tiba.
      Semoga masak nasi gorengnya gak pakai vetsin yah.

      Reply
  72. Vera Sugi Lestari

    Terimakasih pak, informasinya sangat bermanfaat :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sate bakarnya sudah masak Bu. Boleh dong dikirim ke Bandung. :D

      Reply
  73. John P

    makasih sangat om admin n kawan2 yg sudah kasih solusi..

    Reply
    • Ridha Harwan

      Hore bisa masak ayam goreng lagi…

      Reply
  74. Ava

    Terimakasih bgt tipsnya pak ridwan.
    Kompor ibu saya dari kemaren ga bisa nyala setelah ganti tabung….hampir putus asa, saya googling dan ketemu blog ini.
    Hanya saya tepuk tepuk beberapa kali sesuai instruksi di blog ini langsung nyala lagi kompornya.
    Terimakasih.

    Reply
    • Ava

      Maaf salah nama. Ridha mksd saya. Hehe

      Reply
      • Ridha Harwan

        Iya dimaafkan. Pak Ridwan itu tetangganya yah. hihihi

        Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih kembali.
      Setelah itu jangan lupa tepuk tangan yah. :D
      Tepuk, Ketuk, pukul, ketok, getok, jitak, apalagi yah. hahahaha

      Reply
  75. Rumah69

    Kalau diketuk ga berhasil, ini juga bisa jadi referensi:

    cek di lubang keluar regulator kok kayak gak plong, alias ada benda berkilau yang menahan saluran keluar, dan itulah gotri (kelerenbesi) yg berfungsi sebagai penyumbat otomatis jika via regulator terdeteksi kebocoran ataupun tekanan tinggi diatas yang ditentukan, maka gotri itu akan mengarah dan menyumbat saluran tersebut. Namun dalam case ini bukan berarti memang ada kebocoran di saluran gas kompor mimin, ini biasa terjadi karena ketika kompor digunakan gas keburu habis dan ketika tabung gas baru dipasang, terdapat tekanan tinggi yg mendorong gotri ke saluran keluatan dan menghambat keluarnya gas.

    Mimin ketuk perlahan ujung saluran keluar dari regulator itu sampai gotri terlepas dan masuk kembali. Jika tidak terlepas, coba ambil sebatang lidi lalu dorong perlahan hingga masuk.

    Hmm ternyata si gotri ini toh yang membuat dapur mimin enggak ngebul hehehe…

    Setelah itu terdengar kalau regulator digoyang, maka ada bunyi gotri, mirip bunyi cat semprot kaleng jika digoyangkan. Nah berarti gotri aman ga nyumbat nempel di saluran manapun didalam regulator.

    Lalu mimin pasangkan kembali regulator ke selang dan pengencangnya dipastikan kuat mengikat sambungan.

    Setelah itu dipasangkan regulator ke tabung gas, terasa ketika mengunci ada semacam tekanan di regulator, lalu mimin coba nyalakan kompor…eh kok belum nyala? Hmmm… Mimin curiga si gotri lari lagi cuma entah ke atas atau ke samping saluran keluar. Lalu regulator dilepas kembali dari tabung, kemudian mimin ketuk perlahan bagian tengah atas regulator dan ketuk perlahan bagian leher keluaran gas yg menyambung ke selang, sambil posisi dimiringkan (posisi saluran keluaran/selang keatas).

    Kemudian mimin pasang kembali regulator ke tabung gas dan mengunci secara perlahan. Pastikan pemasangan aman dan tidak ada gas yang keluar.

    Lalu kompor dicoba dinyalakan dan…Alhamdulillah akhirnya nyala juga…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Saya minta izin langsung taruh tulisannya di sini ya. Saya minta izin ambil gambarnya trus saya taruh di atas.
      Terima kasih.

      Reply
    • Sutrisno

      Trima kasih atas info yang sudah diberikan,saya jugga mengalami hal serupa kompor tidak bisa menyala.ech,ternyata benAr ada gotri yang masih mengumpat saluran gas…hehehe

      Reply
    • Kemasrozaliumar

      Terima kasih banyak..ternyata si gori yg bermasalah..bolak balik ..miring kiri dan kanan..nice info…terima kasih banyak….

      Reply
      • Ridha Harwan

        Cukup regulatornya saja yang dibolak-balik, kepalanya gak usah ikut-ikutan miring. :D

        Reply
    • Yuchi

      Terima kasih saranya mas @Rumah69.
      Langsung work alhamdulillah karna aku pake regulator Merk Qu*ntum.

