Apa Ada Tips Tersendiri Untuk Belajar Bahasa Inggris?

Ini adalah artikel tips atau cara untuk belajar Bahasa Inggris, khususnya yang memiliki semangat yang kuat mempelajari Bahasa Inggris dengan mudah cara dasar untuk pemula versi dari saya pribadi.

Tips untuk belajar Bahasa Inggris ini sendiri muncul dari pertanyaan di salah satu komentar di salah satu kiriman saya di sini. Tips untuk belajar Bahasa Inggris ini murni penjelasan yang sering saya sampaikan berulang-ulang kali (sampai bosan) jika ada yang bertanya kepada saya, bagaimana untuk bisa belajar Bahasa Inggris dengan cara yang mudah (dan cepat). Menurut saya, tips ini merupakan tips paaaaaliiiiiing dasar sekali untuk belajar bahasa apa saja, termasuk untuk belajar bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Jepang atau juga belajar bahasa daerah.

Tips Pertama Untuk Belajar Bahasa Inggris

Pahami dan yakinkan diri kita kalau Bahasa Inggris itu adalah bahasa asing, bukan bahasa milik kita.

Menurut saya ini penting sekali. Yakinkan diri kita kalau Bahasa Inggris itu bukan Bahasa Indonesia, bukan bahasa ibu kita, bukan pula bahasa sebuah daerah, atau bukan bahasa sebuah komunitas. Itu adalah bahasa asing, bahasa yang datangnya dari luar negara ini. Hanya saja Bahasa Inggris ‘kebetulan’ menjadi bahasa komunikasi internasional.

Contoh ragam bahasa "bahasa vickynisasi". Apakah keren?
Contoh ragam bahasa “bahasa vickynisasi. bagaimana menurut Anda?

Coba lihat rapor atau nilai sekolah kita atau anak-anak kita, tetangga kita, atau saudara kita. Coba lihat atau tanyakan, berapa nilai mata pelajaran Bahasa Inggris. Lalu kemudian coba bandingkan, berapa nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia. Mana yang lebih tinggi? Nilai mata pelajaran Bahasa Inggris atau nilai Bahasa Indonesia? Atau kalau ingin contoh yang lebih ekstrem lagi, jika ada, coba bandingkan dengan mata pelajaran bahasa daerah. Berdasarkan survei yang saya lakukan secara pribadi saat saya membahas ‘cara belajar Bahasa Inggris yang mudah dan cepat’ kepada mereka yang bertanya kepada saya, hampir semuanya membenarkan kalau nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia tidak lebih tinggi dibandingkan Bahasa Inggris. Beberapa di antaranya ada yang mengatakan kalau mata pelajaran Bahasa Indonesia itu cukup sulit.

Pernahkah kita berpikir kalau kita malu jika kita tidak bisa berpidato secara dalam bahasa negeri miliki sendiri, Bahasa Indonesia. Atau mungkin, pernahkah kita berpikir malu kalau kita salah mengucapkan perbedaan “p” dan “f” dalam Bahasa Indonesia, bukan Bahasa Inggris.

Contoh nama sebuah halte "Ply Ofer"
Contoh nama sebuah halte “Ply Ofer”

Mengapa di dua paragraf atas saya menekankan pentingnya pemahaman di atas?

Karena beberapa di antara kita, khususnya bagi yang ingin belajar Bahasa Inggris, biasanya mereka akan merasa takut salah atau malu pada saat mereka salah mengucapkan sebuah kosa kata atau kalimat dalam Bahasa Inggris. Padahal terkadang kita tidak malu kalau kita salah mengucapkan bahasa kita sendiri, Bahasa Indonesia. Apalagi bahasa daerah, tempat dimana kita dibesarkan.

Tips Kedua Untuk Belajar Bahasa Inggris

Language is habit.

Kata-kata itulah yang terus terngiang di kepala saya dari ibu dosen saya yang begitu baik hati dan lemah lembut, jika saya membahas soal ilmu bahasa. “Bahasa itu adalah kebiasaan” atau dalam bahasa saya “Bahasa itu adalah praktik“.

Tanpa praktik (bukan “praktek”) kita akan sangat kesulitan untuk belajar bahasa, termasuk untuk belajar Bahasa Inggris. Coba lihat anak kecil atau balita yang sedang belajar bicara, ia akan terus ‘meracau’ atau berbicara apa saja yang ia dengarkan. Termasuk juga belajar bicara Bahasa Indonesia, bahasa ibunya, bahasa daerah, atau pula “bahasa planet”. :D

Saya rasa mungkin cukup dua cara di atas mengenai petunjuk sederhana untuk belajar Bahasa Inggris.

Ingat, yakinkan diri kita kalau Bahasa Inggris itu bukan bahasa milik kita, itu adalah bahasa asing sehingga kita tidak malu atau tidak segan-segan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, baik itu dalam hal berbicara atau menulis. Tidak perlu malu. Tanpa mempraktikkan bahasa yang sedang kita pelajari dalam kehidupan sehari-hari, itu sama saja dengan ‘boong’.

Semoga dua tips sederhana di atas ini dapat mengubah pola pikir kita mengenai bagaimana kita belajar sebuah bahasa, khususnya untuk belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa yang paling ngetren untuk saat ini.

