Setelah Ganti Tabung, Kompor Gas Tidak Mau Hidup /Nyala

Sebenarnya kasus kompor gas tidak mau hidup ini sudah dua kali saya alami. Kali ini adalah yang kedua kalinya, saat saya telah membeli tabung gas yang 3 Kg seharga Rp16.500 di Indomaret, kompor gas tidak nyala begitu saya mengganti tabung gas dengan yang baru saja saya beli. Saya jadi penasaran kenapa kompor gas saya tidak mau menyala. Padahal baru saja mengganti tabung gas. Sebelumnya juga kompor gas saya dalam keadaan normal dan bisa hidup.

Akhirnya saya mencoba menghidupkan dan mematikan kompor gas beberapa kali (sampai bosan). Namun tetap saja kompor gas tidak mau nyala. Padahal saya lihat pemantik kompor gas berfungsi, ada percik apa yang keluar saat saya memutar kenop kompor gas ini. Saya lihat juga karet tabung gas juga dalam kondisi bagus, masih baru.

Agak sedikit kesal juga kenapa kompor gas tidak bisa menyala, karena ini adalah yang kedua kalinya. Yang pertama kali waktu itu saya membantu tetangga mengganti tabung kompor gas dan memasangnya. Namun waktu itu saya menyerah, walaupun akhirnya tetangga saya bisa menghidupkan kompor gasnya. Namun saya lupa menanyakan, bagaimana cara menghidupkan kompor gas yang tidak bisa hidup itu.

Ilustrasi cara mengatasi kompor gas tidak mau hidup. Regulator gas.

Ilustrasi cara mengatasi kompor gas tidak mau hidup. Regulator gas.

Jadinya saya berpikir, masak iya sih saya harus mencari penyebab kompor gas tidak bisa menyala di google sih. Akhirnya saya mencari di google, penyebab kompor gas tidak keluar api setelah ganti tabung. Akhirnya langsung ketemu di google, tulisan yang berjudul Kompor Tidak nyala setelah ganti tabung dari ranvlife.blogspot.com/2013/11/kompor-tidak-nyala-setelah-ganti-tabung.html.

Ada dua cara mengatasi kompor gas tidak mau hidup setelah ganti tabung gas versi tulisan rujukan di atas, yaitu:

  1. Regulator gas diketuk perlahan-lahan
  2. Mutar-mutar kunci regulator gas secara perlahan-lahan

Cara Mengatasi Kompor gas tidak menyala setelah mengganti tabung gas yang baru

Nah kalau versi saya yaitu mengkombinasikan dua cara di atas, yaitu dengan mengetuk perlahan-lahan kepala bagian atas regulator kompor gas sambil memutar-mutar kunci regulator gas dan mengoyang-goyangkannya ke atas-bawah secara perlahan-lahan, baik kenop regulator dalam kondisi hidup atau terkunci dan dalam kondisi mati atau terbuka. Mungkin saya tidak sampai 10 kali membuka dan menutup kenop regulator kompor gas sambil mengetuk-ngetuknya secara perlahan-lahan. Lalu saya mencoba memasangkannya kembali dan akhirnya kompor gas mau menyala, keluar api. Ingat yah, copot dulu regulator tabung gas dari tabung gas.

Informasi tambahan Informasi dari beberapa pengunjung yang memberikan komentarnya (terima kasih). Diperbarui 12 Agustus 2015:

richo on 30 March 2015 at 16:11
itu karena regulator lpgnya ketutup. kalo habis dipasang jangn langsung dinyalakan soalnya regulator mendeteksi ada kebocoran sehingga menutup. solusinya ketuk ketuk perlahan bgian regulator…

Indra Kusuma Sejati on 28 December 2014 at 00:05
Bila setiap ganti tabung dan yang kita dapatkan dari seal karetnya yang tidak bagus, apalagi kalau tabung gasnya sudah jelek. Biar aman saya memakai kepala regulator yang otomatis mas, jadi kalau ada kebocoran tidak jalan gasnya.

Arie on 26 December 2014 at 21:16
benar sekali Mas, saya juga sering mengalami hal yang demikian, tips diatas sering saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, cuma bedanya kalau saya tidka di ketuk perlahan lahan, melainkan di tekan sambil membuka dan menutup knop gas nya.