      Reply
  76. nisa yusfiatun

    terimakasih infonya…kebetulan saya punya kasus yang sama, curiga nya sih ke kompor gas ku..karena ganti kompor pakai kompor kaca tanam (tadinya biar lebih bersih dan dapurku aga kekinian..hehehe)….eh malah susah keluar gas..pasti itu meski sehari dulu kaya gasnya belum poll masuk ke selangnya pakai tabung yang melon…sekarang uadah 3 hari masih belum nyala..sampe masak pakai magic com dari mulai sop,buat bubur kacang, nasi pun slalu nasi liwet biar berbumbu diatasnya pakai ikan Asin langsung di tim..lama kelamaan osyen juga tiap hari nasi liwet…akhirnya pinjam ke kaka kompor gas tunggal..ada cara lain pa? IngsyaAlloh nanti di rumah di praktekan…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Wah masaknya sampai 3 hati pakai magic com, cemunguth hehehehe
      Nasi liwet sama ikan asin, kayaknya enak juga tuh.
      Dapurnya kayaknya keren tuh, boleh dong dipotoin. hihihi

      Coba aja ganti regulatornya, pinjam regulator tetangga. Bisa juga ditukar, gasnya ditukar ke gas tetangga.
      Semoga sekarang sudah berhasil.

      Reply
  77. detarenji

    Wah alhamdulillah akhirnya nyala juga lpg sy hehe, sblmnya terimakasih sudah sharing :D, tp klo bisa tulisan di “ketuk” itu ganti pak, soalnya sy ketuk2 pake ujung kuku gak bisa2, tp setelah baca lg penjelasan yg lain ternyata lebih tepat di “pukul” pake telapak tangan, klo sy sy hantam dia ke lutut, tp gak keras2 bngt, cukup sampe agak terguncang aja , trus pas muter knop di kompor coba pelan2, jngn terlalu cepat supaya gas yg kluar gak terlaluu kenceng, klo terlalu kenceng gasnya bisa ketutup lg, itu klo kompor sy hehe.. Oyaa merk regulator sy winn gass, usakan yg SNI, Dan klo ada suara2 aneh jngn kompromi, langsung ganti aja yg Baru…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Saya gak berani pakai kata “Pukul”. Khawatir malah regulatornya dipukul pakai Palu lagi. hahahaha
      Saya juga bingung mau pakai kata apa, pakai kata “jitak” malah jari yang sakit. hehehe
      Iya benar tuh, putar kenopnya itu antara pelan-pelan atau kenceng-kencang, mungkin agak sedang putar kenopnya.
      Terima kasih sudah berbagi, nanti saya taruh di atas deh informasi ini.

      Reply
  78. yuni .r

    Maaf pak… saya mau tanya
    Saya baru aja ganti lpg 3kg
    Awalnya gag nyala
    Tapi setelah di goyang2 baru nyala dan lama banget baru bisa nyala.
    Setelah nyala, saya baru sadar ada suara blekutuk seperti air mendidih di lubang lpg nya itu.
    Saya takut…. dan langsung tak lepas….
    Waktu regulatox di lepas,regulatornya seprti terdorong dari dalam lpg dan sedikit mental.
    Kenapa ya koq ada suara blekutuknya????
    Aman atau betbahaya???
    Mohon bantuan
    Terima kasih

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kedua pertanyaan terakhir ini kok susah-susah yah. hahahaha.
      Ini kasusnya malah tambah ngeri lagi, pakai regulatornya bisa sampai loncat gitu. Ngeri juga.

      Kalau regulatornya terpental, mungkin wajar aja karena tekanan gasnya masih penuh alias masih baru.
      Tapi bunyi bleketuk-bleketuk-nya itu yang bikin ngeri.
      Amannya sih coba tabung gas yang sama pakai di regulator yang beda. Jadi ketahuan regulatornya masih layak atau enggak.

      Yang ngerinya itu ada suara seperti gasnya bocor padahal kompor gas gak hidup.
      Kalau kompor gas nyala dan ada sedikit suara, itu tandanya gasnya ngalir. Tapi periksa juga ada bau gak, siapa tahu ada kebocoran gas.
      Aman dan berbahayanya, saya gak bisa bantu jawab. Feeling saya, itu kayaknya regulatornya deh. Gak tau juga sih. Maaf yah.

