Select Page

Menuju 1.000 Pengunjung Setiap Harinya, Apakah Mungkin?

Menuju 1.000 Pengunjung Setiap Harinya, Apakah Mungkin?

Menuju 1.000 Pengunjung Setiap Harinya, Apakah Mungkin?

Jawabannya sangat mungkin sekali.

Dulu, saat saya baru mulai membangun blog terimaterjemahan.blogspot.com pada sekitar tahun 2009 atau 2010 yang merupakan cikal-bakal tarjiem.com ini, tidak terbayangkan kalau blog yang saya miliki akan dikunjungi oleh banyak pengunjung setiap harinya. Saat pertama kali membuat blog gratisan, melihat statistik pengunjung ada 14 pengunjung dalam 1 hari saja saya sudah senang sekali. Hingga pada pertengahan tahun 2012, perlahan-lahan blog jasa terjemahan ini memiliki statistik pengunjung sebanyak 25o pengunjung setiap harinya dan pada saat itu kalau tidak salah saya memutuskan untuk menggunakan domain sendiri (custom domain), tarjiem.com.

Blogger atau BlogspotPada saat saya memiliki statistik pengunjung sebanyak 250-350 pengunjung setiap harinya, saya merasa agak kesulitan untuk meningkatkan jumlah kunjungan pada blog saya ini. Karena untuk mencapai rata-rata 350 pengunjung setiap harinya rasanya itu sudah cukup banyak upaya yang saya lakukan. Setidaknya saya waktu itu berusaha menulis ragam artikel. Mungkin pada saat itu masa-masa saya belajar menulis melalui blog saya. Karena kebanyakan artikel yang saya publikasi di blog saya hampir sebagian bertemakan ‘curhat’. Kalau tidak salah tulisan yang saya publikasikan ada sekitar 75-100 tulisan.

Hingga perlahan-lahan pada saat saya memutuskan migrasi dari blogspot.com ke wordpress.org hosting sendiri, saya merasakan banyaknya kemudahan yang tidak saya dapatkan di blogspot.com atau di blogger.com milik google. Memang kekurangan migrasi ke wordpress.org dari blogger atau blogspot.com adalah kita diharuskan menyewa hosting sendiri, yang artinya kita diharuskan menyiapkan uang setiap tahun/bulannya untuk menyewa hosting. Namun dibalik itu, ada banyak keuntungan atau kemudahan yang tidak saya dapatkan di blogspot. Lihat artikel pilih blogspot atau wordpress saya.

Blogspot atau WordPress

Blogspot atau WordPress Gambar: techloy.com

Salah satu kelebihan wordpress.org adalah kemudahan pengaturan tulisan yang ada blog kita, banyaknya pilihan tema blog wordpress yang bagus-bagus sekali, salah satunya themes wordpress milik elegantthemes.com yang pernah saya gunakan, dan juga plugin yang luar biasa sangat membantu dalam pengembangan blog jasa terjemahan saya. Dengan adanya kemudahan pengaturan tulisan yang dipublikasikan sesuai kategori dan tag, saya mulai menyaring mana tulisan saya yang bisa ditampilkan di blog jasa terjemahan ini mana yang di blog saya pribadi, ridha.tarjiem.com.

Statistik Pengunjung Tarjiem.com September-Oktober 2014

Statistik pengunjung tarjiem.com september-oktober 2014 Saat dikeluarkannya 3 algorima google terbaru.

Seiring berjalannya waktu dan semakin percaya dirinya saya menampilkan tulisan saya apa adanya di blog saya, akhirnya membuat blog ini terus berkembang. Sekarang, perlahan-lahan jumlah pengunjung harian saya mengalami peningkatan walaupun pada bulan Oktober yang lalu, google telah mengeluarkan 3 algoritma terbarunya, algoritma google penguin, google panda, dan google pirate. Saya bersyukur bisa melewati 3 fase pembaruan algoritma google yang terbaru itu.

Lalu apa rahasia agar blog kita ramai dikunjungi oleh banyak orang atau banyak pengunjung setiap harinya?

Caranya sederhana sekali. Tulislah apa yang ingin kita tulis di blog kita dan kira-kira tulisan tersebut ada manfaatnya. Selain menulis tulisan yang kira-kira ada manfaatnya ada baiknya tulisan itu enak dibaca. Selanjutnya yang dibutuhkan adalah keteraturan kita mempublikasikan tulisan kita di blog kita. Pernah dengar tantangan menulis di blog selama 30 hari secara berturut-turut? Saya ambilkan contohnya ini #30HariNonStopNgeblog.