Mas Dory on 26 December 2014 at 16:13
Selama ini saya menggunakan blue gas mas dan belum pernah menggunakan elpiji. Selain lebih aman (menurut saya) karena regulator menggunakan ulir atau drat saat dipasang ke tabungnya, faktor kebocoran gas dan tingkat keberhasilan kompor gas menyala lebih tinggi.
Dalam kasus mas Ridha Harwan, mungkin itu terjadi karena nozle (pipa kecil saluran gas dari tabung ke selang) yang terdapat dalam regulator tidak turun dengan sempurna saat dipasang. :D

Mas Dory on 27 December 2014 at 12:39
Iya mas, pipa besi kecil itu, asalkan pipa yang di regulator terpasang pas di tabung, kemungkinan akan berhasil. Kalau bisa jangan diketuk-ketuk mas jika tidak nyala, karena jika tindakan ini terus dilakukan, lama-kelamaan bisa sedikit merusak lubang pipa besi kuning kecil ini, dan gas bisa bocor keluar (walaupun kecil) dan ini akan berbahaya jika posisi tabung ada di ruang tertutup.

Donny Dunggio 2015/05/17 at 17:21

Alhamdulillah…berkat blog Pak Ridha Harwan ini,bisa membantu saya untuk mengatasi kompor gas saya yg tidak menyala/hidup setelah ganti tabung gas baru.

Ceritanya begini…
Memang benar sodara2 skalian, hari ini saya hampir putus asa mengatasi masalah ini. Pada akhirnya saya baca blog ini dan saya praktikkan instruksi dari Pak Ridha secara berulang2 sampai saya putus asa dan berencana mau beli regulator baru(saat ini yg saya pakai merk Quantum). Sebelum saya mau beli regulator baru, tidak tau kenapa tersirat dipikiran saya “kenapa tidak coba tlp ke Pak Ridha saja dulu? Siapa tau dari pengalaman beliau bisa bantu dan menjelaskan secara gamblang meskipun beliau bukan tukang service” hehehe…
Dan benar saja, saya coba hub no hp Pak Ridha yg tertera di blog ini dan bisa langsung terhubung.Dan setelah ngobrol panjang lebar dengan beliau, saya coba lagi sesuai instruksi beliau. Dan hasilnya bim salabim abrakadabraaa…kompor saya bs nyala lg dan saya bs melanjutkan eksperimen saya yg putus ditengah jalan akibat gas melon yg sudah abis isinya(kebetulan hari ini saya coba masak empek2 ikan tenggiri).
Dari pengalaman hari ini saya dpt simpulkan bahwa cara pertama saya salah karena saya beda persepsi dengan apa yg sudah dijelaskan di blog ini. Maksud dari Pak Ridha dengan mengetuk2 perlahan bagian atas regulator adalah tidak dengan menggunakan bagian belakang jari tangan seperti pd saat kita mengetuk pintu atau mengetuk dengan menggunakan jari pada ujung kuku, melainkan mengetuk bagian atas regulator dengan telapak tangan bagian bawah yg dekat dengan pergelangan tangan kita. Hal ini dilakukan saat regulator dilepas dr tabung gas dan dlm kondisi pengunci terbuka. Dan tambahan dr saya adalah seal karet tidak perlu ganti/ pakai saja dengan seal yg sudah ada di tabung gas yg baru kita beli. Hal ini meminimalisir kebocoran karena seal karet masih baru/ blom aus(rusak). Dan satu lagi,posisi selang dari regulator usahakan sama seperti biasanya kita memasak. Misalkan biasanya posisi selang dr regulator kita pasang agak ke kiri maka kita pasang agak k kiri seperti biasanya. Karena kemungkinan hal ini adalah posisi ideal selang dan regulator(ini opini saya). Memang benar pada saat posisi selang dr regulator saya putar atau geser agak ke kanan atau pas tengah2 maka kompor tidak mau nyala dan setelah saya kembalikan ke posisi ideal(agak ke kiri) maka kompor baru mau nyala.Kemungkinan posisi ideal ini adalah posisi dimana tidak ada gas yg bocor, makanya regulator tdk menutup dan dpt menyalurkan gas keluar dr tabung ke kompor. Jika posisi selang salah dan mengakibatkan kebocoran gas sedikit saja, maka regulator akan secara otomatis akan menutup dan kompor tidak akan menyala. Biasanya ini terjadi pada regulator yg ada otomatis nya(kebetulan saat ini saya pakai merk Quantum).Posisi ideal disini tidak harus ke kiri sama seperti punya saya,tapi posisi seperti biasanya pada saat kompor menyala. Bisa saja pada saat pemasangan pertama(baru) posisi selang dr regulator ada ditengah atau agak ke kanan atau yg lainnya tergantung dari kita masing2 pada saat memasang pertama kali.
Demikian sharing dr saya mudah2 dapat bermanfaat bagi teman2 yg lainnya.