      Reply
  79. asdar

    Gini mas. Awalnya kompos gas saya nyalanga normal terus gag gasnya habis terus aku ganti deh.. Ama lpg 3 kg..terus waktu aku pasang regulatornya keluar gas (bosor) akhirnya saya ganti karet sil.. Udah aku ganti gasnya gag keluar lgi.. Pas aku nyalain.memang nyala eh tdk lama kemudian apinya mengecil dan akhirnya hilang yg lihat meteran di regulatornya kok turun sih padahal tabungnya baru.. Kemudian saya buka dan pasang kembali regulatornya meterannya naik lagi.. Pas saya nyalain lgi kompor gasnya kok meterannya turun lagi mas..
    Kok bisa kya gitu yah.?
    Mohon bantuannya.
    Terima kasih

    Reply
    • Ridha Harwan

      Apa karena regulatornya yah?
      Paling aman sih emang dicoba dulu tabung gas yang sama dicoba ke regulator yang beda. Pinjam punya tetangga.
      Kalau gak yang nyala sedikit itu, bisa jadi sisa gasnya.
      Coba aja pinjam regulator tetangga, siapa tahu bisa.

      Reply
  80. Dindin Mulyadin

    Alhamdulillah, it works, terima kasih yaa!

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih kembali.

      Reply
  81. ilhami1

    Terima kasih sarannya. Saya ketok ketok pakai pisau sampai bunyi ting ting seperti tukang bubur. Tidak lama terus bisa nyala kompor gas nya.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Ngetok regulatornya sambil mutar lagu Ayu Ting-Ting yang Salah Alamat bukan?

      Reply
  82. Dian

    Alhamdulillah .. Makasi ya mas
    Tak jdi beli regulator bru :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sayang kalau langsung ganti regulator gas baru.
      Terima kasih kembali

      Reply
  83. bunda husna

    Tengkyiu mba e.. Pusing aku seharian gara gara ganti tabung ga mau nuala. Tak okutin cara mba e. Alkhamdulillah langsung nyala
    Hehehe matur nuhun

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama.

      Reply
  84. Diori

    Wwuuuaaacchhhh mantab, ane ikutin intruksi pak ridha n donny dunggio langsung nyala..thx all

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau ayam gorengnya sudah mateng dan tumis kangkungnya sudah masak, jangan lupa dikirim ke sini Pak yah.

      Reply
  85. Rusdy

    sangat bermanfaat mas Ridha, terima kasih saran’y, aq jdi berhasil dgn tips ini mas

    Reply
    • Ridha Harwan

      Allhamdulillah.

      Reply
  86. yogi

    Mas Ridha, kalau pengunci regulatornya yang model drat diputer dari atas gimana caranya ya untuk mengatasi problem seperti diatas? Apakah ada pengalaman yang bisa bantu saya? Tks ya mas.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kayaknya saya punya yang seperti regulator yang dratnya diputer deh. Bukannya itu berfungsi untuk menekan regulator gas lebih ke bawah untuk mengurangi kebocoran? Jadi gak ada hubungannya dengan kompor gas gak menyala atau aliran gas tidak mengalir ke selang.
      Saya beli drat itu lantaran regulator saya sudah lama dipakai, minta diganti.

      Reply
  87. imaculata ose

    Kompor gas saya juga bermasalah banget dinyalax gak mau …padahal gas nya masih banyak .. langkah yg di anjurkan di ketuk regulatornya pun udh saya coba tp ttp aja gak mau menyala ..
    binggung hrs ngapaen ..
    masa mau di ganti regulator lg .. br beberapa bulan lalu saya ganti harganya lumayan 145 rb …
    apalg ini tgl tua … saya mahasiswa ..n anak kos …
    mohon bagi solusi nya …

    Reply
    • Ridha Harwan

      Wah kalau begitu sama dong, sama-sama anak kos. Sama-sama nunggu kirimin duit. hihihihi
      Diketuknya pakai bagian telapak tangan paling bawah biar bisa agak keras sedikit. Jangan pakai bagian ruas jari pada saat tangan mengepal.
      Setelak diketuk, coba goyang-goyangkan regulatornya ke atas-bawah.
      Dicoba saja terus digoyang-goyangkan dan diketuk / dipukul pelan.

      Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih kembali.

      Reply
  88. aulia

    terima kasih tipsnya,kompor udah nyala

    Reply
    • Ridha Harwan

      Alhamdulillah.

      Reply
  89. Ariepadil

    Kebetulan lagi mengalami hal yang sama. Saya baru ganti dari tabung gas 12kg ke 3 kg. Meteran sudah masuk tapi ga mau nyala, dan ketika kita buka regulator ari tabung seperti ada tekanan lumayan kuat (kayak kita buka botol soda yang abis dikocok) apa itu tandanya regulator lagi menutup otomatis?
    Udah nyoba juga tips diatas tp blm berhasil, atau belum bener caranya keburu parno hehe

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau ada suara seperti botol soda yang habis dikocok, itu tandanya tabung gas yang dibeli, beratnya benar 3 kg, gak kurang. hehehehe
      Bisa jadi regulatornya tertutup secara otomatis dikarenakan ada tekanan yang tiba-tiba besar dari tabung gas. Seperti penjelasan dalam komentar sebelumnya di atas.
      Dicoba saja cara saya di atas.
      Saya kalau beli langsung dari mini market, biasanya tabung gasnya juga besar tekanannya pada saat awal memasang regulator tabung gas. Dua kali saya mesti mengetuk dan sedikit menggoncang-goncang regulator.