Saya pribadi saat ini terus belajar Bahasa Indonesia, terus belajar menulis yang benar dalam Bahasa Indonesia, tentu juga termasuk belajar Bahasa Inggris. Dalam hal pemilihan judul tulisan ini pula, saya telah mengecek ke Kamus Bahasa Indonesia, apakah benar kalau kata “tips” itu sudah ada di dalam Kamus Bahasa Indonesia. Namun saya lihat cukup banyak yang menggunakan kata ini, jadi sengaja saya tetap menggunakan kata “tips”, dibandingkan menggunakan “petunjuk” atau frasa “cara bagaimana”.

soempah pemoeda ciyus miapah
Bahasa sumpah pemuda dari tahun ke tahun. Evolusi Bahasa Indonesiakah?

Kurang lebih itulah petunjuk bagaimana untuk bisa belajar Bahasa Inggris versi dari saya. Sedikit pesan dari saya, selain kita bersemangat untuk belajar Bahasa Inggris, tolong jangan dilupakan bahasa-bahasa daerah di Indonesia yang jumlahnya buaaanyaaaak sekali dan beberapa diantaranya sudah sekarat bahkan sudah ada yang punah  :( . Semoga bermanfaat.

41 thoughts on “Apa Ada Tips Tersendiri Untuk Belajar Bahasa Inggris?

  1. saya dah ada niatan untuk belajar bahasa inggris tapi selalu terkendala sama guru dan tempat belajarnya
    terimakasih atas ilmunya…

  2. Membiasakan berbahasa inggris itu yang susah jika lawan bicara kita menggunakan bahasa Indonesia. Tapi akan saya coba tips mas Ridha Harwan diatas biar bisa sedikit bahasa inggris lah. :)

  3. dengan membiasakan diri dengan segala sesuatu yang menggunakan bahasa ingris itujuga akan lebih mempermudah kita dalam mengenal dan sedikit memahami dalam belajar bahasa inggris Mas.
    jujur, semenjak saya mengenal dunia web saya jadi sedikit tau tentang bahasa inggris ini, yah walaupun jika di ukur dengan nilai ya nilai 3 dari 10 lah :D

  4. Kalau saya sendiri mas ridha, sekarang belajar bahasa inggrisnya sering ngobrol aja bareng teman yang jago bhs inggris. Tapi, sampai sekarang saya belum besar minat untuk fasih berbahasa inggris. BTW, sekarang Vicky sudah pakai bahasa arab mas, “yaf a’la” “yaf i’luu’ benar-benar si vicky mah.

  5. dari dulu saya pengen banget belajar dan bisa bahasa Inggris Sob, xixii, tapi mungkin karena mls yah jadi gak bisa2… padahal dulu waktu SMP merupakan pelajaran favorit saya, karena gurunya enak sekali cara penyampaiannya dan langsung dipraktekan sedikit dlm percakapan.

  6. Oke.. Mantap banget mas Ridha Harwan buat tips dasar belajar berbahasa Inggris yang sangat berharga…. Dan saya akan praktikkan. Walaupun membiasakan berbahasa inggris itu hal yang cukup sulit namun efektif. Sekali lagi Terima Kasih Mas…

    • Haha, ini bakalan jadi bahan tulisan saya lagi nih, judulnya sama dengan pertanyaannya.
      Semoga yah.
      Sederhananya 1001 tips Bahasa Inggris itu yah, praktik-praktik-dan-praktik tanpa malu.
      jika ingin lancar bicara, ngomong saja pakai bahasa inggris, cas-cis-cus, kalau ingin menulis bahasa inggris, terus saja menulis bahasa inggris. ;)

  7. Saya juga selalu bermasalah dengan bahasa inggris…. maklum pengetahuan saya tentang bahasa inggris juga masih pas-pasan. Saya cenderung pasif dalam menggunakan bahasa asing ini. Masalah ini timbul biasanya saat saya mengikuti test wawancara pekerjaan yang baru di perusahaan swasta yang agak bonafit. Saat berbicara saya masih terlihat kaku dalam pengucapan dan penggunaan grammar-nya. Hal itu yang sering membuat saya gagal untuk mempunyai pekerjaan impian. Tulisan ini membangkitkan saya untuk banyak lagi tentang belajar bahasa inggris yang benar. Terimakasih

  8. Belajar bahasa Inggris sepertinya masih sama dengan belajar bahasa Korea, eh tapi bahasa Korea tulisannyapun beda jauh dengan bahasa Inggris.
    Intinya belajar bahasa itu mungkin akan lebih cepat hapal dan tidak mudah lupa dengan metode konkrit dan abstrak, lalu sering dihapal secara berulang-ulang dan dipraktekkan juga dalam kehidupan sehari-hari …

    • Nah itu dia. Kalau sudah bukan menggunakan tulisan Latin, maka ada tambahan lagi, mempelajari dan menghafal tulisan bahasa asing itu. Seperti Bahasa Jepang yang punya beberapa model tulisan. Semakin banyak praktik, akan semakin banyak membantu kita mempelajari bahasa tersebut.

Leave a Comment