Wassalamu’alaikum wr wb…

Donny Dunggio 3 months ago

Jika masih bingung dengan penjelasan saya yg panjang kayak kereta…hehehe…silahkan hub saya di 081210281350. Insya’alloh saya siap membantu.

Oh ya..saya sampe lupa.Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Pak Ridha Harwan atas bantuannya. Semoga Alloh swt membalas kebaikan Pak Ridha dan semoga sukses…
Amin…

8 Desember 2015

Tambahan lagi dari komentar pengunjung yang sudah berhasil menghidupkan kompor gas yang regulatornya mampet.

Dari detarenji:

Wah alhamdulillah akhirnya nyala juga lpg sy hehe, sblmnya terimakasih sudah sharing :D, tp klo bisa tulisan di “ketuk” itu ganti pak, soalnya sy ketuk2 pake ujung kuku gak bisa2, tp setelah baca lg penjelasan yg lain ternyata lebih tepat di “pukul” pake telapak tangan, klo sy sy hantam dia ke lutut, tp gak keras2 bngt, cukup sampe agak terguncang aja , trus pas muter knop di kompor coba pelan2, jngn terlalu cepat supaya gas yg kluar gak terlaluu kenceng, klo terlalu kenceng gasnya bisa ketutup lg, itu klo kompor sy hehe.. Oyaa merk regulator sy winn gass, usakan yg SNI, Dan klo ada suara2 aneh jngn kompromi, langsung ganti aja yg Baru…

Dari Rumah69:

Cara menghidupkan kompor gas regulator macet gak nyala

Cara menghidupkan kompor gas regulator macet tidak nyala (rumah69.com)

Kalau diketuk ga berhasil, ini juga bisa jadi referensi:

cek di lubang keluar regulator kok kayak gak plong, alias ada benda berkilau yang menahan saluran keluar, dan itulah gotri (kelerenbesi) yg berfungsi sebagai penyumbat otomatis jika via regulator terdeteksi kebocoran ataupun tekanan tinggi diatas yang ditentukan, maka gotri itu akan mengarah dan menyumbat saluran tersebut. Namun dalam case ini bukan berarti memang ada kebocoran di saluran gas kompor mimin, ini biasa terjadi karena ketika kompor digunakan gas keburu habis dan ketika tabung gas baru dipasang, terdapat tekanan tinggi yg mendorong gotri ke saluran keluatan dan menghambat keluarnya gas.

Mimin ketuk perlahan ujung saluran keluar dari regulator itu sampai gotri terlepas dan masuk kembali. Jika tidak terlepas, coba ambil sebatang lidi lalu dorong perlahan hingga masuk.

Hmm ternyata si gotri ini toh yang membuat dapur mimin enggak ngebul hehehe…

Setelah itu terdengar kalau regulator digoyang, maka ada bunyi gotri, mirip bunyi cat semprot kaleng jika digoyangkan. Nah berarti gotri aman ga nyumbat nempel di saluran manapun didalam regulator.

Lalu mimin pasangkan kembali regulator ke selang dan pengencangnya dipastikan kuat mengikat sambungan.

Setelah itu dipasangkan regulator ke tabung gas, terasa ketika mengunci ada semacam tekanan di regulator, lalu mimin coba nyalakan kompor…eh kok belum nyala? Hmmm… Mimin curiga si gotri lari lagi cuma entah ke atas atau ke samping saluran keluar. Lalu regulator dilepas kembali dari tabung, kemudian mimin ketuk perlahan bagian tengah atas regulator dan ketuk perlahan bagian leher keluaran gas yg menyambung ke selang, sambil posisi dimiringkan (posisi saluran keluaran/selang keatas).

Kemudian mimin pasang kembali regulator ke tabung gas dan mengunci secara perlahan. Pastikan pemasangan aman dan tidak ada gas yang keluar.

Lalu kompor dicoba dinyalakan dan…Alhamdulillah akhirnya nyala juga…

Kurang lebih itu cara saya mengatasi penyebab kompor gas tidak mau hidup setelah mengganti tabung gas. Selamat memasak.