      Reply
  90. ilmudes

    saya pernah juga mengalami ini mas, saya praktekin. ijin inspirasi juga ya mas :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Silakan Ilmudes.

      Reply
  91. Yola Septika

    Saya sampai nangis, ngga nyala2 kompornya. Masih dalam kompor yang sama, regulator yang sama, dan gas yang sama. Karena pindah kost, jadi di lepas sementara. Setalah di pasang kembali, termogas nya fungsi kok. Tapi ngga nyala2. Gimana ngga frustasi? Udah saya coba tips di atas tetep aja ngga bisa.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Coba diketuk pelan-pelan bagian atas regulatornya Mbak, baik kenop dalam posisi terbuka maupun tertutup. Coba diketuk pakai ujung telapat tangan atau seprti dijitakin regulatornya. Kalau gak bisa, coba digoncang-goncang sedikit regulatornya Mbak. Regulatornya dalam posisi terlepas yah dari tabung gas.

      Jangan nangis dong Mbak, nanti gak jadi masak gulai ayam lagi. hehehehe

      Reply
  92. Ivan R

    Thanks Mas..Akhirnya kompornya bisa nyala kembali setelah melakukan cara tsb.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih kembali.

      Reply
  93. nisrina

    Pernah ngalamin kasus beginian, nyoba karetnya dicuci dulu, keringkan, baru pasang lagi :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Karetnya pakai dicuci segala. Kalau saya sih ganti karetnya.

      Reply
  94. Chatoer

    Setelah stress ganti tabung sampe dituker lg tabung gasnya alhirnya bisa nya setelah diketok ketok sambil digoyang goyang itu regulator ahirnya ga batal sahurnya

    Reply
    • Ridha Harwan

      Hore aseekk. Goyang tabungnya pakai goya ngebor gak Pak. hehehehe

      Reply
  95. yuda

    ane legih extrem gan setiap kali ganti tabung selalu macet :( solusinya saya banting tabung gas nya habis itu pasti nyala hahahahaha

    Reply
    • Ridha Harwan

      wkwkwkw Koplak ini.
      Saya taruh di atas kalau gitu. Siapa tahu ada yang mau nyoba cara ini. wkwkwkwk

      Reply
  96. Donny Dunggio

    Alhamdulillah…berkat blog Pak Ridha Harwan ini,bisa membantu saya untuk mengatasi kompor gas saya yg tidak menyala/hidup setelah ganti tabung gas baru.