Menulis dari hal yang sederhana

Menulis dari hal yang sederhana untuk pengunjung

Percaya atau tidak, dengan adanya kita menulis dan mempublikasikan tulisan kita di blog kita sendiri secara teratur, hal tersebut dapat memicu para pengunjung datang ke blog kita. Dan itulah yang saya lakukan pada blog jasa terjemahan saya. Lihat saja bulan Oktober-November ini, berapa jumlah tulisan yang saya publikasikan di sini, mungkin ada lebih dari 10 tulisan. Lalu bagaimana jika 30 hari secara berturut menulis atau selama setiap bulannya setidaknya kita menulis 10 tulisan saja, tentu besar kemungkinan kita akan kebanjiran pengunjung secara perlahan-lahan. Secara logika akan ada informasi baru yang akan muncul dari blog kita.

Jadi, apakah kita ingin 1.000 pengunjung setiap harinya atau 20.000 pengunjung unik dalam satu harinya, itu tergantung tulisan yang ada di blog kita. Semakin banyak tulisan yang bermanfaat di blog kita maka secara otomatis biasanya akan banyak pula yang akan mencari tulisan kita untuk dibaca. Bukan begitu?

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

20 Comments

  1. Ridwan Annas

    oh iya satu lagi
    template ente keren bro, boleh copy gak sih ?

    Reply
    • Ridha Harwan

      Silakan ini gratisan. Namanya Stargazer themehybrid.com/themes/stargazer.

      Reply
  2. Ridwan Annas

    informatif sih bro cuma ada beberapa part yang kurang ngena seperti pemecahan solusi bagaimana cara dapet 1000 pengunjung per hari

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih.

      Reply
  3. fajrin

    Hmmmm,,,blog ane masih baru gan. Mendapat pengunjung 10 aj sdh seneng. Betul kt agan, artikel yg rutin d posting sdh menjadi nilai plus. Blog ane Kalau d cek d serp, tdk mncul d pencarian tp stelah memposting artikel, dlm wkt bbrp menit past lngsung mncul d serp walaupun masih d posiss rtusan. Tu mungkin kren blog baru dn masih jrang berkunjung dan berkomentr d blog lain.

    Bagi saya tu sudh sinyal dr google bahwa dengan konten yg berkualitas sert konsistensi dlm mempostng artikel dengan sendirinya mbah google akan melirik.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Mantap.

      Reply
  4. berbagus

    Kalau boleh tahu, blog tarjiem UV nya berapa per hari dan di vps yg ambil paket apa? krn blog ini cepat sekali diakses

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sekarang ini saya pakai Paket VPS Digital Ocean. Paket yang RAM 1 GB atau $10 USD per bulannnya.

      Reply
  5. Mitra Detik

    Punya saya masih 100an mas… Hehehe

    Reply
  6. Sucipto Kuncoro

    boleh gak setuju? :D
    saya juga mau coba ah posting 30 hari non stop

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya Mas silakan. Ntar lapor yah kalau sudah 30 hari. hehehe

      Reply
      • Ridha Harwan

        wkwwkw benaran lapor kembali ternyata. Trus gimana, naikkan pengunjungnya wkwkwkw.

        Reply
  7. khoirun naim

    saya sangat setuju dengan mas yudha harus memperbanyak artikel , pastinya artikel yang bermanfaat supaya dapet visitor yang banyak bahkan lebih dari 1000

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya Mas Khoirun, itu sebenarnya intinya. Gak perlu repot memikirkan seo, walaupun itu juga perlu.

      Reply
  8. Vance Lobo

    kekna kalo buat blog ane masih jauh dari mungkin deh bro.. kunjungan perhari nya sejauh ini masih di kisaran 100an… ya kadang sempet sampe diatas 200.. semoga aja kedepan nya bisa lebih banyak jumlah kunjungan ke blog ane… tentunya kudu kerja keras yang banyak… hehhe

    Reply
    • Ridha Harwan

      Saya dulu berpikir gitu loh Pak. Tapi akhirnya saya optimis, mau 1.000 pengunjung atau 20.000 pengunjung per hari, itu mungkin saja. Memang butuh usaha yang giat.

      Reply
  9. beauty wallpaper artist

    bisa sangat mungkin mendapatkan taffik sebanyak itu, tapi terlalu banyak faktor jika kita tidak menyederhanakan kata-kata itu. Apakah dari keywordnya > persaingan
    apakah dari body situs > template > content

    Reply
    • Ridha Harwan

      Yups, benull eh betul :D
      Saya dulu awalnya, 1.000 pengunjung dalam 1 hari itu hanyalah angan-angan saja. Apakah mungkin bisa sampai segitu. Tapi dengan seiring berjalannya waktu dengan semakin banyaknya hal yang saya lakukan di bagian terakhir tulisan di atas, maka 20 ribu pengunjung dalam 1 hari pun itu mungkin.
      Menurut saya, soal faktor Keywordnya>persaingan bisa diatasi dengan penerbitan tulisan yang berkualitas.
      Lalu kalau body situs>template> content, itu bisa diatasi dengan mencari template atau themes yang benar-benar seo friendly.

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.