234 Comments

  1. Hilman 22 November 2016 07:58
  2. ADE PRATIWI JOANI 31 Oktober 2016 14:03
    • Ridha Harwan 9 November 2016 10:17
  3. Ade Suryanto 3 Oktober 2016 11:25
    • Ridha Harwan 3 Oktober 2016 20:08
  4. ramdani 30 September 2016 03:08
    • Ridha Harwan 3 Oktober 2016 20:01
  5. Jodi JMN 23 September 2016 16:59
    • Ridha Harwan 3 Oktober 2016 19:51
  6. Sandra 6 September 2016 07:40
    • Ridha Harwan 13 September 2016 06:21
  7. Nita Indriyani 4 September 2016 19:54
    • Ridha Harwan 13 September 2016 06:20
  8. giaqun 23 Agustus 2016 18:01
    • Ridha Harwan 26 Agustus 2016 20:20
  9. STP Trisakti 15 Juli 2016 06:39
    • Ridha Harwan 20 Agustus 2016 14:47
  10. Malik Mt 15 Juli 2016 06:35
    • Ridha Harwan 20 Agustus 2016 14:47
  11. Ashrul Faizin 11 Juli 2016 11:33
    • Ridha Harwan 14 Juli 2016 08:12
  12. David 9 Juli 2016 23:01
    • Ridha Harwan 14 Juli 2016 08:08
  13. hernawan 1 Juli 2016 21:00
    • Ridha Harwan 14 Juli 2016 07:56
  14. Kuncoro Sigit 1 Juli 2016 14:12
    • Ridha Harwan 14 Juli 2016 07:55
  15. dan 16 Juni 2016 22:27
    • Ridha Harwan 20 Juni 2016 06:12
  16. Siti fatimah 15 Juni 2016 23:50
    • Ridha Harwan 20 Juni 2016 06:06
  17. Alvin Sadikin 11 Juni 2016 04:31
    • Ridha Harwan 20 Juni 2016 05:57
  18. dyan yulianti 6 Juni 2016 23:18
    • Ridha Harwan 20 Juni 2016 05:46
  19. Yudha 4 Juni 2016 05:13
    • Ridha Harwan 4 Juni 2016 19:12
  20. Maulana achmad 1 Juni 2016 19:13
    • Ridha Harwan 4 Juni 2016 19:02
  21. Warni 19 Mei 2016 18:45
    • Ridha Harwan 4 Juni 2016 14:49
  22. edy.P 17 Mei 2016 21:24
    • Ridha Harwan 4 Juni 2016 14:47
  23. Afrid Fransisco 11 Mei 2016 07:16
    • Ridha Harwan 4 Juni 2016 14:39
  24. Viky 1 Mei 2016 18:03
    • Ridha Harwan 5 Mei 2016 19:39
  25. software gratis dot net 2 April 2016 11:01
    • Ridha Harwan 6 April 2016 06:18
  26. Novita 17 Maret 2016 23:00
    • Ridha Harwan 21 Maret 2016 08:19
      • Deni Wijaya 24 Maret 2016 22:56
        • Ridha Harwan 26 Maret 2016 18:39
  27. gusni rahayu 15 Maret 2016 06:53
    • Ridha Harwan 16 Maret 2016 12:58
  28. arez 12 Maret 2016 21:42
    • Ridha Harwan 16 Maret 2016 12:58
  29. Anang Yudhi 7 Maret 2016 21:38
    • Ridha Harwan 8 Maret 2016 19:05
  30. Yusuf Arif Setiawan 7 Maret 2016 05:12
    • Ridha Harwan 8 Maret 2016 14:22
  31. Sari 2 Maret 2016 17:50
    • Ridha Harwan 3 Maret 2016 07:55
  32. Mit 17 Februari 2016 13:52
    • Ridha Harwan 20 Februari 2016 09:42
      • Ratih c'tephu 20 Februari 2016 20:12
        • Ridha Harwan 26 Februari 2016 14:52
  33. budi 14 Februari 2016 07:14
    • Ridha Harwan 20 Februari 2016 09:33
  34. Welly Satria Utama 12 Februari 2016 17:44
    • Ridha Harwan 20 Februari 2016 09:30
  35. lena 30 Januari 2016 08:19
    • Ridha Harwan 30 Januari 2016 22:07
  36. mimi 26 Januari 2016 08:44
    • Ridha Harwan 27 Januari 2016 08:22
  37. fachry alfiandra 25 Januari 2016 17:51
    • Ridha Harwan 27 Januari 2016 08:13
  38. Buds 24 Januari 2016 19:57