    Ceritanya begini…
    Memang benar sodara2 skalian, hari ini saya hampir putus asa mengatasi masalah ini. Pada akhirnya saya baca blog ini dan saya praktikkan instruksi dari Pak Ridha secara berulang2 sampai saya putus asa dan berencana mau beli regulator baru(saat ini yg saya pakai merk Quantum). Sebelum saya mau beli regulator baru, tidak tau kenapa tersirat dipikiran saya “kenapa tidak coba tlp ke Pak Ridha saja dulu? Siapa tau dari pengalaman beliau bisa bantu dan menjelaskan secara gamblang meskipun beliau bukan tukang service” hehehe…
    Dan benar saja, saya coba hub no hp Pak Ridha yg tertera di blog ini dan bisa langsung terhubung.Dan setelah ngobrol panjang lebar dengan beliau, saya coba lagi sesuai instruksi beliau. Dan hasilnya bim salabim abrakadabraaa…kompor saya bs nyala lg dan saya bs melanjutkan eksperimen saya yg putus ditengah jalan akibat gas melon yg sudah abis isinya(kebetulan hari ini saya coba masak empek2 ikan tenggiri).
    Dari pengalaman hari ini saya dpt simpulkan bahwa cara pertama saya salah karena saya beda persepsi dengan apa yg sudah dijelaskan di blog ini. Maksud dari Pak Ridha dengan mengetuk2 perlahan bagian atas regulator adalah tidak dengan menggunakan bagian belakang jari tangan seperti pd saat kita mengetuk pintu atau mengetuk dengan menggunakan jari pada ujung kuku, melainkan mengetuk bagian atas regulator dengan telapak tangan bagian bawah yg dekat dengan pergelangan tangan kita. Hal ini dilakukan saat regulator dilepas dr tabung gas dan dlm kondisi pengunci terbuka. Dan tambahan dr saya adalah seal karet tidak perlu ganti/ pakai saja dengan seal yg sudah ada di tabung gas yg baru kita beli. Hal ini meminimalisir kebocoran karena seal karet masih baru/ blom aus(rusak). Dan satu lagi,posisi selang dari regulator usahakan sama seperti biasanya kita memasak. Misalkan biasanya posisi selang dr regulator kita pasang agak ke kiri maka kita pasang agak k kiri seperti biasanya. Karena kemungkinan hal ini adalah posisi ideal selang dan regulator(ini opini saya). Memang benar pada saat posisi selang dr regulator saya putar atau geser agak ke kanan atau pas tengah2 maka kompor tidak mau nyala dan setelah saya kembalikan ke posisi ideal(agak ke kiri) maka kompor baru mau nyala.Kemungkinan posisi ideal ini adalah posisi dimana tidak ada gas yg bocor, makanya regulator tdk menutup dan dpt menyalurkan gas keluar dr tabung ke kompor. Jika posisi selang salah dan mengakibatkan kebocoran gas sedikit saja, maka regulator akan secara otomatis akan menutup dan kompor tidak akan menyala. Biasanya ini terjadi pada regulator yg ada otomatis nya(kebetulan saat ini saya pakai merk Quantum).Posisi ideal disini tidak harus ke kiri sama seperti punya saya,tapi posisi seperti biasanya pada saat kompor menyala. Bisa saja pada saat pemasangan pertama(baru) posisi selang dr regulator ada ditengah atau agak ke kanan atau yg lainnya tergantung dari kita masing2 pada saat memasang pertama kali.
    Demikian sharing dr saya mudah2 dapat bermanfaat bagi teman2 yg lainnya.

    Wassalamu’alaikum wr wb…

    Reply
    • Donny Dunggio

      Jika masih bingung dengan penjelasan saya yg panjang kayak kereta…hehehe…silahkan hub saya di 081210281350. Insya’alloh saya siap membantu.

      Oh ya..saya sampe lupa.Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Pak Ridha Harwan atas bantuannya. Semoga Alloh swt membalas kebaikan Pak Ridha dan semoga sukses…
      Amin…

      Reply
      • Ridha Harwan

        Aaminn.
        Terima kasih kembali Pak Donny.
        Sama-sama Pak.
        Terima kasih atas doanya, sukses juga buat Bapak.
        Bapak waktu itu mau masak apa yah Pak. hahahaha :D

        Reply
        • Donny Dunggio

          Klo gk salah waktu itu istri saya lagi mau masak sayur Pak. Alhamdulillah sampai saat ini banyak sodara2 kita yang menghubungi ke nomer HP saya diatas. Dan masalah kompor yang tidak mau menyala bisa terselesaikan. Sampai-sampai saya dipanggil dengan sebutan Pak Ridha, mungkin saya dikira Pak Ridha Harwan. Hehehehe…..tapi gpp yg penting kelar urusan gas nya. Senang rasanya bisa membantu sodara2 kira yang sedang kesulitan. Bahkan ada yg tlpn dari Medan, Kalimantan, Sulawesi dll…
          Wassalam wr. wb

          Reply
          • Ridha Harwan

            Wah ternyata beneran yah ada yang menelpon Bapak. Nanti kalau nomor telpnya ingin dihapus, beritahu saya yah Pak.
            Saya juga beberapa kali ada yang menghubungi saya. Ada yang via SMS atau telp. Cuman yah itu kasusnya juga macam-macam Pak.
            Terima kasih banyak Pak Donny.

    • Ridha Harwan

      Waalikumsallam wr. wb Pak Donny.
      Saya bingung mau komentar apa Mas. Panjang banget komentarnya.
      Tulisannya bisa dibuat jadi artikel tersendiri buat Pak Donny.

      Tapi begitulah, semoga tulisan saya ada manfaatnya.
      Semoga yang lagi kesulitan menghidupkan kompor gas, bisa terbantu dari cerita saya dan tips dari Pak Dony sendiri.

      Jujur Pak, saya kalau ingat cerita Pak Dony, saya jadi tertawa sendiri.
      Waktu Bapak menelpon saya, lalu saya bilang, “Maaf saya bukan tukang servis kompor gas”. hahahaha. :D

      Reply
      • Donny Dunggio

        Hahahaha….Semoga pahala buat bapak selalu mengalir berkat blog ini. Amin…

        Reply
        • Ridha Harwan

          Aamiin Pak Donny, sama-sama juga yah Pak. Karena bapak juga sudah bantuin juga.