    • Ridha Harwan 27 Januari 2016 08:13
  39. Koko Nata 21 Januari 2016 05:48
    • Ridha Harwan 27 Januari 2016 08:02
  40. Theodorus Erastus S 8 Januari 2016 12:44
    • Ridha Harwan 9 Januari 2016 22:30
  41. rasmo soenarto 7 Januari 2016 21:38
    • Ridha Harwan 9 Januari 2016 22:30
  42. Tisna Sutisna 6 Januari 2016 06:10
    • Ridha Harwan 7 Januari 2016 09:03
  43. Irwansyah C Nugraha 4 Januari 2016 21:43
    • Ridha Harwan 5 Januari 2016 10:04
  44. Erlin 4 Januari 2016 20:02
    • Ridha Harwan 5 Januari 2016 10:03
  45. Vera Sugi Lestari 1 Januari 2016 21:07
    • Ridha Harwan 5 Januari 2016 09:51
  46. John P 13 Desember 2015 12:23
    • Ridha Harwan 26 Desember 2015 17:55
  47. Ava 9 Desember 2015 06:09
    • Ava 9 Desember 2015 06:12
      • Ridha Harwan 12 Desember 2015 22:12
    • Ridha Harwan 12 Desember 2015 22:11
  48. Rumah69 8 Desember 2015 09:59
    • Ridha Harwan 12 Desember 2015 22:09
    • Sutrisno 6 Maret 2016 10:54
    • Kemasrozaliumar 17 Juli 2016 13:39
      • Ridha Harwan 20 Agustus 2016 14:48
  49. nisa yusfiatun 7 Desember 2015 10:33
    • Ridha Harwan 12 Desember 2015 22:06
  50. detarenji 21 November 2015 15:22
    • Ridha Harwan 25 November 2015 08:19
  51. yuni .r 16 November 2015 11:06
    • Ridha Harwan 16 November 2015 15:59
  52. asdar 15 November 2015 11:54
    • Ridha Harwan 16 November 2015 15:02
  53. Dindin Mulyadin 13 November 2015 23:48
    • Ridha Harwan 16 November 2015 14:58
  54. ilhami1 1 November 2015 11:13
    • Ridha Harwan 9 November 2015 10:23
  55. Dian 25 Oktober 2015 17:00
    • Ridha Harwan 31 Oktober 2015 06:45
  56. bunda husna 24 Oktober 2015 16:58
    • Ridha Harwan 31 Oktober 2015 06:45
  57. Diori 21 Oktober 2015 06:58
    • Ridha Harwan 21 Oktober 2015 10:44
  58. Rusdy 8 Oktober 2015 14:15
    • Ridha Harwan 21 Oktober 2015 10:31
  59. yogi 8 Oktober 2015 10:03
    • Ridha Harwan 21 Oktober 2015 10:30
  60. imaculata ose 28 September 2015 08:23
    • Ridha Harwan 28 September 2015 09:30
  61. Asep Saepuloh 23 Agustus 2015 09:48
    • Ridha Harwan 24 Agustus 2015 10:56
  62. aulia 22 Agustus 2015 10:31
    • Ridha Harwan 24 Agustus 2015 10:55
  63. Ariepadil 16 Agustus 2015 06:46
    • Ridha Harwan 17 Agustus 2015 10:21
  64. ilmudes 13 Agustus 2015 14:34
    • Ridha Harwan 17 Agustus 2015 10:06
  65. Yola Septika 12 Agustus 2015 09:01
    • Ridha Harwan 12 Agustus 2015 09:53
  66. Ivan R 9 Agustus 2015 10:17
    • Ridha Harwan 11 Agustus 2015 11:09
  67. nisrina 13 Juli 2015 17:54
    • Ridha Harwan 16 Juli 2015 10:21
  68. Chatoer 4 Juli 2015 21:29
    • Ridha Harwan 10 Juli 2015 08:28
  69. yuda 3 Juni 2015 06:22
    • Ridha Harwan 3 Juni 2015 16:59
  70. Donny Dunggio 17 Mei 2015 17:21
    • Donny Dunggio 17 Mei 2015 17:43
      • Ridha Harwan 20 Mei 2015 11:18
        • Donny Dunggio 20 November 2015 14:15
          • Ridha Harwan 25 November 2015 08:14
    • Ridha Harwan 20 Mei 2015 11:16
      • Donny Dunggio 20 November 2015 14:08
        • Ridha Harwan 25 November 2015 08:12