          Reply
          • donny dunggio

            Ternyata waktu itu bukan masak sayur Pak. Tapi saya lg eksperimen bikin empek2 ikan tengiri. Dan hasilnya “GaTot” alias Gagal Total. Wkwkwkwkwk

  97. iksan

    thanks bgt gan… Solusinya super sekalii…makasihh…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama.
      Jangan lupa kalau gulai kambingnya sudah jadi, dikirim ke sini. hahahaha

      Reply
  98. Algrenz

    Alhamdulillah kompor saya pulih kembali, terima kasih tips nya mas. Mudah2an Alloh SUbhanahu wata’ala yang membalas kebaikan sampeyan.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Aamiin..
      Terima kasih atas doanya.

      Reply
  99. reno

    Terima kasih mas, kompornya dah hidup, hanya buka tutup sampe 15x gk pke digetok :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Allhamdulillah, boleh yah saya cicip ayam gulainya nanti. hahahahaha

      Reply
  100. bagong

    Trimakasih mas, kompor berhasil nyala.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Allhamdulillah, kalau gulai kambingnya sudah masak dikirim ke sini satu porsi yah. hehehehe

      Reply
  101. richo

    itu karena regulator lpgnya ketutup. kalo habis dipasang jangn langsung dinyalakan soalnya regulator mendeteksi ada kebocoran sehingga menutup. solusinya ketuk ketuk perlahan bgian regulator…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih banyak Mas Richo atas tambahan informasinya. Akan saya tambahkan dalam tulisan di atas.

      Reply
  102. Khaira

    Wah… saya sampe sekarang ga berani utak-atik tabung gas

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama Mbak, saya juga.
      Saya cuma berani ngutak-ngatik, regulator gasnya saja. Hehehehe

      Reply
  103. Renggo Starr

    Baru tau bagian atas diketuk2 biar kompor nyala. Selama ini ga pernah ada masalah sih, mas. Sering gantiin tabung gas di rumah buat masak emak. Hehe.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Berati regulator gasnya bagus kali yah.

      Reply
  104. Ramadani Idaham

    Dirumah saya juga sering ga mau menyala Mas, biasanya sih kalau sudah di ketuk regulatornya bisa nyala, trims infonya Mas….

    Reply
  105. Dede

    jaman sekarang regulator sudah banyak macamnya,dan pastinya masing2 dari regulator punya ciri dan cara yang berbeda ketika hendak digunakan,tapi kalau kita sudah faham pasti itu bukan sesuatu yang sulit…..

    Reply
    • yanto cungkup

      keknya kang dede sudah pengalaman banget nih

      Reply
    • Ridha Harwan

      Iya benar Pak Dede. Saya juga paling gak sudah tahu cara kalau kompor gas gak mau nyala.

      Reply
  106. yanto cungkup

    Siapa tahu ada manfaatnya bagi yang lagi belajar ganti tabung

    Reply
  107. cinta

    Wah…menurut saya kalau kompor gak bisa nyala setelah ganti tabung..itu mah tergantung amal kebaikan yang punya…. ;)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Paling gak sih amal saya gak jelek-jelek amat, kan rajin nyamperin blognya Jeng Yuni. hehehhe

      Reply
      • yanto cungkup

        hahaha…emang gas bisa berhubungan dengan amal?

        Reply
  108. Devy Indriyani

    takut ah mas, kalau mencoba sendiri, soalnya banyak diberitakan seringnya tabung gas meledak. kalau seperti ini memang sering terjadi, biasanya saat mengganti tabung menyuruh paman, kalau gak nya tinggal dipukul-pukul itu selangnya, hudup dech, dan bicara..
    aku sudah menyala..
    hehe

    Reply
    • Ridha Harwan

      “Aku sudah menyala” jangan lupa masak gulia, kalau sudah masak kirim ke sini. hehehe

      Reply
    • Mawan

      kasar amat pakai dipukul segala.. :D awas ada yang lompat :

      Reply
      • Ridha Harwan

        Enggak lah, diketuk, dipukul dengan pelan-pelan. Saya juga gak berani mukul regulator gas. Ntar kenapa-kenapa lagi.

        Reply
  109. Penghuni 60

    jujur sampe saat ini saya malah msh blm berani sob masang tabung gas ke kompor gas… hehe.. gak tau knp :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau sudah biasa, mungkin sudah gak khawatir lagi.

      Reply
  110. Haris Luqman Hakim

    aku juga pernah ni ngalami kayak gini, biasa bantuin istri ganti tabung gas. e… malah gak bisa nyala.

    Reply
  111. Mawan

    jujur saja saya trauma tidak berani ngotak ngatik gas, soalnya udah pernah kejadian sampai terbakar untung gak meledak :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Wah, ngeri juga yah bisa sampai terbakar gitu.

      Reply
      • Mawan

        iya mas… pokok saat itu sok banget ,hehe

        Reply
  112. Muhammad Nuhan Nahidl

    Wah kalau masalah seperti itu pernah saya alami mas. Hampir 5 kali saya alami dan yang bisa memperbaiki tetangga. karena keluarga saya tidak begitu berpengalaman kalau soal Kompor gas..

    Reply
    • Ridha Harwan

      Ternyata memang banyak juga yah yang sama kejadian sama saya.

      Reply
      • Muhammad Nuhan Nahidl

        Mungkin agan bisa kasih petunjuk lebih lanjut biar tidak terjadi lagi yang seperti itu…. hehe

        Reply
  113. Indra Kusuma Sejati

    Bila setiap ganti tabung dan yang kita dapatkan dari seal karetnya yang tidak bagus, apalagi kalau tabung gasnya sudah jelek. Biar aman saya memakai kepala regulator yang otomatis mas, jadi kalau ada kebocoran tidak jalan gasnya.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih Pak Indra, nanti saya mau iseng-iseng liat bentuk kepala regulator yang otomatis itu.

      Reply
  114. junior

    Trus terang kalo soal megang urusan yg kyk gini sy paling gak berani mas, justru kalo ada masalah sy seringnya minta tolong ama tetanga seblh rumah

    Reply
    • Ridha Harwan

      Ide bagus tuh. Cuma waktu itu saya gak ada yang bisa dimintain tolong. Maklum lagi sepi di tempat tinggal.

      Reply
      • junior

        Kalo di suruh megang yg lebih empukan, di jamin sy gak perlu minta tolong tetangga deh, yakin….

        Reply
        • Ridha Harwan

          Berati jago masak ayam goreng dong. hehehe

          Reply
  115. Bang Ancis

    Kalau urusan begini saya juga amburadul… hahaha..

    Reply
    • Ridha Harwan

      Saya sebetulnya gak sering mengurus kompor. Cuma kadang kalau begini, mau gak mau mesti bisa diatas. Mau gak mau nyari di google deh hahahah

      Reply
  116. Mu Zibur helozi com

    Kalau tidak mau menyala jarang saya mas. Kalau bocor kadang-kadang juga mas. tapi saya gak berani ngatasinya sendiri masalah kompor gas. Pasti saya segera calling tukang gasnya hehe. Ini komentar pertama saya di blognya mas Ridha. Salam kenal ya mas. Sukses terus buat mas. Terima Kasih Mas.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Salam kenal kembali Mu Zibur. Kalau bocor jangan sampai deh, ngeri kalau gas bocor.

      Reply
  117. MULTI AJAIB

    Kalo saya belum pernah coba pasang kompor gas gan :D takut meledummmmmsss wkwk

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau sudah biasa, kayaknya gak khawatir lagi deh. Asal gak ada bocor saja kali yah.

      Reply
  118. ibrahim lubis

    Terkdang karet tabung gas juga sering bermasalah ya mas, jadi keseringan tukar-tukar tabung jadinya :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya, tapi syukurnya saya dapat karet yang bagus.

      Reply
  119. Info Menarik

    yang sering saya alami adalah, ketika stok gas sudah habis pas mau beli persediaan di toko pembelian selalu ga ada … mungkin daerah saya ada dipelosok …. :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Itu juga jadi persoalan sih. Saya saja kalau mau beli gas di indomaret mesti bala-balapan dengan agen gas yang mau nyetok gas juga.

      Reply
  120. aldinosya

    iyya pasang tabung baru paling menjengkelkan ..!,
    kalw sy ceritakan di sini.. bisa2 jadi satu postingan..:)

    coba pihak pertamina..regulatornya dibuat transparan dan cairan gasnya diberi sedikit warna..
    mungkin penyebab kompor gas tdk mau hidup bisa ditau ya Mas Ridha..!

    Reply
    • Ridha Harwan

      Gimana caranya gas diberi warna, emang bisa gituh.

      Reply
  121. albarnation

    wah mantap artikelnya, terutama bagi yang mengunakannya setiap hari

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau gasnya dipakai terus sih iya, gonta-ganti terus setiap hari.

      Reply
  122. satriyoku

    he he kirain cuma saya yang kena kasus susah nyalain kompor gas sesudah ganti tabung gas,solusinya pun mirip dengan cara diketuk perlahan-lahan langsung bisa ngalir deh gas-nya..selamat memasak juga sobat ridha harwan

    salam satriyoku.blog

    Reply
    • Ridha Harwan

      Asal ngetok regulator gasnya gak pakai Palu saja.