          • donny dunggio 19 Januari 2016 06:25
  71. iksan 11 Mei 2015 16:38
    • Ridha Harwan 15 Mei 2015 21:50
  72. Algrenz 24 April 2015 20:52
  73. reno 4 April 2015 11:40
    • Ridha Harwan 5 April 2015 00:00
  74. bagong 1 April 2015 08:27
    • Ridha Harwan 4 April 2015 23:43
  75. richo 30 Maret 2015 16:11
    • Ridha Harwan 31 Maret 2015 03:13
  76. Khaira 1 Januari 2015 22:02
    • Ridha Harwan 3 Januari 2015 16:16
  77. Renggo Starr 29 Desember 2014 12:19
  78. Ramadani Idaham 29 Desember 2014 10:56
  79. Dede 29 Desember 2014 06:56
    • yanto cungkup 29 Desember 2014 14:08
    • Ridha Harwan 29 Desember 2014 14:18
  80. yanto cungkup 28 Desember 2014 19:56
  81. cinta 28 Desember 2014 18:03
    • Ridha Harwan 29 Desember 2014 13:43
      • yanto cungkup 29 Desember 2014 14:09
  82. Devy Indriyani 28 Desember 2014 13:14
    • Ridha Harwan 28 Desember 2014 17:46
    • Mawan 29 Desember 2014 06:12
      • Ridha Harwan 29 Desember 2014 14:15
  83. Penghuni 60 28 Desember 2014 09:10
    • Ridha Harwan 28 Desember 2014 17:45
  84. Haris Luqman Hakim 28 Desember 2014 08:27
  85. Mawan 28 Desember 2014 07:34
    • Ridha Harwan 28 Desember 2014 17:37
      • Mawan 29 Desember 2014 06:13
  86. Muhammad Nuhan Nahidl 28 Desember 2014 06:42
    • Ridha Harwan 28 Desember 2014 17:29
      • Muhammad Nuhan Nahidl 29 Desember 2014 18:56
  87. Indra Kusuma Sejati 28 Desember 2014 00:05
    • Ridha Harwan 28 Desember 2014 11:48
  88. junior 27 Desember 2014 23:49
    • Ridha Harwan 28 Desember 2014 11:47
      • junior 29 Desember 2014 11:44
        • Ridha Harwan 29 Desember 2014 14:23
  89. Bang Ancis 27 Desember 2014 22:24
    • Ridha Harwan 28 Desember 2014 11:39
  90. Mu Zibur helozi com 27 Desember 2014 14:45
    • Ridha Harwan 28 Desember 2014 11:38
  91. MULTI AJAIB 27 Desember 2014 10:40
    • Ridha Harwan 27 Desember 2014 13:45
  92. ibrahim lubis 26 Desember 2014 23:12
    • Ridha Harwan 27 Desember 2014 08:12
  93. Info Menarik 26 Desember 2014 22:52
    • Ridha Harwan 27 Desember 2014 08:09
  94. aldinosya 26 Desember 2014 21:43
    • Ridha Harwan 27 Desember 2014 08:04
  95. albarnation 26 Desember 2014 21:38
    • Ridha Harwan 27 Desember 2014 08:02
  96. satriyoku 26 Desember 2014 21:36
    • Ridha Harwan 27 Desember 2014 08:00
  97. Arie 26 Desember 2014 21:16
    • Ridha Harwan 27 Desember 2014 07:50
      • Arie 27 Desember 2014 08:37
  98. Ari 26 Desember 2014 17:44
    • Ridha Harwan 27 Desember 2014 07:49
  99. Sucipto Kuncoro 26 Desember 2014 16:29
    • Ridha Harwan 27 Desember 2014 07:43
  100. Mas Dory 26 Desember 2014 16:13
    • Ridha Harwan 27 Desember 2014 07:39
      • Mas Dory 27 Desember 2014 12:39
    • ferdi 7 Februari 2015 18:21
  101. yanto cungkup 26 Desember 2014 14:47
    • Ridha Harwan 31 Maret 2015 03:44
      • Rahma 27 November 2015 22:53
        • Ridha Harwan 12 Desember 2015 21:59
      • edy.P 17 Mei 2016 20:46
        • Ridha Harwan 4 Juni 2016 14:47

Leave a Reply