      Reply
  123. Arie

    benar sekali Mas, saya juga sering mengalami hal yang demikian, tips diatas sering saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, cuma bedanya kalau saya tidka di ketuk perlahan lahan, melainkan di tekan sambil membuka dan menutup knop gas nya.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Berati ditekan dan kemop nya dibuka-tutup saat posisi regulator gas terpasang di tabung gas yah Pak?

      Reply
      • Arie

        benar Mas, dan untuk menghindari kebocoran regulator, sebaiknya kita menggunakan regulator yang memiliki sil ganda, sehingga walaupun pada tabung gas tidak memiliki karet sil tabung masih bisa dipasang dengan aman dan tanpa kebocoran

        Reply
  124. Ari

    Saya pake elpiji biasanya. Cuman sekarang sekarang ini ga tau juga knapa sering bocor. Udah beberapa kali ganti regulator masih juga begitu. Mungkin kualitas karet di elpiji sekarang udah ga standar lagi, jadi setiap pasang tabung baru , karet yang lama harus dibuka trus diganti dengan yang baru.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Wah ngeri juga yah kalau sering bocor. Berati harus pakai alat tambahan yang menekan regulator gas gitu.

      Reply
  125. Sucipto Kuncoro

    biasanya sih kalo saya ganti karetnya mas :)
    tiap kali tuker tabung, karet di tabung gas lama diamankan dulu buat stok :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya nih, kalau pas kebetulan dapet karet yang bagus, bisa diamankan dulu karetnya. Kadang dari penjual gasnya juga suka disiapin karet gas yang warna merah itu.

      Reply
  126. Mas Dory

    Selama ini saya menggunakan blue gas mas dan belum pernah menggunakan elpiji. Selain lebih aman (menurut saya) karena regulator menggunakan ulir atau drat saat dipasang ke tabungnya, faktor kebocoran gas dan tingkat keberhasilan kompor gas menyala lebih tinggi.

    Dalam kasus mas Ridha Harwan, mungkin itu terjadi karena nozle (pipa kecil saluran gas dari tabung ke selang) yang terdapat dalam regulator tidak turun dengan sempurna saat dipasang. :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      oo yang besi kecil warna kuning itu yah. Pantesan saja, kenopnya mesti diputar-putar, mungkin biar agak licin kali yah.

      Reply
      • Mas Dory

        Iya mas, pipa besi kecil itu, asalkan pipa yang di regulator terpasang pas di tabung, kemungkinan akan berhasil. Kalau bisa jangan diketuk-ketuk mas jika tidak nyala, karena jika tindakan ini terus dilakukan, lama-kelamaan bisa sedikit merusak lubang pipa besi kuning kecil ini, dan gas bisa bocor keluar (walaupun kecil) dan ini akan berbahaya jika posisi tabung ada di ruang tertutup.

        Reply
        • Ridha Harwan

          Wah terima kasih informasinya Mas Dory.

          Reply
    • ferdi

      ok tenks

      Reply
      • Ridha Harwan

        Sama-sama. Selamat memasak yang enak. :D

        Reply
  127. yanto cungkup

    saya belum pernah ngalamin hal kekgini mas.
    yg sering malah setiap ganti tabung gasnya bocor,jadi diganti seal karetnya.
    nanti kalau dapat kasus serupa jadi nggak bingung cara mengatasinya nih

    Reply
    • Ridha Harwan

      Wah ngeri juga kalau tabungnya bocor. Saya malah sudah 2 kali kejadian gas mampet begini.

      Reply
      • Rahma

        Terima kasih yaa mas ridha, malam ini saya kualahan krna masang gas, pgen gnti selang sayang, masih bagus, krna postingan mas ridha alhamdulillah gas nya nyala,, soalnya suami saya ga bsa masang gas, bisanya nyari duit doank.. hheheheeh ? , suami sya mw belajar masak jengkol bsok, hheehe

        Reply
        • Ridha Harwan

          Terima kasih kembali.
          Bersyukur suami pintar nyari duit. Jadi kalau gasnya mampet, tinggal minta beli satu set kompor gas lengkap, termasuk regulator baru. hehehehe

          Mau juga dong jengkolnya.

          Reply
      • edy.P

        Makasih mas postingannya, baru kali ini ngalami, berkat resepnya sang kompor menyala kembali, semoga amal baiknya mendapat rahmat yang kuasa, Wassalam.

        Reply
        • Ridha Harwan

          Aamiin terima kasih Pak Edy.

          Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.